June 7, 2014

Jangan Ragu Gunakan e-Statement !

Advertisement

Jika ada dua pilihan laporan transaksi rekening tabungan antara passbook (buku tabungan )  dan e-statement ( rekening koran elektronik), maka saya akan merekomendasikan e-statement kepada siapapun.

"Dengan e-statement, nasabah akan di kirim rincian pernyataan transaksi  selama satu bulan ke alamat email yang telah di daftarkan"

Belakangan semakin marak produk tabungan menggunakan e-statement , kita ambil contoh   CIMB Niaga AirAsia Saver, Simas Lion Ticket, atau PermataMe bank permata. Kehadiran mereka seperti mempertegas bahwa kini zamannya serba elektronik. Lebih dari itu, ini juga sebagai upaya perbankan menerapkan green banking di institusinya.

Kita anak-anak muda yang telah melek teknologi seharusnya tidak perlu ragu dengan system demikian, yuk kita dukung, move on ya ke e-statement!


Keuntungan

Banyak keuntungan yang di dapat ketika fitur ini di jalankan secara luas, diantaranya;

Transaksi Lebih Terperinci

Laporan transaksi apapun dapat di lihat dalam satu dokument itu. Setoran, tarik tunai di atm, transfer  antar rekening bank, pembelian ke mana, bunga bank dll.

Bandingkan jika menggunakan passbook, semua transaksi yang pernah kita lakukan hanya bisa dilihat jika mencetak buku tabungan. Apabila tidak mencetak dalam periode tertentu, maka hanya akan terlihat hanya total kredit dan debet saja selama periode itu.

Belum lagi jika kita bicara biaya, pihak bank akan mengenakan biaya pada setiap cetak buku tabungan. Ini diluar biaya yang di keluarkan untuk biaya transport ke bank loh.


Go Green

Meski saya tidak tahu data mengenai berapa banyak penghematan kertas beserta  tinta printer karena tidak menggunakan buku tabungan, tapi sedikitnya, ini sebagai upaya menghemat penggunaan kertas, yang bermula dari penebangan hutan.


Yang Perlu di Perhatikan


Karena dokument rincian transaksi di kirim ke alamat surat elektronik, maka di perlu di perhatikan keamanan akun email itu;

Sebaiknya, alamat email itu hanya di khususkan untuk keperluan  e-banking saja. Tidak untuk yang lain. Jadi, jangan di satukan dengan email yang di pernah di pakai untuk facebook atau twitter. Buat email baru hanya satu menit kok.  Bikin  saja di gmail, karena di percaya lebih aman di banding yang lain.

Begitulah kira-kira

Posted by:

8 komentar:

  1. terima kasih! sangat membantu! saya suka males kalo mau cetak tabungan hhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat amanda, kamu terbuka pada hal-hal baru.

      sementara diluar sana masih banyak yang telalu kolot menabung perlu dibuatkan buku tabungan.

      # moga yang pikirannya kolot pada kesinggung, haha.....

      Delete
  2. saya lebih senang keduanya, soalnya buka email jika perlu saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting tidak tidak menolak total. ini sudah bagus

      Delete
  3. saya sudah menggunakan fasilitas e-statment ini melalui internet banking saya. Saya menggunakan Mandiri Konvensional, dikirim ke alamat email saya berupa pdf dengan password untuk membukanya. Petunjuk passwordnya juga dijelaskan secara terperinci di email tersebut. Sangat memudahkan bagi saya untuk mengontrol keluar masuknya uang pada rekening saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar bagus nih, memperkuat dan memperjelas artikel.
      thank you bro

      Delete
  4. sekarang saya mati matian nyari produk tabungan bank yg tanpa buku alias e statement.. lebih enak gak perlu mikir buku tabungan hilang, rusak, ketinggalan, dll yang merepotkan..

    cuma sygnya msh ada bank yg gak niat menyediakan e statement. ada fasilitas e statement nya tapi msh mempertahankan kewajiban buku tabungan juga jika nasabah mau ada urusan dicabang, ga usah sebut merek wkwkwk, malah nasabah jd seperti punya dua sarana mutasi dlm 1 rek yaitu butab dan e statement, gak efisien..

    terkesan e statement yg dikeluarkan nya itu abal abal gak berfungsi selain untuk dilihat doang krn apa apa dicabang tetep bth butab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh .... mau nebak tapi ga tau bank apaan....kkkkkkk

      #bank yg gak pede... gak percaya pada system dan sdm nya sendiri

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum