April 4, 2014

TabunganKu Yang Paling Bagus Dapat ATM

Advertisement

Saya bagi dalam 3 kelompok; TabunganKu yang paling bagus, tabunganku yang cukup bagus, serta yang biasa-biasa saja. Tentang kenapa saya bagi dalam tiga kelompok itu, silahkan lanjut aja bacanya.

Sebenarnya saya telah tulis produk TabunganKu setiap bank pada halaman posting utama dari produk simpanan harian. Tapi kemudian saya  perlu merekap semuanya dalam satu halaman   untuk memudahkan calon nasabah ketika mencari perbandingan.

Hal ini saya anggap perlu agar pembaca tidak lagi bingung  menentukan pilihan setelah melakukan riset kesana-kemari untuk segera eksekusi.

Perlu di pahami, pembagian kelompok dari TabunganKu yang dari yang  paling bagus hingga yang biasa-biasa saja ini,  bukan berarti saya memiliki keberpihakan pada salah satu bank, tapi lebih untuk memudahkan pembaca dengan data yang ada.

Namun mohon dicatat, kriteria bagus tidaknya  yang maksud disini tidak memasukan unsur  ukuran besar kecil nya bank, banyaknya kantor cabang, rasio kecukupan modal, sehat atau tidak bank itu, keberadaan modal asing didalamnya,  kepemilikan swasta atau milik pemerintah, atau bahkan bunga yang di berikan.

Khusus yang terakhir itu saya anggap “terlalu” jika menyimpan uang di tabunganku mengharapkan bunga. Karena toh kita cari produk yang ramah untuk kalangan menengah kebawah

Disini saya hanya beroriestasi pada fitur TabunganKu yang di berikan oleh  masing-masing bank konvensional. Sementara  dari bank syariah dan BPD se indonesia ( BPD jabar , BPD jatim ) mudah-mudahan saya bisa update di halaman lain . 

Catat:

Setoran awal untuk membuka rekening TabunganKu adalah sama yaitu Rp.20.000. Sementara untuk setoran minimal  selanjutnya adalah Rp. 10.000,- . Persyaratan untuk membuatnya cukup datang ke kantor cabang dengan membawa KTP atau identitas lain beserta tambahan biaya Rp 6000 sebagai pengganti biaya materai. 

TabunganKu juga bisa untuk tabungan anak-anak / pelajar dengan  perwalian orang tua
update: 
Saya sudah lakukan update fitur tabunganku 2015 dalam bentuk tabel supaya mudah di pelajari, silahkan baca dan bandingkan di halaman berikut ; Fitur TabunganKu pilihan netizen

TabunganKu Yang Biasa Saja


Yang saya masukan pada kategori ini karena standar banget dengan platform tabunganku; bebas biaya administrasi bulanan dengan setoran awal 20 ribu. Kalau pun ada fitur tambahan seperti ATM yang di berikan, nasabah harus mengeluarkan biaya tambahan atau persyaratan lain. Jadi tidak istimewa lagi kalo gitu. Makanya saya katakan biasa -biasa saja, atau sebut saja ala kadarnya.

Tapi  jangan menganggap bank-bank ini  pelit atau bagaimana, karena mereka telah sesuai dengan standar tabunganku yang di inginkan pemerintah sebagai pemiliki produk.


TabunganKu Bank Mega


TabunganKu bank mega adalah  standar  sesuai  platform produk ini. Untuk mendapat fasilitas lebih seperti ATM, internet banking, dan mobile banking, tabunganKu bank mega akan mengenakan biaya administrasi tambahan sebesar Rp.5000,- per bulan.

Kalo tidak mau kena potongan bulanan, ya jangan minta  minta kartu ATM dan fitur lain ketika membuka rekening. Cukup nikmati saja bukti kepemilikan tabungan , tarik tunai dan transfer dengan menggunakan buku di kantor cabang.


TabunganKu BRI


Tidak ada yang  istimewa dari tabunganku BRI. Standar  banget. T idak ada fitur menarik untuk dijadikan bahan bagi saya untuk merekomendasikan produk ini . Nampaknya  nasabah rakyat kecil BRI   di pedesaan yang  ingin dapat fitur teknologi terkini harus bikin tabungan Simpedes atau Britama.


TabunganKu Bank Danamon


Kalau mau buat tabunganku di bank Danamon datangnya ke Danamon Simpan Pinjam ( DSP ). Karena hanya disanalah danamon menyediakan produk ini.

Tidak ada fitur ebanking di berikan. Nikmati saja gratis  biaya administrasi sebagai penggembira bagi nasabah.

Tapi kalau terasa produk ini kurang menarik, silahkan coba  tabungan Danamon Lebih, simpanan yang tak ada potongan setiap bulannya.

Tabunganku Bank Permata


Fitur ebanking yang menarik cuma pada layanan Navigator, yaitu  penyampaian SMS atas mutasi transaksi senilai > Rp. 250.000,- pada rekening secara online & realtime. Tapi fasilitas tambahan seperti ATM  tidak dapat.

Tapi tabunganku bank permata juga bisa setoran di semua kantor cabang.

TabunganKu Yang Cukup Bagus


Saya tulis cukup bagus karena banyak catatan yang harus di perhatikan. Yah, seperti yang sudah sering kita baca  dan jadi bahan guyonan banyak orang, yaitu;  “Syarat dan ketentuan berlaku”

Jadi mohon perhatikan baik-baik ketika bertanya kepada customer service saat membuka rekening.

Tabunganku BCA


Tabunganku BCA dapat kartu ATM sebagai salah satu fasilitas ebanking yang di berikan. Sementara fitur ebanking lain, seperti mbanking atau internet banking tidak ada.

Buat yang sudah cukup puas bisa tarik  tunai di ATM BCA yang jumlahnya banyak itu, atau untuk keperluan  transfer sesama rekening BCA lewat ATM, silahkan bisa buat tabunganku. Tapi kalau kurang puas bisa buat rekening tahapan BCA  atau xpresi.

  • Dapat Kartu ATM khusus Tabunganku dengan limit silver (tarik tunai maksimal Rp 5 juta, transfer ke sesama rekening BCA Rp 15 juta).
  • Transaksi pendebetan maksimum 4 kali dalam sebulan.
  • Tidak ada fitur internet banking ( KlikBCA ) atau mbanking.
  • Setoran tunai, transfer, dan penarikan bisa dilakukan di semua kantor cabang BCA

Tabunganku Bank Mandiri

Apakah tabunganku Bank mandiri akan mendapat kartu ATM ?
 Jawabannya YA, tapi itu  kalo setoran awalnya minimal 500 ribu. Kalo setoran awalnya cuma 20 ribu  tidak di kasih.

Buat yang sudah terlanjur tidak dapat kartu ATM  saat membuka rekening, dan kini ingin punya ATM tabunganku mandiri, silahkan tambah dulu saldonya hingga diatas 500 ribu. Baru datangi lagi customer service di tempat membuka rekening untuk minta di buatkan kartu ATM.

 - Fasilitas Kartu ATM khusus Tabunganku diberikan kepada nasabah yang membuka  rekening dengan setoran awal atau saldo rekening minimal Rp 500.000. ATM Tabunganku Mandiri bisa di pakai di jaringan ATM Bersama dan Link
 - Penyetoran dapat dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat    pembukaan rekening
 - Transaksi penarikan tunai melalui Kantor Cabang Bank Mandiri tempat pembukaan rekening, dengan ketentuan ;  
  • Minimal Rp 100.000 per transaksi
  • Maksimal penarikan 1 kali per bulan, penarikan ke-2 dan seterusnya dalam satu bulan dikenakan biaya Rp 5.000,-.
  • Minimal Rp 100.000, per transaksi
  • Penarikan < Rp 5 juta dikenakan biaya Rp 5.000,-
update 23 agustus 2014
Ada tambahan informasi dari teman yang komentar dibawah, dengan setoran awal Rp 20 ribu di tabunganku madniri  sudah di kasih atm, jadi tidak harus 500 ribu
Ada kabar juga kalau tabungaku di bank mandiri sudah diberi fasilitas internet banking, setelah yang bersangkutan melakukan setoran awal diatas 2 juta.


TabunganKu Bank Panin


Dari Bank Panin masih  tetap layak jadi pilihan untuk yang ingin membuka disana. Meski Panin mendesign khusus  ATM untuk tabunganku, tapi kartu tersebut bisa untuk tarik tunai di bank lain dalam jaringan Alto dan Bersama.

  • Fasilitas Kartu ATM design khusus Tabunganku dan dapat digunakan sebagai Debit Card
  • E-Banking: ATM Panin, Mobile Banking, Phone Banking, Internet Banking

Tabunganku Bank Sinarmas


Dari bank Sinarmas juga ngasih kartu ATM dengan design khusus tabunganku. Sementara transaksi penarikan tunai dan transfer  melalui counter hanya bisa dilakukan di kantor cabang tempat membuka rekening.

Jika produk ini dirasa kurang menarik namun ingin menjadi nasabah bank sinarmas, coba baca dulu Tabungan Sinarmas dan Lion Air.


TabunganKu OCBC NISP


Ini boleh juga untuk di pertimbangkan. Tabunganku dari bank NISP ngasih kartu ATM juga.
  •  Nasabah akan mendapatkan kartu ATM.
  •  Limit transfer perhari ke sesama NISP maksimal Rp 1.000.000 dan ke rekening lain maksimal Rp 1.000.000
  •  Limit penarikan tunai perhari maksimal Rp 1.000.000

TabunganKu Bank  BTN


Tabunganku dari bank BTN adalah yang paling di rekomendasikan untuk mereka Penggemar bank plat merah. Silakan buka rekening disana dan dapatkan kartu ATM nya.

TabunganKu Bank Bukopin


Jika dalam kategori  tabunganku yang cukup bagus adalah grade B, maka tabunganku bukopin lebih layak ada di grade B plus. Karena fasilitas yang di tawarkan terbilang lengkap.Fitur ebanking yang di berikan adalah; ATM, SMS, Call, dan internet banking.

Hanya saja, ATM yang di berikan hanya bisa di gunakan di jaringan ATM bukopin saja, tidak bisa digunakan pada jaringan bank lain, serta tidak bisa di fungsikan sebagai kartu debet.

Karena faktor ATM yang terbatas itu, serta tidak ada layanan mobile banking berbasis aplikasi, makanya tabunganku bukopin tidak saya masukan dalam kategori grade A / tabunganku yang paling bagus.


TabunganKu Bank BNI


Pastikan membaca syarat dan ketentukan ketika ingin membuka di Bank BNI. Beberapa point di bawah ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  • Setiap nasabah Tabunganku akan memperoleh bukti kepemilikan berupa buku tabungan tapi tidak mendapatkan kartu ATM.
  • Transaksi penyetoran tunai dapat dilakukan setiap saat melalui teller Kantor Cabang BNI yang  tersebar di seluruh Indonesia.
  • Transaksi penarikan tunai dapat dilakukan setiap saat melalui teller  di Kantor Cabang BNI tempat pembukaan rekening tanpa kenakan biaya penarikan untuk 2 (dua) kali transaksi per bulan.
  • Transaksi penarikan  ke-3 dan seterusnya tiap bulannya dikenakan biaya Rp 1.000/transaksi.
  • Transaksi penarikan tunai di Kantor Cabang BNI tempat pembukaan rekening minimal Rp 100.000
update: 28 februari 2015
Berdasar info di kotak komentar, tabunganku BNI sekarang ada fitur ATM.  Yang mengetahui fitur lainnya tolong kasih info kan ya
-------------

TabunganKu Yang Paling Bagus 


Nah ini dia juaranya, juara bersama produk tabunganku;  BII Maybank dan CIMB Niaga. Tabunganku dari dua bank ini sama-sama ngasih fitur ebanking lengkap;  kartu ATM, fasilitas internet banking dan mobile banking.

Kartu ATM nya pun di samakan dengan produk utama bank bersangkutan; berlogo master card dan dapat menarik uang dalam jaringan ATM lain.

Bagusnya lagi, kedua bank ini tidak mengenakan biaya tambahan meskipun memberi  fitur lebih. Jadi tabunganku dari dua bank ini masuk kategori Grade  A.


TabunganKu BII Maybank


Dengan setoran awal cuma 20 ribu dan langsung dapat kartu ATM yang bisa dipakai pada jaringan ATM lain. Internet banking. Mobile banking. Serta tidak ada biaya admin tambahan tiap bulannnya. Sepertinya Tabunganku dari BII Maybank sudah lebih dari cukup untuk penabung pemula, mahasiswa yang masih labil ekonomi, anak muda di bawah “20 my age”,   atau orang tua yang ingin ngasih ATM khsusus untuk anaknya yang masih duduk di sekolah SMA atau SMP yang tidak ingin membuat tabungan khusus untuk anak-anak.

  • Mendapat ATM BII berlogo mastercard dalam jaringan ALTO, Bersama, Prima BCA, yang bisa berfungsi sebagai debit card.
  • Fasilitas internet banking, Mobile banking
  • Limit  tarik tunai di ATM  per hari maksimal Rp 2 juta, sementara di cabang tempat membuka rekening Rp.10 juta.
  • Penarikan tunai gratis maksimal 5 kali dalam satu bulan. Transkasi ke-6 dan seterusnya dalam satu bulan akan di kenakan biaya Rp.2 ribu
  • Setoran bisa di lakukan di seluruh kantor cabang/cabang pembantu BII Maybank dimanapun tempatnya.

TabunganKu CIMB Niaga


Seperti hal nya di BII Maybank, Tabunganku CIMB Niaga juga cocok untuk semua kriteria yang saya sebut diatas.

  • Dapat kartu ATM dan bebas biaya administrasi kartu bulanan
  • Jumlah minimum penarikan di counter sebesar Rp 100.000
  • Jumlah penarikan di ATM sebesar Rp.1000.000,-
  • Fitur internet banking dan mobile banking

Namun, jika jenis produk ini dirasa kurang minat, coba buka tabungan CIMB Niaga AirAsia Savers.

update:
Ada tambahan informasi dari teman komentar dibawah;
Bagi yang belum bekeja dan ingin membuat tabungan di cimb niaga di haruskan membawa ktp orang tua, dan mengisi surat pernyataan yang di tanda tangani orang tua, adapun form sudah disediakan oleh pihak bank.
--
**

Begitulah kira-kira sekilas tentang tabunganku, semoga dapat menjawab pertanyaan bagi mereka yang sedang riset tentang tabunganku dari bank mana yang bagus, yang pakai ATM, yang dapat kartu ATM, atau yang ada fasilitas internet banking-nya, dari masing-masing bank.

Untuk di catat, meskipun tabunganku tidak ada potongan biaya tiap bulannya, tapi perlu di perhatikan adalah ketentuan dormant alias penabung pasif. Jika tidak aktivitas transaksi selama periode tertentu maka akam timbul biaya administrasi alias potongan, yang ujung-ujungnya saldo bisa habis juga.

Ketentuan dormaint ini bisa berbeda satu bank dengan bank lainnya, bisa setelah tiga bulan atau enam bulan. Jadi silahkan tanyakan  pada CS nya saat membuka rekening tentang berapa lama ketentuan dormant di berlakukan.

Menutup artikel ini,  saya mengajak teman-teman untuk untuk berbagi pengalaman dengan tabunganku yang dimiliki. Entah yang puas atau yang kecewa setelah membuat rekening tabunganku, ini juga sekaligus untuk koreksi jika ada yang keliru dari posting yang saya buat. Tujuannya; supaya teman-teman lain  yang ingin bikin rekening dapat terbantu.

Terima kasih telah membaca.

update: 
mohon maaf semua komentar baru dihalaman ini gak bisa tampil, diskusinya di lanjutin di halaman baru : Fitur tabunganku pilihan netizen

Posted by:

207 komentar:

  1. Jd mikir ke cimb atw k bii.
    Btw mkasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal pilih bank yang dekat dengan rumah

      Delete
  2. kl tabunganku dari danamon ada atmnya gk? masih ada gk tahun ini (2014)? thx.. tertarik sama yang danamon

    ReplyDelete
  3. tabunganku danamon ga ada atm nya, bikin aja danamon lebih kalo mau ada atm nya

    ReplyDelete
  4. Maaf mas, bagusan mana kalau buka tabunganku di BII dengan Bukopin. saya cari info tentang tabunganku yang bukopin sama dengan BII yang mana ada fasilitas e-bankingnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas emil, saya jadi ada tambahan buat update nanti tabunganku bukopin.

      tapi saya masih condong ke tabunganku bii. semua fasilitas ebanking yaitu, internet banking, mobile banking, phone dan sms banking, dan atm ada di tabunganku bii. semua gratis tanpa biaya bulanan.

      kalopun nanti setelah saya update bank bukopin masuk pada tabunganku yang paling bagus, tinggal perhitungkan kedekatan kantor cabang


      Delete
    2. sudah di update, tabunganku di bank bukopin saya masukan ke dalam "tabunganku yang cukup bagus", karena faktor atm yang hanya bisadi gunakan di bukopin saja dan belum ada mobile banking berbasis aplikasi

      Delete
    3. Hanya menambahkan info saja, kalau berminat Buka rekening dengan biaya administrasi ringan namun full fitur. buka saja rekening bank syariah. Bagi hasil yang lebih menguntungkan dan tentunya halal.
      1. BRI syariah: tdk ada biaya bulanan, ATM, gratis tarik tunai ATM BCA, sms&mobile banking, dll.
      2. Mandiri syariah tabungan simpatik: biaya bulanan 2rbun, atm, SMS&mobile banking,dll.

      Delete
  5. Apakah ada potongan administrasi terkait kartu ATM?, misalnya biaya bulanan kartu ATM. kalo ada, berapa biaya bulanan kartu ATM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus untuk produk tabunganku, biaya admin terkait atm itu tergantung pihak bank nya.

      misalnya bii dan cimb niaga tidak ada potongan admin bulanan untuk ATM. semuanya gratis. paling kalo ganti kartu atm karena rusak atau hilang saja.

      kalo tabunganku bank mega, akan di kenakan biaya admin atm 5 ribu.

      mandiri tidak ada biaya atm bulanan, tapi setoran awal harus 500 ribu.

      dll



      Delete
  6. Saya mau niat buka rekening TabunganKu CIMB Niaga ah biar dpt ATM + bebas biaya admin. Tapi mau nanya nih ini maksudnya rekening benar - benar tidak akan berkurang sama sekali kalau penggunaan saya cuman nyimpen duit 50.000/bln + 1- 2x transfer pake ATM?
    Kalau gunain fitur internetbanking / mobilebanking pasti ada biaya jg kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak berkurang gan, yang penting tidak masuk kategori dormant/ penabung pasif. kategori dormant ini biasanya kalo tiga bulan berturut-turut tidak ada transkasi sama sekali.

      transaksi yang di maksud yaitu tidak ada setoran / tidak ada transfer / tidak ada pemebelian sama sekali yang menggunakan atm/ inet banking/mobile banking.

      untuk gunain atm/mobile banking/ inet banking tidak ada biaya sama sekali baik bulanan atau saat transaksi selama transfernya ke sesama cimb niaga, atau penarikan tunai di atm cimb aja.

      tapi kalo transfer dengan ebanking ke rekening bank lain, atau tarik tunai di atm bank lain dalam jaringan atm bersama atau prima BCA, akan ada biaya 5500 per transaksi. itu berlaku di hampir semua bank, jd tidak hanya cimb.

      kalo agan mau buka rek ke cimb pastiin agan minta terangin juga sama cs nya antara tabunganku dan cimb niaga air asia saver. nanti agan bisa pilih yang paling menarik.

      untuk tabungan cimb air asia saver artikel nya ada di situs ini. silahkan di baca juga buat bahan referensi

      Delete
  7. oh ya Tabunganku yang di BRI itu cuma dapet buku tabungan aja ya?
    kelebihan lain yg standar itu apa aja contohnya?
    bisa dibuat di Bank BRI Konvesional dimana aja kan?
    hhee.. maklum mahasiswa
    gaji sering kepake buat uang kuliah jadi jarang nabung
    kalau yg pake biaya administrasi mulu bakal kegerus uang tabungan
    mana saya penabung pasif
    mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku yang standar sesuai petunjuk pemerintah, dalam hal ini BI sebagai pemilik produk tabunganku, ya yang seperti tabunganku di bri ini.

      yaitu, tidak ada biaya admin, setoran awal cukup 20 ribu, setoran selanjutnya bisa 10 ribu, + buku tabungan

      kalaupun bank ngasih fitur tambahan ebanking itu kreatif nya bank saja untuk menarik nasabah, dan itu menurut saya yang jadi nilai lebih yang di berikan bank itu pada tabunganku

      betul, tabunganku bri cuma dapat buku tabungan saja, setoran dan tarik tunai hanya bisa di lakukan di tempat membuka rekening.

      kalo bikin nya di cabang mana saja saya gak tahu deh, kalo di kantor unit atau cabang pembantu mungkin bisa, tapi kalo di kantor cabang utama yang besar-besar kayaknya ga bisa.

      dan yang terakhir, saya juga pernah ngalamin seperti kamu, hehe.....



      Delete
  8. Kalo di bukopin tabunganku bisa transfer ke bank lain ndak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan.
      -kalo transfernya pake atm, semua kode bank tujuan transfer ada disamping kanan artikel ini.
      -kalo transfernya di teller dengan llg, itu cuma bisa di lakuin kantor cabang tempat membuka rekening

      Delete
    2. sy pake tabunganku bukopin cm bs transfer ke sesama bukopin aja, g bs ke bank lain...padahal wkt sy tny cust servicenya ktnya bisa..ternyata pas di atm g bisa..

      Delete
    3. waduh, kalo gitu saya ralat deh jawaban saya diatas

      Delete
  9. Kalo buka tabunganku di BCA ada batasan umur gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada, siapa aja boleh bikin.
      kalo pelajar atau anak-anak yang belum punya kartu identitas , buka rekening ke bank-nya sama orang tua.

      Delete
  10. oh ya saya jg mau nanya program pemerintah ini (BI) mulai dr kapan ya dicanangkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama dari tahun 2010, seingat saya waktu itu pak sby yang launching pertama kali

      Delete
  11. Kak..
    Kalo TabunganKu milik BNI Syariah gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku bni syariah bagus juga, dapat atm, bisa internet banking, juga sms banking.
      tapi saran saya, kalo mau nabung di syariah jangan pilih tabunganku, pilih saja produk utamanya yang akad wadiah. alasanya selain tidak ada potongan, limit tranasaksi harian lebih besar, fasilitas juga biasanya lebih bagus.

      untuk bni syariah bisa di pilih tabungan ib hasanah akad wadiah,
      untuk artikel lengkap bisa di baca di situs ini yang judulnya,
      - tabungan syariah tanpa biaya administrasi bulanan yang bagus,
      - tabungan bni syariah ib hasanah akad wadiah dan mudharabah

      Delete
  12. gan,klo bii tarik tunai di atm lain kena charge gak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena gan, pake di atm bank lain dalam jaringan alto, bersama, prima bca
      tarik tunai ; 5000
      info saldo ;3000
      transfer ke bank lain : 5000

      semuanya plus pajak 10%


      Delete
  13. sekedar share. bulan februari 2014 saya buka tabunganKu mandiri di jakarta. ternyata pihak bank tdk rekomend buka tabunganku. tp saya sudah kekeh buka tabunganku karena punya maksud tujuan berbeda. ternyata yang saya dapat berbeda. lebih baik. saya setoran awal Rp. 2.020.000 dapet kartu atm (jadi 2 minggu kemudian) bisa tarik tunai limit 1.000.000 perhari trz yg enaknya lagi bisa cek saldo dari internet banking (saya daftar sendiri di atm) lumayan ga kepotong belasan ribu tiap bulan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan infonya, ini tips bagus buat yang ingin bikin tabunganku mandiri.
      quote nya
      ternyata tabunganku mandiri ada fasilitas internet banking jika setoran awal lebih dari 2 juta meski tidak ditampilkan di website resmi nya.

      karena itu hari ini tabunganku bank mandiri saya upgrade ke kelompok tabunganku yang cukup bagus, dari semula tabunganku yang biasa-biasa saja



      Delete
  14. Mau tanya untuk bank mandiri. seumpama saya mengambil uang 100.000 apa kena charge 5000?? (Berdasarkan ini : Penarikan < Rp 5 juta dikenakan biaya Rp 5.000,- )

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Noelade.. ( aneh namanya haha...)
      kena charge kalo ambilnya di teller, kurang dari 5 juta atau penarikan kedua. kalo ambilnya di atm sih nggak.

      kamu teliti banget, saya jadi sadar harus ubah bullet di artikel supaya tidak rancu.

      makasih ya






      Delete
    2. hehehe :D maksih infonya berguna banget buat saya :D *maklum pelajar jadi nyari yg menuntungkan* wkwkwk :D

      Delete
    3. Jauh lebih enak lagi kalau pakai token lho, jadi bisa pakai internet banking. Cuma bayar adm token 20rb kita sudah bebas deh pakai internet banking ;)

      Delete
    4. betul sekali, internet banking dan mobile banking memang paling enak buat transfer , pembelian dan pembayaran. jadi kalo atm cuma buat ambil duit saja.

      soal token, kalo saya sih lebih senang dengan token sms daripada token gadget, karena lebih praktis.

      Delete
    5. Setuju. Makanya saya senang banget dengan Tabunganku CIMB ;)

      Delete
  15. setahu saya BII ada potongan 10 ribu tiap bulan dan kalo saldo tabungan kurang dari 250 ribu potongannya nambah jadi 20 ribu.
    tarik tunai di atm juga saldo minimum harus 50 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yang agan maksud itu nama produknya "tabungan reguler",
      kalo produk "TabunganKu" seperti dibahas di halaman ini sih seperti yang saya tulis diatas.

      fisik buku tabungannya beda, tapi kartu atm nya sama, inet banking sama, mbanking nya sama, beda di limit transaksi aja.

      Delete
  16. Untuk tambahan info aja. Tabunganku Mandiri bisa menggunakan internet banking, tapi harus beli token, yah lumayanlah dibanding dgn ATM saja. Dengan token Mandiri jadi lebih mudah untuk transaksi online dan transfer dll ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bro / sista
      ada informasi sebelumnya dari agan boeya pada komentar diatas, dia dapat interntet banking dari tabunganku mandiri dengan setoran awal diatas 2 juta.

      plis update ya apakah setoran awal 20 ribu langsung bisa dpt internet banking, atau pengalaman agan waktu buka rekening disana setoran awal berapa?

      kalo emang tabunganku mandiri dengan setoran awal minimum sudah ada fitur inet banking, maka saya mau masukan tabungaku mandiri ke kategori yang paling bagus.

      makasih gan sudah berbagi pengalaman untuk tambahan informasi


      Delete
    2. Setoran pertama buka waktu itu Rp 1 juta. Tp ATM tabunganku Mandiri tidak bisa digunakan untuk setor via mesin setor tunai. Buat aku yang paling Oke itu Tabunganku CIMB, karena nilai plus nya adalah ATM bisa digunakan di mesin setor sehingga gak repot antri ke dalam bank atau ikut jam operasional kerja. Jadi dengan status tabunganku saja, fasilitasnya sudah sangat memadai. Really good! Bener2 acung jempol untuk CIMB :)

      Delete
    3. good komen gan, makasih.
      sayang agan pake anonim, ntar disangka saya lg yang komen hehe...

      Delete
    4. Ohhh gtu yaa... Hahaha... Soalnya ga ada tanggalnya sih... Jadi awal komen iseng aja, ga tau ini bloggernya aktif apa ga karena jawaban2 tidak muncul tanggal updatenya... Kalo bisa dimunculkan tanggalnya jadi tau itu komen2 per kapan :)

      Delete
    5. wah iya juga, saya ga pikir kesana, hehe.. malu deh gue....
      yang saya pikir waktu ganti dengan template ini sebulan lalu yaitu supaya ringan dan simple itu aja.

      terus komen juga saya moderasi sekarang, soalnya banyak yang ga jelas, ada yang terlilit hutang lah, ada yang mau jual organ tubuh lah, mentang2 yang baca blog ini pemilik rekening bank ( jadi curhat )

      yaudah kalo gitu saya belajar dulu buat nampilin tanggal komen.

      Delete
  17. Bete ma cs bank mandiri..
    Krmn aq mw buka rek tabunganku mandiri dgn saldo awal 500rb biar dpt kartu ATM.. Itu info dr web mandiri.. Tp stlh aq dtg ke bank nya ternyata utk buka rek tabku + kartu atm saldo awal hrs 1jt..Sblmnya jg cs nya ga rekomend bikin tabku lbh baik buka tab mandiri biasa aja dgn saldo awal 500rb udah dpt butab n kartu atm.. Tp aq kekeuh sumekeuh utk buka rek tabku dgn saldo awal 500rb cuma dpt buku aja.. Tp klw nnti sldo min sudah 1jt bs dtg lg ke cs utk minta d buatkan kartu atm nya.. Kecewa dgn bank mandiri..
    Sedangkan adikku bikin tabunganku bank bca saldo awal 100rb udah dpt butab n kartu atm..
    Mandiri saldo awal 500rb cuma dpt butab doank.. Kecewa dgn pelayanan bank mandiri cab jkt ps rebo... :(

    Dan waktu aq lg isi biodata utk buka rek ada mas2 mw buka rek tabku jg tp gagal.. Entah knp aq krg tw. Tp utk buka rek tabku hrz punya tlp rumah.. Mgkin mas2 itu ga punya telp rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya ada jg komentar mengkritisi layanan bank, apalagi langsung tunjuk cabang tersebut, good komen @nuri tjokro !

      ini bagus untuk pertimbangan teman-teman lain sebelum bikin tabungan,

      bank mandiri cabang pasar rebo ya, hmm... ngelamun deh, sy inget beberapa tahun lalu pernah ngekost di condet hehe....

      Delete
  18. Lebih baik bri syariah...
    Semuanya free alias gratis...

    ReplyDelete
  19. maaf mas saya rencananya pengen buka tabunganKU Bca,itu sudah termasuk Kartu atm,setoran awal nominal berapa ??...n kena biaya admin perbulannya berapa ya ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setoran awal minmal 20 ribu sudah dikasih atm.
      biaya admin perbulan : free.

      Delete
  20. Mas andrea.. Bank yang tarik tunai di atm free.. Trus biaya admin bulananya free.. Trus setoran awal 500rb udah dapet atm.. Kira2 bank apa ya mas? Bca apa cimb niaga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah nih jawabnya mesti panjang lebar,

      gini aja deh jawaban saya;
      - setoran awal 500 ribu dpt atm ? baik cimb, bca atau tabungan di bank lain dng setoran 500 ribu sudah ada atmnya ( ini kita bicara tabungan harian ya, bukan tabungan berjangka)

      -tarik tunai di atm free ? semua tarik tunai di atm gratis jika di lakukan pada mesin atm milik bank itu sendiri, tapi kalo tarik tunai di lakukan pada mesin atm milik bank lain dalam jaringan, maka akan selalu ada biaya,

      hanya saja, di cimb biaya tarik tunai di atm bank lain akan di kembalikan ( sebut saja gratis) jika saldo diatas 10 juta.( pilihan produknya cimb xtra atau cimb air asia saver)

      -biaya admin bulanan free?
      yang free:
      kalo bca pilih nama produk tabunganku,
      kalo cimb pilih nama produknya tabunganku atau cimb air asia savers

      silahkan dibaca2 artikel di blog ini, dari situ nanti dapat gambaran bank mana yang sebaiknya di pilih.

      Delete
  21. Thanks berat Kak infonya. Pengen buka TabunganKu, di Mandiri atau BCA. Meskipun menurut reviu kakak paling bagus CIMB. Soalnya udah ada akun di situ hehehe. Besok mau bikin! Markibung!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah mau komen disini.
      bangbingbung deh mba una.

      Delete
  22. Mantap ne artikel, pas bgt mw buka tab. Bingung dgn jenis2 tabungan. Okelah, mw nyoba di CIMB aja. Thanks infonya mas bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat menabung. makasih kunjungannya

      Delete
  23. Terima kasih atas informasi yang lengkap, akhirnya hari ini buka 2 tabungan sekaligus,TabunganKu BNI Syariah dan TabunganKu CIMB Niaga dengan modal masing-masing 50 ribu, malu mau menabung 20 ribu. :p
    Oh iya mau bagi info saja, ada biaya tambahan (kartu ATM & materai), BNI Syariah biaya ATM 5 ribu (termasuk infaq 500) dan materai 1 lembar 6 ribu jadi total 61 ribu (50+5+6), kalau CIMB Niaga cukup biaya materai 2 lembar 12 ribu jadi total 62 ribu (50+12). :)
    Oh satu lagi, bagi yang belum bekerja maka wajib menyerahkan KTP orang tua dan lembaran (lupa namanya) untuk di tandan tangani orang tua yang di sini bertindak sebagai pemberi dana, tadi sempat balik ke rumah minta tanda tangan dan pinjam KTP Ibu hehehe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkkwkkw..... kirain saya doang malu pake setoran minim.

      btw thanks info tambahannya.

      Delete
    2. oiya gan, saya sudah buat tuh panduan cara aktivasi mobile banking cimb niaga, ada di menu ebanking

      Delete
  24. Dari CS udah didaftarin fitur ebanking, CSnya juga asyik orangnya. :p
    Info tambahan, semua pembukaan rekening dilakukan di Kota Jember, mungkin beda Kota beda perlakuan.

    ReplyDelete
  25. bgamana dg bri syariah atau muamalat, apakah dpt dajdikn bhan prtimbangan untuk mmbuat tbungan + atm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa, tergantung selera aja sih, juga tergantung keberadaan kantor cabang di dekat rumah.

      bahasan tabungan bri syariah dan muamalat sudah saya tulis pada masing-masing postingan di kategori bank syariah, silahkan di baca dua-duanya supaya lebih punya gambaran mana yang di pilih.

      Delete
  26. setelah baca artikel ini, saya kemarin ngacir ke BCA untuk buka tabunganku,. sebenarnya saya pengen setor 20ribu, tapi malu aaahhh. akhirnya setor 100ribu, dapat butab, atm card, n limit masimal 4x sebulan... klo ada rezeki nanti saya mau nabung 2jt siapa tahu dapat fasilitas ebanking... heheheh...
    thanks admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok makasih sudah balik lagi kemari dan kasih komentar.

      saya jadi tahu setelah teman2 baca artikel ini akan cenderung bikinnya dimana.

      Delete
    2. Apakah bisa TabunganKu BCA mendapat fasilitas internet banking mas Lutvian? Sejauh ini hanya mendapat fasilitas kartu ATM itu pun terbatas, tidak ada ketentuan yang memberikan fasilitas internet banking karena saya juga nasabah TabunganKu BCA. :)

      Delete
  27. nanya donk hee
    sempet baca2 blog lain katanya ada batasan umur ya buat buka tabungaku BCA???

    oh iya sekalian nanya itu 4 kali maksimal penarikan apa nabung???

    makasih yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah sudah punya ktp kamu bisa datang sendiri ke bca.
      tapi kalo masih di bawah 17 masih belum punya ktp kamu datang sama orang tua.
      nanti bikin rekening perwalian / qq / qualitate qua, buat kamu.

      jadi intinya semua bisa bikin tabunganku bca, dan tabunganku di semua bank aturan mainnya sama

      empat kali maksimal dalama satu bulan itu untuk debet, misalnya tarik tunai, atau transfer.
      tapi kalo nabung atau terima transferan sih bebas berapa kali aja dalam sebulan bisa

      Delete
    2. oh gitu umur udah diatas 20 kok heee
      sekalian mau nanya llagi yak..BCA syariah transfer ke BCA konvesional atao sebaliknya kena biaya ga ya??

      klo ga pengen Buat BCA syariah aja ..

      makasih yak

      Delete
    3. bolak balik transfer gratis gan, tarik tunai juga.

      kalo kata saya sih dari pada bca syariah lebih baik bca xpresi aja.

      bca syariah sih cuma ada atm, ga ada internet banking, biaya admin 7000.

      kalo bca xpresi fitur lengkap, atm, mbanking, inet banking, biaya admin perbulan cuma 5000.

      lain cerita kalo agan penganut paham bunga bank adalah riba, ya otomatis syariah dong

      Delete
  28. Kalo di bii maybank buka tabunganku Åϑa̲̅ batas usia gak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada batasan usia, aturan tabunganku di semua bank sama, anak-anak SD SMP hinga opa oma bisa bikin tabunganku.

      Delete
  29. untuk tabunganku BCA, kemarin saya mencoba untuk buka inet banking lewat Atm, ternyata tidak bisa, muncul tulisan "kartu anda tidak mendukung inet banking".

    Dear Admin,
    sebelumnya saya kan buka tabunganku BCA sebesar 100ribu, setelah saya cek lewat Atm ternyata sisa saldo 80ribu, yg 20ribu kemana??...

    thanks admin, artikelnya sangat bermanfaat. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bca, saldo yang terlihat di atm itu adalah saldo yang bisa di ambil semuanya. jadi yang 20 ribu di hidden sama system.

      tapi kalo buku tabungan di cetak, saldo sebenarnya terlihat, jadi saldo tetap 100 ribu

      Delete
  30. Kak andrea hari ini aku ke kcp bca rukan gading bukit indah kata mba cs nya tabunganku khusus pelajar. tapi barusan aku tlp ke 500888 bilang bisa. aku jadi bingung nih mana yg bener. mohon pencerahannya kak. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku bisa untuk semua WNI, itu kata pemerintah yang punya produk. bukan kata saya

      tapi mungkin saja cabang tersebut punya kebijakan tabunganku ditujukan hanya untuk pelajar.

      bahkan ada juga kantor cabang ( tidak ngomong bank tertentu ya) yang tidak menerima pembukaan tabunganku meskipun secara korporasi melayani tabunganku,

      yang kayak gini bisa terjadi di cabang besar yang sibuk. Saya tidak tahu cabang yang kamu datangi itu segimana ramenya, tapi setahu saya bulevar kelapa gading itu kawasan bisnis.

      perlu diingat juga kalo pihak bank berhak menolak seseorang yang ingin membuka tabungan dengan alasan mereka sendiri yang tahu.

      kalo penasaran , bisa kamu tanyakan ke cs via email. dengan begitu kantor pusat punya kesempatan melakukan crosschek ke cabang tadi. kalo lewat operator halo bca kan gak punya kesempatan karena sambil ngomong sama kamu

      saran saya
      -kalo masih mau bikin bca, coba cari kantor cabang nya yang agak ke pinggir, yang dekat ke pemukiman.
      - bisa coba bikin di tabunganku bank lain.

      Delete
  31. minggu lalu sy juga mau buka tab ku mandiri.. tapi karena cs nya bilang dalam sebulan cuma bisa 4 kali aktivitas perbankan seperti tarik tunai/ cek saldo..lebih dari itu kena biaya.. hello.. anak SD aja sehari bisa 3 kali minta duit sm ortunya.. akhirnya bikin yg reguler mandiri..
    info dong mas, apa benar atm tab ku mandiri cuma bisa 4 kali tarik tunai atau cek saldo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah baru tahu soal ini dari kamu bro.

      kalopun benar memang wajah sih, tabunganku memang di desain untuk menabung, buka untuk sering transaksi.

      pembatasan itu mungkin untuk mencegah nasabah beralih pada tabunganku, sementara produk utamanya nanti gak laku, karena dianggap berat di biaya administrasi bulanan.

      Nah untuk memudahkan perbandingan, maka artikel ini sengaja saya dibuat, meskipun akhirnya pilihan itu diserahkan pada masing-masing calon penabung

      Delete
  32. mas mau nanya kalo belanja pake atm tabunganku bank bii minimal pembelanjaannya berapa ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu juga, tapi kalo 50 ribu juga pasti bisa

      Delete
  33. kalo q dari 2011 pake tabunganku CIMB, bebas administrasi klo saldo diatas 5juta baru kena tax tp ga tekor dari bunganya (duit inti ga akan berkurang). setor pertama 20rb dapet atm & hadiah handuk,transaksi perbulan jg ga dibatasi berapa kali, trus upgrade atm ganti yg master card jg gratis dan bisa tarik tunai atm 10jt/hari bukan cm 1jt/hari kaya atm tab.ku yg gambar batik

    ReplyDelete
  34. gan mau nanya nie. tabungan BRI syariah sama tabungan ku CIMB Niaga bagusan mana yaa??
    trs beda syariah dan biasa??
    klo mau buat syariah apa hrus beragama muslim??
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan buka rekening nya untuk apa, baru disitu bisa di ketahui mana yang bagus buat kita.

      kalo sekedar nyimpan duit sih dua-duanya juga bagus, dua-dua nya aman, dua-dua di jamin oleh pemerintah, biar kata bank itu bangkrut juga tabungan kita akan di ganti oleh pemerintah.
      tinggal pilih mana bank yang paling dekat dengan rumah supaya waktu setor tidak keluar ongkos mahal. namun perhatikan juga faktor antrian di cabang itu supaya gak bikin bete.

      kalo rekeningnya untuk transaksi, nah disini kita harus rinci lagi lagi, transaksi apa?

      kalo mau semua transaksi bisa, ( internet banking, mobile banking, atau atm ) bisa pilih tabunganku cimb niaga.

      kalo cukup dengan atm dan mobile banking, boleh pilih brisyariah.

      kalo atmnya buat belanja di toko-toko,atau beli pulsa lewat mbanking, pilih cimb niaga.

      kalo sering transfer ke bank lain pilih brisyariah ( saldo minimal harus 500 ribu supaya gratis biaya)

      kalo penganut bunga bank adalah haram, pilih bri syariah.

      bank syariah terbuka untuk semua agama.
      bedanya ada di tata kelola, bank syariah di kelola dengan prinsip syariat islam.
      bagi nasabah nabung di bank syariah tidak mendapat bunga.

      biar pun tidak ada bunga, tapi ada imbal hasil, ada yang di berdasarkan persentase keuntungan, ada yang sukarela. Tergantung akad mana yang di pakai pada tabungan itu.

      terakhir, coba pertimbangkan juga tabungan dari bank lain, artikelnya banyak di blog ini, misalnya tabungan bni syariah ib hasanah akad wadiah, atau tabunga xtra cimb syariah dll. itu semua produk yang ramah di saku anak muda mahasiswa tapi fitur bagus.

      Delete
  35. terima kasih informasinya mas andrea lengkap banget.
    saya ingin tau, untuk kartu ATM Bank Mandiri, BII, dan CIMB itu ada logo VISA/mastercard gak?
    kalo yg Tabunganku Bank Mandiri misal ada logo VISA, bisakah didaftarkan untuk debit online VBV?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku cimb niaga dan bii ada logo master card, kartu atm nya sama dengan atm reguler ybs.

      -tabungan mandiri -> visa-> bisa transaksi di website VBV
      -tabunganku mandiri-> tidak ada logo visa/mastercard, ini desain khusus atm tabunganku mandiri, jadi tidak ada fitur ecommerce / VBV

      -atm cimb niaga dari tabungan xtra bisa untuk ecommerce di web 3D secure/vbv., tapi saya tidak tahu kalo produknya dari tabunganku.

      solusi;
      misal agan mau ngincer VBV tapi malas bikin di tabungan reguler mandiri, sementara tabunganku mandiri tidak ada vbv, coba bikin di cimb niaga,

      tapi kalo dari tabunganku tidak ada 3D secure, coba ambil di tabungan xtra syariah, itu cimb konvensional dengan syariah pake system IT yang sama. untunnya cimb xtra syariah ga ada potongan.

      Delete
    2. oke mas
      terima kasih infonya.
      mungkin saya perlu main2 ke CS Mandiri untuk info lebih lanjut.
      soalnya lagi mau downgrade tabungan Mandiri, punya 2 tabungan reguler di Mandiri, pinginnya biar satu aja yg kena fee admin.
      Oh ya untuk jaringan ATM & Branch kira2 lebih banyak CIMB atau Maybank?

      Delete
    3. sejak niaga lippo merger kayaknya niaga diatas bii maybank deh

      ril nya ga tahu gan sih, tapi kalo lihat dari segi aset udah keliatan juga.
      cimb niaga rank 5
      bii maybank rank 9

      makasih juga gan sudah mampir

      Delete
    4. oke mas
      jadi sebenarnya mas andrea ini punya semua jenis produk bank gitu kah? atau cuma ngumpulin info aja dari CS & website nih? hehe
      saya agak tertarik buat buka tabunganku/hasanah wadiah di BNI Syariah dan CIMB cuma bingung aja sih prioritasnya yg mana gan. hehe
      jaringan ATM BNI lebih luas kayaknya tapi kok review tabunganku BNI Syariah gak ada di sini jadi kurang lengkap rasanya :)

      Delete
    5. ya nggak lah gan, kalo banyak tabungan sayang sama potongan taip bulan. saat ini yah ada beberapa seperlunya saja.

      tapi memang sebelumnya banyak bank yang sudah saya coba, terutama karena faktor harus buka tabungan buat pembayaran gaji.

      dari situ saya punya gambaran layanan dari bank, bagus atau tidak versi saya, meski pasti subyektif.

      yang saya anggap bagus saya balik lagi, yang kurang saya nggak mau.

      dari info website official bank juga sebenarnya sudah ada gambaran kalo satu produk bisa dianggap bagus atau tidak.

      tinggal pengalaman orang lain yang mau berbagi pengalaman soal kehandalan system, atau kebenaran dari info yang mereka kasih.

      disinilah makanya dibawah/atas kotak komentar saya tulis agar teman-teman berbagi pengalaman supaya yang lain jadi tahu. meski pada kenyataanya malah lebih banyak yang tanya.

      kagak semua bisa saya jawab, tapi kalo otak lagi bener ya saya tanya dulu ke call center bank bersangkutan.
      kalo sekarang agak malas-malas tanya gitu, soalnya ada call center yang sibuknya minta ampun. jadi tagihan simerah malah bengkak.


      tabunganku bni syariah dan ib hasanah wadiah sudah saya tulis, malah ada dua komentator lagi debat di form komentar

      Delete
  36. Fitria putri

    waahhh... wow.. it's amazing answers... good .
    jadi tambah pengetahuan..
    ko bisa gitu tau semua kelebihan kekurangan suatu bank gitu..
    boleh minta nomer nya gggg


    ReplyDelete
  37. gan,
    klo untuk tabunganku bca jika lupa password kartu atm gmana?
    terus klo dapat transfer dari bank lain apa bisa?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang aja ke cabang bawa buku sama atmnya. Ntar dikasih form sama CSO buat reset password

      bisa, kode bank bca untuk transfer dari bank lain dari atm atau sms banking adalah 014, diketik tersambung sebelum nomor rekening tujuan

      kalo transfer dari inet/mobile banking biasanya sudah ada dropdown menu

      Delete
  38. gan mau mastiin aja nih. jadi, kalo sekedar nyimpen duit aja lebih bagus pakai tabunganKU uang standar aja kan ya? oya btw, agan pernah nyobain nabung di tabungan jangka panjang belum? yang bisa ditarik melalu bank dalam jangka waktu 1-15 tahun? itu bagus enggak sih gan? oya kalo yabunganKu yang tanpa fitur atm ini bisa tatik tunai jiga enggak dalam waktu kapan aja? melalui teller gitu? tolong di bales ya gan thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya standar apa itu saya kurang paham sis.
      kalo standar artinya ga berkurang dan bertambah significant itu iya.

      betul, tabunganku tanpa atm bisa di tarik kapan saja di teller.

      bagus nggak nya tergantung kebutuhan aja sih.
      Kalo sudah bisa menahan diri tidak latah sebentar2 ambil uang di atm, dan bisa berdisiplin menabung tiap bulan, maka menurut saya tabungan berjangka tidak perlu lagi, cukup di tabunganku saja, jika duit sudah banyak larikan ke deposito 1 bulan perpanjang otomatis.

      kalopun sista mau buka tabungan berjangka, menurut saya jangan ambil yang yang waktunya lama. nanti kalo mau sewaktu2 mau ambil sebelum jatuh tempo kena denda.

      Delete
    2. setelah saya pelajari, saya gak tertarik dengan skema tabungan berjangka, dari bank manapun.

      buat saya tidak ada tabungan yang menguntungkan dalam hal bunga.

      Delete
  39. Oh gitu yah. Jadi, emang lebih bagus pakai tabunganKU aja . Maksudnya yang standar uang fiturnya biasa2 aja gan. Kayak yang agan sebutin sebelumnya contohnya mega, bri, danamon dll. Kayaknya saya tertarik sama bank Bri deh. Kalo dari tabungan reguler bank bca, bisa ga sih transfer ke tabunganku bri gan? Kena charge enggak? oya deposito 1 bulan itu apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...saya nulis diatas malah nggak ngeh #jadi malu.

      saya pernah tanya di cso bri, tabungan bri itu off line. jadi semua urusan hanya dengan cabang tersebut dengan buku. jadi malah repot sendiri nantinya.

      bisa saja transfer dari bca ke tabunganku bri, pakenya nanti kliring biaya 5000 sampenya beberapa hari, atau pake rtgs biaya 25ribu sampenya beberapa jam.

      kalo udah regulernya di bca kenapa nggak bikin tabunganku nya di BCA lagi aja.

      atau nggak usah bikin tabunganku, langsung di deposito di bca aja, minimal 8 juta.

      deposito 1 bulan itu deposito yang jatuh tempo/bisa diambil setelah satu bulan. kalo duit belum niat diambil bisa perpanjang lagi, lagi dan lagi, gitu.




      Delete
  40. Terima kasih agan atas pencerahannya hehehe... saya milih tabunganKU gara2 pure mau nabung.kalo pake atm, wah bisa bocor lagi gan soalnya boros banget *curhat hehehe... bca tabunganKUnya pake atm sih makanya ga minat jadinya. Berarti kalo nabung di bri harus ke bank brinya terus kan? Ok gpp deh. Kalo transfer via bca kena administrasi lagi. Bukan nabung malah buntung. -_- hehehe.. belum bisa deposito karena budgetnya belom kekumpul sampai minimal buka deposito gan hahaha.... jadi, saya tetep minat ke tabunganKU deh gan. Terima kasih ya infonya. Bermanfaat sekali :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke makasih juga udah bolak balik kemari, udah ngeramein blog ini.

      Delete
  41. ka, dari semua yang di atas yg bisa di isi dari jauh, tranfer uang yang mana ya,?? jadi biar ortu bisa ngisi, tpi sya bikin di lain kota ortu brada??

    ReplyDelete
  42. mandiri tabunganku nggak bisa buat transfer ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi gak bisa ( berdasar info dari fb mandiri)

      Delete
  43. gan, ane mau tanya nih tabunganku yg cocok buat ane apa ya kalo pengennya nabung minimal setoran awal 100 ribu, selanjutnya min 20 rbu trus free admin bulanan dan ada atm sekaligus debit tapi yang jaringan atmnya ada dimana-mana dan gampang ditemui setiap kota soalnya kalo CIMB sama BII jarang paling banyak BRI, MANDIRI, BCA, BNI, BTN sama kalo nabung itu yg masa aktif lama jadi pas 6 bulan gak nabung msh aktif butabnya maklum nasabah pasif soalnya mahasiswa kalo ane ada duit lebih aj baru nabung, hehe
    mohon jawabannya ya gan andrea

    ReplyDelete
    Replies
    1. -bni syariah; nama produknya tabunganku, bisa juga ib hasanah akad wadiah. Semuanya full fitur.ebanking. cocok untuk mahasiswa

      nanti bisa setoran di bni konvensional dan pake atm nya juga gratis.

      sebenarnya rekening pasif tuh bisa diakalin, tinggal beli pulsa sekali dalam enam dari atm/mbanking/inet, itu termasuk tabungan aktif

      sebenarnya di cimb juga ga masalah sih gan kalo ada satu cabang aja disitu buat buka rekening, nanti bisa nabung atau ambil duit indomart dan alfamart disekitar rumah (kalo indomart dan alfa disitunya sudah support)

      caranya silahkan baca posting rekening ponsel cimb niaga diblog ini.


      Delete
  44. Mas andrea.
    Udah baca baca postnya tentang tabunganku dan tabungan bebas biaya bulanan. Tapi maruh ragu nih, bagus mana tabunganku atau Danamon lebih?

    Karena duaduanya diklaim bebas administrasi bulanan.
    Mohon pencerahannya.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tabunganku nya dari bank mana.
      kalo tabunganku nya dari bank danamon, jelas lebih bagus danamon lebih

      tapi kalo tabunganku nya dari bii atau cimb niaga, jelas "danamon lebih" kalah.




      Delete
    2. danamon lebih itu gratis biaya saldo minimum saldo harus 250ribu, sementara tabunganku hanya 10ribu.

      inget, jangan tergoda gratis perlindungan asuransi danamon lebih, itu hanya 6 bulan.

      Delete
  45. Mau nanya dong, kalo nabung di BCA atau Mandiri bisa pake mesin setor tunai ga?
    Selain menggunakan tabku, tabungan apa yang lebih direkomen? antara BCA atau Mandiri ya...
    Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku mandiri bisa setor di CDM / mesin setor tunai
      tabunganku hanya bisa di kantor cabang ( info dari mei dari komen diatas)


      kalo anak muda mahasiswa kayak erlina nggak cocok pake tabunganku, coba pake xpresi bca.

      kalo perlu mandiri juga buat transaksi belanja misalnya cukup bikin mandiri ecash aja.

      kalau misalnya nanti kesulitan buka rekeningnya, coba pake bank lain. yang penting fitur ebanking lengkap kalo buat anak muda

      silahkan baca2 artikel di blog ini sebelum memutuskan

      Delete
    2. mohon infonya, biaya untuk penggantian ATM CIMB NIAGA yg baru brpa ya? kebtulan atm cimb saya rusak/patah.
      terimakasih

      Delete
    3. paling juga 20ribu
      makasih juga sudah kesini sis.

      Delete
  46. Malam, mau tanya..
    Bank apa yang free admin bulanan dan free kartu ATM, tapi kartu ATM'nya bisa dikasih nama..
    Makasi sebelum'nya.. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dihalaman ini kan tabungan free admin sama free atm, kalo pun atm bayar paling cuma bayar pertama 10ribu

      atm ada nama coba ke bni syariah atau permata

      Delete
  47. gan,,, mau tanya nih,,, ada ga tabungan yang
    1. bebas biaya admin,,
    2. yang ga ribet saat ingin menabung / setoran (harus ke teller atau bisa lwt atm / bisa transfer dari bank lain?
    3. yang tidak di berikan atm, (karena kalo diberikan atm sama aja bukan nabung nntinya, krna atm sudah banyak tersebar di pinggir jalan, ga bisa nahan untuk di tarik saat khilaf)

    mohon pencerahannya ya gan,,,
    ane sangat bingung soalnya,,
    ane ingin sisihkan setengah dari gaji ane untuk di tabung tp yg intinya ga mudah di ambil saat lagi khilaf.. hehehehehh


    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sista ini udah kebanyakan duit atau udah insyaf dari sifat boros (syukurlah kalo gitu hehe...)

      kalo bener2 niat kayak gitu, bisa buka tabungan berjangka.

      pilih aja tabungan berjangka di bank yang sama dengan tabungan harian yang dimiliki saat ini

      misal saat ini punya mandiri, buka tabungan berjangka di bank mandiri
      kalo punya bni, ambil tabungan berjangka di bni.

      itu tabungan tidak ada atm dan tidak bisa diambil sampai jatuh tempo yang di inginkan, nanti nabungnya auto debet dari tabungan harian.

      tapi mohon dicatet, tabungan berjangka ini bukan yang ada embel2 investasi. produk tabungan hasil kerja sama dengan perusahaan asuransi ya


      tabungan berjangka dari beberapa bank


      kalo pilih di tabungan berjangka harus bener2 sudah tekad bulat. kalo misalnya ga minat, opsi lain di bank syariah (kecuali bca syariah atau mandiri syariah), dan gak usah minta di buatin atm

      Delete
  48. permisi numpang nanya. saya pengen buka tabungan yang:
    1. bisa transfer via handphone melalui *141# itu
    2. dapet kartu atm
    3. bisa narik di mesin ATM
    4. bebas biaya bulanan
    yang cocok untuk saya bank apa ya? mohon sarannya. thankyou ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. empat syarat itu terpenuhi semua di tabunganku CIMB dan Tabunganku BII.

      tinggal pilih aja terserah mau yang mana

      Delete
  49. mas , saya mau buka rekening bca tabunganku dimana disini saya mensetor minimum 20 ribu kemudian saya akan isi lagi dengan 100 ribu dimana di bca sudah dapat kartu atm pastinya . bisa ngga si saya menggunakan bca tabunganku untuk mentransfer dari atm bca ke bank lain misalnya mandiri atau dll gitu ? mohon pencerahnnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu langsung aja setoran awalnya 120 ribu biar gak dua kali kerja.

      bisa transfer ke semua bank pake atm bca tabunganku biayanya 6500/trx, semua kode bank tujuan transfer ada di samping kanan blog ini

      Delete
  50. Ah nggak ah, barusan saya bikin rekening Mandiri, karna saya juga buat ATM jadi setoran awal yg harus saya bayar 500ribu.. Tambah 6000 lah buat materai..
    Masih tetap ketentuan lama kok...

    Btw apakah ada potongan perbulan untuk ATM Mandiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. atm dari tabungan yang mana nih sista,

      kalo atm dari tabunganku gratis.

      kalo dari tabungan mandiri + atm;
      clasic : 11500
      gold : 14000
      platinum : 16500

      Delete
  51. kalau belanja pakai kartu atm bii dari tabunganku kena biaya ga

    ReplyDelete
  52. saya suka belanja online,, apa tabunganku mandiri bisa tranferan lewat atm kapanpun ..??? atau ada batas2annya..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. atm dari tabunganku mandiri gak bisa buat transfer, lagi pula pembayaran belanja online dengan atm tidak efisien karena kita perlu ke atm dulum buang-buang waktu, buang biaya

      solusi;
      kalo mau tetap punya akun mandiri buat saja emoney, namanya mandiri ecash. baca artikelnya

      panduan mandiri e-cash

      atau bisa bikin tabunganku yang ada fitur internet banking dan mobile banking, dengan begitu belanja online jadi cepat

      Delete
  53. Saya sebenarnya setelah memakai berbagai macam jenis tabungan agak berat masalah potongan bulanan. Saya ingin mencari tabungan yang bebas biaya bulanan dan bebas biaya atm namun dengan fasilitas yang cukup bagus. Saran yang terbaik yang mana ya? Kemudian ada tidak yang bisa digunakan di atm bersama atau atm kerjasama tanpa biaya admin? Apakah produk tabunganku sudah tepat? Dan bagaimana sistem bunga dr produk yang disarankan? :D mohon pencerahan

    Note: Saya berencana menabung dengan dana awal 100 ribu. Dan bulanan juga jumlah yang sama

    Terima kasih sebelumnya, mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang saya tulis dihalaman ini, tabunganku bii dan cimb niaga adalah yang paling bagus. fitur lengkap, ga ada biaya apa2.

      kalo nyari yang bebas biaya interkoneksi atm, bisa bikin tabungan di bri syariah, tapi ada ketentuan saldo minimum 500ribu.

      tabunganku ada bunga. tapi saya gak perhatiin besarannya, karena bagi saya, bunga bank di semua produk tabungan dibank manapun tidak ada yang menarik.



      Delete
  54. saya salah satu nasabah Tabunganku CIMB niaga.
    senang banget ada tabungan yang bebas biaya, gak pernah ngantri kalo setoran, tarik tunai hingga sepuluh juta dan segudang fasilitas lainnya..

    pokoknya , CIMB niaga rekomen banget deh.
    oya, kartu ATM niaga juga sama kaya ATM Ponsel, gak ada perbedaanya.
    beda dengan bank lain yang atmnya malah kontras

    ReplyDelete
    Replies
    1. hei tris, terima kasih sudah berbagi pengalaman.

      Delete
  55. saya adam usia sy baru 13 tahun ,saya pingin banget nabung di bank yg ada atmnya /tolong bantu dong agan agan yg bsa bantu sy ? makasih agan yg tlah bntu sy anda akan kelak masuk surga allah?????Nuwun

    ReplyDelete
  56. mas, tabunganku bank mandiri ada fasilitas transfer antar bank gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa bro, cuma buat nabung dan tarik tunai aja

      Delete
  57. Mas andrea saya ingin bertanya, maaf mungkin saya yang tidak ngeh. Apa tabunganku BCA ada batas maksimal transaksi apapun di atm.? Apa kartu atm nya bisa di jadikan debet.? Lalu apa masih bisa untuk transfer beda bank.? Saya berencan menggunakan tabunganku BCA untuk menyimpan dana wajib kebutuhan hidup sehari-hari
    Saya juga berencana membuka tabungan lainnya untuk:
    Tabungan dana darurat menggunakan Danamon Lebih, tabungan rencana menggunakan CIMB Niaga AirAsia Savers dan untuk keperluan pribadi atau gaya hidup atau rekening transaksi menggunakan BNI Taplus.
    Apa mas andrea punya rekomendasi lain.? Saya senang sekali apabila di bantu
    Saat ini saya menggunakan satu saja tabungan yaitu BNI Taplus
    Terima kasih masbro..salam duper!

    ReplyDelete
    Replies
    1. atm tabungaku bca
      tidak bisa berfungsi sebagai kartu debet, hanya bisa transfer ke sesama rek bca, tidak bisa transfer ke bank lain, bisa terima transfer dari bank lain.

      batas maksimal transfer ke rek bca 15juta/hari, tarik tunai 7juta/hari, hanya empat kali transaksi pendebetan yang di gratiskan dari tabunganku BCA, transaksi pendebetan ke-lima dan seterusnya ada biaya rp2500/trx.

      nah, kalo mau dijadikan dana kebutuhan hidup sehari2, yang sering transaksi kebutuhan harian keluarga kayaknya kurang sesuai, tabunganku bca mungkin bisa di jadikan rekening untuk dana darurat. (lain cerita kalau saya salah mengartikan dana wajib kebutuhan sehari2 seperti yang agan maksud)


      kalo soal rekomendasi bisa subyektif banget, atau gini aja,

      -gaya hidup ; taplus / tahapan bca -> ditambah dengan emoney mandiri ecash.

      -darurat ; tabungaku bca / tabunganku cimb/
      -kebutuhan sehari2; cimb niaga (airasia/hypermart/on account)/
      -rencana: bni syariah ib hasanah / tabunganku sinarmas/ tabunganku bii

      makasih sudah mampir kemari bro antoni.

      Delete
    2. Terima kasih banyak bro andrea atas rekomendasinya..
      Untuk tabungan
      -dana darurat saya akan menggunakan tabunganku BCA
      -gaya hidup saya akan gunakan BNI taplus
      -kebutuhan sehari-hari lebih baik menggunakan CIMB yg mana ya.? Apa tarik tunai di atm bersama benar2 gratististis?? Lalu untuk transaksi debet juga gratis.? btw ini tabungan untuk kebutuhan sehari-hari sendiri saya masih lajang 20 tahun hehe..:D
      -untuk tabungan rencana saya masih bungung, karena yg anda sebutkan bebas biaya dministrasi semua.
      Terima kasih ya bro andrea.

      Delete
    3. wahaha..... ketauan usianya, ada yang komen diatas saya kira masih abg ternyata udah 20 tahunan juga.

      debet cimb niaga semuanya gratis. kalo lintas atm ada biaya kalo saldo dibawah 10juta.

      hanya saja, yang on accout saat ini masih gratis tarik transaksi lintas atm cukup saldo 1juta saja. Saya gak tahu apakah itu promo atau seterusnya, soalnya itu produk baru.
      saya pernah tulis soal ini
      tabungan on accout cimb niaga kelebihan dan kekurangan


      saya kasih opsi untuk tabungan perencanaan itu ada agenda tersembunyi, yang bisa disesuaikan dengan planing kedepan, dengan maksud ngebaik-baikan bank terlebih dahulu dengan menjadi nasabah.

      maksudnya saya gini
      -di sinarmas barangkali nanti pengen kredit kendaraan
      -di bni syariah, tabungannya bisa di jadikan agunan, bisa buat pinjem duit macam2
      -bii lumayan dikenal serius maen di kpr, selain btn.

      gitu maksudnya bro

      Delete
    4. Terima kasih bro antoni saya sudah dapat gambarannya..
      Sekalian juga deh mumpung masih disini saya nanya lagi
      -untuk kredit kendaraan melalui bank anda paling merekomendasiin apa ya.?
      -untuk kartu kredit juga anda paling merekomendasiin menggunakan apa.?
      -apa anda tidak tertarik membahas standard chartered.? saya tidak menemukan artikelnya

      Terima kasih banyak bung andrea! hehe..

      Delete
    5. -mobil mungkin bisa bca dan sinarmas
      -cc lebih mudah di cimb dan bca
      -kayaknya nggak deh kalo bank asing, bank nasional dan bank bpd aja belum semua, apalagi skr lagi penyakit malas kambuh lagi.

      Delete
  58. Mas kalo yg mandiri buat bayar bpjs bisa ndk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa.
      ATM tabunganKu mandiri cuma bisa buat tarik tunai saja

      Delete
    2. Oh gitu ya
      Ada masukan ndk mas rek yg d kususkan buat bayar bpjs yg tidak ada administrasi bulananya hehe.....
      Oh ya kalok tabunganku fasilitas komplet nyaman tidak ribet bisa isi di mesin CDM rekomendasinya mana ya mas ,terimakasih sebelumnya mas

      Delete
    3. kalo tabungan yang benar2 bebas biaya untuk bayar bpjs saya kurang tahu, cuma saya pernah baca di blog siapa gitu, di bank mandiri ada tabungan yang bisa buat bpjs dengan biaya bulanan lebih kecil dari tabungan regulernya.

      saya dengar nih, dalam waktu dekat bayar iuran bpjs akan bisa di indomaret dan alfamart, jadi kalo mau sabar tahan dulu ikutin aja perkembangannya gimana.

      tabungaku mandiri bisa setor tunai dari CDM, tapi kalo yang paling komplet di cimb niaga, cuma, yaitu CDM tidak sebanyak BCA.


      Delete
    4. Kalau mau buat bayar BPJS bisa buka Rekening BNI Syariah akad Wardiah (Tabungan dianggap Titipan sehingga Tidak ada biaya adm sama sekali.)

      Delete
  59. Maaf gan,tanya klo tabunganku bii bs nrima transferan uang dari luar negri kah?tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, kode swift BII adalah; IBBKIDJA
      nanti penulisan nama bank nya cukup "bank internasional indonesia"

      gak usah ada embel2 maybank,

      Delete
  60. Mas, kalau kartu ATM TabunganKu BCA bisa untuk top up kartu Flazz BCA nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sori bro saya nggak tau nih.

      yang dibawah kalo ada yang pengalaman top up flazz bca dengan atm tabunganku tolong masuk ya

      Delete
    2. ATM BCA Tabunganku gak bisa buat top up Kartu Flazz, saya sudah coba.

      Delete
    3. terima kasih pak guru untuk infonya.

      kehormatan bagi saya ketika orang banyak orang rela menyempatkan ikut diskusi disini.

      Delete
  61. Mau tanya. Kalau tabunganku bank bukopin apakah bisa digunakan untuk transaksi bulanan? Bayar kartu kredit, pln, isi pulsa, dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, yang penting bukan debet di toko

      Delete
  62. Hai Mas Andrea,

    Mau tanya sedikit, kalo mas sendiri cenderung nyaranin antara tabunganku cimb sama tabunganku bii pilih yang mana?
    Terima kasih ya sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo chintya, pertanyaan kamu emang dikit, cuma bikin puyeng hehe....

      agak susah jawabnya karena dua tabunganku ini 11-12

      gini ajah deh,

      kalo bikin tabunganku di cimb sebenarnya agak tanggung, karena mayoritas tabungan di cimb bebas biaya admin serta full fitur, yang penting saldo diatas 1juta, misalnya on accout/ hypermart savers/ air asia savers

      limit transaksi harian tabungaku cimb lebih besar di banding bii serta fitur juga lebih advance (bisa bikin rekening ponsel), pengoperasian internet dan mobile banking juga lebih mudah.

      kalo bii
      mobile banking nya tidak perlu perlu koneksi internet, tidak kena potong pulsa untuk token sms internet banking, cuma pengoperasian untuk pertama kali agak ribet sejak bii merubah ganti design web-nya.

      gitu aja ya, moga sekarng kamu puyeng .....

      Delete
    2. Puyeng dikit hehe..
      Tapi kan kalo tabunganku cimb kan minim 1jt ya biar gaada potongannya, kalo tabunganku bii ada minimal juga ga ya?
      Maap kalo udah ada yang nanya tapi saya malah nanya lagi.
      Terima kasih sebelumnya

      Delete
    3. dimaafin......

      yang minim 1juta itu untuk produk cimb yang lain. itu saya kasih alternatif kali aja mau pilih yang lain.

      kalo tabunganku cimb dan bii semuanya sama, minimal saldo 20ribu sudah ga ada potongan apa2.

      yang penting dalam 6 bulan minimal satu kali transaksi (misalnya nabung atau ambil duit atau isi pulsa dari ebanking dll)

      Delete
  63. di lokasi saya cman ada kategori yg biasa aja. klo bjb gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku bjb termasuk biasa aja.
      atm fitur atm tapi harus bayar biaya bulanan seribu rupiah.

      murah sih sebenarnya 1000 perak, tapi karena kita lagi ngomongin yang gratisan maka tabungaku bjb tetap saya masukan ke kategori biasa saja.

      Delete
  64. gan tabunganku dari bank bca bisa transfer ke bank lain gk?
    terus kelemahan dari tabunganku dari abnk BCA apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat teller di kantor cabang bisa, kalo dari atm gak bisa.

      untuk tabungan tanpa potongan sudah lumayan bagus menurut saya.

      Delete
  65. hii mz andrea,,

    mau tanya pendapatnya,, menurut mz klo untuk menabung, baiknya buka rekening bca tabunganku atau bni syariah ?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo cynthia...
      kalo cuma untuk nabung, maka saya akan pilih tabungan bni syariah ib hasanah akad wadiah.

      alasan;
      cabang bca selalu penuh antri, sementarara tabunganku bca tidak bisa setor lewat CDM.

      tapi kalo nanti setelah merger bni syariah dengan mandiri syariah, bri syariah dan btn syariah (kabarnya tahun ini akan merger) memberlakukan biaya pada tabungan ib hasanah wadiah tersebut, maka saya akan menutup rekening tersebut dan cari bank lain.

      skr tinggal sesuaikan dengan cynthia aja, kalo untuk nabung dua2nya baik2 aja, tapi kalo mau dpt fitur internet banking dan kartu atm bisa buat belanja, maka pilihannya bni syariah.

      Delete
  66. Makasih bgt mas info ny..sy jualan online..jd customer slalu komplain krna rekening saya ga biasa..saya pake BCA tabunganku..sdgkan di daerah rata2 planggan saya BCA itu ga sebanyak BRI ato Mandiri..nah masalahnya kl sy bikin rek BRI n Mandiri reg..besar di potongan..sdgkan jualan sy cm untung 10rb sampai 20rb..dan sy rencana mw pake internet banking ato mbanking..jd sebaiknya saya bikin rek apa y mas? Yg ga besar potongan bulanan tp bank nya yg familiar di masyarakat..spt BRI atau Mandiri apakah ada jnis tab ny yg grtis admin blanan atau murah admin bulanan..bisa mbanking n internet banking biar transaksi uang masuk dan keluar bs lbh gampang ngecek nya dan ckp dr rumah saja..makasih sblumnya mas andrea

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa pertanyaan serupa yang saya terima via email, saya selalu jawab begini;

      kalo mau berdamai dengan customer maka bisa pilih salah satu tabungan yg ada biaya namun yang sering digunakan (misalnya bca sering digunakan oleh pembeli maka bisa buka tabungan xpresi, biaya admin 5000/bulan, full fitur ebanking, karena itu lebik baik ibu tutup aja tabunganku bca -nya)

      untuk tampung pembayaran dari BRI, ibu bisa buka tabungan tabungan faedah bri syariah, gratis biaya admin full fitur ebanking (inet, mobile,atm), pembeli bisa transfer dari bri ke bri syariah tidak biaya.

      untuk nampung pembayaran dari BNI, ibu bisa buka tabungan bni syariah ib hasanah akad wadiah, gratis biaya, inet bankingnya responsive di akses dari hp. pembeli bisa trasnfer dari bni ke bni syariah tidak ada biaya.

      antara bri syariah dan bni syariah lebih baik pilih salah satu saja, karena dua bank ini kemungkinan akan merger tahun ini juga.

      kalo masih perlu mandiri, bikin aja rekening mandiri ecash, ini adalah emoney, ga ada biaya bulanan tapi setiap penarikan di atm ada biaya, pembeli bisa transfer dari tabungan mandiri ke mandiri ecash, kalo mau baca tentang emoney mandiri ecash ada di blog ini pada kategori e-money (saran saya jangan terlalu dipaksakan bikin rekening ini karena terlalu berat di biaya penarikan, kecuali uangnya nanti digunakan untuk pembayaran lagi atau belanja)

      saran lain; kalo bisa buka salah satu akun tabunganku antara bii dan cimb, karena makin banyak orang bikin tabungan ini, selain itu, makin banyak orang yang kesulitan punya akun di bank besar, jadi ini peluang untuk para pedagang online memanfaatkan bank yang ramah di saku nasabah.

      Delete
  67. Saya baru buka tabunganku di Cimb Niaga,saya mau tanya,ebanking tabunganku kira2 aman gak y dari hacker?
    Brp biaya transfer ke bank lain?

    Makasih sebelumnya mas andrea

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya transfer ke bank lain 6500

      soal internet banking menurut saya aman aja, kecuali si hacker punya keahlian diatas rata2 seperti kelompok di negara tiongkok kemarin yg bisa menjebol sistem keamanan bank

      yg bisa kita lakukan hanya menjaga akses login dan nomor hp yg didaftarkan untuk menerima token (OTP) transaksi.

      jng sampe seperti kasus nasabah bank permata kemarin, nomor simcard nasabah di ganti oleh orang lain ke grapari telkomsel yang di gunakan untuk transaksi inet banking. Jebol 240 juta.

      makasih bro pertanyaannya, saya jadi punya ide buat bahan menulis postingan besok2

      Delete
  68. kabar gembira nih gan.. BNI untuk tabunganKu sekarang udah ada fitur atm, temen ane kemaren bikin di KC Cilacap, ga tau deh dapet fitur ebanking lain'nya atau engga.. untuk desain atm'nya kaya atm regular cuma beda di warna sama ga ada logo mastercard

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke makasih infonya
      kalo gitu sementara saya pindahin tabungaku bni ke kelompok cukup bagus.

      nanti kalo ada yg update lagi bisa saya rubah lagi

      Delete
  69. Makasih mas atas infonya...
    Waktu 2009 tmn saya kehilangan uang di ATM Cimb niaga saat mengambil THR dari tmpt kerjanya,,ketika kehilangan uang di ATM tmn saya langsung konfirmasi ke tmpt kerja,jawabanya sudah di transfer,trus tmn menanyakan ke pihak cimb niaga, trus jawabanya bp telah melakukan transfer sesuai prosedur ke x di semarang,,ketika mendengar penjelasan dari pihak cimb niaga,tmn saya hanya terdiam dan tidak bisa berkata apa..

    Yang saya mau tanyakan?kasus tersebut terjadi karna hacker atau kelalaian tmn saya..

    Makasih sebelum mas andrea

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo temannya tidak melakukan apa-apa (dalam hal ini transfer) berarti itu pembobolan, nasabah berhak meminta saldo kembali.

      tapi, kalo temannya bertindak aktif yg menyebabkan terjadi salah transfer misalnya, maka itu kelalaian sendiri. dalam hal ini posisi teman sangat lemah untuk meminta uang kembali.

      banyak terjadi kasus salah transfer kayak gitu, biasanya bank akan me-mediasi antara nasabah yang salah transfer dan yg menerima transfer untuk pengembalian.

      Delete
  70. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  71. Oh klu cimb bisa ya mas. Cz sy punya usaha online yg mengharuskan untuk selalu ke atm trnsfer maupun tarik tunai.cuma yg sy gunain skrg stndr charterd sm common bank. Tp sy mau beralih ke bank lokal.atw bpd mgkin mas andrea tau.wlwpun saldo yg mengendap 10 smpai 50jt. Mohon masukannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya usaha online kok transaksinya di atm.

      lagian belasan komentar anda yg tidak saya publish isinya cuma nanya bank yg gratis biaya transfer, sementara disini anda sepertinya sanggup mengendapkan saldo hingga 50 juta

      dan lagi, bagi mereka yang sudah menjadi nasabah di bank asing, layaknya sudah melewati pemahaman dengan bank lokal

      sori, gak logis..

      Delete
  72. Mas andrea yg baik hati..
    Saya mau tnya?klo beli plsa pake internet banking kira2 kena ptongan,biaya kirim,?brp limit transaksi beli plsa,?
    Kira2 klo dpake jual pulsa bagus ga pake internet banking?
    Makasih mas andrea

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli pulsa pake internet banking gak ada potongan, biaya yg dikeluarkan sesuai dengan jumlah pulsa, misalnya beli pulsa 20ribu, maka saldo terpotong 20ribu.

      biaya yg timbul cuma akses internet aja, tapi, kalo bank menggunakan otentikasi keamanan menggunakan OTP (password sekali pakai yg dikirim via sms maka ada pulsa akan kepotong rp 550)

      tapi kalo otentikasi inet banking dengan token gadget, maka gak ada biaya lagi.

      limit beli pulsa beda-beda disesuaikan dengan limit pembelian masing-masing tabungan, dan kisarannya bisa mencapai jutaan rupiah.

      kalo kata saya, internet banking kurang sesuai buat jual pulsa dengan memperhitungkan mobilitas dan biaya akses data, yg lebih sesuai itu mobile banking, baik berupa sms banking atau umb banking

      baca: umb mobile banking semua bank

      kalo memang agan niat buat jualan pulsa, saya kasih gambaran.

      rata2 mimimal pembelian pulsa lewat ebaning adalah 20ribu, yg para malah pulsa tri, disemua bank rata2 minimalnya paling tinggi untuk pulsa tri ini, ada yg minimal 30 ada yg minimal 50ribu.

      jadi pastikan dulu, bank apa dan gadget yg digunakan.

      bii maybank bagus buat jualan pulsa karena mbanking tidak perlu koneksi data, sms banking tidak ada pemontongan pulsa untuk otp, hanya saja, yg digunakan harus tabungan reguler, kalo tabunganku ada batas maksimal lima kali transaksi supaya bebas potongan transaksi.

      tabungan cimb boleh dipilih untuk transaksi dengan umb banking, hanya saja, sebaiknya operator yg digunakan jangan simerah, pakai saja xl ketika mendaftarkan nomor ponsel saat membuka rekening yg digunakan untuk transaksi mbanking ( kalo simerah sih belum transaksi aja sudah di potong pulsa)

      inet cimb kalo punya tidak masalah dengan paket data masih moderate sebenarnya, karena sekali kirim otp ada 3 pin. mobile bankingnya kuran sesuai, karena setiap login akan memotong pulsa

      kalo bca harus tabungan tahapan atau xpresi, bisa pake umb/mobile/ atau inet gak masalah sepanjang punya paket data unlimited, hanya saja, minimal beli pulsa tri 50ribu, operator lain 25ribu.

      alternatif lain kalo mau nyoba jualan pulsa dengan mandiri ecash
      baca : panduan mandri ecash

      nanti bisa digunakan menu umb atau aplikasi (kalo ada koneksi data), tidak memotong pulsa untuk login aplikasi serta pembelian dalam jumlah besar saja yg perlu otp.

      --
      waduh udah kepanjangan nih gan, segitu aja dulu deh ya, nanti kalo kurang jelas silahkan tanya lagi, kalo saya bisa jawab maka saya akan jawab, atau nanti mungkin teman-teman dibawah ada yg mau gabung diskusi juga soal jual pulsa lewat ebanking.

      Delete
  73. yang bagus buat bisnis online apa ya mas, yg mudah buat transfer dari paypal ke rekening kita, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bank lokal bisa buat narik uang dari paypal, dengan catatan akun paypal sudah terverifikasi.

      tapi kalau paypal belum terverifikasi, coba bikin mega maxi di bank mega

      Delete
  74. Makasih mas atas infonya..
    Sya pengen jual plsa pake inetbanking cimb niaga?kira btas limit pmblian plsa brp kali y?kena ptongan ga y?kartu sya pake simpati..

    Makasih y mas atas jwabnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo berapa kalinya saya gak tahu bro, saya beli pulsa pake cimb paling banyak tiga kali dalam sehari, itu juga jarang2.

      kalo potongan saldo gak ada selain nomimal pulsa itu sendiri.

      kalo buat inet banking gpp simpati, kalo suatu saat mau pake umb nanti bisa tambahin kartu xl,

      sekalian sy jg lengkapi jwb diatas bro.

      kalo jualan nya stay ditempat /dirumah dan pake laptop, emang lebih untung pake inet banking daripada pake mbanking.

      misalnya ada yg beli pulsa 20ribu, terus dijual 22500, berarti untung 2500.

      sementara potong pulsa untuk token mpin yg dikirim ke nomor simpati itu 550, itupun ada tiga mpin, jadi bisa buat tiga kali transaksi. masih untunglah kira2 2000 setelah di hitung biaya lisrik buat cas laptop.






      Delete
  75. thanks gan, nae terbantu atas keraguan yg selama ini ada di "niat" hehe
    ane baru bekerja dan rencana nya gaji pertama mau di tabung di bank tentunya
    tapi selain di tabung ane juga pengen dapat fasilitas yg komplit
    kayaknya saya pilih TabunganKu BII Maybank / CIMB ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat nabung sista, emang akan berasa nyaman banget kalo tabungan ga ada biaya admin tapi fitur lengkap.

      saran tambahan, kalo antara bii dan cimb kantor cabangnya jauh, sebaiknya pilih cimb niaga, karena nanti bisa nabung di alfamart / indomaret melalui top up fitur rekening ponsel, artikelnya ada di blog ini pada kategori emoney.



      Delete
  76. Hari Rabu kemarin saya ke BANK BCA cab. Taman Palem (disamping mall taman palem) dan saya tanya ke satpamnya bagaimana cara buka tabunganku dan dia jawab maaf untuk umur 17 tahun dan diatasnya sudah tidak bisa membukan tabunganku dan kalau mau buka tahapan BCA. dan saya mau tanyakan ialah selain BCA ada bank lain yang ada persyaratan batasan umur? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja bro ke bank lain, tabunganku itu berlaku untuk semua usia

      tapi saya juga gak bisa pastiin apakan aturan itu baru, atau hanya diberlakukan oleh bca saja, atau bca cabang taman palem saja.

      intinya gini bro, gak usah maksain nabung pd bank besar kalo ternyata kita ditolak, bank yg lebih kecil gak kalah bagus kok.

      #sori lama reply, habis off ngeblog soalnya


      Delete
  77. halo gan
    saya mau tanya n minta pencerahannya nih
    mana lebih baik untuk saya
    tabunganku danamon atau danamon lebih?
    karna saya harus punya rekening n atm danamon.
    mohon djawab dengan alasannya gan kalau bisa plus minusnya juga, hhehe
    thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga bro..

      kalo mau ada atm atau ebanking lain pilih danamon lebih.
      danamon lebih gak ada potongan dengan syarat saldo minimal 250ribu, atm nya bisa buat belanja, mau pakai inet banking juga bisa. pokoknya sudah layak lah rekening untuk transaksi2.


      kalo tabunganku danamon layknya nabung seperti zaman dulu, kalo mau nabung atau ambil duit bawa buku ke bank.

      tabunganku adanya di danamon simpan pinjam (DSP), unit mikro-nya danamon, banyak didaerah-daerah, jadi kalo agan ke bank danamon, tabunganku gak ada.

      kemarin ada yg ninggalin no hp untuk yg mau konsultasi tentang danamon untuk wilayah jakarta, sepertinya cs danamon.

      tapi saya lupa diartikel mana dia ngepost komentar.

      Delete
    2. thanks ya gan buat pencerahannya...
      dalam waktu dekat ini saya kayanya bakal buka danamon lebih.
      sukses buat agan

      Delete
  78. Terimakasih atas infonya.
    Mau tanya dikit nih, kalau kartu debit Tabunganku BII apakah bisa digunakan untuk transaksi online di situs web luar negeri? Hehe
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa sis, kartu debet bank lokal indonesia mah ada CVV doang, gak bisa buat ecommerce.

      paling cimb, itupun terbatas pada merchant tertentu yg ada master card 3D secure



      Delete
  79. kalo tabunganKu Mandiri setor tunai dari bank Mandiri cabang lain gak bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, gak bisa.

      tapi bisa di mesin setor tunai

      Delete
  80. aku pakai BCA dan CIMB :)
    mau tanya kak, dulu pas pertama bikin BCA, samar-samar (kurang begitu fokus soalnya hihi) teller bilang kalau atm hilang/rusak, tidak bisa dibuat lagi alias saldo hilang.. bener gak sih???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak lah kalo gara2 kartu hilang duit jadi angus sih, kalo gitu aturannya bca bisa di jewer pemerintah.

      cuma, kalo untuk tabungan xpresi bca, saya di bilangin sama cs bca, kalo atm hilang/rusak maka tabungan langsung ditutup, tapi saldo terisa masih hak kita.

      oiya, saya jg gak tahu aturan kalo atm rusak/hilang untuk xpresi akan di tutup itu bener atau nggak, karena bisa aja si cs mau ngelabuin saya supaya bikinnya tahapan, bukan xpresi.

      sy anggap malah karina berpikir sudah maju, karena banyak anak muda (terutama yg baru ingin nabung) masih beorientasi hanya pada bank pemerintah saja, dianggapnya lebih aman, padahal sih sama aja kalo urusan keamanan duit, tinggal kita pilih bank fasilitasnya seperti yang kita inginkan. Tidak penting bank swasta atau pemerintah





      Delete
  81. klo tabunganku cimb niaga
    ATM nya bisa untuk transaksi debet gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, di edc cimb atau edc bca atau bank lain juga bisa

      Delete
  82. Mas, udah liat kartu yang dikasi pas buka rekening tabungan 'TabunganKu' di BNI belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum, mas sanjaya atau siapa saja yg punya atm tabunganku BNI boleh jepret kirim ke saya buat gambar post (harap tutup 16 digit nomor atm nya)

      Delete
    2. Boleh, rencana dalam waktu dekat saya juga bakal buat TabunganKu di BNI. Boleh saya tahu saluran mana saya akan mengirimkan Mas Andrea fotonya?

      Delete
    3. kirim ke email saya aja mas: blog.andreadee@gmail.com

      Delete
  83. Gan kalau jenis tabunganku Bca kena pajak perbulan ga? Atau potongan setiap bulannya? Dan apa bisa tarik tunai serta transfer uang dalam jumlah minim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada biaya bulanan, kalo dapat bunga baru deh bunganya kena pajak 20%

      bisa, transfer 10ribu bisa, tarik tunai 50ribu bisa

      Delete
  84. gan mau tanya dong, kalo atm tabunganku bank mandiri dan atm tabunganku bni bisa digunakan untuk transaksi di atm bersama apa tidak??? apa cuma bisa digunakan di mandiri dan bni saja?? trims

    ReplyDelete
  85. rata2 sama narik tunai via atm bersama sebesar Rp.7.500,- (CIMB Niaga)

    ReplyDelete