September 7, 2014

Cara Membuka Rekening BCA Secara Online ( dilengkapi Gambar )

Ada beberapa halaman formulir isian untuk pengajuan pembukaan rekening BCA secara online.  Silahkan simak cara membuatnya di halaman ini, lengkap dengan gambar supaya lebih jelas.

Sebelum mengisi formulir sebaiknya siapkan ballpoint terlebih dahulu, keluarkan kartu identitas, misalnya KTP.

Mohon di ingat, dalam mengisi formulir aplikasi online Bank Central Asia (BCA) nantinya,  tombol backspace dan delete pada keyboard tidak berfungsi.  Jika ada kesalahan pengetikan kemudian ingin merubah maka  gunakan menu  “Reset” (tanpa tanda kutip) pada setiap halaman.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat rekening tabungan BCA  secara online. Perhatikan tanda panah warna merah pada setiap gambar yang harus di klik  sebagai langkah selanjutnya.  Jika gambar kurang jelas, silahkan klik pada gambar untuk memperbesar.

Untuk contoh ini saya akan membuka rekening tabungan BCA tahapan Xpresi.  Jika anda ingin membuat produk  Tabungan  BCA lainnya, tinggal sesuaikan saja. Untuk informasi mengenai produk  dan biaya administrasi tabungan bca telah saya tulis pada halaman ; 3 Jenis Tabungan BCA.

Langkah 1
Kunjungi  website resmi : www.klikbca.com  atau  www. bca.co.id .
Untuk  penampakan gambar di bawah ini halaman yang saya buka  adalah www.klikbca.com,

cara membuka rekening bca secara online
Langkah 2
Saya memilih tahapan Xpresi, jika ingin membuat  Tapres atau Tahapan,  tinggal sesuaikan saja.

cara membuka rekening bca secara online

Langkah 3
cara membuka tabungan bca online
Langkah 4
Sekarang kita masuk pada halaman pertama formulir isian.
Pastikan tidak salah:
  • Tanggal kadaluarsa alamat identitas ( KTP );  Pada drop down menu tahun-tahun kecil  ( 2015 2016 2017) letaknya ada paling bawah.
  • Alamat email ; pastikan memiliki alamat email minimal tiga karakter id. Ketika saya memasukan id dua karakter  ternyata tidak bisa. Padahal sebagian besar email custom saya hanya dua huruf.
Contoh :
abc@mailgue.com  - bisa
ab@mailgue.com – tidak bisa
cara membuat rekening bca secara online
Langkah 5
Jika berhasil mengisi form sebelumnya, maka akan tampil halaman seperti di bawah ini.
Catat nomor referensi yang di dapat. Nomor  referensi ini yang nantinya di bawah ke kantor cabang BCA untuk proses lanjutan buka rekening. 
Mohon maaf, no referensi pada gambar saya blok, nomor referensi yang saya dapat adalah kombinasi huruf dan angka, tepatnya satu hufuf dan lima angka.

cara buka rekening bca secara online

Langkah 6
Cukup jelas. Perhatikan gambar
cara buka tabungan bca secara online


Langkah 7
Jika tidak punya npwp, pilih tidak.
cara membuat tabungan bca online

Langkah 8
Pada halaman inilah produk tabungan yang ingin di buka di tentukan.  Silahkan di pilih.

Dibagian  bawah ada opsi fasilitas yang di inginkan. Pastikan centang  yang anda mau. Misalnya internet banking atau mobile banking BCA.
cara membuka rekening bca secara online
**
Jika  pengisian aplikasi online telah selesai, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk menindaklanjuti  proses pembukaan tabungan, dengan menginformasikan nomor referensi yang di dapat pada langkah nomor 5 diatas. Dan tentu saja, membawa  dokumen pendukung sebagai persyaratan administratif, plus uang tunai untuk setoran awal.

Setelah mengisi form online untuk membuka rekening BCA,  lalu bagaimana proses di kantor cabang, apakah harus isi form lagi, atau tinggal tanda tangan saja?

Terus terang deh saya tidak tahu. Karena ketika saya datang ke kantor cabang tempat saya membuka rekening,  ternyata kantor cabang BCA tersebut belum support pembukaan tabungan dengan aplikasi online. Alhasil, saya bikinnya manual – manual juga , hehe…..

Padahal  sebelum mengisi  aplikasi online tersebut, saya  tanya  dulu ke  halo bca di 500888, mengenai kantor cabang yang support untuk menindaklanjuti nya. Jawaban dari halo BCA sih katanya semua cabang sudah bisa. Tapi ternyata tidak.

Ya sudah, kalo gitu,  teman-teman bisa belajar dari pengalaman “mubazir” saya, jika ingin membuat rekening BCA secara online maka lebih baik sounding-nya ke kantor cabang yang di rencanakan membuatnya disana. Adapun alamat dan nomor kantor cabang terdekat bisa di lihat pada web BCA.  Silahkan di telepon.  Tapi kalau rela pengalaman saya berulang pada anda (semoga tidak), ya isi aja langsung tanpa harus telepon.

Dan jangan lupa, jika telah berhasil membuat rekening BCA secara online, saya harap teman-teman datang lagi ke halaman ini untuk berbagi pengalaman di kotak komentar.  Supaya yang lain mengetahui prosesnya.

Oiya, akhirnya saya lebih memilih produk  Tahapan saja , karena tahapan Xpresi  punya kelemahan/kekurangan, kata mbak cso nya, jika lupa pin ATM, maka tabungan Xpresi akan ditutup.
Begitulah…

Posted by:

49 komentar:

  1. seandainya kalo saya pakai tabungan xpresi .
    kalo atm saya hilang gmn???
    kan harus ada buku tabungannya,sedangkan xpresi tidak di sertai buku tabungan??
    mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin saya gak nanya soal itu.
      tapi logika nya gini, kalo hanya karena pin atm lupa saja rekening ditutup, bisa jadi kartu atm hilang juga akan sama.

      saya rasa buku tabungan gak mutlak juga ada, karena ktp nasabah bisa di jadikan verifikasi oleh bank bahwa benar kita adalah pemilik rekening itu.

      yang penting adalah kita harus catat 16 digit nomor kartu atm, disimpan dalam kertas dalam dompet, dan di back up pada buku disimpaan dirumah. jadi kalo sewaktu2 atm hilang kita bisa cepat bertindak, apakah telp bank untuk blokir atm itu, atau jika sewaktu-waktu diperlukan buat lapor ke polisi

      oiya, saya malah lebih senang jika semua tabungan tanpa buku. kemarin itu waktu bikin tahapan bca saya minta tanpa buku, tapi ternyata tidak ada opsi lain, semuanya harus pake buku.

      Delete
  2. saya nggak punya ktp tapi saya punya kartu pelajar , kira2 bisa nggak daftar online ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada opsi isi data kartu identitas dari kartu pelajar untuk , jadi tidak bisa.

      lagi pula yang masih belum punya ktp itu rekening perwalian, jadi saat ke kantor cabang harus di dampingi orang tua.

      Delete
    2. Di beberapa cabang melayani pembukaan rekening dengan menggunakan kartu pelajar. Biasanya akan diarahkan untuk pembukaan rekening tahapan xpressi.

      Sumber : pengalaman sbg cso BCA
      NB : Tiap cabang kadang memiliki pertimbangan sendiri, jadi sebaiknya ditanyakan langsung ke cabang terdekat.

      Delete
    3. mantab gan, makasih udah bantuin saya jawab,,,,

      Delete
  3. saya tidak punya npwp apakah bisa saya membuat tahapan expresi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja dulu

      soal ini saya pernah tulis, silahkan baca artikel berikut..
      apakah nabung di BCA harus punya NPWP ?

      Delete
  4. apa di butuhkan nmr tlp rumah untuk buka tabungan di BCA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kantor cabangnya.
      ada yang mengharuskan, ada yang tidak.

      kebanyakan kantor cabang yang mengizinkan calon nasabah tanpa punya nomor telepon rumah.

      Jangan jadi kendala, datang saja ke kantor cabang

      Delete
    2. gan saya baru aja tadi sekitar jam 8 pagi ke kantor cabang bca ciledug, tepatnya dkt medika lestari ...
      apa memang di wajibkan dalam pembutan rekening baru untuk mempunyai nomor tlp rumah ?? berarti yng tak punya nomor tlp rumah tidak akan bisa membuat rekening bca dong kalau gitu ..!!
      sblum itu juga saya sudah blng kalau saya sudah mengisi formulir via online tpi di suruh mengisi form tertulis lgi .. lantas apa gunanya jika ada pengisian form via online trus di sana di suruh mengisi form tertulis lagi ??
      saya kira kalau sudah mengisi form via online di sana tinggal di minta no Referensinya saja, ternyata smua itu jauh dri apa yng saya bayangkan... Ribet ... ah sudahlah calon nasabah di buat kecewa...

      Delete
    3. form online kasusnya sama dengan saya, ternyata belum semua cabang support pembukaan dengan aplikasi online.

      kalo nomor telepon rumah ya begitulah kagak jelas juga, mana cabang yang boleh mana yang kagak.

      kalo masih minat di bca coba cari cabang lain yang deket dengan perkampungan.

      Delete
  5. siang, mau nanya, itu batas konfirmasi maksimal ke bank bca setelah daftar online berapa lama ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sori nih airen, saya gak tahu.
      perkiraan saya; paling cepat h+1, paling lambat 30hari.

      setelah 30hari dianggap expire kalo gak di tindaklanjuti di cabang

      Delete
  6. aku mau buka rek bca di pondok lestari ciledug, kira'' bisa ngga ya? Soalnya aku blm punya npwp plus tdk ada no rumah. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kali aja beda nasib sis, tapi kalo kita baca pengalaman eko dari komentar diatas lebih baik cari cabang lain

      Delete
  7. Saya mo buka rekening di BCA Karawang kantor cabang jalan Tuparev, saya sudah datang 45 menit sebelum bank buka (bukanya jam 8.15), saya isi dulu formulir pembukaan rekeningnya dan disitu tidak ada tercantum dokumen apa saja yang harus dilampirkan. Ketika saya sudah ke customer service, dia minta dokumen pelengkapnya yakni KTP, NPWP dan KK. Karena setahu saya untuk buka rekening cukup KTP dan NPWP jadi saya tidak membawa KKnya. Dengan berbagai alasan si customer service bilang ke saya bahwa KK merupakan dokumen wajib untuk kelengkapannya..apa emang begitu peraturannya sekarang..?karena KTP saya KTP karawang bukan pendatang. Saya kecewa karena sudah bela-belain terlambat kerja akhirnya tidak bisa buka rekening hanya karena KK tidak bawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata saya sih masih wajar jika si cs minta KK, bagaimanapun dia perlu mengidentifikasi dan memverifikasi calon nasabah dengan kelengkapan administratif kaya gitu, meski secara regulasi BI gak ada yang dilanggar juga jika si cs tidak meminta KK segala

      kecuali memang kantor cabang BCA karawang tuparev mewajibkan KK untuk setiap calon nasabah, berarti dia harus jalankan aturan tambahan dari cabang itu

      saya selalu menganggap perbedaan persyaratan setiap cabang sebagai local operating procedure (LOP) yg disesuaikan dengan kondisi sekitar.

      gimanapun posisi calon nasabah lemah gan, karena namanya juga permohonan pembukaan rekening, jadi bca berhak menolak dengan alasan mereka sendiri yg tahu, suka atau tidak suka konsumen selalu di pihak lemah.

      saya bukan ngebela BCA gan, karena saya sering juga mengkritik BCA.





      Delete
  8. Ingin pnya tabungan bank BCA ,,, tpi adanya kartu pelajar ... itu gmna caranya ,,, klo gk lewat video gk mudeng aku ,,, msh bocah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajak nyokap ke bca, bawa uang 100 ribu+ktp+kk
      kamu bawa akte kelahiran sama kartu pelajar

      kalo lewat form online yang belum punya ktp gak bisa..

      gitu cah.....

      Delete
    2. pak kalo saya nga ada tlp rumah bisa gak ya

      Delete
    3. sy jg gak punya bisa... dicoba aja

      Delete
  9. Kemarin nganter temen, cb bca surabya..
    Rencanya mau buka rek. Tapi sayang dia kerjnya serabutan,
    Setelah nyampe di lokasi.
    Ternyata sia sia. Kenapa
    Pihak bank meminta banyak persysatan
    Mulai dari
    Ktp
    Kk
    Npwp
    Slip gaji
    Dan ktp luar kota tidak bisa
    Hatus cantumkan perusahaan
    Dan surat dari rt/rw.

    Renca mau buat tabungan, seperti mau pinjem uang aja. .

    Super mengecwwakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg gitulah nasib pekerja sektor informal.

      sampaikan sama dia bro, bikin di bank lain aja.

      Delete
  10. tadi saya ke kantor bca mau buka rekening. trus si satpam minta ktp saya kasi abis itu nanya ada sim ga ya saya kasi juga . trus dia bilang loh ga busa mbak ini kecamatannya beda , ya iyalah beda kan polres beda kecamatan sama daerah tinggal saya yg penting kan masih dalam kota/kabupaten yg sama. trus dis bilang minta surat rekomendasi dari kampus dulu buat buka rekening di bca. alhasil saya kesel dan kecewa soalnya lg butuh bgt ya saking keselnya saya jd buka di mandiri dan lancar jaya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab, gue demen gaya berpikir elu lae, gak perlu pusing2 milih bank.

      makasih sdh berbagi pengalaman

      Delete
  11. wakakakkakakakak orang dia gak bisa akhirnya di kantor bank BCA jg??????

    ReplyDelete
  12. saya dari mkassar , pengen buka rening di jakarta bole ng yahhh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinannya kecil, tapi bisa saja kalau untuk keperluan pemabayaran gaji, dalam hal ini bank biasanya akan minta surat keterangan dari kantor serta surat domisili

      Delete
  13. saya buka kartu kredit, 10th yang lalu dan lunas di bca, kalau mau buka lagi data tsbt masih ada ga. dan data pekejaan udah berubah bagaimana cso

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pengalaman sy gini:

      sy pernah jd nasabah bca waktu awal kuliah, terus udah berhenti nabung selama sekitar 7tahun, berarti sy bukan nasabah bca lg dong.

      terus sy bikin lg, ditanya sm cso nya: sebelumnya pernah jd nasabah bca? saya jwb pernah

      terus cso nya ga bilang apa2 lg, dibikinin aja rekening, gak tahu data sy ada atau nggak.

      tp sy pernah bikin di cimb mandiri dan bii, kasusnya sama, pernah jd nasabah, lalu pasif, terus bikin lg, di ketiga bank itu data lama sy masih ada

      semua bank itu gak masalahin sy bikin lg.

      intinya gak masalah sih gan, soal masih ada data atau nggak, nanti bank akan tahu pas entry no ktp,

      soal data pekerjaan itu nanti jg diedit sama cso langsung di database mereka

      kira2 gitu....

      Delete
  14. saya mau buka bank tahapan expresi bca,saya sudah ada kartu pelajar,kk,akte kelahiran,fotokopy ktp ortu,dan saya gak punya npwp,yg jadi pertanyaan saya bagaimana caranya menabung tahapan expresi tanpa NPWP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajak orang aja sob ke bca.... gak usah bingung...

      ntar malah di tanyain bank ... kok tahu2 nya nih anak bawa foto kopi ktp orang tua... pelajar seperti kamu masih dalam perwalian orang tua... kalo kamu nyelonong sendiri kemungkinan di tolak 99.99%

      Delete
  15. Mau trnsfer ke bca tp lwt atm bri bsa gk yh..

    ReplyDelete
  16. kalo misalnya udah punya tahapan bca terus mau buka lg tahapan xpresi kira" bisa ga ya ?

    ReplyDelete
  17. Thank's infonya bang Andre..

    Klo tahapan xpresi brti bisa ganti pin apa tidak bang. Kn tdi kelemahanya klo pin lupa mka rekening otomatis ditutp dan gbisa di perbarui lgi y gan. Dan itu berlku untuk.smua nasabah tahapan xpr3ssii???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ganti pin sih bisa bro...

      soal salah pin atm xpresi ditutup itu sy cuma dpt kabar dari cs di cabang tempat saya ingin buka rekening ya...kebenarannya saya jg gak tahu pasti

      Delete
  18. BCA memang terlalu ribet...coba bank lain saja..Mandiri, Cimb, NiSp masih memaklumi kalau persyaratan tdk lengkap, minimal harus ada KTP. semoga lancar buka tabungan yakkkk.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... ngapain jg yakk yang ribet2... bank lain banyak, mudah bikinnya... teknologi jg gak kalah.. bahkan bisa jadi lebih baik... orang terlalu ikut mainstream...

      Delete
  19. Nama rekening bagi yg dibawah 17 tahun, ikut nama di kartu pelajar atau nama orang tua? Thanks gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua2nya, nama orang tua dan anaknya

      "nama orangtua QQ nirwan wijaya"

      Delete
  20. kalo d minta NPWP bilangin aja wira swasta bro heheheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. di detikcom lagi bahas2 npwp hari ini.. pada males bikin npwp

      Delete
  21. mang tuh bank pling rempong se indonesia...kaya bank swiss aja...ane punya rekening BCA cma bwt tranferan gaji aja..ribet klo BCA diseriusin..BCA cma menang saldo mengendap bisa 0 aja.mending buka di Bank milik negara.model BRI .malah urusan finansial bisa lewat sms

    ReplyDelete
  22. Gan saya bingung karena kemarin saya dapat tf dari pembeli processor tanggal 1-3-2016 dan sudah masuk ke rekening saya lalu saya kirim setelah barang sampai hari ini saya cek 8-3-2016 kenapa saldo saya berkurang 2.300.000 tanpa pemberitahuan dari BCA dan dana tersebut sesuai dengan harga processor yg saya jual


    Tolong balasan nya gan

    ReplyDelete
  23. Saya belum pnya dan blum buat NPWP,,,Apakah bisa membuat nya..dan pkerjaan sy freleance

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->