May 6, 2014

Cara Membuat Kartu ATM dan Tabungan di Semua Bank

Advertisement

Cara membuat kartu ATM  BCA Mandiri BRI BII CIMB Niaga Danamon BNI BRI Syariah dan Menabung di bank – Sudah banyak bikin artikel tentang tabungan beserta fiturnya, tapi kok ada yang janggal, karena kelewat pada hal dasar tentang cara membuat kartu ATM dan nabung di bank.

Baru sadar ternyata  pengunjung blog ini ternyata tidak hanya mereka yang ingin menambah rekening, tapi juga dari mereka yang baru masuk tahapan ingin menjadi nasabah, misalnya anak-anak sekolah, mahasiswa, atau mereka yang biasanya menyimpan uang di bawah bantal.  Lebih ideal lagi jika artikel ini saya sebut sebagai edukuasi perbankan untuk pemula.  Karena itu, bagi yang merasa sudah tingkat lanjut, silahkan tinggalkan postingan ini, dan baca artikel lain.

Jadi, gimana caranya membuat kartu ATM ?

Pada dasarnya, kartu ATM adalah fasilitas yang di berikan perbankan kepada nasabah pemilik rekening tabungan pada bank tersebut.

Tujuannya untuk memudahkah nasabah bertransaksi tanpa harus di Teller pada kantor cabang. Terserah bank apa, apakah bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, BII Maybank, Permata, Bank Mega, Danamon, Sinarmas, Syariah Mandiri, atau lainnya

Transaksi disini bisa bermacam-macam, bisa  menarik uang tunai, transfer ke rekening tabungan lain, memeriksa saldo, atau pembayaran ke berbagai merchant

Kepanjangan ATM dalam bahasa inggris adalah “Automatic Teller Machine”, sementara dalam bahasa indonesia adalah “Anjungan Tunai Mandiri”, jauh banget ya ? Gapapa, jangan di masalahin, itu sudah jadi kosa kata bahasa indonesia.

Pada awal kemunculannya di indonesia, nasabah yang mau bikin kartu ATM  masih harus nunggu antara satu minggu hingga dua minggu baru jadi, tapi sekarang sudah langsung hari itu juga, berbarengan dengan saat membuka rekening simpanan.

Perbedaan kecepatan pembuatan kartu ATM tersebut mungkin karena terjadi perubahan trend pada kartu itu sendiri. Pada awalnya kartu ATM  di buat dengan tulisan timbul pada nama dan nomor kartu di sertai dengan foto diri.  Kemudian berganti dengan tulisan tidak timbul dengan tetap menampilkan nama dengan pilihan foto ataupun tidak. Sekarang kecenderungan berubah lagi, kartu ATM instant tanpa nama dan tanpa foto. Jadi jika  hari ini minta di buatin ATM, maka customer service akan ngasih saat itu juga.

Begitu juga dengan biaya, sekarang banyak bank memberi gratis kartu ATM pada setiap nasabah yang membuka tabungan. Tidak ada biaya tambahan lagi pembuatan pertama, kecuali untuk penggantian kartu karena rusak atau hilang.

Kok jadi muter-muter nulisnya, bagaimana cara membuat  kartu ATM?

Sekali lagi, untuk membuat kartu ATM maka terlebih dahulu harus membuka rekening tabungan pada salah satu bank. Saldo tabungan inilah nantinya yang di gunakan sebagai sumber dana untuk transaksi dengan kartu  ATM di mesin-mesin yang bertebaran di banyak tempat.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan bagaimana caranya supaya  punya kartu ATM, maka akan saya pandu tata cara membuat tabungan di bank.

Berikut langkah-langkah membuat rekening tabungan dan Kartu ATM;

  • Siapkan kartu identitas diri sebagai persyaratan  administratif, dalam hal ini bisa KTP / SIM / kartu pelajar/ kartu mahasiswa. Pada bank tertentu seperti BCA  malah mewajibkan NPWP dan kartu kelurga. Jika ingin membuka tabungannya di kantor cabang kecil seperti di unit BRI, atau BPR, lebih baik karti identitas diri itu di foto copy untuk menghindari bolak-balik karena tidak tersedianya mesin foto copy pada bank tersebut.
  • Persiapkan uang tunai untuk setoran awal sedikitnya sesuai dengan ketentuan minimum masing-masing produk dari masing-masing bank.  Ketentuan setoran minimum ini telah saya tulis pada setiap artikel produk simpanan di situs ini. Silahkan baca ; Setoran awal tabungan BCA, Mandiri, CIMB Niaga , Setoran awal  danamon lebih, BII Maybank, Syariah Mandiri dll
  • Setelah persyaratan tadi  siap, silahkan datang ke bank yang di inginkan  pada kantor cabang terdekat sesuai dengan domisili.
  • Ambil atau minta sama pak  satpam nomor antrian untuk tujuan ke Customer Service ( CS)
  • Tunggu panggilan.
  • Ketika di panggil, jangan lupa perkenalkan diri dulu (lebih baik kan   dari pada nanti juga pasti di tanya nama) Lalu  sampaikan pada CS kalau ingin membuka rekening tabungan, kalo mau lengkap  bilang aja tabungan harian untuk perorangan. Tabungan harian adalah tabungan yang tidak terikat jangka waktu jumlah penyetoran dan waktu penarikannya. Karena disini kan niatnya mau bikin ATM.
  • CS Bank  akan menerangkan produk tabungan yang tersedia. Silahkan dengarkan dan beri kesempatan yang bersangkutan menjalankan prodesurnya sebagai Customer service officer.
  • Jika sudah, silahkan tanyakan jika ada yang kurang jelas, terutama soal fitur dan layanan. Kalau perlu tanyakan juga threshold saldo. Di nominal  saldo berapa terjadi titik impas, bunga bank dapat menutup biaya administrasi bulanan, supaya nantinya saldo pokok tabungan tidak terpotong oleh biaya admin itu.
  • Jika sudah jelas, silahkan pilih produk  mana yang ingin di buat, maka cs bank akan memberikan formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi. Syukur-syukur cs nya mau isi jadi kita tinggal tanda tangan saja.
"Formulir ini isinya tentang identitas diri kita, seperti nama, no telp, alamat rumah beserta sejak kapan tinggal di alamat tsb,  pekerjaan beserta masa kerjanya sejak kapan,  perkiraan pendapatan per tahun, nama ibu kandung.  Persiapkan juga  salah satu nama saudara dan alamatnya beserta no telp nya yang tidak tinggal satu rumah. Alamat asli loh ya, bukan alamat palsu.

 Pada formulir aplikasi ini juga bisa kita kasih tanda centang fitur yang di inginkan, misalnya ATM, internet banking, mobile banking dll"

  • Selanjutnya ikutin saja apa kata CS, pada tahapan ini mba CS akan mencetak buku tabungan, menyiapkan kartu ATM, dsb.   Tapi jangan lupa kalau mau mengaktifkan layanan SMS banking, internet banking, minta tolong mengaktifkan  Pin ATM bisa sekalian dilakukan sekarang supaya tidak bolak-balik.
  • Sudah selesai. Sekarang kamu sudah punya tabungan dengan kartu ATM.

Demikian cara membuat ATM Gratis  sesuai dengan prosedur resmi di semua bank, termasuk bank BCA BNI, BII, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Bank Permata, Danamon, BNI, BRI Syariah dll.

Dimana sebaiknya menabung, silahkan baca : Nabung yang bagus di bank mana?

Untuk selanjutnya, silahkan baca artikel di halaman situs ini mengenai produk simpanan yang rencana-nya akan di pilih, apakah tabunganku yang paling bagus di lengkapi dengan ATM dan gratis biaya admin,  atau tabungan tanpa biaya administrasi bulanan dengan setoran ringan.

Terserah deh ya.

Posted by:

198 komentar:

  1. sms banking sama internet bankin itu buat apa?
    klo ga diaktivasi efeknya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sms banking, intenet banking itu buat transaksi perbankan dengan menggunakan alat elektronik sendiri tanpa harus dengan teller di kantor cabang. misalnya untuk transfer, beli pulsa, cek saldo, dll, semuanya bisa di lakukan dengan hape atau komputer sendiri

      kalo ga di aktifin ya gapapa. karena intinya kan bank ingin mempermudah nasabah supaya transaksi tidak harus datang ke kantor cabang atau pergi ke mesin atm, jadi lebih efisien dalam soal waktu dan biaya.

      Delete
  2. Replies
    1. makasih juga sudah baca dan mau komentar

      Delete
    2. kalao mau bikin di atm BRi syarat nya apa aja
      tolong di bantu

      Delete
    3. bawa ktp sama uang untuk setoran awal (nabung pertama), besarnya uang tergantung produk yang dipilih. silahkan baca2 blog ini sebelum memilih produk tabungan.

      kalo belum punya ktp bawa aja kartu pelajar sama akte.

      Delete
  3. mau tanya, apa benar syarat pembuatan rekening bca 2014 harus ada NPWP, dan kalo tidak punya bagaimana?
    sekian terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok. cuma optional aja.
      kalo punya npwp silahkan bawa, kalo gak punya juga gpp, bilang aja ga punya.

      menurut saya, pihak bank di indonesia tidak akan berani mewajibkan npwp bagi nasabah baru.


      Delete
  4. Terimakasih artikelnya saya terbantu sekali

    ReplyDelete
  5. kmren mau bkin bca tapi harus ada npwp.kalo gapunya gabisaaa yaudah gajadiii repot dah-_

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lama saya bikin tabungan bca nggak perlu npwp. cuma disuruh isi form pernyataan diatas materai kalo saya ga punya npwp, itu aja.

      ya udah kalo gitu jangan maksain bca, bank lain juga nggak kalah bagusnya kok.


      Delete
  6. terima kasih info nya. sangat membantu sekali.
    sekalian mau tanya.
    bisa gak kita bikin rekening di jakarta misal kan.. tapi ktp kita kota kelahiran kita.. cirebon.
    thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu aturan abu2 masbro.
      jika ada rekomendasi dari kantor tempat kerja biasanya bisa, tapi kalo one man show, pasti susah.

      kalo menurut saya sih lebih baik bikin di daerah aja, itu buat kebaikan bersama, buat agan dan buat pihak bank sendiri.
      apalagi kalo cuma jakarta cirebon, cuma tiga jam pake cirebon ekspres, sekalian makan dulu empal gentong, sega jamblang, nasi lengko + sate kambing muda, harganya 39 rebu, haha.....

      Delete
  7. apakah bisa kita sudah punya ktp tapi,,, ktp nya di buat bukan di kota yng mau bikin atm tersebut,,, trus apa bisa diganti dengan krtu mahasiswa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 sekarang perbankan susah ngizinin bikin rekening di cabang yang bukan lokasi domisili ktp terbit.
      kalaupun bisa biasanya doble identitas, misalnya ktp plus sim. itu pun hanya tingkatan kab/kota.

      kalau antar propinsi biasanya harus ada rekomendasi dari kantor tempat kerja, itupun untuk kebutuhan payroll.

      kalo sudah punya ktp yang di minta pasti ktp.

      kalo status agan mahasiswa lebih baik bikin rekening nya di kota sendiri.

      Delete
  8. Klu udah buat rekening BRI misalnya, setelah itu di wajibkan nabung ndak, klu stelah buat rekening trs ndak prnh nabung sama sekali dlm wktu yg tlah di tentukan rekening kita hangus ndak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib sih nggak, cuma kalo tidak nabung ntar kepotong terus sama biaya administrasi bulanan ujung-ujungnya saldo habis, terus di tutup sama bank.

      kalo buat pemula atau pelajar bikin rekening di bri kurang sesuai

      coba nabung di bank syariah aja dulu, atau tabunganku di bank konvensioanl, itu tidak ada potongan bulanan.

      artikelnya semua ada di situs ini coba baca2 di halaman lain

      Delete
  9. Makasih banyak ya mas. Ngebantu bangetlah

    ReplyDelete
  10. uang ongkos pembuatan atm nya ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing-masing bank beda. ada yang perlu bayar ada yang gratis.
      kalaupun bayar juga murah, sekitar 10 ribu hingga 25 ribu

      Delete
  11. Om, Admin ane rencana mau buka rekening Bank Mandiri. Tapi mau minta Kartu ATM yang ada nama nya. kira-kira instan atau harus menunggu beberapa hari ya? mohon Reply nya. Thanks. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tahu berapa lama sekarang.
      kan di cetaknya belum tentu di cabang itu

      Delete
  12. Kalau mau membuat rekening BRI harus punya ktp atau sim ya?

    ReplyDelete
  13. Permisi Mas, kalo membuat ATM di kota lain, tapi belum ada kartu identitas daerah tsb, apa bisa memakai Surat Domisili?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bank nya, peluangnya 50%:50%.

      selagi pihak bank dapat menangkap signal yang baik pada niat kamu membuka rekening, akurasi dokumen, atau pihak bank dapat memahami tujuan domisili kamu disitu untuk tujuan apa, apakah ada pekerjaan tetap disitu, atau sedang kuliah, maka bank bisa menerima permohonan pembukaan rekening.

      untuk pemahaman tentang ini coba baca artikel saya yang judulnya; apakah menabung di bank perlu npwp?

      itu ada linknya disebelah kanan.

      Delete
  14. Maaf mas, saya kan nabung di BRI dan saldo saya baru 300 ribu, apa sudah cukup untuk membuat ATM ?

    ReplyDelete
  15. Mau tanya.. kalau mau bikin atm itu harus punya rekening tabungan dulu ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, bikin atm harus punya rekening tabungan. bisa dibuat berbarengan.
      jadi nanti lusi ke bank, pulangnya udah punya tabungan dan kartu atm

      Delete
  16. mw tanya mas...mw bkin atm bca apa hrus pkai biaya&rekening?? kira" bsa lgsung jd atm nya?? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya bikin atm bca itu 10-25 ribu.
      untuk bikin rekeningnya adalah minimal setoran awal nabung kamu heru.

      tinggl pilih aja mau produk tabungan apa.
      tahapan -> siapin uang minimal 500 ribu+10 ribu+6000
      xpresi-> siapin uang 50 ribu+25ribu+6000
      tabunganku-> siapin uang minimal 20ribu+10ribu+6000

      selain itu ada biaya bulanan, silahkan baca baca lagi artikel di blog ini informasinya

      Delete
    2. oh iya, atm nya hari itu juga kamu dapat. baru bisa dipake besoknya

      Delete
  17. Maaf mau tanya.kalo mau bikin ATM DANAMON tpi dengan Surat RESI/KTP sementara bisa tidak ya.itu mau saya pake untuk transfer gajih.mana wktu nya udaah mepet lgi.soalnya kalo nungguin jadi KTP elektrik bisa 6bulan.karna dikampung saya lgi proses pemekaran 1kabupaten jadi 3kabupaten ciamis. Please pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk gaji biasanya jadi prioritas, kemungkinan besar bisa.

      jangan lupa bawa kartu keluarga, kalo sebelumnya punya ktp kadaluarsa bawa juga

      kemungkinan nih ya;
      bank akan meminta surat keterangan dari tempat kerja, yang membenarkan kamu kerja disana, dan pembuatan rekening itu untuk keperluan pembayaran gaji.

      kalo tempat kerja kamu sudah menggunakan payroll bank danamon, malah itu akan lebih mudah lagi.

      Delete
  18. maaf kakak,saya mau tanya .. saya ini pemula,masih kelas 3 sma,saya mw buka rekening di BRI,tp kalo seklian bikin atm nya berapa yh kak?? terus nanti minimal tabungan nya berapa kak??lalu,jika saya tidak melakukan tabungan secara rutin/seperti waktu tidak ditentukan apakah tabungan tersebut akan ditutup??trimaksh kakak mhon jawaban nya yh kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di bri simpedes cukup bawa uang 120 ribu sudah bisa buka tabungan plus dikasih atm.

      tapi kalo menurut saya, pelajar tidak cocok nabung di simpedes atau britama milik bri.

      ditutupnya tabungan itu karena tidak ada saldo/ saldo habis.

      saldo habis itu dipengaruhi oleh potongan biaya adminstrasi setiap bulan, sementara tidak ada uang masuk, ditambah lagi potongan tambahan kalo tidak aktif transaksi selama periode tertentu ( biasasnya 3- 6 bulan tidak ada transaksi sama sekali) itu yang dinamakan rekening dormant.

      rekening dormant sebenarnya bisa di siasati, usahakan minimal 3 bulan satu kali nabung meskipun 50ribu, atau cara lain adalah isi pulsa di atm satu kali aja dalam waktu tiga bulan.

      dita, saya sarankan kamu buka rekening di tabunganku atau di bank syariah, disitu tidak ada potongan bulanan. bawa uang cukup 50ribu sudah bisa buka tabungan plus atm, nabung selanjutnya bisa 10 ribu

      rekomedasi saya coba baca tiga artikel dibawah ini ya;

      Daftar fitur tabunganku dari beberapa bank, setoran awal cukup 20 ribu

      tabungan syariah tanpa biaya bulanan administrasi yang bagus

      fasilitas tabunnganku bni syariah


      Delete
  19. benarkah kalo mengambil uang lewat atm kna biaya adm lagi..?
    dan bnarkah kalo pebulannya akn di knaakan biaya adm..?
    kalo di knakan biasanya brp..?

    ReplyDelete
  20. Kak aku mau tanya aku mau buka atm beserta tabungan di bank bni. Bisa tdk memakai kartu pelajar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum punya ktp nanti formulir permohonan pembukaan tabunganya di tanda tangani orang tua juga, lalu pihak bank akan meminta lampiran foto kopi ktp salah satu orang tua.

      jadi intinya, kalo belum punya ktp nanti ayu datang ke bank di dampingi salah satu orang tua.

      jangan lupa bawa juga akte kelaharian sama artu pelajarnya



      Delete
  21. Hai,mau nanya selain tabunganku&syariah,bank apa lg yg gaada potongan bulanan nya?cocok u/ pelajar sma kelas2 lah. Mohon replynya kak,makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga mila.

      -bisa coba permatame di bank permata, cukup saldo 50 ribu ga ada potongan bulanan.

      -ebatara pos nabung di kantor pos, saldo harus 250 ribu supaya ga ada potongan.


      atau kalo mau gabung sama anak2, bisa baca

      Tabungan untuk anak dan pelajar

      Delete
  22. Terima kasih...artikelnya bagus skali, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  23. Min mau tanya..kalau duit.250 di atam.trs mau di ambil semua bisa gak...trs minimal berapa yg hrs di sisakan di tabungan...mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung produk tabungannya apa, setiap bank beda-beda.

      system bank akan mengunci pada nominal tertentu saldo tidak bisa diambil.

      kalo dibca misalnya, misalnya saldo dilayar atm 250 ribu, itu bisa diambil semua, karena saldo sesungguhnya ada 260 ribu.

      dibank lain ada yang nampilin saldo sebenarnya, dengan lock 10 ribu, ada yang 50 ribu, itu yang tidak bisa diambil.

      Delete
  24. thanks buat infonya min ya tapi masih bingung dikit sih hehe oiya saya mau nanya min kira-kira biaya untuk buka rekening BNI taplus itu berapa ya?dan itu sudah dapat kartu ATM kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo biaya untuk buka rekening nya sih cuma bayar buat materai aja rp 6000.

      nah untuk setoran awal yang akan di jadikan saldo taplus adalah
      -jadobetabek minimal 500 ribu
      -luar jabodetabek minimal 250ribu.

      itu sudah termasuk atm, kalopun atmnya bayar, nanti bisa dipotong dari setoran awal itu. paling juga 10ribu.

      nanti tiap bulan ada biaya admininstrasi sebesar 10ribu/bulan.
      kalo pake atm ada tambahan biaya bulalanan atm lagi, silver 1000/bulan, gold 5000/bulan.

      jadi, supaya saldo tabungan taplus tidak mau berkurang, pastikan saldo harus diatas 15 juta.

      kalo biaya itu terasa berat, coba pilih tabungan bni syariah wadiah, atau tabunganku

      artikelnya semua ada di blog ini, silahkan baca baca dulu sebelum memutuskan

      thanks you ziz sudah datang kemari

      Delete
  25. mas admin, kalau mau buka rekening bank apa aja, tpi kita bukanya bukan di domisili, dan kita pake ktp domisili, nah biasanya syarat apa aja yg harus kita lengkapi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain ktp dan surat domisili itu, kalo tujuan tinggal disana untuk bekerja, biasanya bank akan meminta surat keterangan dari tempat kerja.

      intinya gini, kalo buka tabungan bukan ditempat diterbitkannya ktp, kamu harus meyakinkan bank bahwa tujuan membuka rekening itu untuk tujuan baik, identitas terpercaya dan bisa dilacak.

      tidak perlu ngomong ke bank kamu orang baik-baik, tapi pihak bank akan menilai sendiri pada saat tatap muka di kantor cabang itu.

      kalo bank apa saja itu terserah ya, tapi untuk pertimbangan coba baca 3 artikel ini

      Daftar fitur tabunganku dari beberapa bank

      Daftar tabungan syariah tanpa potongan

      saldo minimum supaya bunga bank bisa menutup biaya administrasi bulanan

      Delete
    2. disini saya perantauan, bekerja disebuah perusahhan

      nah, untuk mengurus surat domisili itu apakah cukup ke pak RT aja, atau hrus ke kelurahan atau kmna ?

      dan mnurut mas ADMIN, antara BCA, MANDIRI, BNI, itu yg paling gak ribet itu bank yg mana ? trimaksih

      Delete
    3. ke pa rt aja, biar dia yang urus semuanya.
      ( itu jawaban asal ya bro, soalnya saya gak pernah bikin yang begituan)



      sama aja kali ya, selama persyaratan memenuhi, ketiga bank itu welcome, meskipun pada kenyataannya banyak calon nasabah yang di tolak.

      kalo mau lebih mudah buka di bank menengah. tapi itu juga tergantung keperluan aja sih.

      dari pada saya gak jawab pertanyaan kamu, saya jawab aja ya: coba ke bni




      Delete
  26. kemarin saya buat atm simpedes bri ,, terus dibalik atm saya belum ada tanda tangannya ,, dan ada tulisan tidak berlaku tanpa tanda tangan
    pertanyaan saya ,, apakah bisa di gunakan buat transaksi di mesin atm kalau tidak ada tanda tangannya di balik atm tsb. ,, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, coba aja pake.

      kalo mau di tanda tangani, langsung aja tanda tangan sendiri dirumah gapapa.

      saya malah berusaha nolak kalau cs bank nyuruh tanda tangan di kartu atm.#jangan ditiru

      Delete
    2. kalau pake domisili bisa gak yah bikin rekening ke bca

      Delete
    3. ada yang bisa ada yang nggak. tergantung kantor cabangnya. peluang 50:50

      dicoba aja dulu, kalo ditolak bisa bikin bank lain

      Delete
  27. Kak, ada ga yang cocok bwt pelajar tapi mau debit ke luar negeri kyk Jepang gitu? Thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake tabungan air asia saver atau on accout dari cimb niaga.
      nanti di atm aktifkan fitur ecommerce, jadi bisa debet ke luar negeri termasuk ke jepang, dengan catatan toko online itu sudah ada fasilitas 3D secure master card, atau VBV visa.

      ada juga mandiri dan bni tapi kalo buat pelajar terlalu besar biaya bulanannya, kalo cimb kan gratis.

      .

      Delete
  28. mas, saya mau buka rekening, tapi ktp saya hilang dan lagi nunggu e-ktp baru, kalau pake SIM bisa g ya mas? kalau bisa bank mana aja sih mas yang bisa reg pake SIM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bank bisa kok pake sim.

      jalan dah, ngapain nunggu ektp baru. belum tentu setahun jadi

      Delete
  29. Ka saya baru pemula sma kls3, saya punya ktp brebes, bisa gak bikin rekening+atm nya di bekasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba aja datang ke bank.

      intinya kan sama aja dengan pertanyaan2 diatas soal domisili. nanti bank yang menentukan boleh atau nggaknya

      Delete
  30. Salam.
    Saya mau buka account bank bni, tapi setatus saya belajar di malaysia, nanti atm itu bisa di pakai di negara itu gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di atm yang ada logo cyrus, cuma biaya nya mahal.

      kalo untuk sering di pakai di malaysia atau singapura lebih baik buka accout di bank bii maybank atau cimb niaga. dua bank ini malaysia punya, jadi banyak kemudahan dan jaringan kuat disana

      kalau terbang ke malaysia suka pakai air asia, bisa bikin tabungan air asia saver dari cimb niaga. artikelnya ada di blog ini, silahkan dibaca

      Delete
  31. Oh, ok thanks you.
    Saran dan jawaban anda sangat membantu

    ReplyDelete
  32. Kak, saya pingin bikin atm. Tapi masih pelajar kelas 1smp, baiknya bikin di bank mana? Awal setor uang dan pembuatan kartu atmnya kira" brp?
    Klo saat mw buat atm, boleh menggunakan kartu nomor induk siswa nasional ga?
    Makasi, tolong responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah saya lihat profil arisya, masih smp, netizen suka ngeblog, tinggal di singaraja bali, maka saran saya pilih aja di cimb niaga atau bii maybank, saya lihat disana ada kantor cabangnya

      kalo misal ambil di bii bisa ambil tabungan
      -bii super kidz ( bawa uang setoran awal minimal 500 ribu)
      - tabunganku bii ( 20 ribu )

      kalo di cimb niaga, bisa pilih produknya
      -tabungan junior ( 100 ribu )
      - tabunganku ( 20 ribu )

      ada biaya pembuatan atm pertama kali 10 ribu + biaya materai 6000

      kartu siswa ga mutlak, yang penting kalo masih anak2 harus ada akte kelahiran.

      jangan lupa ke bank-nya bareng salah satu orang tua

      Delete
  33. Kak makasi atas sarannya. Tapi dlu saya pernah bikin no rek buat lomba di bni. Itu klo ga salah itu bni taplus anak. Saya buat itu cuma pke lomba yg diadakan sama bni sendiri.Nah yg bikin itu ayah saya. Ayah sya kasi no reknya sama kertas" yg aq gtw jelas kertas itu. Tapi ga. Kasi kartu atm / buku tabungan. Jadii itu no reknya bisa dipake ga kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo rekeningnya masih aktif masih bisa di pake, tinggal minta di bikinin atm aja ke bank

      rekening bisa ditutup oleh bank kalo gak ada saldo untuk jangka waktu tertentu.

      kalo udah gak aktif bisa kok bikin lagi di taplus anak bni dengan rekening baru

      Delete
    2. Tinggal bilang mw buat kartunya? Bawa data pribadi ga ka? Terus klo ortu ga ikut saat buat kartu atmnya aj gmn?
      Maaf sebelumnya banyak tanya. Infonya berguna banget

      Delete
    3. iya bilang aja ke customer service minta bikin atm, bawah kartu siswa, akte sama buku tabungannya.

      kalo aji sibuk di coba datang sendiri, moga bisa, saya gak tahu juga sih. ntar kalo di tolak gampang balik lagi.

      Delete
    4. ya allah ni andrea sabar bgt nglayanin anak klas 7, salut bang! hebaaat!!!

      Delete
  34. nih admin pasti karyawan bank nih... banyak taunya... semoga jadi amal baik atas nama admin... amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan banyak taunya bob, lebih tepatnya sok tau. Sok-sok kan aja gitu, haha....

      Delete
  35. mimin mau tanya (msih awam),

    klo rekening & tabungan itu bedanya apa ya?
    trus klo misal aku bikin rekening BCA kan hrus bwa uang 500rb
    nnti di krtu rekeningnya ada berapa ratus ribu?
    & klo stelah di buat, trus aku baru mau gunain kartu nya selama 5 bulan kemudian apa yg bakal terjadi min .. maaf bnyk nnya , trmakasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kacau nih pertanyaannya gak saya duga sama sekali.

      rekening itu akun/ account.
      karena tema kita disini tentang bank, maka rekening adalah akun bank. Dalam ini adalah tabungan. Jadi ya sama aja.

      kalo tema tentang pln, rekening berarti rekening listrik, gitu aja.


      kalo bawa 500 ribu akan tercatat 500ribu juga di tabungan.

      setelah lima bulan jadi saldo berapa, itu tergantung produk tabungan yang di buat. Masing-masing produk tabungan ada ketentuan biaya administrasi bulanan, ada juga yang gratis.

      kalo produk tabungan yang dibuat adalah tahapan bca, maka biaya admin atau potongan sebulan minimal 13ribu.

      kalo produk tabungan yang di bikin tahapan xpresi, maka biaya admin atau potongan perbulan minimal 5ribu.


      itu biaya minimal, belum lagi ada biaya-biaya lain misalnya transfer ke bank lain, atau tidak aktif transaksi kena denda dormant, dsb. tinggal dikurangi saja dari 500ribu itu.

      karena itu, untuk pemula lebih baik cari tabungan yang tidak ada biaya admin bulanan. silahkan baca2 artikel di blog ini, banyak yang sudah saya bahas kok buat nambah pengetahuan sebelum memutuskan bank mana yang di pilih,

      jadi tidak hanya ikut2an orang dalam memilih bank, banyak orang belum paham memilih bank hanya karena mesin atm-nya banyak. padahal itu keliru besar.






      Delete
  36. klo mandiri ada potongan perbulannya nggk,.?
    trus untuk nabung pertamany brpa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabung pertama di bank mandiri tergantung produk tabungan yang di pilih, ada yang 500ribu, ada juga yang 20ribu.

      coba kenali produk tabungan dan tabungan dengan baca artikel berikut ;

      tabungan bank dan potongan

      Delete
  37. Min kalo buat pemula buka tabungan plus atm bca bagus ndak?? Mohon pencerahan min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamukan mahasiswa, politeknik lagi. harus manfaatin dong teknologi perbankan.

      jadi, sebaiknya jangan cuma cari fitur atm, pastiin juga manfaatin internet banking, mobile banking.

      ada kok bank yang ngasih fitur lengkap tanpa potongan. misalnya tabunganku bii atau cimb niaga.

      karena kamu orang aceh, barangkali penganut bunga adalah riba, bisa ambil tabungan di bank syariah.

      selain kedua bank tadi, pilihan lain bisa di bni syariah atau di bri syariah.

      tapi kalau tetap di bca dan hanya perlu atm, bikin aja produknya tabunganku.

      Delete
  38. Selamat siang kak andrea .
    kalau untuk pelajar umur 16 tahun persyaratan untuk mau buka rekening apa aja kak ??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bank dan produknya
      ada bank yang terima kartu pelajar+ akte kelahiran.
      ada yang mesti persetujuan orang tua juga
      ada yang mesti perwalian (dalam hal ini harus datang sama orang tua)

      dicoba aja datang ke bank yang di pilih dengan bawa kartu pelajar dan akte, nanti kalau kurang lengkap bisa besoknya balik lagi

      Delete
    2. gan,,akukan masih smp nihh tapi aku pngen bgt punya atm bca itu bisa gk kira2 dan syaratnya apa aja.makasihh

      Delete
    3. khusus untuk bca sudah saya tulis, silahkan baca aja artikel berikut

      tabungan bca untuk pelajar

      Delete
  39. Mas saya mw nanya, saya kan mahasiswa baru tapi saya blum dpt kartu mahasiswa, trus klo mw bka rkning d cimb niaga d permasalahin gak? Trus apa aja yg harus d bawa klo sbagai mahasiswa ? Tlong d bales dan d prjelas:)
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau buka tabungan yang bersifat umum (seperti tabunganku atau on account atau air asia saver di cimb) gak masalah meski ga ada kartu mahasiswa, tinggal bawa ktp dan uang buat setoran awal.

      kecuali kalo mau buka "tabungan khusus mahasiswa", bank akan minta kartu mahasiswa, kalo begitu artinya mau gak mau harus nunggu kartu mahasiswa jadi.




      Delete
  40. Replies
    1. kalo atm dan tabungan bersifat umum, usia yang sudah punya ktp.
      kalo atm dan tabungan anak2 atau pelajar, anak balita juga bisa

      Delete
  41. minimal usia brp tahun klo bka tabungan itu klo 14 tahun bsa ngk dan apa aja persyaratannya....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawabannya sudah ada di artikel dan komentar, silahkan dibaca lagi ya

      Delete
  42. Gan, kalo bawa Kartu Mahasiswa aja tanpa ada yg lain bisa gak? KTP saya ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bank nya, ada yang bisa ada yang tidak.

      kalo ktp hilang terus dalam proses pembuatan, tinggal di lengkapi resi juga sudah oke.

      lagi pula kalo ktp hilang sebaiknya cepat di urus, karena fungsinya bukan cuma untuk urusan bank

      Delete
  43. Permisi,
    Saya mau tanya nih saya kan mau bikin akun paypal cocok nya pilih bank yg mana ya? dan jenis tabungan nya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bank lokal bisa kok buat wd dari paypal asal sudah akun terverifikasi oleh kartu kredit

      tapi kalo paypal belum terverifikasi, maka coba buka tabungan mega maxi dari bank mega, setoran awalnya 1 juta, biaya admin 12ribu perbulan.

      Delete
  44. Gan,Saya masih kelas 6 SD bisakah saya membuat reqening ??
    Tujuan nya mendapatkan uang dr internet untk memberangkatkan haji ibu & ayah sy&membeli peralatan sekunder untuk saya & adik saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, dengan rekening perwalian, nanti ke bank-nya sama salah satu orang tua, kamu bawa akte kelahiran sementara ortu bawa ktp.

      kalo dari segi usia kamu masih kecil banget buat nyari duit di internet. Bisa sih. Cuma kalo untuk itu lebih baik rekening bank-nya atas nama orang tua saja, gak usah rekening perwalian

      saya jg udah lihat blog kamu, teruskan ya, sering sering nulis, gak mesti melulu tentang game dan panduan blog seperti yg kamu tulis sekarang, kalo yang gitu kamu kalah saing sama yang senior.

      tulis aja tentang pergaulan keseharian, apa yang kamu lakukan, maen bola sama teman-teman, nobar di kampung sebelah, hal yang memalukan diri sendiri, keisengan teman-teman dll (yang penting jangan menulis yang menghina guru)

      dan yang tidak kalah penting gaya bahasa kamu sendiri, kalo keseharian pake bahasa elu gue atau aku kamu, pake aja gaya bahasa kayak gitu.

      seiring bertambah usia, nanti gaya bahasa penulisan kamu akan menyesuaikan.

      biarkan berproses, duit akan datang dengan sendirinya, jadi niat mulia kamu pasti tercapai.

      begitu.....

      Delete
  45. Domisili di jakarta yang mau buka tabungan bebas biaya administrasi atau yang suka club sepak bola manchester united, boleh hubungi 085797997999 or 2b7cd04c untuk tanya' produk danamon . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomor kontak diatas tidak diverifikasi, jika diketahui digunakan untuk tindakan negatif silahkan hubungi saya


      Delete
  46. Replies
    1. usia orang punya ktp, kalo ga punya ktp bikin rekening perwalian orang tua, atm nya boleh di pegang si anak

      Delete
  47. mas,,, saya baru kelas 1 SMK, saya mau buat ATM, enaknya di bank mana ? saya sih maunya di BRI, kalau menurut masnya enakkan di bank mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selera aja sih bray, yang penting sesuaikan dengan kebutuhan.

      kalo di bri ada produk namanya bri junio untuk anak yang belum punya ktp, tapi orang tua harus punya tabungan di bri juga.

      saya gak tahu kamu punya ktp atau belum, kalo belum, dan mau nabung di bank lain, maka pilih yang ada tabungan anak atau tabunganku.

      kalo nabung di kantor pos pilih ebatarapos.

      yg penting kamu mau nabung tuh mau dapat fasilitas apa, apa cukup dengan buku saja, atau mau dikasih atm saja cukup, atau ada yg internet banking, sms, mobile dan lain-lain.

      masing-masing produk tabungan beda fasilitasnya, karena itu pastiin membaca beberapa artikel dari blog ini supaya dpt gambaran.

      dan terakhir yang perlu diinget; bank pemerintah atau swasta sama saja.



      Delete
  48. bro..brarti kalo kita nabung saldo ditabungan langsung masuk atm yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, bisa juga dibilang begitu.
      atm hanya sarana untuk transaksi saja, saldo sesungguhnya ada di tabungan, saldo di atm=saldo tabungan



      Delete
  49. Gan mau tanya, Misal kita mau buat atm/rekening BRI/BNI, dan kita mau kirim ke no rek tujuan lain misal ke BCA, gitu bisa ngk gan? (tq)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kesemua bank, ada biaya transfer antara 6500-7500 per transaksi.

      yang penting mencantumkan kode bank tujuan transfer selain nomor rekening tujuan.

      #sori lama reply nya, habis off buka blog 4 hari

      Delete
  50. mau nanya nih gan. bikinnya berapa lama ya?
    dan kalonya bikin rekening menggunakan kartu pelajar apakah harus ada persetujuan dari pihak/kepala sekolah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu atm instant tanpa nama langsung dikasih saat itu juga

      gak perlu pihak sekolah, persetujuan justru dari orang tua, karena orang tua adalah sebagai pemberi dana si anak menabung.

      lain cerita jika misalnya sekolah itu bekerja sama dengan bank untuk pembuatan tabungan semua siswa di sekolahnya, sebagai edukasi misalnya, baru deh disini sekolah berperan.

      Delete
    2. oh begitu ya gan, makasih ya :)

      Delete
  51. Gan mau tanya kalo mau buat tabungan BNI uang pertamanya 500 rbu. itu udah dapet krtu ATM nya langsung ga..makasihhh
    saguling-Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat langsung kartu atm saat itu juga, bisa digunakan besoknya

      Delete
  52. Kalo kartu pelajar hilang bisa gak? Gak pake kartu pelajar!saya kelas 5sd bank apa yg tidak banyak potongan kira kira cocok untuk seumuran saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, ajak orang tua bawa akte kelahiran, kk, sama ktp orang tua.

      bikin tabungan yg khusus anak, bisa di bni btn cimb bii sinarmas panin dll

      Delete
  53. Gan, kalo mau buat tahapan xpresi, harus bersama ortu gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah punya ktp bisa sendiri, kalo belum punya ktp harus sama orang tua

      Delete
  54. Makasih kakak. artikelnya bermanfaat banget. jadi tau deh..

    ReplyDelete
  55. Selamat sore gan.
    Ane mau cerita dulu kalau ane punya 2 ATM BNI Konvensional yg masih aktif tapi tidak terpakai (dibiarkan rekeningnya kosong). Apakah ane harus diwajibkan menutup rekeningnya? Atau dibiarkan juga tidak apa2? Apakah ada sanksinya? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin kosong gpp, ntar ditutup sendiri sama bank.
      ga ada sangsi, bahkan kalo misalnya suatu saat mau bikin lagi ke bni dia welcome aja

      moga ketemu bank yg sesuai sama agan.

      Delete
  56. Trimakasih bang mimin, artikelnya luas and amat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih elhashief, dipanggil gitu sy cengar-cengir sambil geleng2

      Delete
  57. Saya mau tanya.
    Saya masih kelas 3smp. Otomatis saya belum punya KTP . tp saya mau buka atm . apakah bisa seusia saya buka atm tanpa belum adanya KTP? Orang tua saya kerja .
    Dengan cara apa klo misalnya saya bisa buka atm?
    Tolong jawab .....
    Makasih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, dengan rekening perwalian, nanti di buku tabungannya ada nama putri sama salah satu orang tua.

      putri datang ke bank dengan salah satu orang tua, bawa akte kelahiran, kalo ada kartu pelajar bawa juga.

      orang tua bawa ktp dan kk, kalo ada npwp boleh bawa juga.

      sekarang pastiin dulu putri mau bikinnya di bank apa, kalo di bri, berarti orang tua harus bikin tabungan juga di bri.

      Delete
  58. Saya punya tabungan tahapan bca kalo itu mo diganti ke xpresi bisa gak ?? Trs apa kelebihan dan kekurangan antara tahapan dan expresi ?? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, bisa punya dua2nya, atau buka xpresi lalu tutup yg tahapan.

      paling beda di limit transaksi aja, sudah cukup kok xpresi jg kalo kata saya sih

      Delete
  59. Gan klo bikin tabungan tapi KTP. Jawa bikin nya di sumatra bisa gak? Atau harus KTP. Sumatra gan... Tanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak sulit sis, kecenderungannya harus ktp dari kabupaten/kota tempat kantor cabang berada.

      kemungkinan masih bisa kalo rekening itu untuk keperluan pembayaran gaji

      Delete
  60. ka aku masih smp kls 3, aku mau buka rekening di bank bca. tahapan yg bagus buat nabung tapi bisa belanja online gitu apa ya?xpresi kah?atau mungkin tabunganku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dinda pilih xpresi, bisa leluasan belanja online dengan klikpay, apalagi internet banking bca (klikbca) skrang dikembangkan untuk belanja online tanpa harus konfirmasi pembayaran, seperti contohnya di tokopedia.

      kalo tabunganku dinda nanti repot sendiri, bayar mesti ke atm dulu. Gak efisien kalo gitu

      Delete
    2. jangan lupa ke bca nya sama nyokap ya

      Delete
  61. Mas..saya mw tnya..klok kita bkn atm bni trus kita ngmbil nya di atm bri bsa egk...soal nya kbnyakan atm umum itu bri....trus atm yg enak buat blanja online dan yg egk ada admin nya enak nya apa ya??? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, dikenakan biaya 7500/transaksi

      atm gak ada yg enak buat belanja online, karena harus jalan dulu nyari atm.

      buat belanja online itu idealnya adalah rekening yg ada fitur internet bankking/ mobile banking.

      paling banyak di pakai belanja online BCA, bikin aja bca xpresi, biaya admin bulanan 5000.

      kalo mau yg gratis ada cimb niaga, tapi jarang dipakai seller, nantinya kalo transfer ke bank lain kena biaya 6500

      kalo mau bni, bikin aja di bni syariah, itu ada inet bankingnya, ga ada biaya bulanan

      Delete
  62. Kak, kalo aku mau bikin rekening tabungan tanpa harus didampingi orang tua kira-kira bank apa aja yang nerima? Aku cuma punya Kartu pelajar... Biasa lah, anak SMA masih 16 tahun.
    Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa susah nya sih Ri ajak nyokap ke bank, kamu kan masih kecil.....belum punya ktp... kkkkk.....

      tapi coba deh di kantor pos, nama produk tabungannya eBatarapos. Itu tabungan kolaborasi btn dan kantor pos.

      Delete
    2. Mas klo kantong pelajar sebaiknya buat atm yg mna ? Hehe

      Delete
    3. coba ke cimb atau ke bni syariah, nama produknya "tabunganku"

      Delete
  63. Hahaha, iya sih. Nunggu satu tahun lagi aja deh... supaya sweet seventeen. Sekalian bikin atm juga. Kira-kira bank yang pas buat remaja apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke cimb atau bni syariah atau bii, nama produknya sama "tabunganku"

      tiga bank itu ga ada potongan bulanan, tapi bisa dapat atm, internet banking, dll.

      kalo ke bca nama produknya xpresi, biaya admin bulanan 5000

      Delete
  64. Thank you kak atas informasinya, lain kali aku mamir lagi ksini...

    ReplyDelete
  65. Kak kebetulan sy akan melanjutkan pendidikan sy di Malaysia. Nah di sini sy punya atm BRI dg logo cirrus. Apakah bisa atm tsb digunakan di malaysia? Atau kiranya spt apa ka? Harus buka rekening bank BCA atau mandiri atau gmn kah? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, cuma nanti kena biaya besar setiap transaksi, . BRI itu digunakan di indonesia aja banyak biaya, apalagi di luar negeri.

      saran saya buat anggi, bikin tabungan aja di BII atau cimb niaga, dua bank ini atm-nya terintegrasi dengan Maybank di malaysia dan cimb malaysia, jadi kalo ambil di dua bank itu gak ada biayam bahkan mungkin kurs-nya lebih bersahabat.

      dan lagi, maybank dan cimb di malaysia adalah dua bank terbesar disana, jadi jaringannya luas, anggi akan lebih dapat kenyamanan di banding jika tetap pertahanin BRI

      produk tabungan dari cimb semua cocok untuk anak muda, full fitur ebanking, bahkan gak ada biaya bulanan, misalnya produk "ON Account"

      kalo anggi ke malaysia dengan air asia, bikin aja tabungan "airasia saver" dari cimb, dengan begitu akan ada kemudahan dalam memperoleh tiket.

      oiya, coba scroll komentar keatas, ada yg namanya Ommy han, dia jg bikin rek buat sering digunain di malaysia, coba aja cari kontak dia biar bisa konsultasi gitu.


      Delete
  66. Permisi.. Sy sempat baca berita disebuah situs katanya begini:
    Sekarang itu sudah banyak yg menggunakan KTP elektronok atau E-KTP, kelebihannya siapa saja bisa membuka rekening pada bank manapun meski berbeda daerah. seperti misalnya KTP saya prov Bali, tetapi sy juga bisa membuka rekening di Jakarta yg penting kita pke E-KTP.

    Begitulah sedikit keterangan yg sy dapat... Apa itu benar?, atau bagaimana.. mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. teori pemerintah memang begitu, dengan single identification number melalui ektp diharapkan tidak ada orang yg punya ktp ganda.

      tapi pada prakteknya susah dijalanin, karena bank perlu memverifikasi dan mengidentifikasi kebenaran data calon nasabah, yang dikhawatirkan pembuatan rekening untuk tujuan tidak baik.

      itulah kenapa bank biasanya meminta rangkap identitas atau surat keterangan lain jika calon nasabah beda wilayah

      kira2 gitu bro



      Delete
  67. Gan waktu jadinya pembuatan rekening + ATM itu brp lama ya?

    ReplyDelete
  68. om
    saya masih Sma kelas 2
    mau buat atm di kota tempat ane sekolah, hanya pakai kartu pelajar aja bisa gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa akte kelahiran, bawah kartu keluarga, ajak orang tua ke bank

      Delete
  69. mas saya mau tanya, asli kuningan jabar domisili d tangerang, punya rek. bri, klo misalkan mau nabung tu mles bgt d bri hrus ngantri smp ratusan, trus kerja jg
    nah saya mutusin buat bikin rek mandiri, yg mau saya tanyakan bisa ga ya cuma pke ktp kuningan+surat ket kerja, msalahnya domisili saya uda ga berlaku, mles klo hrus k kelurahan
    mohon jawaban nya ya mas
    thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ari si teteh kamari mudik kunaon atuh teu sakalian damel rekening di kampung... hehe....

      dicoba aja teh, kemungking besar sangat bisa kalo ada keterangan dari tempat kerja, bank akan percaya bahwa keberadaan teh dedeh di tangerang itu bisa di pertanggung jawabkan, disitu prinsip kehati-hatian bank ketika menolak calon nasabah baru yg tidak di domisilinya

      Delete
  70. orang tua saya di kota lain mas
    saya jauh dari orang tua mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau coba ya silahkan aja bro, sy cuma jawab pertanyaan dan kasih info aja kalo belum punya ktp aturannya harus perwalian.

      Delete
  71. mas kalo ktpnya hilang. sedangkan harus buat rekening buat ambil gaji di perusahaan itu solusi gmana ? apa bisa pake surat kehilangan dari kepolisian sama foto kopi ktp yg hilang itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga pake sim atau paspor

      kalo gak ada juga, lebih baik tanya ke bank aja dulu, karena tiap bank punya aturan main sendiri.

      ada bank yg masih mau terima dengan bukti resi pembuatan ktp, ada jg yang tidak...

      foto kopi ktp itu tidak bakal diterima meski ada dilengkapi surat dari kepolisian, karena bank akan mengangap tidak ada niat calon nasabah untuk membuat ktp baru, padahal ktp itu wajib dimiliki oleh warga negara sesuai ketentuan

      Delete
  72. Kalau masih pelajar harus bersama orang tua ya? Bagaimana jika sudah membuat buku tabungan, lalu ingin membuka kartu atm. Apakah juga harus bersama orang tua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap harus dengan orang tua, anak dibawah umur masih dalam pengawasan orang tua, sumber dana dari orang tua, kalo bikin atm tanpa orang tua, berarti orang tua tidak mengizinkan pembuatan atm, bank bicara hitam diatas putih.

      Delete
  73. saldo awal kalo mau buat atm mandiri kira kira berapa yaa gan ??

    ReplyDelete
  74. kalo buat pelajar setoran awal buat atm mandiri/BRI berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan atm ya... tapi tabungan... atm itu fasilitas dari tabungan...

      di bri ada namanya produk tabungan untuk anak2, namanya britama junio, setoran awal min 250ribu.

      di mandiri bisa pilih produk tabunganku, setoran awal min 20ribu

      Delete
  75. Min klo blh tau,gmna caranya wat bkin atm baru,sedngkan ktp saya hilang,hnya ada fto copy daerah saya,saya domisili skrng sy tnggal d daerah tangerang,sim pun saya blm ada,n no ponsel sayya sdh ada duitnya,saya gojek min saya bngung mw ambil duitny sdngkn hrs buat rkening ponsel,saya cmn ada npwp n ftocopy ktp saja...mhon pnjelasanny min n mhon d bntu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah2 saya jg bingung lihat kondisi ente gan... bikin rekening memang mesti ada bukti identitas asli...

      bank biasa nya akan mempermudah kalo untuk keperluan gaji, sehingga bank mungkin saja menerima permohonan pembuatan rekening itu dengan meminta bukti surat kehilangan dari kepolisian... tapi kondisi agan disini beda, karena agan sebagai gojek yg semestinya punya sim... apa jadinya kalo polisi tahu gojek gak punya sim...... itu yg bikin kacau..

      sekedar saran aja nih....
      opsi 1
      coba tanya sama cimb nya gan.. bisa gak gitu bikin reke ponsel tapi ktp hilang..... kalo gak bisa berarti mau gak mau harus urus dulu ktp di kampung... sekaligus bikin rekening cimb di kampung aja pake resi ktp itu...

      opsi 2
      coba tanya sama bos gojek agan.. bisa nggak gitu trensfer duit nya ke rekening atas nama orang lain... kalo bisa... berarti agan bisa suruh sodara bikin rekening ponsel... terus nomor nya agan yg pakai... kalo bikin di kampung ntar simcard bisa kirim ke agan pake pos/jne

      sementara duit yg sudah terlanjur masuk di no hp agan... mau gak mau harus verifikasi no hp dulu di kantor cabang cimb yg di memerlulan ktp

      Delete
  76. gan mau tanya, apakah tiap bulan saldo kita terpotong Rp 13.000 karena biaya administrasi tiap bulan atau terpotong Rp 13.000 apabila dalam 1 bulan tersebut tidak melakukan transaksi apapun (Untuk Tahapan silver dan gold BCA). Thank's

    ReplyDelete
  77. Kalo atm nya ilang trus kita bawa persyaratan seperti ktp,buku tabungan dan surat kehilangan tetapi kalo ktpnya ktp sementara bisa gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja dulu... namanya jg habis kehilangan....kalo ada sim bawa deh sim...pasti beres

      Delete
  78. Kalao pakek ktp sementara gmn pak..tp ada surat pengantar dri pabrik

    ReplyDelete
  79. Kalau KTP nya dari kampung, terus buka rekeningnya di kota, boeh tidak?

    ReplyDelete
  80. maaf tp saya kemarin ke bank mau bukak atm kog gak bisa pakek kartu pelajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu masih kecil dik..ajan orang tua ya ke bank nya

      Delete
  81. Kak mau tanya, aku rencananya mau buka rekening di bank BNI syariah tapi e-ktp belum jadi kak, aku juga ga punya sim ataupun ktp lama kak, soalnya tahun ini baru bisa buat ktp jadinya langsung deh buat e-ktp itu. Nah akhirnya aku minta ktp sementara dari kecamatan dengan keterangan sedang menunggu proses pembuatan e-ktp. Nah kira2 kalo pake ktp sementara itu bisa gak ya kak buka rekening di bank yg aku pengenin itu? Mohon jawabannya ya kak, makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja... bank akan mempertimbangkan sejauh mana urgensi-nya... identitas pendukung yg jelas serta kepentingan pembuatan rekening itu, misalnya untuk keperluan pembayaran gaji, maka bank pasti akan membuatkan...

      tapi kalo datang ke bank dengan modal ktp sementara itu, saya kok ragu ya

      Delete
  82. Mas mau tnya kalau kasus saya buat rekening sm kartu di debit dri kantor di jakarta. kartu debit hilang. Mau buat lagi kalau di kota lain di solo bisa gak mas. Hari ini sama besok pas bank pada tutup, sabtu saya balik ke solo. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bank yg membolehkan ada yg nggak... jd tergantung bank yg agan pake.. lebih baik telp aja dulu call center bank agan... kalo ada kepastian bisa baru deh bikin di solo

      Delete
  83. Kalau mahasiswa bisa gak bikin rekening bank?

    ReplyDelete

  84. Min bisa ga kalu membuat atm tpi tidak memakai domisili
    Cuman pake e_ktp aja

    ReplyDelete
  85. Gan..

    Ane kan rencana mau kuliah.diluar ...nih gan di cairo.tepatnya....nah klw misalnya ortu ngirim buat biaya gitu..cocoknya pke pa gan banknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bingung juga gan... sy buta banget tentang egypt wkwkw...

      pilih bank di indonesia yg ada logo cirrus, jadi nanti bisa tarik tunai di atm yg ada logo cirrus di bank lokal mesir... contohnya bni , cimb dll

      Delete
  86. saya masih sma Mau buka rekening tapi yg .terdekat itu bri bisa gk ya?dan syarat nya apa ya

    ReplyDelete
  87. Kmren saya ke bank BRI klo gk pke ktp gk bsa ktax
    Blm nyoba ke bank mandiri apa bsa min tlg jwab hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja...semua bank minta ktp.. atau bisa ganti pake sim atau paspor

      Delete
  88. Gan saya udah buka buku tabungan ni,udah sebulan yg lalu ,tpi gg sekalian ama atm nya...nah sekarang sya mau buat atm apa pakai setor lgi.,..

    ReplyDelete
  89. Terimakasih atas infonya , sangat bermanfaat sekali

    sekalian ijin promosi ya :)
    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://alatantrianberkualitas.blogspot.com/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  90. ka kalo misalkan seperti saya seorang pelajar smp mau bikin kartu atm bisa ga ya??

    ReplyDelete
  91. Min, kalo buatnya make Kartu Nomor Induk Siswa (NIS) Bisa kaga?

    ReplyDelete
  92. mas kalo bikin Rekening pake ktp sementara apa bisa ??

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum