June 8, 2014

Tabungan BCA Syariah Tahapan iB, Apa Kelebihannya?

Advertisement

Meski BCA konvensional banyak  menjadi favorit para nasabah, tapi unit BCA Syariah nya seperti tampak adem ayem. Paling tidak kalau memperhatikan perbincangan di dunia maya tentang BCA Syariah, masih kalah popular dibanding unit syariah dari bank lain.

Begitu juga jika kita lihat produk tabungan BCA Syariah di websitenya, hanya beberapa saja. Tercatat hanya ada Tahapan iB, lalu ada Tahapan Rencana iB di jenis tabungan berjangka. Tidak terlihat produk lain misalnya  tabungan emas atau tabungan haji.

Melihat kenyataan demikian, seolah  BCA kurang antusias menggarap sektor ini. Meskipun kita tidak tutup mata bahwa ada beberapa penghargaan yang di peroleh bank ini.

Btw, itu hanya sekilas pandangan awam saya saja, jadi mohon cermati untuk tidak terpengaruh dengan pendapat saya diatas. Anda sendiri yang menentukan  untuk memilih BCA Syariah sebagai tempat menyimpan uang atau transaksi perbankan lain yang sesuai dengan syariat islam. Terlepas dari kebiasan anda untuk selalu mencari referensi online dari mereka yang memiliki pengalaman sebelumnya.

Nah, bagi  yang telah merasa nyaman menjadi nasabah pada produk Tahapan BCA atau xpresi, untuk  kemudian ingin menambah produk tabungan di simpanan syariah, atau bagi mereka yang ingin lansung menjadi nasabah BCA Syariah saja, disini saya update tabungan syariah BCA ( Bank Central Asia ), nama produk : Tahapan iB .


Tahapan iB

Tabungan dari BCA  syariah dengan akad wadiah (titipan) yang di peruntukan bagi perorangan atau organisasi.

Dengan akad wadiah, pihak bank tidak berkewajiban untuk memberi nisbah bagi si penabung, atau dalam bahasa di bank konvensioanl adalah bunga. Kalaupun di kemudian hari pihak bank memberi keuntungan imbal hasil,  maka sifatnya sukarela dengan besaran tidak tetap.

"Bahasa kasarnya, nabung di BCA syariah atau bank syariah lain dengan akad wadiah, maka anggap saja nitip duit, soal di kasih bonus atau tidak itu urusan belakangan, jangan ngarep, itu intinya"


Fitur dan Biaya Tahapan iB BCA Syariah

  • Setoran awal Minimal Rp 100.000,-
  • Selanjutnya minimal Rp 50.000,-
  • Saldo yang di tahan Rp 25.000,-
  • Biaya administrasi perbulan Rp 7500,-
  • Fasilitas kartu ATM dengan pilihan Silver dan Gold
  • Limit tarik tunai ATM Silver Rp  5 juta , ATM gold Rp 10 juta
  • Trasnfer ke sesama bca syariah Rp 15 juta
  • Transfer ke rekening BCA  Rp 25 juta
  • Transfer ke bank lain selain  BCA  Rp 10 juta

Untuk fitur internet banking BCA Syariah, sampai tulisan ini di buat tidak ada. Mungkin belum di bangun. Tidak tahu kapan tersedia, soalnya, website company profile nya saja di buat masih sederhana.

Begitu juga dengan mobile banking, BCA Syariah tidak ada layanan ini. Jadi silahkan nikmati saja fasilitas kartu ATM untuk keperluan tarik tunai, transfer atau pembayaran sebagai kemudahan transaksi elektronik.

update: 12 februari 2015
Fitur mobile banking BCA Syariah sudah tersedia pada aplikasi BB, android dan iphone.
Silahkan manfaatkan teman-teman.


Demikian sedikit penjelasan tentang Tabungan BCA Syariah Tahapan iB, dengan kelebihan dan kekurangan menurut penilanan anda sendiri setelah mengetahui, sehingga dapat melakukan keputusan jika ingin move on ke syariah.

Posted by:

12 komentar:

  1. Barusan temen saya buka rekening di BCA syariah, untuk Mobile Banking sudah ada.
    bisa pake Android, BB, dan Iphone.
    untuk internet banking masih belum ada....

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh... tararenkyu kang, saya kurang update ternyata...#jadi malu

      Delete
    2. Aku hbs cb buat rekening di bca s*ariah, satu hal yg bikin kecewa, trnyata utk fitur mobile banking uti transfer ke bca konven masukya ke transfee beda bank dan kena fee 7500. Kalo mau gratis harus lewat ATM. agak ribet ya, tidak seperti bni yg IB sm Konven terhub semuanya gratis walaupun masih cuma internet banking. Tapi menurutku sama aja sih antara mobile banking dan internet by token. Mas nanya kalo aku mau tutup rekening tinggal kosongkan saldo aja kan ya? Otomatis ketutup sendiri kan klo gak ada transaksi secara berturut-turut

      Delete
    3. makasih dee sudah berbagai pengalaman, berguna buat pertimbangan yang mau buka bca syariah.

      betul, tinggal kosongin aja, cara paling praktis buat nutup akun di bank.

      Delete
  2. maaf mau nanya, BCA syariah bisa setoran tunai ga ya di ATM BCA?? saya sekarang pke BCA konven, biaya adminnya mahal, dan ngerasa gelisah aja pke bank konven, pengen pke syariah lagi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda kode bank bro, kayaknya belum bisa deh.

      kalo karena biaya mahal kan bisa ganti ke bca xpresi bro, biaya cuma 5ribu perbulan.

      kalo gelisah karena faktor halal haram saya no komen deh...

      Delete
  3. saya mau sharing aja. tempo hari sy buka tabungan di bca syariah. menurut sy cukup bagus. setoran awal cm 100rb dan biaya adm yg lbh murah dr bca. nyari mesin atm dan debitnya jg ga susah krn menggunakan mesin atm dan debit bca. Gratis euy. skrg jg sdh ada mobile bankingnya mas dan trf ke bca dr bca syariah via mobile banking dan atm gratis jg. aku sdh coba jg trf dr teller bca ke bcas, juga gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah berbagi pengalaman ya sis...

      Delete
  4. Klo deposito di bank bca syariah gimana gan? Apa harus punya rekening lebih dulu di bank bca syariah?

    ReplyDelete
  5. Kalo buat pembayaran lain lain bisa ga ya?

    Need fast answer

    ReplyDelete
  6. Kalo buat pembayaran lain lain bisa ga ya?

    Need fast answer

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum