June 25, 2014

Tabungan Syariah Tanpa Biaya Administrasi Yang Bagus

Advertisement

Cukup mudah nemuin  tabungan syariah tanpa biaya administrasi bulanan, tinggal pilih produk tabungan  di bank syariah dengan akad  wadiah, maka  akan gratis biaya admin untuk pemeliharaan rekening setiap bulan. Memang tidak semua, tapi kebanyakan bebas potongan. Jadi pokok simpanan tidak berkurang satu rupiah pun.

Meskipun tidak ada potongan saldo setiap bulannya, bukan berarti perbankan syariah mengesampingkan fasilitas yang di sertakan demi memanjakan nasabah. Misalnya fasilitas ebanking ( ATM, internet banking, mobile banking dll ), kemudahan penyetoran di cabang konvensional dll.

Berangkat dari sana, mungkin kita punya imaginasi sesaat, bahwa kesan bagus tidaknya nama bank syariah dan produk tabungannya, tidak bisa lepas dari sang induk.

Selidik punya selidik, ternyata tidak demikian, karena bank dengan nama besar di konvensional tidak menjamin unit syariah nya mengikuti.

Okelah, buat teman-teman yang ingin membuat rekening tabungan di  islam banking, berikut beberapa produk simpanan tanpa biaya administrasi di bank syariah beserta fitur dan beberapa hal yang perlu di ketahui. Tentang apa keuntungan dan kerugian nabung di bank syariah, silahkan lanjut aja dulu baca nya.


Tabungan Faedah iB ,  BRI Syariah

Boleh di coba nih, tanpa ada potongan apa-apa setiap bulannya. Bahkan untuk menggunakan kartu ATM di bank lain dalam jaringan Prima dan Bersama juga gratis. Yang penting saldo simpanan diatas 50ribu, serta harus ada transaksi minimal  satu kali dalam enam bulan supaya rekening tetap aktif.

Selain ATM yang di dapat, nasabah tabungan faedah BRI Syariah juga dapat fasilitas mobile banking dan internet banking jika menginginkan.

Ulasan lebih jauh  produk ini saya telah tulis pada artikel keuntungan Tabungan Faedah BRI Syariah, silahkan di baca ya kalo mau lengkap.


Tabungan iB Hasanah, BNI Syariah

Kalau nabung di BNI Syariah yang bebas biaya pilih produknya ib Hasanah akad wadiah.   Ingat ya tabungan ib Hasanah itu punya dua prisip, wadiah dan mudharabah. Yang wadiah tanpa ada biaya bulanan, sementara yang mudharabah ada potongan sebesar Rp 5000,- Baca : Tabungan BNI Syariah akad wadiah dan mudharabah.

Fiturnya, dapat kartu ATM, bisa internet banking,  bisa menggunakan mobile banking dengan android  blackberry iphone windows mobile bahkan java.


Tabungan X-Tra iB, CIMB Niaga Syariah

Ini juga tanpa biaya administrasi bulanan dari CIMB Niaga Syariah. Untuk membuat simpanan ini cukup siapkan uang 200 ribu untuk setoran awal. Selanjutnya silahkan nikmati semua fitur yang sama dengan tabungan X-Tra seperti halnya di CIMB Niaga biasa. Misalnya menggunakan mesin ATM yang sama, internet banking login pada website yang sama, atau mobile banking dengan aplikasi yang sama juga.


Tabungan Simas iB, Bank Sinarmas Syariah

Pilih Tabungan Simas iB dengan akad wadiah, maka tidak akan ada biaya admin setiap bulannya. Setoran awal ringan, cukup 100 ribu saja siapapun dapat membuat rekening disana.

Bentuk laporan transaksi bisa di pilih antara buku tabungan atau e-statement. Tinggal di sesuaikan saja dengan kenyamanan masing-masing individu.

ATM? Tentu di kasih sama bank sinarmas syariah.

Permata Tabungan iB, Bank Permata Syariah

Meskipun dengan akad Mudharabah, simpanan ini membebaskan biaya administrasi setiap bulannya. Yang menarik adalah karena tersedia dalam dua mata uang; rupiah dan dollar. Jadi kalau mau investasi uang dalam mata uang asing  yang sesuai dengan syariah maka produk ini patut di coba.

Setoran awalnya cukup Rp. 250 ribu untuk mata uang rupiah, sementara untuk dollar adalah sebesar usd 100.

Fiturnya bagus dan  komplet, yang mau tarik tunai dengan ATM di sediakan kartu ATM, yang mau transaksi dengan inet banking bisa memakai permatanet, begitu juga dengan mobile banking yang bisa digunakan via ponsel.

Selain tabungan iB diatas, bank permata syariah juga punya produk tabungan gratis biaya administrasi lainnya, yaitu permata optima iB, dengan setoran awal sebesar Rp 5 juta, nasabah akan mendapat keuntungan porsi bagi hasil ( Nisbah ) lebih besar.


Tabungan PaS iB, Panin Bank Syariah

Tabungan ini ada biaya administrasinya sebesar maksimal Rp  5000,- / bulan, tapi jika dalam perhitungan bagi hasil nasabah dalam satu bulan mendapat  kurang dari Rp 5000, maka potongannya adalah sebesar  bonus bagi hasil itu. Misalnya nasabah bulan ini dapat keuntungan imbal hasil dari tabungan PaS iB sebesar seribu rupiah, maka biaya adminya adalah sebesar seribu rupiah juga. Jadi di pastikan biaya admin ini tidak akan memotong pokok simpanan, tetap utuh. Jadi nasabah akan tetap untung, tidak akah rugi.

Untuk yang berminat siapkan uang tunai sebesar 100 ribu rupiah untuk persyaratan setoran awal, dan nasabah akan mendapat kartu ATM dari Panin bank syariah.

Selain itu, di bank panin syariah juga ada produk yang namanya PaS iB Fleksibel. Nah kalo yang ini benar2 bebas potongan setiap bulannya dengan ketentuan saldo mengendap Rp 100 ribu. Untuk setoran awal cukup siapkan uang sebesar Rp 500.000,-


Tabungan iB SiAga, Bank Bukopin Syariah

Yang jadi catatan saya dari produk ini adalah adanya perlindungan asuransi gratis untuk saldo rata-rata akhir bulan minimal Rp 1 juta rupiah. Tidak besar; 10 juta untuk meninggal karena kecelakaan, dan,5 juta jika meninggal  wajar.

Untuk bikin rekening ini cukup dengan uang 50 ribu rupiah untuk setoran awal. Bebas biaya administrasi setiap bulan dan mendapat kartu ATM sebagai fitur yang di sertakan.


Tabungan Bisa iB, Bank Danamon Syariah

Pokonya serba bebas. Bebas biaya admin bulanan, bebas biaya ATM dan pembuatan kartu ATM. Ada dua skema dari tabungan Bisa ib Danamon syariah. Dengan skema  Mudharabah maka nasabah akan mendapat nisbah berapapun saldonya. Untuk skema wadiah tidak di ketahui berapa saldo minimum agar mendapat keuntungan bonus.

Setoran awal tabungan Bisa iB danamon syariah adalah minimum Rp 100 ribu.


Tabungan Batara iB, BTN Syariah

Setoran awalnya Rp 50 ribu. Dapat kartu ATM dan gratis dari biaya. Bisa di bikin di seluruh cabang BTN   Syariah atau di layanan syariah di BTN konvensional.

**

Itulah ringkasan dari tabungan syariah yang bebas biaya administrasi bulanan. Tentu ada batasan saldo minimum mengendap agar tidak ada potongan, tapi, percayalah, saldo minimum mengendap itu tidak lebih besar dari minimum setoran awalnya. Jadi, tabungan syariah bisa di pastikan tidak memberatkan semua lapisan masyarakat di semua golongan dan agama, bagus toh.

 Anda, saya, atau siapapun, anak muda yang masih berpenghasilan pas-pasan,  mahasiswa untuk keperluan menerima transferan dari orang tua, pedagang kaki lima yang menyisihkan sebagian keuntungan untuk berkeinginan membeli toko, ibu rumah tangga yang menyisihkan kelebihan jatah bulanan, bahkan ini juga bagus untuk pelajar  yang ingin memulai berkenalan dengan perbankan, semua bisa nabung di bank syariah.

Sebelum artikel ini saya tutup, diseberang sana ada yang teriak; bagaimana tabungan di unit syariah dari dua bank terbesar indonesia; Bank syariah mandiri dan BCA Syariah. Untuk itu, silahkan baca posting sebelumnya; Tabungan BSM Simpatik, dan Tahapan iB BCA Syariah.

Atau kalau mau baca perbandingan lebih mudah silahkan baca artikel beriikut : Komparasi tabungan syariah Mandiri vs BNI vs BRI

Terima kasih telah membaca. Wasalam....


Posted by:

62 komentar:

  1. Kak.
    Sy nasabah di bank muamalat tp menggunakan akad mudharabah. Apakh sy bisa menggantinya ke akad wadiah? Jadi saya harus tutup buku dlu yaa? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya kamu sudah sebut tabungan muamalat, soalnya saya kelupaan belum nulis tentang muamalat sama sekali. jadi ada bahan saya buat update tentang produk bank ini besok2

      btw, tadi saya telepon ke call center muamalat, katanya tidak bisa pindah akad dari mudharabah ke wadiah, begitu juga sebaliknya, jadi harus tutup dulu.

      untuk tambahan informasi, tabungan muamalat akad wadiah bebas biaya adminitrasi apabila di ahkir bulan saldo nya diatas 1 juta.

      meskipun dari tanggal 1-29 saldo 100 ribu, tapi tgl 30/31 kita nabung 1 juta maka akan bebas potongan. jadi tidak di hitung saldo harian

      Delete
  2. kalo untuk kpr lebih bagus mana, antara bri syariah atau bni syariah,?

    mohon pencerahannya ,,, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu bro.
      tapi saya pernah baca di blog nya siapa ya lupa, dia cerita pengalaman ambil kpr di bni syariah katanya gampang.

      Delete
  3. Blogwaking gan, sekalian lagi galau nih mau buka rekening di bni syariah apa bri syariah. Menurut agan bagusan mana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungannya bro, lanjutkan cod jembernya

      tergantung kebutuhan aja sih kalo menurut saya.
      kalo mau saving atau transaksi ke sesama, lebih baik bni syariah.

      kalo mau transaksi antar bank bisa pilih brisyariah.

      di post terkahir saya sudah compare soal tabungan ketiga bank syariah, bnis,bris, bsm

      Delete
    2. saya belum minat pada keduanya, tapi kalo suatu saat akan bikin, saya akan pilih bni syariah.

      Delete
  4. Kalau Bank Mandiri Syariah gimana? Mohon infonya.. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai zahra
      tabungan mandiri syariah itu mata duitan, saya sudah tulis sebelumnya, silahkan baca aja ya artikel berikut

      perbandingan tabungan syariah bni bri mandiri

      Delete
  5. Setalah saya membaca blog ini artikelnya sangat bagus dan bermanfaat, tp saya lg galau ni gan. Taungan yang cocok buat saya apa ya? Yg sifatnya tanpa ada potongan perbulan maupun saldo minimal dan tanpa ada atm karena saya ingin membuka tabungan yang benar benar hanya untuk tabungan saja, mohon saran dan bantuannya, terima kasih admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tabungan ada saldo minimalnya, yang paling rendah produk tabunganKu, tabunganku disemua bank saldo minimal nya sama 20ribu.

      kalo menurut saya, selama nabungnya di tabungan harian, meski bener2 uang untuk simpanan, tapi atm tetap perlu untuk jaga-jaga perlu duit di luar jam buka kas bank. yang penting kartu atm simpan dirumah, jangan dibawa2

      belum lagi kecenderungan bank sekarang mengenakan biaya administrasi untuk penarikan tunai di teller kantor cabang.

      kalo memang benar siap mau nabung tanpa diambil sampai waktu jangka tertentu, tanpa atm, tanpa biaya, maka bisa pilih tabungan berjangka.

      di banyak bank tabungan berjangka kebanyakan gratis biaya. tinggal sesuaikan saja dengan bank dipakai sekarang sebagai tabungan hariannya.






      Delete
  6. betul ga macam2 bni syariah mah. alhamdulillah

    ReplyDelete
  7. Denger2 mulai 5 mei 2015 BRIS bakalan banyak
    biaya tambahan, bener ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, cuma untuk biaya interkoneksi aja. ambil duit di atm bank lain, atau transfer ke bank lain. Tapi tetap masih yang paling ringan dibanding dengan bank lain

      Delete
  8. denger2 untuk permata ib optima, ada gratis transfer ke bank lain, dengan saldo minimal 25 jt, agan tau ngga batas transfer per hari atau per bulan nya berapa kali transfer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, gede 25juta, kalo 10juta masih moderate kali ya

      limit transfer perhari di atm:
      ke permata 50juta
      ke bank lain 25juta (maksimal 10kali)

      limit perhari di inetbanking
      ke permata 150juta
      kebank lain 50juta

      minimal transfer 10ribu

      Delete
  9. Minta saran juga dong
    Pengen buka rekening dollar di muamalat...mumpung harga belinya lg turun...tp blm ngerti sistemnya seperti apa...
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistemnya titipan (wadiah), bonus bulanan suka-suka bank aja mau ngasih atau nggak.

      namanya saving di valas, bisa untung bisa rugi tergantung rate saat beli dan jual

      ada biaya admin 0.5/bulan ya

      kalo kata sy sih lebih baik perbanyak referensi dulu aja mengenai prediksi dollar tahun depan, kalo kecenderungannya turun terus maka bisa rugi saat penarikan di kemudian hari ketika di konversi ke rupiah



      Delete
  10. gan ada gk ya yg bebas biaya tranfer antar bank ? hhhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah gak ada gan, yg paling kecil biaya transfer antar bank di bri syariah

      Delete
  11. klikbca bisa transfer eal time (RTGS] dg biaya 25rb,

    produk TabunganKu CIMB Niaga setoran awal 20rb sdh dpt fasilitas lengkap, ATM sekaligus Debit Card - net banking - sms banking.

    ma'af sy bkn sales/promosi
    sekedar share pengalaman sj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rtgs mah sekarang mestri transfer minimali 100juta.
      tabunganku cimb pilihan bagus, gak ada potongan bulanan fitur lengkap

      makasih sudah berbagi pengalaman, karena memang komentar berbagi pengalaman yg lebih sy cari buat referensi teman2 yg lain

      Delete
  12. Minta pencerahan dong untuk bank syariah yang gak ada biaya untuk sekarang ini. Soalnya saya tadi mau buka tabungan di BRIS tapi ternyata banyak biaya lain-lain. Tolong dong yang sudah punya rekening bank syariah mana yang benar benar aman dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bni syariah bro, nama produknya "tabunganku" atau IB hasanah akad wadiah, itu free biaya admin dan ada fitur ebanking nya

      Delete
    2. Kalo menurut aku si paling bagus ada 2 produk tabungan syariah.
      Yg pertama adalah tabunganku CIMB NIAGA SYARIAH, gratis biaya admin bulanan, dpt kartu ATM dgn limit yg besar, tarik tunai 10jt per hari, transfer antar bank di ATM bs 25jt per transaksi,saldo minimal cuma 20rb,gratis biaya tarik tunai di ATM bank lain jika sebelum transaksi minimal saldo 10jt.Fasilitas lengkap mobile banking, internet banking. Bisa setor tunai di mesin CDM jg.
      Yg kedua tabungan bisa ib dari danamon syariah. Tabungan dgn prinsip bagi hasil. Bebas biaya administrasi bulanan. Gratis biaya tarik tunai di atm bersama & alto jika sebelum transaksi saldo minimal 1 jt. Gratis biaya cek saldo di atm bersama & alto jika sebelum transaksi saldo minimal 1jt. Fasilitas lengkap mobile banking, internet banking.
      Semoga bermanfaat ya..

      Delete
    3. makasih gan sudah ikut bergabung... pasti bermanfaat buat yg cari referensi

      Delete
  13. Saya masih pelajar pengen buka rekening tp kalau bisa yg gk ada biaya2 pemotongan krna maklum kantong pelajar kalau dipotong mkin dikit :D tetapi kalau bs ada fasilitas atm kira2 saya harus pakai apa ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih pelajar/belum punya ktp bisa bikin "tabunganku" di bni syariah, nanti dapat atm, bisa internet banking, semuanya gratis.

      jangan lupa ke bank nya sama salah satu orang tua, bawa akte kelahiran, kartu keluarga, sama uang tunai (50ribu juga bisa)

      Delete
  14. bank muamalat dan mega syariah gak ada ya

    ReplyDelete
  15. klo boleh tambahan ulasan tabungan utama mega syariah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu kapan ya, kalo mood lg mau nulis kali gan

      Delete
    2. tabungan utama mega syariah setoran awal 1005b
      saldo mengendap 50rb
      admin 3.500
      kalau saldo diatas 5jt bs free admin
      dapet atm

      Delete
  16. nice post. terima kasih informasinya :D bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  17. Gan.. mau nanya .
    Saya bniat mau nabung di BRI Syariah, sya dngar tdak ada pot apapun(b.adm, kartu, dll) dan saldo awalnya pun tdak di patok brapa aja katanya .
    Apa bnar??
    Cz sya mau nbung yg saldonya tdak brkurang .
    Mhon sharing nya ya gan, trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bri syariah gak ada potongan kalo saldo diatas 50ribu.

      kalo buat transaksi sekarang bri syariah udah gak gratis lagi, banyak potongan.

      ini mba saya kasih link tabungan yang gak ada potongan, dpt atm dll, silahkan dipilih aja ya, sekalian bisa lihat gambar atmnya tabungan yang tidak ada potongan

      Delete
  18. BNI syariah wadiah ada minim saldo apa tidak?
    Syarat pembuatan apa saja?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal saldo 100ribu.

      syarat sih standar lah, bawa ktp+ uang 100ribu, kadang diminta kk bahkan npwp

      Delete
    2. Klo lihat di web bni syariah yg akad wadiah sldo minimum klo gk salah cma 20rb. bener gak ya?? Mohon diklarifikasi klo salah

      Delete
    3. berarti sudah berubah ketentuannya gan.. tadinya 100ribu

      Delete
  19. Min mau tanya. Bank apa ya yg g ada saldo minimal .maksudnya bisa diambil sampe 0 rupiah. Kalo dulu muamalat bisa diambil sampe 0 rupiah. Skrng ada minimal saldo nya 50rb. Nah bank apa ya yg bisa diambil sampe 0 rupiah. Makasih min mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gak deh gan, paling juga bca, saldo yg tertera di layar atm bisa di habisin sampe nol, misalnya ada saldo di layar atm 50ribu, terus diambil 50ribu tetap bisa.

      tapi, saldo di atm bca itu di hidden 10ribu, jadi kalo saldo di layar atm 50ribu, saldo di buku tabungan (real saldo) adalah 60ribu

      Delete
  20. kalo untuk bagi hasil yg paling profit di bank apa ya?

    ReplyDelete
  21. biaya administrasi dalam bank syariah halal atau kah haram?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..wah... saya gak paham soal halal haram mba...

      kalo saya sih berpikirnya ikutin orang2 pinter di negeri ini aja.... jadi kalo bank syariah halal berarti sudah melalui kajian secara keseluruhan...

      Delete
  22. Gan.. Bdw ane baru buka tabungan bsm, belum ada sebulan ko tabungan ane saldonye berkurang 50rb ye? Saldo 510 sisa 460 ?? Kira" itu knpa ya gan? Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabungan bsm memang banyak potonganya mba, baik akad wadiah maupun mudharaban ada biaya...

      ada biaya atm perbulan, biaya fasilitas internet banking perbulan, kalo cek saldo dari mobile banking juga motong saldo

      atau kemungkinan lain saldo di hidden system sehingga tidak bisa diambil sebagai syarat saldo minimum

      kalo lebih jelas sebaiknya lihat rincian mutasi tabungan mba sarah...

      atau kalo lihat biaya apa saja yg timbul di tabungan bsm bisa lihat artikel berikut
      perbandingan tabungan bsm vs bni syariah vs bri syariah


      Delete
  23. Mau tanya, kalo buka rek muamallat dollar itu setor tunainya pake IDR atau Dollar ? Trs klo mau narik tunak pake IDR atau dollar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake kedua nya... kalo pake idr nanti langsung di convert ke rate saat itu...

      Delete
  24. kak?
    mau tanya . . antara bni syariah sama cimb syariah. .enak an mana yha?
    .makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang bni syariah aja kalo gratis.... cimb syariah tabungan xtra ib sekrang ada biaya nya

      Delete
  25. Kak mau minta pendapat, saya mending buka danamon lebih apa bni S yaa??? Dua2nya kan gaada potongan bulanan tuh.
    Buka rekening cuma untuk nabung perbulan dari gaji aja biar lebih terkontrol. Thanks ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. bni syariah aja... danamon lebih udah mulai belagu... gratis biaya admin syarat saldo di naikan jadi 500ribu.... banyak bro tabungan yg gratis biaya admin... di mandiri ada tabunganmu... ada jg tabunganku di beberapa bank...

      Delete
  26. Kalo biaya transfer dari bni syariah ke bank lain selain bni berapaan ya ?

    ReplyDelete
  27. gan, boleh tanya-tanya? ane ada rek.danamon, tp lama-lama ane jengah ama kebijakannya jadi pengen pindah. pilihan awal antara cimb syar'i atau danamon syar'i, ehh taunya cimb ada biaya jg skrng.. kira2 ada yg punya rekening diatas? mohon share dong. ane lagi nyari yang pas, saat ini ane msih mahasiswa.
    (ane uda pke BNIs)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke cimb konvensional nya aja gan... tabungan on account.. itu cocok buat anak muda dan mahasiswa... gak ada potongan.. syaratnya saldo rata2 1juta... atau tabunganku cimb gratis biaya admin gak pake syarat.... tabunganku bii dan syariahnya jg gak ada potongan sama sekali.

      kalo nggak ya tabungan mitra usaha mandiri...tinggal cari deh cabang mandiri mitra usaha di kota agan

      Delete
    2. ok makasih sarannya gan, ane emang lg nimbang2 buat buat rek.cimb.. secara bentar lagi MEA bakal berlaku, dan menurut ane sih bank ini bakal gencar banget buat ngeluasin jaringan...

      Delete
  28. mas klu bank muamalat mudharabah itu ada kah biaya bulanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada... yg mudharabah hampir semua bank syariah ngenain biaya

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum