December 16, 2013

CIMB Niaga Air Asia Savers Tabungan Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Advertisement

Karena waktu membuka rekening tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers terjadi hal yang “memalukan diri sendiri”, maka untuk artikel ini saya  tulis dalam bahasa pengalaman. Biar variasi aja gitu. Tapi buat yang cuma mau lihat fitur dan biaya dari tabungan ini saja silahkan langsung scroll ke bawah.

Ok di lanjut

Pengalaman Membuka Rekening CIMB Niaga Air Asia Savers


Ketertarikan saya untuk membuka rekening tabungan bebas biaya administasi bulanan  CIMB Niaga Air Asia Savers sebenarnya karena sedikit "terpaksa", itu  demi kelancaran pencairan cek  mata uang dollar yang di terbitkan oleh bank luar negeri.

Maklum, di daerah tempat saya tinggal, hanya dua bank yang mau melayani transkasi inkaso keluar negeri, yaitu, Bank Rakyat Indonesia dan bank CIMB Niaga. Sementara bank lain, semua angkat tangan. Padahal dalam kebijakan bank bersangkutan yang saya datangi, seperti yang tercantum dalam websitenya, sebenarnya mereka melayani pencarian cek dari bank luar negeri.

Masalahnya adalah, bank CIMB Niaga memiliki kebijakan melayani inkaso keluar negeri setelah nasabah  terdaftar minimal satu tahun. Sebenarnya tidak ada masalah sih pencairan cek dollar dari bank penerbit di luar negeri di bank BRI. Selalu lancar dan tidak mengecewakan.

Namun karena saya tidak mau mengandalkan satu bank, maka saya “terpaksa” membuka rekening di CIMB Niaga dengan produk Air Asia Savers, itu demi untuk kelancaran transaski satu tahun kedepan (pada waktu itu). Terlebih lagi  tidak ada ruginya memiliki rekening ini, karena tidak ada biaya admistrasi bulanan, alias tabungan tanpa potongaan tiap bulannya.

update: 15 april 2015
Efektif 1 april 2015 gratis biaya administrasi jika saldo rata-rata harian diatas Rp 5juta

--
Bukan terpaksa dalam arti bagaimana, cuma merasa tidak enak hati saja gitu, karena sebelumnya saya punya rekening di Bank Niaga yang telah di telantarkan hehe….

Ceritanya gini, saya pernah punya rekening bank niaga untuk terima gaji dari kantor. Nah waktu perusahaan tempat saya kerja ganti payroll ke bank OCBC NISP, saya biarkan  Rekening Tabungan Harian itu hingga saldo nol rupiah, sampai akhirnya di tutup sendirinya oleh bank.

Alasan membiarkan rekening tersebut bukan karena kecewa pada CIMB Niaga. Tapi lebih pada “gak rela” pada biaya admintrasi bulanan di beberapa akun bank.  Kayak duitnya banyak aja punya rekening tabungan banyak. Justru sebenarnya bank niaga termasuk yang saya suka.  Ambil satu contoh misalnya, bank niaga sering kali menempatkan security di ATM yang berdiri sendiri tanpa di kantor cabang. Jadi mereka benar-benar menjaga keamanan ketika nasabah menarik uang di ATM yang jauh dari kantor cabang.



Ketika masuk pada tujuan membuka rekening tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers, mba customer servicenya tanya;

“Mohon maaf pak, apakah bapak  andrea sebelumnya pernah menjadi nasabah?”

Hehe.. disinilah saya nyengir malu hati “ iya pernah mba , tahun berapa gitu saya lupa”

“Lo kenapa di tutup rekeningnya?”

“Iya waktu itu payroll kantor ganti ke bank lain, ya udah saya biarin aja”

Si mba CS rupaya ga tahan juga, yang dari tadi senyum khas gaya customer service jadi  makin senyum melebar  tanpa basa-basi setelah mendengar alasan saya. Lalu dia minta KTP saya.


Setelah di cek melalui database CIMB Niaga dengan nomor ktp saya, ternyata data saya masih ada, Mba cs bilang “Dari pt xyz  ya pak”

Saya kaget  “loh kok data saya masih ada. Itu kan udah berapa tahun yang lalu”

Mba CS akhirnya menjelaskan, kalau rekening untuk payroll memang  baru di hapus setelah ada permintaan dari perusahaan, beda dengan yang di buat hanya atas nama individu akan di hapus setelah jangka waktu tertentu sesuai aturan.

Saya tidak tahu aturan nya bagaimana, karena sampai sekarangpun ketika menggunakan internet banking CIMB Click, Android apps,  serta Mesin ATM Tertentu, rekening yang tidak aktif itu masih muncul di layar.

Akhirnya proses membuka rekening tabungan bebas biaya adminstrasi CIMB Niaga Air Asia Savers berjalan lancar dan cepat. Hanya ada sedikit perubahan alamat yang di sesuiakan dengan data KTP terbaru saya.

Padahal sebelumnya saya sempat mikir dalam hati, apakah saya ditolak jadi nasabah setelah kemaren-kemaren menutup rekening tanpa prosedur resmi secara baik-baik dengan datang ke kantor cabang. Tapi malah membiarkan begitu saja sampai saldo habis.


Fitur CIMB Niaga Air Asia Savers


Passbook / e-statement

Ada dua pilihan untuk nasabah CIMB Niaga Air Asia Savers, yaitu berupa passbook atau e statement.

Saya lebih memilih e-statement / rekening koran. Alasannya; malas nyimpan buku tabungan. Malas cetak buku. Atau, kalau mau bikin alasan sok idealis adalah;  dengan e statement berarti ikut berpartisipasi mengurangi penggunaan kertas. Artinya, mengurangi penebangan hutan,  ikut juga melestarikan bumi. Go Green gitu loh. Estatement dikirim setiap tanggal dua melaui email berupa rincian transaksi dalam satu bulan.

Jika anda tertarik membuat rekening CIMB Niaga Air Asia Savers dengan estatement, demi keamanan data disarankan jangan menggunakan yahoo mail. Kalau mau pakai email gratis buat saja email di gmail yang di percaya lebih aman. Saya sendiri menggunakan layanan email dari google apps yang telah di kustomasi dengan domain pribadi.

Internet Banking

Nyaris tidak ada masalah berarti dalam system. User interface nya juga bagus. Untuk transaksi financial di lengkapi token sms yang di kirim ke nomor ponsel. Saran saya untuk nasabah, waktu mengaktifkan internet banking daftarkan beberapa nomor ponsel,  supaya bisa ganti-ganti nomor tanpa harus datang lagi ke kantor cabang apabila ingin menggunakan nomor lain.

Mobile Banking

Ada tiga aplikasi mobile banking CIMB Niaga, yaitu, IOS, BlackBerry, dan android. Dari ketiganya, saya hanya menggunakan aplikasi android. Menggunakannya juga mudah dan tidak ada masalah. Disarankan untuk menggunakan nomor  sim card  berbeda antara yang di gunakan untuk penggunaan aplikasi dan pengiriman pass code untuk login.

Fitur Lain


Fitu lainnya banyaklah; seperti ATM, phone banking, serta fasilitas pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant. Saya tidak mau bahas lebih lanjut karena ini bisa di ketahui dengan mudah dan sudah standar  di banyak bank. Alasan tepatnya sih, saya mulai capek nulisnya, udah lebih dari satu jam wwkkwkwkk……

Namun ada yang lebih, nasabah CIMB Niaga Air Asia Savers juga sering di ikutkan dengan program cash back serta program lain yang ada kaitannya dengan maskapai penerbangan murah Air Asia. Karena memang simpanan ini idealnya untuk mereka yang suka terbang. Tapi EGP deh ya, biar aja boss Air Asia Tony Fernandez melongo xoxo….


Biaya- Biaya


  • Setoran awal minimal Rp.100.000,-
  • Biaya admintrasi bulanan ; gratis untuk saldo rata-rata harian Rp 5 juta atau lebih
  • Biaya saldo rata-rata harian di bawah Rp 5 juta = Rp.10.000/bulan
  • Biaya tarik tunai di ATM CIMB Niaga = gratis
  • Biaya tarik tunai di ATM bersama & prima untuk saldo < 10 juta = Rp.5500,-
  • Biaya transfer antar bank di atm dan internet banking = Rp.5000,-

**

Demikian beberapa hal tentang tabungan CIMB Niaga Air Asia Savers, tabungan tanpa biaya administsrasi bulanan hasil kerja sama bank CIMB Niaga dan maskapai penerbangan Air Asia . Ketentuan diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa dapat saya ketahui. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan tanyakan langsung pada customer service CIMB Niaga di nomor 14041

Posted by:

18 komentar:

  1. saya jd tertarik dg cimb air asia, tp saldo rata rata harian diatas 1jt tuh gmn ngitungnya ya? kl slm sebulan ga masukin dana apapun berarti kn by admin?
    mhn petunjuk nya bung, mengingat kan anda sdh pny tabungannya, trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga salah, yang di maksud saldo rata-rata harian itu adalah komulatif saldo harian dalam satu bulan di bagi jumlah hari dalam satu bulan itu.

      Saldo rata2 harian = total komulatif saldo setiap hari dalam satu bulan / jumlah hari

      Kita bikin contoh aja gan biar gampang;

      Misalnya di bulan januari 2014
      -saldo akhir hari setelah ada penarikan / transfer / setoran dll di tgl 1 = Rp. 1000.000,-
      -saldo akhir hari setelah ada penarikan / transfer / setoran dll di tgl 2 = Rp. 900.000,-
      -saldo akhir hari setelah ada penarikan / transfer / setoran dll di tgl 3 = Rp. 1.100.000-
      -dst

      nah untuk mendapat total kumulatif saldo itu, jumlahkan semua saldo akhir hari seperti contoh diatas sampe tanggal 31 january 2014, misalnya kita mendapat angka Rp. 31 juta

      maka saldo rata-rata harian adalah 31 juta di bagi jumlah hari di bulan januari yaitu 31 hari ,
      31.000.000 / 31 = Rp.1000.000,-


      -Ga masalah dan ga ada potongan juga kalo dalam satu bulan ga masukin dana selama saldo rata2 harian itu diatas 1 juta

      Yang penting jangan sampe tiga bulan tidak ada transaksi sama sekali, yang akan di masukin kategori dormant atau penabung pasif , ini berarti akan ada biaya dormant. biaya dormant juga berlaku di hampir semua bank kecuali mungkin di BPR.


      buat ngakalinnya supaya tidak kena biaya dorman tapi tidak masukin dana/ nabung adalah; sebelum tiga bulan coba isi aja pulsa 10 ribu dengan ATM atau inet banking. jadi ga akan kena potongan.

      makasih sudah mampir ya

      Delete
    2. Klo kita cuma narik dari rekening via ATM trus disetorin lagi udah masuk transaksi belum ya?
      Soalnya belom lama juga abis buka di CIMB. Dan rencananya cuma buat ngendapin saldo aja.

      Mohon infonya. Trims

      Delete
    3. narik di atm saja sudah dihitung transaksi.
      kalo disetorin lagi berarti transaksi lagi.

      yang penting saldo diatasn 1 juta, itu aman, ga ada potongan.
      soal tarik lalu setor lagi itu juga trik bagus supaya rekening tidak masuk kategori dormant

      Delete
  2. lohhh kl gt gan, duit kudu setor 31 jt dong tiap bln biar kagak kn admin.....kn saldo slm sebulan/jmlh hr selama sebulan, hrs lbh dr 1 jt syaratnya.....duennnkkkk....mahal amit gan, ato ane salah persepsi ya?
    cb kl ada cs nya cimb, btw agan tny cs cimb kah info td? btw tengkiu gan pnjlasnnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, saldo akhir hari kemarin kan di jadikana saldo awal hari ini. bukan berarti saldo hari ini berawal dari nol.

      jadi, misalnya saldo tanggal 1 di akhir hari adalah 1 juta, dan
      tanggal 2 tidak ada transaksi sama sekali, maka saldo akhir hari tgl 2 adalah adalah 1 juta juga, yang jelas2 itu duit yang kemarin bukan penambahan di tgl 2.

      begitu juga kalo tgl 3 tidak ada transaksi sama sekali maka saldo awal dan akhir hari tgl 3 adalah 1 juta juga.

      nah, saldo tgl 1, 2 , 3 s/d tgl 31 yg sebenarnya hanya 1 juta tapi buat nyari rata2 saldo harian kan di cari total komulatif dulu untuk kemudian di bagi jumlah hari.

      moga makin bingung haha.....

      Delete
  3. oaalaaaahhhhh gt to....tengkiu infonya, cm jgn dibiarin jd dorman slm 3bln ya...oke3

    ReplyDelete
  4. Punten gan, numpang tanya...
    Kalo untuk Tabunganku tapi yang Valas atau USD itu ada gak yaaaa... apa hanya Rupiah saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma idr gan, tabunganku tujuannya buat rakyat kecil penghasilan rendah. kalo orang udah pegang valas udah gak masuk kategori itu lagi

      Delete
  5. Ane pernah jadi nasabah cimb niaga ýng sblmnya bernama lippô tapi uda 4 tahun ga ada transaksi stlh keluar dari pabrik v...l , kalo mau buka lagi data masih ada ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo perusahaan agan ga ada confirm ke bank kemungkinan masih ada. ( ibu berdasar keterangan cs nya ya).

      tapi ga masalah sih ada atau gak ada.

      dengan data masih ada saya malah gak isi form lagi, mba cs nya cuma edit-deit data alamat dikit langsung di komputer, karena alamat saya kan ada perubahan pada RT, jadi cepet bikinnya.

      yg bikin lama ngobronya ditawarin ini itu dulu, biasalah.

      Delete
  6. kalo saya ga pake e-statement, tapi passbook (red : buku tabungan)
    kalo mau ganti ke e-statement bisa ? Biar kaga print out passbook tiap mo cek transaksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bisa mba, soalnya cimb lebih senang nasabahnya pake estatement.

      sy pernah baca itu, kalo dari estatement ganti ke passbook, bisa dilakukan hanya satu kali.

      Delete
  7. ane pake juga gan, tapi waktu buka 2013 itu adm nya cuma 5k sebulan, eh sekarang naik 100% jadi 10k. yang semula saldo min 10k jadi 50k. udah dua bulan ane gak ada transaksi. waktu kemaren2 tinggal minjam duit 31jt, simpan di rekening sehari. atau 10jt selama 4 hari.

    ane ngincar nya dulu cuma checkout airasia dengan cimbclicks kalau beli yang penerbangan dari indonesia, kalau beli dari luar indonesia gak ada pilihan mata uang IDR, jadinya mesti pake CC juga, trus, sekarang ane lagi mikir-mikir nih, apa rekening CIMB AAsaver ditutup aja, tapi kayanya kalo nanti butuh susah ke bank lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.... sekarang syarat free admin harus saldo rata2 harian diatas 5juta ...

      gpp sih gan kalo mau tutup, cimb lagi ayo aja kalo kita mau bikin akun lagi...

      coba pertimbangan tabungan on account, gratis biaya admin dan transfer ke bank lain dengan syarat saldo rata2 harian diatas 1 juta..

      sy jg sempat mikir nutup air asia saver terus bikin on account, tapi ya gitu, paling jg cuma sementara gratis transfer antar bank nya...

      skr sy masih pegang air asia saver, tapi kalo threshold saldo gratisnya di naikin lg pasti sy tutup...

      Delete
  8. sekedar saran ajah ning mending buka cimb yang syariah fasilitasnya full sama kyk konfensional. dulu waktu bikin sih free adm dll. eeehh pas skrng ada kebijakan baru katanya harus min saldo rata rata 1 juta dan jangan takut di blokir soalnya walaupun naroh uang 1 juta lebih dari 3 bulanpun tanpa transaksi tetep dikenakan bagihasil sehingga gk mungkin kosong transaksi dan lumayan besar bagihasilnya dari pada yang konfensional. yang bikin saya suka dari tabungan Cimb adalah fasilitas transfer valas/remiten ke luar negeri via mbanking & Inetbankingnya jadi gk perlu capek ke teller bada banget sama bank BUMN. Pernah punya pengalaman buruk sama bank BRI bank terbesar, sayangnya cuman bisa ngelayani terima remiten ajh padahal udah ubeg ubeg ke dua kantor cabang sekaligus eh tellernya ajh gk paham maksdnya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mks sudah berbagai pengalaman bro...

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum