November 16, 2014

Nabung Yang Bagus di Bank Apa?

Judulnya klasik banget. Ya gitulah. Setiap ingin membuka tabungan di bank, pertanyaan itu pasti muncul; nabung yang bagus di bank apa? atau, nabung enaknya di bank mana?

Saya ingin buat catatan sederhana. Semoga dapat memberi gambaran supaya tidak ragu dalam memilih produk tabungan dan bank itu sendiri. Dalam hal ini saya hanya bicara tabungan harian.

Langsung aja ya.

Memilih Bank : Bank Pemerintah atau Swasta, Tidak Penting!


Saya ingin mengajak siapapun yang baca artikel ini untuk keluar dari anggapan kebanyakan orang. Kalaupun kesan yang saya tangkap salah, paling tidak diantara teman-teman saya masih berlaku pendapat demikian, Katanya: nabung di bank pemerintah lebih aman!

Saya ingin mengatakan; kenapa juga harus beranggapan begitu. Bukankah dengan adanya undang-undang no 24 tahun 2004 tentang Lembagai Penjamin Simpanan ( LPS), berarti  tabungan dibank manapun aman. Pemerintah lewat LPS menjamin uang simpanan dibank hingga 2 milyar per nasabah per bank.

Bahasa kasarnya: biarpun bank itu bangkrut, duit kita tidak hilang karena diganti oleh pemerintah.

Dengan begitu, kita bisa leluasa memilih bank yang enak buat tempat menabung. Yang welcome pada semua kalangan masyarakat. Yang mau melayani. Yang tanggap menyelesaikan jika ada permasalahan pada nasabah, dll.

Hal demikian bisa diketahui dari mereka yang punya pengalaman menjadi nasabah dibank tersebut. Disinilah peran kamu netizen untuk berbagi pengalaman.  Makanya saya tidak bosan menghimbau kepada pengunjung blog ini untuk berbagi pengalaman pada kotak komentar. Supaya orang lain tahu dan menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan.

Tentu saja itu hanya cara paling sederhana saat mempertimbangkan bank tempat menyimpan uang. Kalau mau tingkat lanjut, saya gak sanggup buat ngomong lebih jauh.

Misalnya; bagaimana rekam jejak top management. Bagaimana kesehatan bank itu. Berapa rasio kecukupan modalnya.Kemana bank  menyalurkan kredit ( jangan-jangan hanya membesarkan grup usahanya saja). Ada program CSR atau tidak, dan segambreng alasan lain yang tidak saya mengerti.

Okelah ya, sampai disini semoga alasan bisa diterima. Bank milik pemerintah, bank swasta, BPD, bahkan BPR,  tidak masalah. Kecuali Kalau kamu terlalu nasionalis idealis dengan berpikiran:  keuntungan bank pemerintah masuk kas Negara, sementara Keuntungan bank swasta masuk kekantong pungusaha.  Nah kalau ada yang beralasan demikian, saya nggak mau komentar deh.

Memilih Produk Tabungan: Sesuaikan Dengan Tujuan

Saya harus mengatakan ini, karena setiap orang yang ingin membuka tabungan, pasti punya tujuan. Nah tujuan itu harus sesuai dengan produk  yang di pilih.

Setiap orang punya tujuan berbeda. Tabungan yang cocok dengan si A belum tentu sesuai dengan si B. Orang yang membuka tabungan benar-benar  untuk menyisihkan sebagian pendapatan, berbeda dengan orang yang ingin menjadikan rekening bank sebagai sumber dana transaksi.

Ilustrasinya begini
-Sosialita yang gemar belanja seperti Syahrini pasti tidak sama kebutuhan produk tabungan dengan bu Rini, ibu rumah tangga di pedesaan yang menyisihkan sebagian uang belanja pemberian suami.

-Para pekerja kerah putih di kawasan thamrin membutuhkan dukungan produk perbankan berbeda dengan para Pedagang Kaki Lima ( PKL)  monas. (itu loh yang sering maen kucing-kucingan dengan anak buah pak Ahok, halo pak ahok…….)

-Begitu juga dengan elu elu pada anak muda dan mahasiswa, pasti kagak bakal mau disamakan dengan anak balita ( kalo anak muda gede badannya doang tapi kelakuan kayak anak TK, gue no comment deh)

Intinya saya bagi dua; rekening tabungan benar-benar untuk simpanan ( kalau di bilang sebagai investasi berlebihan kali ya), dan rekening yang di tujukan untuk transaksi.

Untuk Simpanan


Tabungan yang ditujukan benar-benar untuk dana simpanan, hendaknya memilih produk yang tidak mata duitan, dan Kalau perlu, keberadaan kantor bank tersebut dekat dengan rumah. Supaya tujuan menyimpang uang tersebut tercapai. Kalau tidak, bisa bisa saldo tabungan habis oleh berbagai macam ketentuan biaya. Baik biaya administrasi, maupun biaya saat setoran dikantor cabang.

Kan lucu kalau setoran saja ada biaya administrasinya, sementara niat awalnya sudah jelas mau nyimpan  uang. Belum apa-apa sudah kena biaya. Gak enak banget kan.

Kalau soal biaya administrasi produk tabungan, saya tidak mau bahas panjang lebar dihalaman ini. Karena di banyak halaman sudah saya tulis. Kalau mau lihat dalam satu halaman, silahkan baca : Saldo minimum supaya bunga bank dapat menutupi biaya administrasi. Dihalaman itu akan diketahui pada nominal berapa saldo pokok tidak berkurang.

Sementara faktor kedekatan dengan kantor  kantor cabang  dimaksudkan supaya tidak perlu ongkos mahal apabila mau setoran. Belum lagi sifat malas sering muncul kalau lokasi bank terlalu jauh.

Namun keberadaan kantor cabang dekat dengan rumah ini tidak mutlak apabila bank tersebut sudah mengembangkan branchless bangking secara maksimal.  Jadi nantinya kita bisa setor dari agen, misalnya melalui indomaret / alfamaret. Bahasan mengenai hal ini akan saya tulis pada artikel di kemudian hari, tunggu ya.

Baca :
Tabunganku, tabungan tanpa potongan bulanan
Tabungan syariah tanpa biaya administrasi bulanan.

Untuk Transaksi


Yang ingin menggunakan saldo tabungan untuk transaksi, mau tidak mau harus toleran dengan biaya. Yang terpenting biaya yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang ada. Dalam hal ini  harus ada semua fasilitas elektronik (ebanking). Minimal ada gitu fitur penting untuk transaksi, seperti;  kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu debet, Internet banking, Mbanking (entah dalam aplikasi mobile atau sms).

Jangan sampai rekening tabungan yang sering di pakai untuk transaksi hanya tersedia kartu ATM saja, hanya karena si nasabah tidak mau ada potongan bulanan.

Kau lucu gitu misalnya ada seorang netizen yang sering belanja online, plus aktif maen social media, tapi begitu belanja online harus pergi ke mesin ATM dulu. Tidak salah sih, tapi kan jadi tidak efisien.
 
Contoh lain misalnya, sering nongkrong di coffee shop, tapi  ATM yang dimiliki tidak support ke merchant tersebut. Masasih mau bayar harus pergi ke galeri atm dulu buat ambil tunai.

**
Begitulah catatan sederhana cara memilih produk tabungan dan bank itu sendiri. Soal nabung di bank mana yang bunganya besar, silahkan baca artikel sebelumnya;  tabungan yang menguntungkan.

Begitulah kira-kira.

Posted by:

59 komentar:

  1. Gan saya mau minta saran, Saya adalah pelajar yang baru mendapatkan KTP dan berniat ingin membuka BANK/ATM, saya juga nantinya ingin menjadi nasabah aktif, Nah , apa BANK/ATM yang cocok atau sesuai dengan saya ? mohon bantuannya Gan, atas jawabannya saya ucapkan terimakasih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah punya ktp berarti sudah bisa bikin akun untuk nasabah umum, jadi balik lagi soal tujuan menabung, apakah hanya untuk sekedar menyimpan uang, atau akan di gunakan juga untuk transaksi.

      soalnya saya gak ngerti maksud menjadi nasabah aktif dari pernyataan diatas, apakah aktif menabung atau aktif transaksi

      gini aja deh, lebih baik baca dua artikel ini, terus pilih salah satu yang dianggap menarik

      tabunganku
      tabungan syariah

      kalo setelah baca dua artikel itu kurang sesua, bisa ditambahkan tabungan xpresi bca dan permatame dari bank permata.

      perhitungkan juga setorannya gimana, apakah transfer dari orang tua, atau datang sendiri ke kantor cabang, atau melalui CDM, ini penting karena berkaitan dengan waktu jam pulang sekolah.



      Delete
  2. Aku mau bikin atm tapi masih bingung..gimana ya caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapin ktp sama uang, datang ke bank, temuin customer service, bilang mau buka rekening, udah gitu aja.

      Delete
  3. kalau saldo tabungan buat transaksi, memang biayanya beda ya kalau fasilitas cuma bisa transaksi di atm sama transaksi di atm dan mbanking? kalau bri simpedes gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu produk tabungan dengan produk tabungan lain berbeda fasilitasnya,

      nah, produk dengan fasilitas terbatas cenderung berbiaya admin lebih murah bahkan gratis

      kita ambil contoh bri simpedes dan britama

      simpedes biaya admin bulanan lebih murah, fasilitas atm/debet hanya bisa di gunakan di toko dengan mesin edc bri,

      sementara atm dari britama, bisa di gunakan di banyak edc, bisa di edc bca, visa, mastercaed dll


      ambil contoh lain, tabunganku bca dan tahapan bca.

      tabunganku bca gak ada biaya bulanan, ada fasilitas atm yg hanya bisa digunakan untuk tarik tunai dan transfer ke bca saja

      sementara bca tahapan dengan biaya 13ribu perbulan, nasabah sudah bisa manfaatin semua fasilitas ebanking yg dipunya bca (atm, inet banking, mbanking, cdm dll)

      kira2 begitu

      Delete
    2. Danamon Lebih



      MANFAAT

      A. Danamon LEBIH merupakan produk tabungan yang memberikan fitur 5 Kelebihan dalam 1 Tabungan yaitu:

      -Bebas Biaya Admin: Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
      -Cashback 5%: Nasabah akan mendapatkan cashback dalam transaksi pembelanjaan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Danamon LEBIH (minimal Rp200.000 per transaksi, cashback sebesar 5% dan maksimum Rp50.000 per bulan)
      -Transfer Lebih Murah dan Bebas Biaya Tarik Tunai: Bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama dan ALTO (minimum saldo sebelum transaksi Rp5 juta). Maksimal 100 kali dalam 1 (satu) bulan
      -Gratis Asuransi Jiwa: Nasabah akan berhak mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan secara Gratis senilai Rp10 Juta selama 6 bulan sejak tanggal pembukaan rekening
      -Banyak Hadiah

      Minat call me yaa 085330632277

      Delete
  4. Kak aku mau tanya, kan aku disuruh ortu buat buka rekening. misal ya aku mau buka rekening baru di bank BRI, terus aku belum punya ktp dan cuma punya kartu pelajar. Emang boleh? Terus kan kita sm bawa uang buat saldo utama, itu dikasihin ke tellernya apa gimana? Aku ga ngerti soal bank gitu tp disuruh ke bank sendiri, tlg jawab secepatnya ya kak, makasih☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf erika saya gak bisa jawab cepet ya, saya buka blog ini kalo malam aja.

      kalo belum punya ktp harus sama orang tua, karena rekening yg dibuat adalah perwalian, kalo di BRI orang tuanya harus punya rekening di bri juga.

      nanti temuin-nya customer service aja, bilang aja mau buka rekening, biar dia yg urus semuanya

      jangan lupa bawa kartu keluarga sama akte kelahiran

      Delete
  5. bos saya ingin bertanya 1. klo ingin buka rekening di BNI uang yang disiapakan berapa?
    2. klo kga nabung atau transaksi selama sebulan atau berbulan-bulan di kenakan biaya atau tidak?
    3. klo penarikan uang tunai sekali narik berapa di ATM BNI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiga pertanyaan itu bisa diketahui tergantung produk tabungannya, karena setoran awal, ketentuan biaya dormant karena tidak aktif menabung atau limit penarikan transaksi itu berbeda sama sama lain, bni punya produk tabungan lebih dari satu, silahkan baca-baca aja ya artikel di halaman lainnya

      Delete
  6. Gan maaf mau tanya,klw buka rekening harus di bank yang daerahnya sama dg ktp,,misal klw saya ktp cimahi,hais buka rekening di bank cimahi gitu,atw bisa buka no rek di kota lain pake ktp cimahi..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kantor cabangnya, biasanya beda domisili akan di minta rangkap identitas

      Delete
  7. Kak andrea mohon bantuannya, sy akan mnjalani jualan sistem online, cuma pasti sy butuh atm untuk transfer dsb, tp sy tdk mau ada biaya admin.. nya dan kmungkinan bsar sy akan jarang menabung. rencananya sy ingin mmbuat rek tabunganku d bank bni, kira2 bagus ga? Lalu klo misalnya kita ingin transfer uang lewat atm tp saldo kita msih kecil bisa tdk kita nabung dulu lalu uang itu langsung dikirim ke rek org lain? Ribet -_-mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. -tabunganku bni kalo sekedar untuk terima transferan dari orang lain sih ok aja, cuma kalo melakukan transfer ke rekening lain itu kurang sesuai..

      kenapa? karena harus pergi ke atm... pergi ke atm itu memerlukan waktu dan juga biaya... jelas itu tidak efisien bagi orang yg bergelut dalam usaha online..

      -bisa aja, kalo kartu atm sudah jadi, saldo bisa langsung ditrasfer ke rekening lain sampai batas ketentuan minimal, kalo tabunganku bni saldo bisa ditranfer hingga menyisakan 20ribu.


      oiya, sebelum rahma terjun jualan online sebaiknya membaca artikel yg pernah saya tulis...

      ini link nya rekening bank untuk jualan online

      Delete
  8. Terimakasih ya kak andrea, semoga ilmu/informasi yg diberikannya menjadi berkah :) amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih rahma.... selamat berbisnis... mari ciptakan iklim jual beli online indonesia yg aman dan nyaman....

      Delete
  9. Assalamu'alaikum mas. Saya ini rencana mau nabung buat persiapan nikah satu tahun kedepan..mohon bantuannya buay referensi nabung d bank apa ya bagus nya. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak paham maksud pertanyaannya, buat saya sih bank itu bagus-bagus aja kalo buat sekedar simpenan... lain kalo buat transaksi, itu baru bisa perdalam...




      Delete
  10. Gan saya mau tanya dong saya mau kerja dan rencananya gaji kerja saya sekitar 30% mau saya tabungin tiap bulan buat tabungan jangka panjang tapi yg bisa di tarik juga dalam waktu2 tertentu nah itu yg bagus pake jenis tabungan apa ya gan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tabunganku bni atau tabungan mitra usaha mandiri pakenya atm gambar celengan ayam....gak ada potongan.... duit bakal utuh gak ada potongan macam2

      artikel ada semua di blog ini yg gan... silahkan lihat2

      Delete
  11. Kak mau tanya dong
    Saya seorang mahasiswa, mau nabung di bank yang biaya nya ga banyak, dan saldo minimalnya juga sedikit. Saya cuma terima transferan dr orang tua dan jarang sekali utk transfer. Bagusnya pake atm apa ya? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah saya gak percaya kalo rekening/atm bagi mahasiswa cuma buat terima transferan ortu.. skr devi boleh ngomong gitu, tapi pada akhirnya diperlukan atm untuk menunjang gaya hidup..gaul..dsb.

      maka diperlukan rekening bank dengan fasilitas lengkap tapi tanpa biaya/ biaya ringan.

      ada bnyk rek yg bisa di coba, misalnya tabunganku di bbrp bank yg gak ada potongannya... atau bca xpresi dengan biaya bulanan rp 5000, dsb.

      tinggal sesuaikan saja dengan kepemilikan rekening bank orang tua, atau kesanggupan orang tua datang ke bank, yg disesuaikan dengan keberadaan kantor cabang bank di daerah asal.

      tapi kalo misalnya bank didaerah orang tua jaraknya jauh, coba gunakan rek "tabunganku cimb niaga" plus mengaktifkan rekening ponsel, nanti orang tua bisa setor dari alfamart langsung ke rekening ponsel devi, sementara devi bisa ambil uang di atm cimb niaga.


      silahkan di expore ya blog ini, devi bisa baca artikel tentang tabungan tanpa potongan atau rek ponsel

      Delete
  12. Gan mau minta pendapat nih. Jadi aku kan mau buka rekening bank baru, nah rekening bank ini aku mau pakai untuk transaksi keluar negeri (transfer tunai). Jadi, rekening apa ya yang recomended dan yang paling penting gak makan biaya banyak dan ga ribet juga. Mohon bantuan dan pendapatnya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke cimb niaga... di internet banking nya ada fitur transfer ke luar negeri... sementara ini bank lain belum ada

      kalo gak makan biaya ambil produknya "on account"

      bisa gunakan aplikasi online untuk pembukaan, terus datang cabang untuk ambil atm

      Delete
  13. bang saya masih 14 tahun, saya mau bikin ATM dengan tujuan Transaksi (buat game online gitu) menurut mas saya lebih baik buka rekening dimana yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bca xpresi... jangan lupa ajak salah satu orang tua ke bank-nya

      Delete
  14. Gan saya msh remaja SMA. Rencana saya mau bisnis online akan sering transaksi2. Dan pastinya gk ribet bisa M.Banking kira2 bank mana yang cocok untuk saya ya ? Kalo bisa yg setoran awalnya dikit

    ReplyDelete
  15. Gan, Gua ada ATM BRI SIMPEDES. Bisa kgak untuk Belanja Online disalah satu Situs Tepercaya, Misal : Bukalapak.com, Blibli.com dan yang lainnya.

    Mohon Bantuan nya ya gan... ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa... kalaupun online shop tidak ada rekening bri, tapi bisa lewat transfer antar bank kesalah satu nomor rekening olshop itu

      Delete
  16. Malam, sebelumnya ane ucapkan selamat tahun baru masehi hehee. Gan ane mau minta saran, ane mahasiswa baru dan ane mau buka tabungan. Ane mau minta saran untuk banknya yang terbaik itu apa ya gan? Soalnya ane ga akan pake itu uang kecuali sesuatu yang ane beli udah ada. Dan ane mau pake itu buat 1x jadi 1x beli barang = uang habis. Ane tiap minggu akan terus nyetor buat nambahin tabungannya. Sekalian curhat aja deh ya gan ane mau beli laptop impian yang kisaran harga belasan jt. Nah ane pertama nabung mau taruh 10jt. Jadi minta sarannya ya gan untuk banknya kira kira apa yang terbaik untuk menabung dengan ciri seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat tahun baru juga gan... sori nih kelewat.. gak buka blog dua hari ... gara2 tahun baru ..hahay...

      coba pake cimb niaga nama produknya "on account" dengan duit di endapin diatas 5juta dapat bonus 2gb kuota data XL.

      dan kalo duit gak di pake sampe buat beli laptop.. duitnya bisa di simpen dulu di tabungan berjangka... di cimb niaga itu ada tabungan berjangka dengan tenor 3bulan... jadi duit gak bisa ambil..gan kalo dapat bunga sedikit lebih besar..

      agan bisa isi aplikasi di web cimb niaga... terus agan datang ke cabang buat ambil atm..

      Delete
  17. sob, kalau seumpama saya menabung di bank yang tidak populer (seperti sinarmas, bii maybank (TabunganKu), dll). Lalu saya mendapat uang dari luar negeri lewat PayPal, apa ini tetap bisa tanpa harus lewat bank yang populer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok... bank daerah aja bisa...

      khusus untuk bii maybank.. karena skr namanya sudah tidak ada embel2 bii lagi... serta nama perusahaannya sudah di ganti.. sebaiknya lihat dulu apakah maybank sebagai nama baru bii ini sudah terdaftar di paypal belum...

      saya jg pake rekening bii maybank buat wd paypal, selalu sukses kok buat wd... tapi sejak bii merubah nama jadi maybank sy belum coba wd lagi...

      pada paypal saya menulis nama nya : bank internasional indonesia", nah karena nama bank ini sudah berganti jadi "maybank indonesia"... maka perlu di perhatikan cara penulisan nama bank nya... dan itu seharusnya bisa di lihat di web paypal. kalo papyal belum update saya jg bingung.

      Delete
  18. Min, saya bingung , mau buka rekening baru,maunya si di bank bn* tp kendala sama syarat baru : ktp,kk, npwp. Kebetulan saya saya ga punya npwp, krn saya ga kerja.. Sedangkan di bank mand*r* syaratnya : harus ada telfon kabel dan npwp.. saya butuh bank yg biaya administrasinya minim . saya hanya butuh ebankingnya aja .. Gimana solusinya ya min? Thank you ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua bank diatas sudah di samperin belum... jangan hanya karena baca persyaratan malah tidak datang ke bank..

      kalo kendala npwp atau telepon kabel, maka orang indonesia banyak yg gak bisa bikin akun di bank...

      memang ada aturan mesti ada npwp, tapi itu gak bisa di pukul rata pada semua orang... coba deh baca artikel saya yg judul "apakah menabung harus punya npwp"

      kalaupun dua bank tadi sudah menolak syefani, masih banyak bank lain yg welcome tanpa npwp, bahkan dengan fitur ebanking (seperti yg di butuhin syefani kan)

      masalah nya adalah, kenapa tidak mencoba bank lain, jangan hanya karena dua bank itu milik pemerintah jadi ingin bikin disana... itu pandangan kuno

      Delete
  19. Mas andrea me txk nih,
    Sya mw buka tabungan,yg kusu buat nabung aj,gak di pkek buat transaksi ap"
    Lbh baik buka rekening di mna ya mas,,yg gak bxk kena potongan biaya",terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabung di "tabunganku" bisa di bca mandiri bni cimb bii, yg penting nama produk nya tabunganku.

      atau di bank syariah yg jenis akad wadiah, bisa pilih bni syariah

      Delete
  20. Gan,permisi mau tanya saya kan seorang mahasiswa. Pingin nabung di bank itu biasanya kalau kita nabung suka dipotong engga ? Atau pakai bunga... Kan ribet gan... ya sebenarnya sih tujuan saya nabung buat investasi masa depan kali aja bisa beli rumah... Hehe

    Mohon jawabannya gan. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg di potong untuk biaya admin bulanan ada juga yang tidak..tinggal tergantung indah aja mau pilih yang mana..

      adapun tabungan mana saja yg ga ada potongan, silahkan baca2 aja blog ini...

      Delete
  21. Saya masih umur 14th mau buka rekening di bank bri. Boleh pake kartu pelajar?. Selain kartu pelajar biasanya di suruh bawa fotocopy apa lagi?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa akte kelahiran.. terus datang ke bri sama salah satu orang tua..orang tuanya harus punya rekening di bri dulu..bisa dibuat saat itu..

      nama produknya britama junio

      Delete
  22. Kalo ada yang berniat untuk buka tabungan di Bank CIMB Niaga dan masih bingung soal produknya apa aja bisa kontak saya aja ya. Line/WA: 082217612925 a.n. Dekna
    Btw CIMB Niaga punya banyak produk yang fleksibel loh buat kita semua dari pelajar, mahasiswa dll.

    ReplyDelete
  23. gan misi mau nanya
    di tempat ane bank yg ada cuma bni sama bri ( yg ada atm sama kantornya. ane pingin buka rekening bank baru di salah satu bank itu. kira2 yg cocok prudukny apa ya ?
    kebutuhan :
    1. gak ada biaya/free bulanan administrasi dan atm
    2. dapat kartu atm ( kalo bisa yg bisa dipake di dua atm bank itu )
    3. bisa diguanain buat internet banking meskipun cuma sekedar cek saldo.
    makasih gan

    ReplyDelete
  24. Selamat aktivitas pak.andrea
    Saya mau minta recomendnya donk.!
    Cocoknya menabung/setor di produk bank apa ya pak saya mau :
    1.berangkat kan orang tua umroh
    2.menabung buat merencanakan acara pernikahan

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tabungan berjangka.. tabungan yg mesti setor tiap bulan dan baru bisa diambil saat jatuh tempo.. produk ini ada banyak bank... di mandiri namanya trm, di cimb namanya mapan.. dsb... saya juga pernah nulis tentang ini, coba aja buka2 laman blog ini

      Delete
    2. Oh iah,sy juga pengen yang syariah pak.kira" yang sangat cocok di bank apa ya.?

      Delete
    3. coba di bni syariah..disana ada tabungan berjangka yg khusus untuk umroh maupun untuk keperluan umum

      Delete
  25. min,menurut kmu dibank apa yg bagus untuk menabung buat masa depan? ex: menikah. terus juga yg memberikan keuntungan lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat menikah bikin aja tabungan berjangka... yg memberi keuntungan lebih saya gak tahu... saya pernah nulis artikel yg judulnya tabungan yg paling menguntungkan...

      Delete
  26. Ka saya seorang mahasiswa yang ingin membuka rekening, kira kira di bank mana yaa ka? Yg biaa adminnya kalau bisa tidak ada dan bisa tarik di atm

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yg gak ada potongan ataupun potongan ringan.. misalnya produk "tabunganku", itu gratis biaya bulanan.. tinggal cari yg ada atmnya... misalnya di tabunganku di cimb niaga..di maybank... dll

      kalo mau bca pake bca xpresi, biaya admin 5000...

      dan yang penting kalo mahasiswa harus ada semua fitur elektronik banking (atm. inet dll)..

      Delete
  27. min ane mau buka usaha online , nah saran dari mimin bank yang cocok buat usaha online ada fitur internet banking dll dan biaya bulanannya juga ga mahal apa yaa ? oh iya umur saya juga masih 16 tahun min , mohon pencerahannya , terimakasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah nulis rekening bank untuk bisnis online diartikel lain,, silahkan di ubek2 blog ini

      Delete
  28. Min saya mau mintasaran aja,saya mau menyisihkan 50% tiap gaji kerja saya buat ditabungkan trus, bank apa yg adminnya kecil sma ga ada potongan2 tiap bulanya, klo ada mah yg ada bunganya ath tiap bulannya 😊👍

    ReplyDelete
  29. Kenapa saya tidak bisa SMS banking padahal Uda registrasi di bank..pertama saya bisa menggunakannya untuk kedua kalinya tidak bisa, pas saya mau cek saldo.. karena saldo saya berkurang padahal saya belum menggunakan..apakah cek saldo di potong biaya 5500

    ReplyDelete
  30. Kenapa saya tidak bisa SMS banking padahal Uda registrasi di bank..pertama saya bisa menggunakannya untuk kedua kalinya tidak bisa, pas saya mau cek saldo.. karena saldo saya berkurang padahal saya belum menggunakan..apakah cek saldo di potong biaya 5500

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->