July 28, 2015

Saldo BRI Berkurang, Ketahui Berbagai Potongan ini

Saya tidak tahu apakah anda termasuk orang yang mengeluh saldo tabungan di BRI berkurang. Jika memang benar adanya, saya cuma bisa mengucapkan:  selamat menikmati  hehe…..

Beberapa teman yang sempat ngasih komentar di blog ini mengeluh demikian. Ada  juga yang bertanya mengenai jenis transaksi apa saja yang menimbulkan biaya.

Semula saya  mengira transaksi yang menimbulkan biaya itu tidak jauh beda  dengan bank lain. Ternyata BRI "selangkah lebih maju” dalam hal memotong saldo tabungan nasabah.  Paling tidak ada ketentuan biaya yang mulai berlaku 1 maret 2015

Apa saja potongan di tabungan BRI itu, yuk kita kenali.....

Biaya transaksi berikut berlaku untuk nasabah BRI

Jenis transaksi
Biaya /trx (Rp)
Keterangan

Ebanking


Tarik  tunai di ATM BRI
100

Transfer ke rek  BRI di ATM BRI
750

Transfe ke rek BRI dengan  internet banking BRI
250

Transfer ke bank lain di ATM BRI
6500

Transfer ke rekening bri  dengan  mbanking
250

Top up Simpati / kartu AS
250

Notifikasi SMS
500

Tarik tunai di ATM cyrus
25.000




Tarik tunai di ATM bank lain
7500
Bersama, Prima, Link



Cek saldo di ATM bank lain
4000
Bersama, Prima, Link
Transaksi gagal karena saldo tidak cukup
2500-3000
Bersama, Prima, Link
Terima transferan dari orang lain
?




Di Kantor cabang


-Penarikan tunai  ≤ Rp 2.500.000
10.000

-Penarikan tunai > Rp 2.500.000 < 5juta
7500




-Setoran tunai dengan berita dalam kota
5000

-Setoran tunai  antar kota
5000

-Transfer RTGS
30000

-Transfer kliring
15.000





Nah, dengan membaca table diatas diharap dapat menjawab  jika ada pertanyaan kenapa saldo tabungan di BRI  berkurang.

Biaya diatas akan dikenakan setiap  transaksi, jadi diluar potongan bulanan yang bersifat tetap. Misalnya biaya administrasi Britama Rp 12.000, plus biaya atm classic Rp 1000, Gold Rp 4500, platinum Rp 6000.

Atau biaya yang timbul karena saldo dibawah ketentuan mininum, misalnya untuk Britama kena denda Rp 10.000 jika saldonya dibawah Rp 50.000.

Jadi sekarang teman-teman nasabah BRI tidak usah bingung  kalo ternyata saldo berkurang, karena mungkin saja teman-teman sering melalukan transaksi. Misalnya: Ambil duit di ATM BRI di potong......   transfer ke rekening ke sesama BRI dipotong, dll.

Itulah kenapa saya saya katakan BRI “Selangkah lebih maju” dalam memotong saldo tabungan nasabah, karena bank lain sampai saat ini tidak mengenakan biaya jika melakukan transaksi di ATM-nya sendiri, atau transfer ke rekening sesama. Sementara di BRI  ada biaya……..


Okelah ya, saya tidak mau beropini lebih jauh dari itu. Saya bukan nasabah BRI, saya tidak punya kepentingan dengan bank ini.

Saya cuma ingin mengingatkan pada teman-teman:  menabung tidak mesti di bank besar.  Semua bank aman untuk menyimpang uang. Termasuk bank swasta, BPD maupun BPR. Uang  simpanan anda dijamin oleh pemerintah hingga 2 milyar rupiah per nasabah per bank.

Baca juga: Nabung bagusnya di bank apa

P/s: Bagi  teman-teman yang mengetahui  biaya lainnya tolong infokan ya.

Posted by:

129 komentar:

  1. ngeri bgt, liat postingan ini jadi makin gak sudi gw berhubungan dg bank ini. gila potongannya, ini bank apa lintah darat. ini itu serba dipotong lalu apa gunanya sudah bayar biaya admin bulanan dan biaya kartu ?? tgl nunggu waktu apa msh ada nasabah yg mau bertahan dg bank serba biaya macam gni

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat yg melek sama infomasi pasti akan berpandangan serupa dengan mas albert, masalahnya tidak semua orang melek informasi, dan belum tentu jg customer service menginformasikan hal ini pada calon nasabah.

      yg menyedihkan karena bank ini milik pemerintah, menyasar kalangan menengah kebawah, serta punya tagline aduhai: melayani dengan setulus hati.

      #geleng2 kepala

      Delete
    2. Maaf saya mau tanya ,kalo dalam sebulan saya tidak melakukan transaksi apapaun tp setiap bulanya saya nyetor,apakah potongan itu masih berlaku?
      Terima kasih

      Delete
    3. tetap berlaku... berapa banyakpun setor... berapapun saldo.... potongan itu tetap ada...

      Delete
  2. biaya transfer bank 6500 bukan 7500

    pinaliti dibawah 50ribuh. sebesar 10ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanalloh, klo emang begitu besar dong simpanan gue digerogoti dari sgl lini. Gitu sj layanan ATM tak pernah beres. Ya saldo habis lah, ya gannguan jaringan lah. Gak cumbut promosi awalnya.

      Delete
  3. saran coba buat topik
    .1. tabungan khusus untuk simpan ( tabungan yg bebas biaya admin)
    2. tabungan khusus untuk jual beli online

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih saran nya bro,

      -selama ini tabungan bebas biaya saya kelompokan dalam satu label, saya akan di pertimbangan dalam satu posting singkat, lalu di link pada artikel

      -untuk jual beli online ini menarik, karena banyak seller "egois" yg cuma pake bank itu2, nanti saya bikin bro

      Delete
  4. Masha Allah ini bank. Mencengangkan. Saya "nganga" ngeliat postingannya mas Andrea. Oh ya, beberapa minggu sebelumnya saya juga menemukan hal yang demikian. Waktu itu tante saya kirim uang alias transfer ke rekening temennya yang make bank ini di Teras BRI. Ternyata eh.. kena biaya juga. Saya gak tau persis berapa. Tapi saya sempet bergumam, "Loh, kan kita pakek jasanya (dalam hal ini pake Teras BRI) buat transfer. Tapi kok tetep kena ya? Kan transfernya ke rekening BRI, bukan bank lain."

    Aneh.. bener-bener deh ini bank. Ini mah kayaknya gak cocok lagi buat rakyat kecil. Tapi.. ya... mau bagaimana lagi. Warga desa di daerah saya kalo disebutin bank, pasti dipikirannya pasti tiga huruf ini.

    Yaaahh.. semoga mereka lebih teredukasi lagi dengan ilmu perbankan. Saya harap begitu.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu si pengambil keputusan layak dong mas di anugrahi sebagai hero yg mengubah bri jadi bank orang besar.

      dia layak dapat bintang tujuh ....

      boleh jg dia di ajuin ke MURI, supaya dapat piagam dari jaya suprana






      Delete
    2. Mau macamana lagi tak ada ATM lain di kampung selain ini Bank.
      Walau pun tarik tunai Bank lain ke Bank ini kena potong Rp.10.000
      Mau gk mau. Sedih.

      Delete
    3. wkwkwkwk.... derita orang kampung.....

      saya jg tinggal di kampung... bri gak masuk desa saya... tapi atm bca justru 300meter dari rumah....

      Delete
  5. blog ini masuk halam 1 gogel lo

    tiap kali nyari informasi tentang tabungan, pasti blog ini selalu muncul d halaman 1 gogel

    ReplyDelete
  6. ada email saya ada masuk gak, yg foto atm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok diterima gan, tapi kurang bnyk foto atm nya ha.....

      Delete
  7. Sebel sama bank ini. Mesin EDC-nya di mana-mana, di toko, di apotek, tapi sering gangguan, kalo nggak gangguna, kasirnya goblog, gak bisa makek nge-set EDC. (Agak gak nyambung emang sama topiknya. Sorry ya, Mas. Saking keselnya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nih,.. yang namanya E money, BRIZZI aja kasirnya gak,..tau,..
      hati hati juga sama brizzi pernah deposit gak masuk masuk..

      Delete
  8. Itu dulu berdasarkan pengalaman tarik tunai atau saldo masuk dg nominal tertentu (sesuai settingan pas daftarin nomer hape) padahal motong Rp.500 lg dh kayaknya kalo ada sms notifikasi masuk, sekarang ternyata ada biaya lagi, hha... alhamdulillah segera disadarkan dan tabungan simpedes saya langsung saya kuras... untuk yang transaksinya lumayan banyak dlm sebulan kyknya kurang bijak milih ini bank... the best fee-based income banking...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gila lu ndro kosakata nya "disadarkan", berarti sebelum nya khilaf dong ya

      berarti yg skr punya akun bri simpedes masih pada khilaf ya wkwkwk......

      kalo aja makin banyak nasabah yang sadar kayak febri mungkin BRI baru sadar kali ya....

      soal notifikasi sms itu betul ada biaya juga, nanti saya update


      Delete
    2. yoi gan, khilaf... karena bri adalah bank tempat saya pertama kali bikin rekening, dan ini satu2nya bank yang paling deket dari rumah... tp lumayan lah bisa buat pengalaman... pindah ke BRISyariah blm ada setaun, dan sekarang juga sudah agak mulai ketularan biaya2 transaksinya... weleh-weleh... padahal fitur2 perbankannya bisa dibilang paling ketinggalan dibanding bank bumn lainnya, tapi masalah tarif ini BRI gak mau kalah,... hha

      Delete
    3. kyk nya ada tanda2 bakal dikuras lagi nih haha....

      Delete
  9. Aku sih nyaman-nyaman aja mas, Aku pake BCA TabunganKU, BNI Syariah TabunganKU, CIMB Niaga On Account, Bank BTN e'Batara Pos.
    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Sebelumnya aku punya juga BRI SIMPDES, Sejak tau banyak biaya2 siluman muncul aku gk pernah urus mungkin dah mati atau gk terserah yg penting saldo habis aku pangkas hingga saldo minimum rekning mengendap, begitu juga dgn BRI Syariah kurang menarik sekarang tarifnya, Bank Mandiri Syariah jg lokasi jauh dari TKP atm langka + ada biaya2 jg bikin males nabung kena biaya, & CIMB Niaga Syariah akad mudorobah memang gratis dgn catatan minimal saldo rata2 bulanan 1juta supaya gratis, saldo minimal mengendap 100K + gk ada fiture menariknya.
    akhirnya resmi pasif pada ke4 rekning dibawah ini:
    BRI SIMPEDES
    BRI Syariah Wadiah
    Mandiri Syariah Mudarabah
    CIMB Niaga Syariah extra Mudorobah
    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------
    dari itu aku putuskan untuk menetap / aktif di BCA TabunganKU, BNI Syariah TabunganKU, CIMB Niaga On Account, Bank BTN e'Batara Pos.
    -----------------> karena kita sebagai nasabah tidak mau terlalu dirugikan, rugi atas penyusutan nilai mata uang, rugi biaya adm + transaksi.
    ----------------> yg paling bagus sih memanfaatkan fasilitas tabungan gratis semaksimal mukin untuk mendapatkan nilai tambah, itulah cara bagus untuk tidak terkena jebakan batman bank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti nya agan ini gak akan nginjek lantai bri lagi wkwkwk.....

      Delete
  10. Saya sebagai nasabah bank BRI BRITAMA juga akui memang bank ini sudah terlalu banyak biaya yang seharusnya tidak di bebankan pada nasabah. Kirim uang bahkan tarik uang juga kena biaya. Lantas buat apa kita kena potongan administrasi bulanan??? Bank ini bukanlah bank yang sangat number one untuk merchant belanja ataupun promo menarik di mall atau pusat belanja. Namun segalanya serba banyak biaya. Saya sudah pindah bank lain 3 bulan yang lalu. Bank ini lebih tersohor dan memiliki banyak nasabah di daerah terpencil atau mungkin pedesaan. Ya maklum aja warga disana sulit nyari bank lain sehingga terpaksa menjadi nasabah di bank ini. Mungkin juga warga belum banyak tau tentang fasilitas dan belum pernah bandingkan dengan bank swasta lainnya. Dengan begitu bank mencari keuntungan dari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. analisa tajam juga nih... agan ini memperuncing suasana aja.....hahay.....

      ayo siapa lagi dibawah yg punya analisa model jimmy tanaka, ....silahkan masuk....wwkwkwkkw.....

      Delete
  11. Menurut saya, ini bukan kebijakan yang cerdas, menaikan profit dari Fee Based Income. Bank itu pendapatannya bisa dari mana saja. Yang paling gampang, selisih rate bunga pinjaman dengan bunga simpanan. Itu kan dasarnya kerja bank, ada kok pelajarannya di SMA. Pendapatan yg lain, bisa "muterin" uang di Treasury, maen Valuta Asing, dan produk-produk derivatif lainnya. Bahkan yang paling "gres", naikin pendapatan dari penjualan produk investasi. Bancassurance dah tuh, gede bener profitnya. Ayo dong, lebih cerdas lagi kalo bikin kebijakan! Jangan mentang-mentang punya banyak nasabah sampe ke pelosok-pelosok tanah air, terus dimanfaatin.

    Akhir kata, menurut saya, kebijakan dari BRI ini cukup "cerdas" (pake tanda kutip) karena ini seperti sistem yg dipake Pak Ogah atau Pengamen:
    "Bagi kita yg ngeluarin duit, gak akan begitu kerasa. Tapi bagi mereka yang mendapatkan duit, woooww.. pendapatan yang cukup terasa!".
    Tolonglah bagi para pembuat kebijakan di BRI, Anda levelnya sudah bank papan atas, kalo bikin kebijakan jangan ala papan bawah. Dan kalo ternyata kebijakan BRI ini memicu bank lain untuk menerapkan kebijakan sama, Wassalam deh kita sebagai nasabah bank. Kalo gak mau Wassalam, desa pengontrol kebijakan bank untuk menghapus "monopoli" seperti ini. Rp750 (Transfer ke rekening BRI di ATM BRI) bagi kita nasabah mah kecil, tapi bagi bank, coba aja dikali berapa juta transaksi. Angka yang akan mencengangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. quote ah hehe....

      "Jangan mentang-mentang punya banyak nasabah sampe ke pelosok-pelosok tanah air, terus dimanfaatin"

      Delete
  12. Transaksi finansial via ibanking selain kena Rp.250, masih kena lagi riquest sms token Rp.550 per transaksi. Klu transaksi pake app mobile cuma kepalak Rp.250 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lg..... makin memperjelas biaya hoho....

      Delete
    2. Klo pake bri mobile kena 250 aja, gak pake req token

      Delete
  13. Akku buka simpedes tanpa gugling dl
    tny cs ga memuaskan jawabannya
    Stlh bbrp kali trf sesama bri tambah tercengang
    ms blm sebulan sdh say good bye ....hihihi
    kmbli k mandiri wl mahal administrasi tp jelas &cepat layanannya. Setor tunai lain kota jg free.
    Serasa di sm bri gt. Pelayanan lamaaaa. Dh gt akunkira bea murah. Tmyt lbh beratttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. rugi duit rugi waktu dong.... ahaaaayyyy.....

      di mandiri ada loh mba tabungan yg gak ada biaya... ada fitur atm, inet banking dan mbanking... namanya tabunganmu ( tabungan mitra usaha)

      #oleh2 Gogling ...

      Delete
  14. Baru aja mau bikin ATM BRI, jadi ragu-ragu pake bangeeet 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuuaaaa sy udh pny BRI br aj td sy ganti pin baru dr pin standart semula setor 250rb Simpedes selesai ganti pin sy cek saldo kok berkurang jd 244ribu sekian blm ada sbln br mau seminggu potongan apa lg

      Delete
    2. ada yg cerita di halaman posting lain, dia dua minggu udah berkurang 44ribu.... siap2 deh lae haaaaaaaaaaa.........

      Delete
  15. Sya jd korban ini ceritanya. ...... Untung masih bs sadar bekat postingan ini....Nabung di bank ayam jantan ajha (celengan)no biaya abcd

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahwah mba alfi...hati2 ayam jago nya matok... kkkkk,,,,

      Delete
  16. bapaku nasabah bri.. saldonya kdg suka ngdadak ilang sndiri, abis tu bbrpa bulan kemudian muncul lagi, pertama mah kaget lama2 jd biasa hahaaa.. udah kayak uang goib aja yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaa.... ini makin banyak cerita aneh.... #ngakak guling2

      Delete
  17. saya di bank bri saldonya 3******* jadi enggak terlalu kerasa stiap pemotongan, hanya uang selalu menetap segitu saja, terus solusinya pindah ke bank mana ya enaknya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gak ada potongan... banyak kok... misalnya tabunganku di beberapa bank...

      Delete
  18. solusi buat bank yang bagus kak, kalo bisa potongan admin yang dkit tetapi bunganya yang banyak heheh :D

    ReplyDelete
  19. mau tanya...
    saldo awal bri Rp. 67000.
    terus saya transfer dari CIMB niaga ke BRI Rp. 2.200.000
    jadi total tabungan saya Rp. 2.267.000
    . setelah saya cek...kembali ternyata saya ada potongan Purchasr Mast er Card 60000rb. itu potongan apa ya... mohin penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu ada penggunaan atm di edc master card... coba di ingat2 pernah gak tanggal tersebut atm di gunakan untuk belanja di toko.....

      kalo gak pernah segera lapor ke bank...

      Delete
  20. thanks gan infonya, nih googling mau buka rekening BRi krn ngerasa keberatan ama potongan mandiri, eh taunya di BRi lebih berat rat ya.. kl ga cr info sndri CS emng g bakalan kasih info jelas gini.ampe ak screen capture tarifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tabungan mandiri mitra usaha... gak ada potongan

      Delete
  21. Bank ini memang busuk,mending gak nabung di situ.maniak sekali bank bri itu.anjing!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadaw..... afgan banget gan sampe segitunya wkwkwkwk....

      Delete
  22. pantesan SALDO uang di BRI cepet habis, tiba-tiba ada potongan 12.000 terus ada potongan 10.000 di tanggal yg sama, kupikir siapa yang maling ini duit udah pas2an tadinya buat cadangan taunya habis, pantek ini bank, motong tanpa kasih peringatan. apes buat tabungan di BRI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bahasa wong kito galo keluar wkwkwkwk......

      Delete
  23. saya punya maslah yang sama, jadi cerita nya pada saat teman saya transfer dari bank BNI ke bank mandiri sebesar 9.50,000 setelah saya chcek di rek mandiri saya uang yang masuk hanya 9.39,000 ada potong sebesar 11.000 apakah potongan tersebut memang ada ia.... dibank mandiri sebagai yang menerima transferan dari bank BNI

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo terima transferan di bank dalam negeri gak ada biaya ...sy jg bingung tuh 11ribu itu gmn

      Delete
  24. Saya kok malah jadi bingung nih. Harus milih bank mana. Bagusnya nabung di bank mana ya mas andre. Buat rakyat kecil seperti saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabungan yg ga ada biaya admin bulanannya.. bnyk kok... silahkan baca2 aja blog ini...pasti ketemu sesuai selera..

      Delete
  25. Saya sempet buat rkening BRI waktu itu tinggal kartu yg warna merah...gk taunya potongan 33rb... Cepet habis, nabung tpi kok tambah habis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahay... satu lagi kayaknya yang sudah berpaling.. terima kasih mba ross

      Delete
  26. Saya baru bikin kemaren siang dan bafu baca blog ini di malam hari nya. Pagi tadi langsung saya pindahkan ke BSM, sisa 50rb lebih dikit lah. Hiiiiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sovie kacau nih wkwkwk.... artikel bukan untuk provokasi loh.. cuma mengingatkan kalo saldo bri berkurang perlu memahami biaya2 diatas....

      btw... perlu jg diketahui soal tabungan BSM... jika menggunakan fasilitas internet banking ada biaya bulanan... di bank lain gak ada biaya bulanan untuk fitur inet banking..

      di BSM kalo cek saldo menggunakan mobile banking kena biaya/potong saldo.. (bukan potong pulsa ya)... di bank lain gak ada itu cek saldo di mbanking ada biaya nya..

      #ntar kita lihat sovie mau kabur lg nggak nih.... wkwkwkwkwk....

      Delete
  27. Serba potongan merugikan anak kos kecil sihh tapi kalau seringkan rugi jg gan -_-

    ReplyDelete
  28. Dulu saya pernah salah masukin pin ATM 3x hingga keblokir... trs dateng ke bank nemuin CS, pengen ngerelease yg keblokir itu. Ternyata ngga bisa kalo lewat CS, disuruh langsung telepon ke Call numbernya yg 14**** itu....

    oke deh saya manut, sebelum telpon, saya cek pulsa masih 30rb, biasa lah was was kalo telpon ke bank kan biasanya surung nunggu sebentar sebelum disambungkan ke petugas bank yg terkait kartu ATM....

    lalu saya telpon dan diangkat oleh suara merdu nun jauh disana, tebakan benar, suara tersebut bilang "silahkan tunggu sebentar ya pak saya sambungkan ke bagian kartu ATM, mohon jgn ditutup dulu telponnya..." trs suara merdu itu berganti semacam lagu hymne bank tsb... belum ada 1 menit saya goyang kepala mendengar lagu itu eeehh telpon tertutup sendiri.. saya cek pulsa tinggal 1000an.. Buset 30rb ga ada 2 mnit ludes :)) ...

    lalu saya utang pulsa ke tetangga 50rb buat telpon lagi... kali ini sampe selesai masalah dan disuruh me reset pin ke ATM terdekat... saya iyain aja, lalu saya tutup telpon yg ga nyampe 4 menit itu, terus iseng2 cek pulsa... eh tinggal 10rb an...

    skrg jadi hati2 kalo masukin pin.. jgn sampe keblokir ... :))

    sharing aja ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah ada yg ngeluh di blog ini soal telp ke call center bri yg disuruh nunggu lama gitu... berarti klop deh.. thank you sudah berbagi pengalaman..

      Delete
    2. mau off in layanan ibangking sama tanya pasword nya juga harus tlp..gag bisa ke CS...akhirnya tak biarin aja..drpada korban pulsa lebih banyak lagi buat tlp..belom nunggu nya juga..hehe

      Delete
  29. Gann mau nanya..saya salah satu pengguna rekening BRI,dan tadi siang saya ngecek saldo saya..dan terdapat simbol ( -) di depan angka saldo nya..itu kenapa ya gan mungin ada yang pernah ngalami bisa berbagi pengalaman nya..tks sbelumnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saldo agan habis di potong biaya admin bulanan...bri mau motong biaya admin dari saldo agan lagi gak ada... jadi minus deh

      nanti kalo agan nabung lagi,, maka setoran itu langsung di potong sejumlah munus itu

      Delete
    2. Britama ane gak sampai minus tu, padahal saldo kurang 50ribu dan tiap bulan ane isi 10ribu doang, tapi gak minus

      Delete
  30. Mas minta saran nya, sy mau buka rekening bwt transaksi online. Enak nya di bank apa ya? Yang fasilitas nya lengkap tp biaya nya irit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bca xpresi...biaya perbulan cuma 5000... fitur lengkap... transfer2 ke sesama bca lancar gak ada biaya...

      Delete
  31. Saya mau tanya belum lama ini saya tarik tunai di ATM BRI dari rekening OCBC NISP.kalau diitung2 saya kena 22rb untuk tarik tunai , apa itu wajar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak.... normal nya 7500, jangan2 itu di hitung 3kali penarikan

      Delete
    2. Mungkin sering cek saldo makanya di banyak di kuras, atau cek salddo di atm bri lalu tarik saldo lalu cek lago

      Delete
    3. nah ini masuk logika...bisa jadi begitu

      Delete
  32. Replies
    1. parah lu bray... afgan banget wkwkwkwk...

      Delete
    2. aneh lagi gua isi pulsa 50rb 2x kaga masuk.saldo berkurang setelah saya complain ke kantor cabang cuman di buatkan laporan trus di suruh telp ke cal center yang 14xxx. akirnya saya call pulsa saya isi 50rb langsung ludes.dan akir akirnya mau di analisa dulu suruh nunggu 1x 40 hari keputusan pengembalian.padahal jelas jelas2 laporan sms dari 3300 di nyatakan transaksi gagal, waduh makin pusing gua ama bank milik pemerintah ini.

      Delete
  33. terpaksa pake BRI buat TF ke ortu soalnya gag ada ATM dan bank selain BRI di desa..harus perjalanan 1 jam dlu kalau pengen bank lain..yg paling deket dari rumah cuma BRI..
    mau gag mau pake BRI..padahal ngerasa rugi banget pake BRI...segala transaksi kena biaya meskipun ke sesama...lebih suka BCA atau mandiri sih sejauh ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di hitung aja besar kecil nya biaya yg harus di tanggung

      tutup bri, berarti tranfer ke rekening bri orang tua pakai bank lain berapa biaya.. anggaplah satu bulan sekali transfer...

      atau, pertahankan bri dan membayar biaya bualan bri

      Delete
  34. Malam, sorry kak keluar topik dr BRI.

    Saya nasabah BCA hari ini dibikin bingung karena saldo tabungan saya tiba2 berkurang 40rb,

    2hari yg lalu saya ngecek saldo masih normal tabungan saya cuma kepotong biaya adm. januari,

    nah ini saya bingung kenapa tabungan saya berkurang 40rb padahal saya gak melakukan transaksi apapun, sudah saya cek di mutasi jg gak ada transaksi / keterangan apapun.

    dan ada teman saya 2 org yg saldonya berkurang jg 60rb dan 40rb. Heran & kecewa baru kali ini ada pemotongan/pengurangan saldo gak jelas.

    Apa kakak2 yg lain ada yg ngalamin hal yg sama sperti saya & teman saya?
    Dan apa BCA sekarang mulai sama seperti BRI yg apa2 serba kena biaya?

    Besok pengen ke kacab. BCA niatnya mau nanyain ini, tp apa akan ditindak lanjuti? Ada yg bilang palingan kita yg disalahin/ada aja jawabannya yg bikin nasabah terima gitu aja padahal ngerasa dirugiin.


    *sekedar sharing, sekaligus bertanya sama ahli yg mengerti perbankan, krn say masih awam bgt ttg dunia perbankan.

    Makasih banyak ka kl mau berkenan bantu jawab kebingungan yg saya alamin ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin bro sarmidi ngabarin di postingan hasil survey..katanya saldo bca di tahan 10x lipat dan ada pinalty...belum jelas kriteria nya apa saja... (yg sudah tahu silahkan masuk ya)

      lewat email aja mba daripada buang2 waktu ke cabang..via telp mahal biaya.. kita netizen sebaiknya gunakan email untuk langkah pertama



      Delete
    2. Info aja, pengurangan Rp 40.000 itu karena per tanggal 1 Feb 2016 saldo ditahan BCA yang sebelumnya Rp 10.000 berubah menjadi Rp 50.000, jadi Rp 40.000 itu masih ada hanya saja berubah menjadi saldo ditahan, kalo lihat di ATM pasti hilang tapi coba print buku tabungan, pasti berbeda Rp 50.000 dari yang di ATM

      Delete
  35. moga aja ada bank yg lebih bonafid yg mau masuk ke pelosok desa,, shg keseimbangan pasar terjadi, ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesimis... bank sekarang lebih ngembangin layanan tanpa kantor cabang... sehingga yg di perbanyak cdm dan atm.. jadi bank bisa nekan overhead...

      Delete
  36. Wah baru tau nih,kyaknya cocok di muamalah tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya tunggu waktu aja saya nabung di muamalat..ntar kalo kartu debet arsenal sudah keluar...

      Delete
  37. sedikit kaget pas liat mutasi ada biaya 750 biaya transfer ATM ke sesama BRI
    langsung browsing nemu postingan ini
    ga bener bank BRI antar sesama di kenain biaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat biaya satelit kali bro...kkkk..

      Delete
    2. Biaya Tuyul, pusing pegang rekening BRI, mo tutup akun tapi butuh 😈

      Delete
  38. Maaf ya bro kalo Out of Topic.
    saya mau nanya, saya baru aja selesai mengurus pengurangan hurup pada nama di KTP. nah, saya punya tabungan BRI SImpedes dulu bukanya makai KTP sebelum diubah. pertanyaan saya :

    Apakah di BRI bisa dilakukan perubahan nama rekening disesuaikan dgn data pada KTP baru?? kalo bro tau Prosedur nya apa aja ya??

    kalo tidak bisa berarti bye2 dong dana tersisa di tabungan. hahahahahaha...

    Terima kasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja... kalo prosedur saya kurang tahu.. tp kemungkinan akan di minta surat keterangan dari kelurahan... tp syukur2 sih nggak

      Delete
  39. mau tanya bro....!! itu bank bca kq ada potongan 40rb.
    yg tau tlng coment. thanks

    ReplyDelete
  40. Bank BRI itu ; error/gangguan gitu deh,di kota ku MAROS,atm box setor tunainya cuma 1,itupun hampir tiap hari gangguan,intinya percuma dong ada atm box kalo setor tunainya masih antri di bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya denger nama kota agan..nebak2 sih sulawesi nih hihi...

      Delete
  41. Gak tau kalo BRI itu potongannya segini banyak...
    Setelah iseng" liat ini tecengang abis"an.masalahnya 2 bln yg lalu ngecek saldo msih 198.xxx.pas ngecek lg udh bner" kosong melompong kyag sapi ompong.kaget aja masak iya 2 bln ngabisin biaya adm 198.xxx
    Bye bye deh BRI !!
    Tabungin di botol aqua aja biar keliatan biru birunya.hahahah

    Thanks gan infonya

    ReplyDelete
  42. Saldoku kepotong 107000...tanya sama kasir katanya potongan.......gak jlas..mending tak tarik semua pindah..bank lain. .

    ReplyDelete
  43. Eh buset baru tahu saya...trus bank yg potongannya gak keterlaluan bank apa ya???baru 6 blan ini saya buka rek.BRI simpedes tp pas liat buku tabungan kok uang malah menyusut ya kagak tmbah,

    ReplyDelete
  44. parah baru nemuin ad ya bank yg transfer sesama bank, kena tarif
    parahh

    ReplyDelete
  45. Mau tanya gan, untuk pengecekan saldo via sms banking kan tarifnya 550/sms.. nah apakah saldo rekening juga terpotong atas tindakkan tersebut? Mohon infonya ga.. trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cek saldo aja nggak... kalo di gunakan untuk transfer atau isi pulsa ada biaya..

      Delete
  46. Bru tau klau bank ini trif nya gde tau gtu tdy gk buka bank ini deh,, tpi klau tnya sama tmen" dry semua bank yg pling nyaman bank yg ini,, jdy yy nurut ajha,, tau gtuh mnding nbung drumh aja pkek ayam,, tpi btuh jg sih buat transaksi online,, klau boleh mnta saran enk nya beralih kbank mna ini yy yg trif nya murah n plyanan lancar,,,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang ama temannya gan nyamannya dimana gitu.. kantor cabang antri.. banyak keluhan ebanking... telepon call center lama cuma ngabisin pulsa.. banyak biaya ini itu...

      banyak gak gan tabungan yg ga ada potongan sama sekali...cek aja di blog ini...

      Delete
  47. mas bulan kemarin saldo saya sisa 85rb
    terus kemarin ada yg transfer 2jt. lalu saya ambil 1.8jt nah sisanya 285rb
    dihari yg sama setelah transaksi teman saya transfer lg sebesar 200rb dan sudah sukses saldonya pun sudah terpotong katanya. tp pas besok nya saya cek saldo uang saya berkurang 235rb. sisa saldo hanya tinggal 50rb. saya pikir eror tapi setelah dicek di atm berikutnya saldo ttp sama 50rb. uang teman saya pun tidak ada 200rb. itu kemana yaa uangnya? masa potongan besar sekali:(
    saya pakai atm bri

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dari tanggal 24..pasti udah kelar masalahnya ya :)

      Delete
  48. Dang !!!
    Nyesek itu ketika kemarin buka britama dan skr baru baca ini....jadi ingin loncat indah saja
    Gimana kalo saya lgs kuras aja tuh saldo awal dan ga tutup rek ? Alias kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gitu aja gpp dari pada tutup ke cabang cape antri.. atm -nya buat hiasan dompet..

      bnyk rek bank gratis biaya admin... dapat atm..mbanking dll... jd gak hanya terpaku pada bank deket rumah... toh gak tiap hari nabung

      Delete
  49. Cb aja deh yang aman pentg bs buat transfer belanja online. BCA tabunganKU sama BNI syariah TabunganKu. Kagak mau jelasin ala kereta api. Langsung googling aja

    ReplyDelete
  50. Saya mau tny..lama ga print buku bri kmrn kget dg potongan saldo dikolom debit sbsar 1.107 000 dg keterangan DCM0009999.. ada yg bs jlasin nggk yaa .

    ReplyDelete
  51. Menggunakan BRI "terpaksa" karena gaji dari kantor ditransfer ke BRI. Ada biaya baru mas, kmrn saya isi pulsa lewat ATM BRI, setelah saya cek di mutasi rekening ternyata ada potongan sebesar Rp 1500,-. Parah ini BRI isi pulsa lewat ATM BRI pun sekarang kena biaya. Selamat BRI memang "Selangkah lebih maju" dalam hal potong memotong saldo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya simerah tuh pake ngenain biaya pulsa segala..kalo gitu sih lebih baik beli pulsa sama tetangga ...

      Delete
  52. Ohhh.. baru ngerti sekarang pantesan aja saldo berkurang terus.."menyadarkan ku" makasih infonya

    ReplyDelete
  53. Emang Brengsek BRI, Sayang rata2 kbnyakan masyarakat pelosok hanya tau BRI pnya negara dan murah trus msih berpikiran bank yg lain mahal
    Ayo gan kita patungan bikin baLiho ke desa2 suarakan hati nasabah..
    Agan Andrea jd KORLAP deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha kacau..

      btw bbrp hari lalu saya hadir di sosialisasi layanan keuangan digital BRI di kampung.. saya gak tertarik tema-nya, cuma makan kue nya aja haha..

      Delete
  54. Hadeh, di daerahku rata2 BRI soalnya kalo selain bank itu jauh tempatnya, setidaknya jangan "terlalu" lah bank ini

    ReplyDelete
  55. Pantes aja, waktu itu pernah ada saldo 120ribuan, memang beberapa kali cek saldo lewat mobile BRI, dan dibalas lewat sms. Akhirnya ambil uang di atm 50rb. Dan seharusnya saldo tinggal 60ribu dong. Waktu di cek lagi lewat Mobile BRI, dan kemudian ada balasan ternyata saldo tinggal 30ribu. Waduh - waduh ini apa2an ya ? baru tau saya kalo BRI banyak potongannya :( gak ada info sama sekali

    ReplyDelete
  56. Pantes aja, waktu itu pernah ada saldo 120ribuan, memang beberapa kali cek saldo lewat mobile BRI, dan dibalas lewat sms. Akhirnya ambil uang di atm 50rb. Dan seharusnya saldo tinggal 60ribu dong. Waktu di cek lagi lewat Mobile BRI, dan kemudian ada balasan ternyata saldo tinggal 30ribu. Waduh - waduh ini apa2an ya ? baru tau saya kalo BRI banyak potongannya :( gak ada info sama sekali

    ReplyDelete
  57. Bank ini banyak trik dan penipu, CS nya busuk dan bulus, pengalaman saya buka buku rek tabunganku BRI, Seharusnya bebas biaya admin tiap bulan, Setoran pertama sya 500, Blum ada pot admin, disetoran ke tiga sya heran liat buku tbungan saya, Knpa saldo jmlah segitu, Knpa ada potongan?, Sya komplen ke CS, Alasan si CS kode no rek anda simpedes, jd pke biaya admin, kmren pas buka buku rekening buku smpedesnya hbis, makanya pke bku tbunganku, tp kode rek simpedes, Saya kesal, sya bilang ke CS nya dr awal saya minta memang TabunganKu bkn smpdes atau britama ke anda, dr awal memang g' dikasih kartu atm sma anda, Karna sya buka bukunya tabunganKu, si CS cma ngeles dan saya dsruh buka tabungan baru lagi, tp duit biaya admin saya tdk dkmbalikan ke rek baru, pdhal tabunganKu bebas bebas biaya admin, saldo saya tetap kurang, Saya sngat kesal dn skit hati... Trik macam apa coba buku rek yg dikasih tabunganku tp kode no rek simpedes, Patut dipertanyakan...,, Ini sangat mrugikan saya...,, Saya tdk mau ber urusan dgn bank ini lagi...

    ReplyDelete
  58. Bank ini banyak trik dan penipu, CS nya busuk dan bulus, pengalaman saya buka buku rek tabunganku BRI, Seharusnya bebas biaya admin tiap bulan, Setoran pertama sya 500, Blum ada pot admin, disetoran ke tiga sya heran liat buku tbungan saya, Knpa saldo jmlah segitu, Knpa ada potongan?, Sya komplen ke CS, Alasan si CS kode no rek anda simpedes, jd pke biaya admin, kmren pas buka buku rekening buku smpedesnya hbis, makanya pke bku tbunganku, tp kode rek simpedes, Saya kesal, sya bilang ke CS nya dr awal saya minta memang TabunganKu bkn smpdes atau britama ke anda, dr awal memang g' dikasih kartu atm sma anda, Karna sya buka bukunya tabunganKu, si CS cma ngeles dan saya dsruh buka tabungan baru lagi, tp duit biaya admin saya tdk dkmbalikan ke rek baru, pdhal tabunganKu bebas bebas biaya admin, saldo saya tetap kurang, Saya sngat kesal dn skit hati... Trik macam apa coba buku rek yg dikasih tabunganku tp kode no rek simpedes, Patut dipertanyakan...,, Ini sangat mrugikan saya...,, Saya tdk mau ber urusan dgn bank ini lagi...

    ReplyDelete
  59. sy sering kena potongan 2000, kemana kira2 larinya ya

    ReplyDelete
  60. pantesan rekening saya berkurang terus.. seminggu ini udh 10rb..ya ALLAH

    ReplyDelete
  61. Tabungan untuk menyelamatkan keuangan, jadi malah susut sama admin. Kalau saldo milyaran aman. Adminnya ketutup bunga.

    ReplyDelete
  62. Mau tanya gan, saya buka tabungan di BRI niatnya mau buat buku BRI TABUNGANKU supaya uang saya gak berkurang, tapi waktu ke kantor BRI nya mala dikasih buku tabungan SIMPEDES, katanyanya sama aja buku BRI TABUNGANKU sama Buku SIMPEDES. Apa benar tu gan? Kemaren saya buat buku tabunganku itu gak dikasih atm. Apa itu benar? Sampai hari belum saya cek berapa uang saya didalam tabungan itu. Sudah 5 bulan sampai hari ini. Melihat postingan agan ini mala saya jadi mikir uangku itu apa ditarik setiap bulannya. Tolong respon gan.

    ReplyDelete
  63. Knp di bank BRI saat sya cek saldo malah brkurang,, ,itu potongan ap ya,, tolong di jwb..
    Klo gx bisa jwb oon...

    ReplyDelete
  64. Masa iya potongan bri saya bisa sampek 60rb sebulan gila bri

    ReplyDelete
  65. Saya mau tanya, saya baru buat ATM bro isi saldo 200 rb terus saya biarkan 1 bulan dan pas saya mau ngambil uang di ATM gak bisa ngambil 200 rb bisanya cuma 100 rb itu yangg 100 rb kemana, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  66. Pantesan aja. Baru saja saya ingin datang dan nanya langsung . Aneh saja . Saya mahasiswa yang kalo dikirim orang tua saya mepet . Saya selalu ngalamin. Jika saya di transfer orang tua saya pasti saya langsung ambil semua . Sedangkan saldo kalo di ambil semua pun pasti ada maksimal saldo 50rb saya tau itu. Tapi aneh . Ketika saldo saya ada 50rban terus misal saya di tranatra orangtua saya 150rb masa ngambil 150rb ga bisa bilangnya saldo kurang . Harusnya kan bisa. Orang saldo terakhir saya 50rb sekian ini malah 50rb sekian itu hilang terus motong dari uang tramsftr ortu saya. Rekomendasi dong bank yang bagus buat mahasiswa dan tanpa potongan ga jelas gitu . Terima

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->