December 31, 2013

Biaya Administrasi Bank BRI Simpedes, Britama, dan TabunganKu Perbulan

Advertisement

Ini biaya administrasi bulanan tabungan BRI Britama, Simpedes, dan TabunganKu. Fitur apa saja yang didapat dan bagaimana cara membuatnya, silahkan di lanjut aja baca sampai akhir untuk lebih berkenalan dengan bank sejuta umat.

**
Meskipun Bank Rakyat Indonesia ( BRI) identik dengan kalangan rakyat kecil, tapi jangan di pandang sebelah mata bank satu ini. Fasilitas di bank BRI tidak kalah kelas dengan bank lain yang lebih menyasar kalangan menengah atas. Paling tidak, saya mendapatkan layanan yang tidak di dapatkan dari bank lain.

Serunya menjadi nasabah BRI adalah suasana kantor cabang yang lebih bersahabat ketika berada di kantor cabang pembantu atau di unit BRI di pelosok. Masyarakat dari berbagai lapisan ngumpul disini. Dari kaum sandal jepit sampai tuan tanah. Dari pedagang keliling sampai bandar singkong. Semua ngumpul di BRI pedesaan.

Keragaman kalangan dan suasana seperti ini yang bikin saya lebih enjoy ketika masuk dalam antrian meski dapat nomor urut di belakang. Tentu harus menyediakan waktu extra jika sedang berurusan dengan customer service atau teller. Buat saya lebih terkesan dengan mencari suasana baru. Tapi kalau rutinitas pasti membosankan.

Meski ada beberapa hal yang jadi catatan ketika berhubungan dengan bank BRI,  tapi secara keseluruhan menjadi nasabah bank BRI  buat saya tetap menyenangkan Update: sekarang saya sudah menutup rekening BRI. Ada beberapa hal yang menurut saya kurang bagus.


Yo, sekarang yang berminat membuat rekening tabungan di Bank Rakyat  Indonesia, ini dia fitur dan biaya administasi dari tiga produk tabungan harian untuk perorangan di BRI; yaitu; Simpedes, BritAma, dan TabunganKu.

O iya bapak ibu, nyimpan uang di bank BRI atau bank lain seperti BCA, Bank Mandiri atau semua bank yang ada di indonesia itu aman karena di jamin oleh pemerintah. Lewat penjamin simpanan (LPS ), pemerintah indonesia menjamin dana nasabah maksimal Rp.2 milyar per bank.


BRI Simpedes

   
Tabungan harian untuk masyarakat pedesaan yang di layani di kantor cabang tertentu hingga BRI unit, yang tersebar di seluruh Indonesia.   
  • Setoran awal minimum adalah Rp.100.000,-
  • Biaya administrasi perbulan Rp.6500,-
  • Dapat Kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu belanja khusus de mesin EDC BRI
  • Phone banking, SMS banking, Internet banking, Mobile banking
  • Pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant

Untuk internet banking bisa langsung minta di aktifkan ketika membuka rekening. Tapi untuk transaksi finansial  internet banking BRI mensyaratkan saldo minimum harus Rp.5 juta terlebih dahulu.

BritAma


Seperti halnya simpedes, tabungan Britama juga produk tabungan harian. Perbedaan simpedes dan BritAma terletak pada limit transkasi harian dan biaya administrasi bulanan. Kalo dari buku tabungan dan kartu ATM jelas lah beda, namayanya juga produknya beda. Tapi dari segi fitur ebanking sih sama saja.

Perbedaan lain adalah progam undian berhadiah untung beliung Britama yang terkenal itu. Waduh saya tidak  tertarik membahas  lebih jauh tentang untung beliung Britama yang semakin hari makin banyak saja sms penipuan pemenang untung beliung Britama.
  • Setoran awal mimimal  sebesar Rp 250.000,-
  • Setoran awal selanjutnya minimal Rp.50.000,-
  • Biaya administrasi bulanan 12.000,-
  • Internet banking, sms banking, mobile banking
  • ATM jaringan Link, bersama, cirrus, maestro, master card
  • Setiap nasabah yang memiliki saldo minimum Rp 500.000,- berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo terakhir atau maksimum sebesar Rp.150.000.000,

TabunganKu


Sepeti hal nya bank lain, Bank BRI juga melayani  TabunganKu. Produk simpanan bebas biaya administrasi yang di keluarkan bank-bank di Indonesia, termasuk BPD dan BPR / BPRKS.
  • Setoran awal minimum Rp.20.000,-
  • Setoran selanjutnya minimal Rp.10.000,-
  • Gratis biaya administrasi
  • Tidak ada fitur ebanking

Cara membuat Tabungan di BRI

  • Silahkan datang saja ke kantor cabang atau unit BRI  terdekat  yang sesuai dengan domisili dengan membawa KTP. Kalau datangnya ke BRI unit,  bawa juga foto kopi KTP barangkali disana tidak ada tersedia mesin foto kopi.
  • Ambil atau minta sama satpam nomor antrian untuk tujuan ke Customer Service (CS)
  • Tunggu panggilan
  • Ketika di panggil, sampaikan pada CS kalau ingin membuka rekening tabungan, jangan lupa perkenalkan dulu nama anda ( lebih baik toh dari pada di tanya nama duluan)
  • CS BRI akan menerangkan produk tabungan yang tersedia. Silahkan dengarkan dan beri kesempatan dia menjalankan prodesurnya sebagai CS bank.
  • Jika sudah, silahkan tanyakan jika ada yang kurang jelas, terutama soal fitur dan layanan. Kalau perlu tanyakan juga threshold saldo, di nominal  saldo berapa terjadi titik impas supaya bunga dapat menutup biaya administrasi bulanan. Baca : Daftar saldo minimal tabungan supaya bunga bank dapat menutupi potongan bulanan
  • Jika sudah, silahkan pilih produk tabungan mana yang ingin di buat, maka cs bank akan memberikan formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi. Syukur-syukur cs nya mau isi jadi kita tinggal tanda tangan saja.
  • Selanjutnya ikutin saja apa kata CS, tapi jangan lupa kalau mau mengaktifkan SMS banking, internet banking, minta tolong mengaktifkan Pin ATM bisa sekalian dilakukan sekarang supaya tidak bola-balik.
  • Sudah selesai.

Demikian pengenalan sedikit tentang biaya admin bulanan tabungan BRI Simpedes, Britama dan Tabunganku, serta cara membuat rekeningnya. Semoga dapat menjawab pertanyaan berapa potongan tabungan BRI perbulannya.

Baca juga : saldo Tabungan BRI Berkurang terus, ketahui berbagai potongan berikut

Atau bisa baca artikel berikut: Bingung pilih Britama Simpedes atau BRI Syariah baca ini dulu


update 24 mei 2014 :

Jika merasa kondisi saku masih cekak, atau tidak rela ada potongan bulanan, saya rekomendasikan untuk bikin tabungan yang bebas biaya administrasi tapi ada fitur ebanking, untuk itu silahkan baca tiga artikel berikut ;


Tabungan Faedah BRI Syariah
Perbandingan fasilitas TabunganKu di beberapa bank

Terima kasih telah membaca

Posted by:

177 komentar:

  1. Replies
    1. makasih sudah mampir kawan

      Delete
    2. info nya bagus gan..cma msih ada yg ragu..di britama nya,disana kan ada di blng d tanggung asuransi kecelakaan..nah..itu ada klas2 nya bru dapat atau gmn?misal nya,,asuransi tu dpat klau kita luka2 parah atau maaf sblum nya,meninggal dunia.atau setiap kecelakaan dpat asuransi?

      Delete
    3. wah agan ini teliti banget ya, hahay.....

      saya sendiri gak sampe nanya sampe kesana gan, soalnya untuk di bri saya cuma buka simpedes.
      Tp setelah saya cek di websitenya, resiko yang di tanggung asuransi itu adalah

      1. Kematian/Meninggal Dunia,
      2. Cacat tetap atau sebagian
      3. Biaya pengobatan rumah sakit sebagai akibat kecelakaan.

      seperti yg agan tanya, saya juga jd mikir skr, kalo si nasabah lima kali kecelakaan dalam 1 tahun gmn, apakah akan di bayar terus sampai mentok budget maksimal. Mungkin ini lain kali saya tanya sm cs bri.

      saya sendiri gak tahu dia pake perusahaan asuransi mana, tapi setau saya BRI juga perusahaan asuransi BRIngin Life.

      mudah-mudahan dibawah ada yang ngasih tahu cara klaim nya, kali aja ada yang pernah pengalaman gimana ngurus nya susah atau gampang, biar jadi pertimbangan buat yang pengen bikin britama.



      Delete
  2. Ya simpedes transaksi financial hrs saldo 5 jt maksudnya apa ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. transaksi yang menggunakan saldo tabungan, misalnya transfer / pembayaran / pembelian yg pake inet banking. karena di perlukan token sms sebagai keamanan.

      nah register token sms ini baru dikasih sama bri kalo saldo minimal 5 juta dulu.

      tp kalo register internet banking saldonya di bawah 5 juta maka inet banking nya cuma bisa di pake buat cek saldo aja, tidak bisa di pake buat transfer atau pembayaran.


      Delete
  3. makasih info nya sobat, nice post :)

    mampir juga ya, :)
    belajarbahasainggrisoffline.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. info sip gan,,kalo sy lbh seneng nanya noner mbak cs nya BRI yg cantik.. hehe
    (just kidding)

    ReplyDelete
  5. Kalau bikin 2 rekening di bank yang sama boleh apa tidak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh gan, kecuali tabunganku.

      dua duanya britama, atau dua duanya simpedes, atau britama dan simpedes, atau britama dan tabunganku, boleh boleh aja.

      di semua bank juga kayak gitu, yang penting tabunganku tidak boleh di satu bank

      makasih udah mampir masta forex

      Delete
  6. umur sy msh 18thn, tp pngen nyoba belajar nabung dibank.rencananya sh mau beli online uangnya min. trs saya hrs daftar yg mana simpedes,BritAma, tabunganku ? utk seumuran saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar seumuran kamu kalo duitnya banyak sih gapapa bikin britama atau simpedes, yang penting bisa nahan saldo diatas 10 juta, supaya duit tidak habis karena biaya admin bulanan.

      tapi kalo terlalu berat, bisa coba tabungan faedah di bri syariah, tidak ada potongan bulanan, nanti bisa buat belanja onlinenya pake fitur mobile banking atau sms banking. silahkan baca artikelnya tuh saya kasih link diatas.

      kalo mau bikin tabunganku untuk belanja online jangan pake bri karena tidak ada fitur yang bisa di pake. coba pertimbangan bikinnya tabunganku di cimb niaga atau di bii, jadi nantinya bisa bayar online pake internet banking atau mobile banking atau sms.

      masalahnya ada para seller online biasanya pake bca dan mandiri, jadi kalo pake bii /cimb akan ada biaya setiap transfer ke mandiri /bca sebesar 5000.

      terus juga, kalo mau bikin nya tabunganku di bca hanya akan dapat atm, jadi setiap mau bayar di situs online kamu harus pergi ke atm yg perlu siapin bensin.

      kalo buatnya tabunganku mandiri, tidak bisa buat transfer, jadi susah buat beli online.

      gitu gambarannya bray.


      Delete
  7. bisa ngak dari tabungan Britama pindah ke tabungan simpedes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bisa mba, harus tutup dulu britama nya terus buka lagi simpedes.
      jadi nantinya nomor rekening baru, atm baru, buku baru, semuanya baru.

      kalo masih mau tetap pake bank sama, ikutin tutup rekening sesuai prosedur secara baik-baik, jadi jangan nelantarin rekening sampe saldo habis terus ditutup oleh sistem.

      bukan apa-apa sih, cuma malu nya itu loh mba, soalnya saya punya pengalaman kayak gitu, pengalaman itu saya tulis juga di blog ini, silahkan coba baca artikel yang judulnya "tabungan cimb niaga air asia saver"

      Delete
  8. Mau nanya kalo kita nabung dg saldo 500.000 blm bisa d ambil 3 bulan...trus di atm otomatis ada yaa kalo selama 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang paham maksud pertanyaan belum bisa di ambil 3 bulan itu mba ayu,
      tapi kalo skr kita nabung di tabungan harian, ya saat itu juga langsung muncul di atm saldonya, dan juga langsung bisa diambil lagi di atm

      Delete
  9. om om om, ada gak semacam slide presentasi yang menarik gitu buat presentasi ke calon nasabah? saya kerja di bri sebagai Sales Person. Niatnya sih mau bikin sendiri tapi tidak pernah puas dengan hasilnya...
    kalau ada tolong dikirim saja ke e-mail batman_putih@yahoo.com yah, kalau ga' ada ya ga' apa2 juga sih :(
    terima kasih sudah dibaca...

    ReplyDelete
  10. terimaksih infonya sob ...

    ReplyDelete
  11. Mas, mau tanya berapa setoran awal untuk britama yang kartunya gold?... dan kalau yang simpedes itu ada yang kartu gold apa tidak? Mohon informasinya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu atm gold :
      -setoran awal minium 10 juta
      minimal saldo mengendap 500 ribu (jika saldo dibawah 500 ribu akan dikenakan biaya administrasi sesuai ketentuan dormant rekening BritAma)

      -tambahan biaya adm kartu gold perbulan 4000

      kalo kartu gold di simpedes saya gak tahu deh gan, cuma kayaknya sekarang untuk semua nasabah baru bri akan di kasih pilihan atm: clasic, gold dan platinum, jadi kartu bri lama tidak keluar lagi, termasuk di simpedes. #moga tidak salah

      Delete
    2. pilihan itu baru di kasih kalo memenuhi syarat setoran awal gold tadi, tapi kalo setoran awalnya tidak cukup untuk gold maka otomatis cs nya ngasih kartu clasic

      Delete
  12. .mau tanya kalo nabung di BRI britama ..
    Nominal saldo biar bebas biaya adminstrasi bulanannya .! Berapa ya?
    Terus
    kalo udah ga bayar adminstrasi .kita bisa dapet bunga engga dari hasil tabungan kita sendiri.?!

    Kalo bisa lewat fb blsnya :D .. Hehe Achev.hacking@facebook.com

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawabnya disini aja ya hehe.....

      berapapun saldonya tabungan britama harus bayar biaya administrasi setiap bulan.

      supaya saldo pokok tidak terasa berkurangnya maka harus mendapat mendapat bunga lebih besar dari biaya admin itu sendiri, dalam hal ini harus dapat bunga lebih besar dari 12 ribu setiap bulan.

      jika besaran suku bunga tabungan britama 1% pertahun, maka perkiraan saldo yang harus mengendap ada di rekening sekitar 10 juta.

      itu perkiraan loh ya, karena besaran suku bunga bri sendiri antara 1-3% pertahun terganung saldo.

      Delete
  13. kalo masih smk bisa buat ato belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anak smk / sma sudah punya ktp bisa bikin simpedes atau britama,
      kalo belum punya ktp bisa bikin tabungan britama junio, tapi orang tuanya harus punya rekening di bri.

      anak smk bisa juga bikin di tabunganku bri, tapi saya tidak sarankan di tabunganku bri, karena anak2 sekarang kan perlu ebanking untuk transaksi. contohnya kamu ini kan lagi maenan internet sekarang.

      jadi pastiin baca-baca dulu yang banyak artikel di blog ini supaya kamu bisa putusin produk dari bank mana yang akan di pilih, tujuan supaya tabungan kamu tidak telantar yang pada akhirnya di tutup oleh bank


      Delete
  14. tolong ada yg kasih pencerahan tentang bri kartu gold,,,,
    -setoran awal minium 10 juta
    minimal saldo mengendap 500 ribu setelah 3 bulan akan dikembalikan /. dimasukkan ke buku tabungan,,,,, yg ingin sy tanyakan sudah lebih 3 bulan sy cek di buku tabungan sy , ngak ada masuk atau dikembalikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nggak ngerti saya gan.

      tolong yang tahu bagi pengalamannya ya, bukan cuma buat jawab agan zboy aja tapi supaya yang lain tahu

      Delete
  15. mbak ataupun mas saya ingin menabung di bri mas tapi saya ingin lebih tau dekat dengan BRI 'kalau bicara lewat social saja mas atau mbak :D di tunggu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf gan, saya ga bisa ngasih tau akun sosial media saya.

      Delete
  16. mas klo btas maksimum n minimum pngmbilan lwat atm untuk bri britama berpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo penarikan tunai lewat teller di kantor cabang ga ada batasan minimum/maksimum, yang penting tidak sampai saldo kurang dari ketentuan saldo minimum mengendap yang di lock Rp 50.000,-, tapi kalo kartunya gold saldo minimum Rp 500 ribu

      kalo penarikan lewat atm maksimal sesuai kartu ;
      klasik Rp 4 juta
      gold Rp 10 juta
      platinum 25 juta

      kalo minimum lewat atm sih sama aja yang penting saldo akhir setelah penarikan tidak kurang dari Rp 50 ribu karena kalo dipaksa transkasi akan gagal, yang jelas pecahan uang yang di mesin atm itu sendiri mempengaruhi, misalnya 50 ribu/ 100 ribu per lembar

      Delete
    2. tertanya yang di tanya cuma penarikan via atm doang, terlalu lengkap deh gue jawabnya hehe.....

      Delete
  17. setoran awal bri simpedes 100rb sudah dapat atm? atau ada biaya tambahan? kalo ada biaya tambahannya brp?
    tabunganku dapat atm gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya 100 ribu dpt atm, biaya tambahan 6000 buat materai. kalo biaya bulanan yang 6500 itu buat biaya admin.

      tabunganku bri ga ada atm, kalo mau tabunganku yang dpt atm bisa pilih bank lain, daftar tabunganku dan fasilitasnya ada disitus ini, link nya tuh diatas, dibagian bawah artikel

      Delete
  18. Gini gan soal biaya administrasi bulanan itu tetap atau berubah mengikuti saldo yang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. britama dan simpedes sama aja gan, berapapun saldonya biaya admin perbulan tetap segitu.
      cuma, kalo saldo dibawah ketentuan minimum mungkin akan kena penalty, kena biaya lagi.

      Delete
  19. di BRI ada tabungan berjangka ga sih gan?? klo ad
    a tolong jelaskan ya.. thanks :D

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi ada catatan.

      saya bikin ilustrasi gini;
      begitu selesai urusan di customer service untuk bikin tabungan simpedes atau tabungan harian apapun di bank manapun, dalam artian sudah dapat buku tabungannya, terus kita bisa langsung menuju teller untuk transaksi transfer atau tarik sebagian.

      tapi kalo mau transfernya melalui ebanking ( ATM, internet banking, mbanking dll ), atau tarik tunai melalui atm maka harus nunggu sampai fitur itu berfungsi, dalam hal ini biasanya 24 jam setelah aktifasi. kecuali mba metri dapat kepastian dari bank bahwa fitur2 tersebut sudah bisa digunakan saat itu juga.

      Delete
  21. gan mau nanya saya baru bkin atm britaa kurg lbh 1 bulanan, nah saldo saya krh lbh 1,7 jt , pas saya mau bayar online sktr 250 rb kok gak bisa ya gan ? mhn pncrhnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang paham nih gan sama pertanyaannya, apakah bayar online yang agan maksud dengan internet banking, atau dengan atm seperti yang baru di bikin itu.

      tapi dari pada agan balik lagi kesini gak ada jawaban, lebih baik saya coba raba aja kemungkinannya.

      kalo bayar pake internet banking tidak bisa, perlu di ketahui dulu apakah fasilitas inet banking agan itu hanya bisa untuk cek saldo aja, atau sudah bisa untuk transaksi finansial. Nah, untuk bisa transaksi finansial seperti transfer/bayar itu di perlukan token sms, syaratnya kalo simpedes saldo harus 5 juta dulu baru bisa dapat fasilitas itu.

      kalo bayar transfer agan itu dari atm, kemungkinannya ada dua, sistem lagi gak normal, atau jika transfer ke bank lain tidak memasukan kode bank tujuan.




      Delete
  22. Admin, sy dari medan tinggal di jakarta. Skrg sy mau buka rekening, saya pnya ktp kota asal (Medan).
    Yg saya tanyakan :
    Kalo saya mendaftar buka rekening BRI di jakrta degn menggunakan ktp kota asal (medan ) boleh gak ?

    Terimakasih ;-)
    Horas...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak bisa lae, kau mulak ta huta dulu sana kE medan,
      aku aja yang di tinggal di kabupaten mau bikin di kotamadya tidak bisa.

      olo olo olo...
      horas..!!!


      Delete
  23. Gan, di bri simpedes ada biaya admin ATM gak?
    katanya bri simpedes yg baru waktu buat rekening langsung dapat kartu atm, nah klo saya udah buatnya lama sebelum promo itu cara ngurusnya gimana? trus kena biaya pembuatan kartu gak?
    Sorry Gan banyak tanya
    (Masih Newbie)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi barusan saya login ke inet banking bri, isinya gini;
      -biaya administrasi bulan agustus rp 5500
      -biaya bulanan atm Rp 500

      yang laen ga ngerti deh gan, soalnya saya udah ga ngurusin rekening bri, dalam waktu dekat sepertinya saya mau tutup aja nih simpedes,

      # mengecewakan

      Delete
    2. thanks Gan infonya. saya udah lama juga gak dateng ke BRI. Disini CS nya enak, cuman ngantrinya yg panjang.

      Delete
  24. BRI Sebagai Bank Pemerintah seharusnya lebih memaksimalkan pelayanan di daerah-daerah, karena sering sekali lambat dalam melayani nasabah.

    ReplyDelete
  25. Kalau Tabunganku Upgrade ke Britama bs ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa bro.
      -tutup dulu tabunganku baru bikin brimtama
      -atau, gak perlu tutup, bikin aja lagi britama biar punya dua tabungan bri

      Delete
  26. gan.. mau tanya.. kalo di ATM Simpedes tu ada biaya admin buat penarikan gk? ane baru buat 1 minggu dan belum pernah transaksi di ATM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. -kalo penarikan di atm bri tidak ada biaya.
      -tapi kalo agan nariknya di mesin atm bank lain, misalnya di mandiri, bni atau bca, itu ada biaya. mulai 1 oktober biayanya 7500.

      infonya tuh ada di samping kanan, atau kalo lagi baca artikel ini dari hp ada di bawah

      Delete
  27. gan kalo simpedes bisa gak terima transfer via bca,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari semua bank, baik dalam maupun luar negeri

      Delete
  28. Gan, tlong rincian smua biaya yg hrus kta tanggung sbagai nasabah BRI, khususnya tbungan simpedes..dan klo transaksi via ATM apkah dptong stiap kita transaksi atau setiap bulan dan brapa biayannya..karna saldo saya bisa brkurang sampai 40 rbu per 2 mnggu pdhal saldo maksimal 3 juta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....bandar bangkrut......
      .
      simpedes ya
      -biaya admin per bulan 6500
      -biaya atm per bulan 500

      per transaksi + pajak 10%
      -biaya tarik tunai di atm bri gratis
      -biaya tarik tunai di atm bank lain 5000, ntar bulan november baik jadi 7500.
      -transfer ke sesama bri di atm bri gratis
      -transfer ke bank lain di atm bri biayanya 5000, november baik juga.
      -cek saldo di atm bri gratis
      -cek saldo di atm bank lain 3000
      -gagal transfer/ tarik tunai karena saldo tidak cukup kalo tidak salah 3000

      biaya transfer di atm dan di mobile banking dan internet banking itu sama.


      Delete
    2. waduh om .pantesan duit nya berkurang .tiap bulan nabung malah di potong admin ..hmmmm

      Delete
    3. waduh mba srie, turut berduka kalo gitu hhmmmm.....

      Delete
  29. gan mau tanya kalau tabungan simpedes berapa batas maxsimal saldonya? ap bebas berapa aja bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas.
      kalo duit banyak di pisah aja nyimpannya, jangan sampe 1 rekening lebih dari 2milyar

      Delete
  30. maaf mas. numpang tanya, rencananya saya mau bikin rekening bri simpedes. nah pertanyaannya, brapa jumlah saldo yg harus saya punya agar menutupi biaya administrasi bulanan? makasi sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawabannya sudah saya bahas pada artikel khusus, silahkan baca link berikut,

      saldo minimum supaya bunga bank bisa menutup biaya administrasi bulanan

      disana lengkap dari mulai simpedes sampai tabungan mana saja

      Delete
  31. Sebelumnya terimakasih gan atas infonya !
    Saya mau tanya orang tua saya kan PNS tapi mreka sudah tiada, otomatis dapat gaji pensiunan atau apalah semacamnya, Nah sebelumnya ahli waris pemegang tabungan itu kakak saya, nah sekarang tabungan itu mau pindah tangan ke saya, itu saya harus memenuhi syarat2 apa saja ya mas !
    Mohon bantuannya !
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf gan saya gak ngerti soal ginian, bener2 buta, apalagi itu pensiunan pemerintah, jadi mungkin saja urusannya tidak hanya dengan bank.


      Delete
  32. Ini bank cocok buat rakyat b3goookkk.

    Antri seabad nasabah nrimo. Nelp call center cuma buang2 pulsa.

    Potongan bulanan bikin habis saldo.

    Mendingan yang mau bikin tab bri mikir lagi deh.


    ReplyDelete
  33. gan, kn saldo rekening ada 250rb, trus kalo saya narik 50rb di atm itu kepotongnya 50rb aja ato 50rb lebih gan, kayak biaya penarikan atm ada ga sih gan? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kita ngomongin tabungan di bri dan bri syariah ya.

      kalo nariknya di atm bri / bri syariah kepotong 50ribu aja. ga ada biaya lagi.

      tapi kalo ambil duitnya di atm bank lain nanti ada biaya tambahan 7500. jadi saldo berkurang 50ribu+7500.

      intinya gini, atm bank apapun kalo nariknya di atm milik bank itu sendiri tidak ada biaya, tapi jika nariknya di atm bank lain ada biaya.

      Delete
  34. mau tanya...kalo menabung selanjutnya gimana...harus isi slip engga...knpa setiap saya setor...saya selalu kena charge...trus klo ga sama sendiri ga bsa dprint di tabungannya

    ReplyDelete
  35. Mau tanya. Untuk product Tabunganku BRI apa hanya ada di Kantor Pusat ato Cab.BRI sj ? Cz saya pernah berkunjung ke teras BRI n bertanya ttg Tabunganku kug CSnya bingung jawab. Katanya buat ibu rumah tangga sprti saya bisa buka rekening Simpedes Ato Britama. mohon penjelasanya. Τнänκ (∩_∩) чoü..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya justru di kantor pusat dan cabang utama bri itu tabunganku tidak ada.

      adanya unit bri di kecamatan2 atau di kantor cabang pembantu ( KCP ) di kota kecil, karena selayaknya tabunganku itu untuk masyarakat kecil yang ingin menyimpan uang saja, terutama yang tidak mau ada potongan bulanan.

      saran saya buat bu azka
      jangan terpengaruh apa kata CS, kalo mau bikin tabunganku namun tidak di terima di bri, cari di bank lain saja. semua tabungan dibank manapun aman, karena di jamin oleh pemerintah.

      justru kalo ibu rumah tangga menurut saya tidak cocok di simpedes apalagi britama. nabung di simpedes itu baru akan aman saldo tidak berkurang kalo saldonya diatas 10 juta, kalo dibawah itu saldo berkurang tiap bulan. apalagi britama, mesti lebih banyak lagi saldonya karena biaya admin bulanannya lebih besar

      Delete
  36. Mau tanya gan . Jika kita upgrade dari simpedes > britama apa hrus tutup rek simbedes gan? Trus apa bisa kita make no.rek yg sama yg di pake di spedes ke brtama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada bro upgrade produk tabungan, yang ada itu upgrade kartu debet.

      ya betul, tutup dulu simpedes, baru buka britama. Dapat nomor rekening baru.

      Delete
  37. Mau tanya gan kalau ngambil uang di atm apa kita harus ngasih buku tabungan kita ke cs supaya dicatat pengambilannya atau gimana gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak dong, kan atm ada dimana2, 24 jam online.

      gak masalah gak tercatat di buku tabungan, karena di sistem akan tercatat transaksinya

      adapun buka tabungan bisa minta di print kapan saja di kantor cabang (ada biaya)

      oiya, saya gak pernah cetak buku tabungan di bank manapun, kecuali waktu nutup rekening

      Delete
  38. Gan jd gni klo saldo direk sya kn 450.000 trus mo transfer ke rek laen 330.000 tu bsa g y sebenernya soalnya tdi sya cba kuq g bsa. Mohon jwabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik simpedes maupun britama, saldo mengendap/ yang ditahan / saldo setelah transaksi, adalah minimal 50ribu.

      harusnya itu bisa, karena saldo setelah transaksi nantinya 120ribu. kalaupun ada biaya transfer ke bank lainnya milsanya 7500, masih bisa juga.

      mungkin sistemnya lagi masalah.

      Delete
  39. Kalo ngubah nama di rekening BRI bisa gag ya? Soalnya kmren pas buat rekening pake KTP baru yg salah, kelebihan satu huruf

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, datang aja ke cabang, paling suruh bayar biaya ganti buku saja.

      kalo bisa dua-duanya ktp dibawa, meskipun salah satunya tinggal hanya foto copy saja

      Delete
  40. saya pnya bank britama tpi sya udh 3bln brturut" gk nabung tpi saldonya skitas 9jtaan lh d ptong pjak brapa y per blnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya admin 12 ribu/bulan.
      kalo ibu dapat bunga 6ribu perbulan, berarti bunga bank belum bisa menutup biaya administrsi bulanan.

      saran saya, kalo tidak aktif nabung, atau kalo saldo masih dibawah 15 juta, lebih baik pindahin aja ditabungan yang tidak ada potongannya, misalnya tabunganku atau tabungan di bank syariah akad wadiah

      di tabunganku atau dibank syariah, dengan saldo 9juta, duit ibu aman tidak berkurang bahkan malah akan bertambah walaupun sedikit

      banyak kok tabunganku yang bagus dibank lain yang ada atmnya, silahkan baca baca diblog ini.

      Delete
  41. siang, sekitar minggu lalu saya buka rekening simpedes sekalian minta diaktifkan internet banking dengan saldo 500rb. tapi Saat saya mau aktivasi token di internet banking sampai sekarang kagak bisa log in ke internet banking.

    Selalu muncul text user dan password yang anda masukkan salah dengan kode kesalahan BRR1006. Saya sangat yakin yang saya masukkan sudah benar.

    saya sampai telp ke call center 14107 tapi tidak ada solusi yang terbaik. pertanyaan dari cs selalu seputar apakah saya masih ingat user dan password. di sistem bri akun saya masih terdata aktif padahal saya sudah coba beberapa kali secara terus menerus untuk log in seharusnya sudah kena blokir.

    saya benar-benar bingung dengan sistem BRI. Selama bertahun-tahun saya transaksi dengan salah satu bank mulai dari awal registrasi internet banking sampai sekarang selalu lancar.

    ada yang bisa bantu jawab atau pernah punya pengalaman yang sama?
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak heran kalau cs nanya gitu, mereka beranggapan sistem yang di miliki sudah "sempurna". jadi nasabah yang dianggap tidak mengerti, makanya nanya kayak gitu.

      padahal yang namanya sistem IT mesti saja ada bug disana sini.

      teman-teman dibawah ada yang punya pengalaman serupa dengan vonny? silahkan masuk

      Delete
    2. Dulu aku jg pernah gitu. Lngsung aja dtg ke cs bank . dan di situ di telfonkan ke pihak cs pusat, di tanyain ttg data data inet banking . jd intinya utk sementara di hapus dulu deh tu inet banking dr pusat cs. Utk pndaftaran kembali menunggu 1jam stlh penghapusan ibanking

      Delete
    3. mbak mulidah sudah di kantor cabang, tapi cso cabang masih telepon kantor pusat untuk penghapusan inet banking.

      sepertinya kantor cabang bri tidak punya wewenang untuk penghapusan data

      Delete
  42. Sy mau tanya... Kalo kita melakukan transaksi di atm.. Apakah setelah kita melakukan penabungn juga akan tertulis di dalam buku tabungan ya.... Mohon pencrrahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, akan tercatat..
      jadi gak usah bela-belain ke kantor cabang hanya sekedar cetak buku

      selain buang2 waktu jg ada biaya cetak. lebih baik nanti sekalian nabung aja, maka transaksi di atm itu akan tercetak, dan itu gak ada biaya cetak

      Delete
  43. oh gitu... tapi sesudah sis mulidah daftar ulang, udah bs log in yaa? kayaknya saya harus telp ke cs pusat dulu tuk hapus baru ke cs cabang

    coz maren tuch sebelum telp ke cs pusat, saya telp dulu ke cabang yang saya daftar. Telp malah di oper ampe 4 org baru suruh telp ke cs pusat tuk tau lebih jelas. Hufftt.. habisin pulsa aja. cs pusat juga sama.. Kacauu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha........sabar sista
      kalo terbiasa dengan bank yang pelayanannya bagus, terus ketemu bank yang tidak sesuai harapan, jadi harus sering2 tarik napas.

      Delete
    2. Akhirnya syukur bgt... Proses registrasi ulang berhasil log in , tq bgt bro Andrea n sis mulidah tuk sarannya...

      pasti pada shock sekaligus kagum klo saya ceritakan apa yang terjadi saat registrasi ulang, yang bantuin saya dari awal sampai registrasi token itu bukan cs tp satpam.

      saya bawa hp langsung coba log in daripada bolak/i. CS cuma bantu input data ke pusat. Selebihnya tuk Pak satpam yg turun tangan padahal sikon saat itu sangat ramai.

      Bapak satpam ini ( saya lupa nanya nama) sangat ramah dan malah lebih ngerti dari cs, Beliau masih ingat saya padahal baru sekali ke situ . Benar2 salut.. masih muda lagi satpam nya... Wakaka..

      Delete
    3. wah itu satpam kurang asem pasti ada maunya sis.....haha.....suit suit.....

      okay, selamat menabung

      Delete
  44. mas saya baru mau buka rekening skaligus buat atm gmna prsyratan y? (maklum masih polos :D )

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak tri datang aja ke kantor cabang terdekat dengan rumah.
      bawa ktp dan uang tunai untuk setoran awal / nabung pertama,

      kalo mau bikin simpedes bawa uang 100 ribu.
      kalo mau buka britama bawa uangnya 250 ribu.

      udah gitu aja, ntar di bikinin tabungan dan dikasih atm, langkah2nya udah saya tulis diatas.

      Delete
  45. mo tny..untuk mengaktifkan SMS banking dan internet banking pada saat membuka rekening, apakah dikenakan biaya lagi untuk itu???trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua gratis, tidak ada biaya pendaftaran atau biaya bulanan, itu berlalu di semua bank . Kecuali bank syariah mandiri ada biaya internet banking bulanan.

      untuk sms banking, biaya sms ke operator di tanggung nasabah (potong pulsa Rp 500 / sms)

      Delete
  46. untuk tabungan britama tanpa akses ATM kena potongan berapa perbulan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya atm britama perbulan rp 1000,-
      biaya atm simpedes per bulan rp 500

      mbak fila sebelum membuka tabungan sebaiknya baca artikel berikut

      Supaya saldo tabungan tidak berkurang

      Delete
  47. harus sesuai domisili ya kalau mau buka tabungan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah
      tapi tergantung kantor cabang juga.

      Delete
  48. Misi ak mau nanya mas bunga tabungan simpedes dan britama itu brp persen ya? hitunganya perbulan atau pertahun. ak minta perincian bunganya. di tabungan simpedes ak 10 jt rencanya mau ak deposit 3 bulan..lumayan buat nambah2..tau ga mas bunga depositnya juga??

    ReplyDelete
  49. Apakah rekening TabunganKu bisa menrima transferan uang ? kan rekening TabunganKu BRI gaada atm nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, cuma saya gak tahu apakah bisa diterima realtime.

      ya betul, gak ada atm.

      Delete
  50. kalo tabunganku ada bunganya gak? kerugianya apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunganya ada, cuma saya mau ngingetin aja, kalo nabung gak usah mikirin bunga, nabung nabung aja.

      ruginya apa ya, saya juga bingung.

      atau mungkin gini, rugi waktu, rugi ongkos buat pergi kebank, karena transaksi yang idealnya bisa dilakukan di atm, dari hp, dari pc, tapi kalo traksaksi tabunganku harus dilakukan di kantor cabang, karena, tabunganku tidak ada fitur itu.

      Delete
  51. mau nanya, kalo belanja dg britama apakah kena pajak/potongan? atau hanya seharga yg kita beli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada, cuma seharga itu aja

      Delete
    2. bisa langsung digunakan atau daftar sesuatu dulu mas? suport yg tertera di kartu atm kan?

      Delete
    3. gak perlu, langsung aja kasih kasir kalo belanja, ntar kasir minta kita input pin atm di mesin EDC buat otorisasi.

      yoi betul.

      Delete
    4. oiya bro, kita ngomongin belanja di toko offline ya.
      kalo di toko online ga bisa meski tertera logo dibelakang kartu atm

      Delete
    5. Maaf mas andrea mau bantu jawab
      . kalau blnja menggunakan edc selain BRI meskipun yg terjaring atm bersama . ntah itu BCA/Mandiri nantinya saldo akan ke potong admin 7rb . sama halnya tarik tunai di ATM bersama ..

      Delete
    6. ok mba, makasih lagi nih hehe...

      Delete
  52. iya di offline mas yg saya tanyakan hehee
    nanya beda topik mas, kalo WD dari paypal/entropay/neteler ke britama apakah bisa?
    berapa fee nya kira2?
    misalkan tidak bisa, rekomendasi pake bank apa yg suport WD dari USD/EUR ke IDR (yg fee nya kecil hehee)

    ReplyDelete
    Replies
    1. paypal ke britama bisa, biaya 16ribu jika wd dibawah 1,5juta, wd diatas itu gratis, itu berlaku semua bank.

      entropay sama netteler saya gak punya akun, jadi gak paham soal wd. cuma saya pernah baca dimana gitu saya lupa, kalo buat isi netteler atau entropay bisa pake cimb niaga.

      kalo terima dana dari luar, bank di indonesia sih gak ngenain biaya, biaya itu dikenakan bank pengirim yang diluar sana.

      bank di indonesia sudah dapat untung dari pertukaran mata uang usd/euro ke idr, maka pilih bank yg rate bagus, saya sendiri kurang perhatiin bank mana

      beda dengan paypal, paypal akan kirim ke bank indonesia sudah dalam bentuk rupiah

      Delete
  53. om om tante2 mau nanya nih,,kemarin aq transfer ke no rek BRI di ibu..kirim IDR 620.000 kenapa dicek kirimannya jadi IDR 570.000 trs yg IDR 50.000 KEMANA?pdhal sdh byr transferan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama cek dulu rincian mutasi di rekening penerima.

      kalo ternyata yg masuk cuma 570ribum berarti harus di urus ke bank.

      karena bisa saja uang masuk sebenarnya 620ribu, tapi di rekening penerima ada biaya-biaya yg harus di keluarkan, yg di potong secara otomatis setelah uang masuk, misalnya tunggakan biaya admin dsb.

      intinya; cek mutasi via internet banking, atau cetak buku, lihat rincian transaksi, setelah itu baru di tindak lanjuti.


      Delete
  54. saya punya tabungn britama, knapa biaya administrasi sampe 70 ribu padahal saya ga pernah menggunakn atm atau yng lain soalna saya lagi kerja diluar negri, paling ditranfers dari luar,, apakah biaya kalo ditranfrr dari luar negri biaya sampe 70??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo agan sule transfer dari luar dengan full amount, maka seharusnya gak ada biaya untuk terima transferan, bank sudah dapat keuntungan dari selisih konversi valas itu sendiri,

      tapi kalo kirim dari sana bukan full amount, maka dana yg diterima tidak utuh (ada potongan)

      tinggal agan sule pilih mana, apakah akan transfer full amount dengan biaya transfer dari sana lebih besar, atau nyari biaya transfer lebih kecil tapi ada potongan di rekening penerima.

      ini kita ngomong diluar biaya lain ya gan, dalam arti di internal britama sendiri, karena kalo itu harus dilihat rincian transaksi melalui internet banking.

      sukses diluar ya gan, bawa devisa yg banyak.

      Delete
  55. Mas,saya baru buka rekening,klw nbung atau nyetor bisa dilakukan di smua cbg bri gak ya mad?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg britama dan simpedes bisa tok, kalo yg tabunganku mesti di cabang tempat bikin rekening.

      selamat nabung

      Delete
  56. Mau tanya, kartu simpedes sya berwarna Biru biasa, apa bisa di ubah jadi kartu debet berwarna hijau yang ada logo MasterCard nya? Dan caranya bagaimana? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gak bisa deh, atm simpedes emang di desain untuk debet nya di edc bri aja, kalo ada logo master card nanti bisa debet di semua edc

      Delete
    2. Brrti harus buka rekening baru ya?

      Delete
    3. iya bikin rekening baru tapi harus britama bro

      Delete
    4. Bisa. Datang aja ke cs . minta pergantian kartu . ada biaya 15rb. Dan biaya admin kartu 1500/bln.
      Setelah kartu baru maka layanan mobile banking /inet banking pun perlu daftar ulang.

      Delete
    5. ow gitu yah, makasih mba....
      kayaknya mba mulidah jg pernah bantu saya jawab soal bri deh.

      bro raden mas to, sori jawabab saya ngawur

      Delete
    6. Iya mas andrea . abis aku nasabah bri yg bawel. Jadi lumayan tau sedikit ttg bri.
      Dan kebetulan kemarin ngantar kakak buat rek simpedes . malah di tawarin yg hijau / biru . skalian deh milik ku yg biru jg ikut ganti yg hijau.

      Delete
    7. saya kurang bisa mengingat orang, tapi kalo sama orang2 tertentu saya cukup ingat. Dan ternyata benar, setelah scroll keatas ternyata benar ingetan saya, mba mulidah pernah nimbrung disini.

      sampe ketemu lagi......

      Delete
    8. mau tanya, saya buka tabungan simpedes. saya kemaren baru menambah saldo saya, terus ngecek buku tabungan dan biaya potongan perbulan kepotong 2 kali itu cuma perbedaan 3 hari... ini harus gmn?

      Delete
    9. wah nggak beres tuh sis, call aja BRI no 14017, minta penjelasan. cuma ya gitu, harus sabar, sering sibuk operatornya.

      kasus kayak gitu biasanya terjadi kalo saldo sebelum penambahan dana tidak tersedia untuk di potong, begitu ada dana masuk maka langsung dipotong sejumlah yg sebelumnya ga ada itu.

      tapi kalo saldo sista sebelumnya normal aja, dalam arti masih cukup untuk dipotong 6500 dalam satu bulan maka potongan double itu harus di balikin lagi.

      Delete
  57. Mas saya mau tanya saya kan udah bikin tabungan simpedes. Saya juga mau bikin tabunganku BRI.
    Nah kalo saya mau nabung uang di tabunganku BRI apakah harus setor di bank nya atau bisa transfer dari simpedes saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bingung juga nih jawabnya.

      Perkiran saya sih bisa dengan transfer (cuma perkiraan ya)

      Delete
  58. selamat malam min,ni juga dapat temuan baru ni.jd saya mau tangsung...
    kemaren siang saya ketemu orang yang baru menarik duit dari tabunhan simpedes sebesar Rp.200rb,trus di minta amitrasi Rp.5rb..apakah itu juga peraturan bank bri..?
    kok sdh kena potongan bulanan kok kena biaya amitrasi penarikan juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam juga gan

      memang perbankan sekarang cenderung bikin aturan seperti itu, misalnya penarikan dibawah 2juta/5juta akan dikenakan biaya.

      beberapa kali saya sampaikan ke teman2 disini, jika nabung di tabungan harian lebih baik ambil fitur atm, tujuannya kesana, supaya ambil duit bisa di atm, karena kalo di teller akan dikenakan biaya.

      Disinilah perlunya kita pandai memilih produk tabungan bank yg tidak mata duitan, meski bri identik dengan bank rakyat, apakah sudah sudah cocok dengan kita, sementara masih banyak bank lain yg tidak mengenakan biaya sehingga cocok buat yg kantong rakyat indonesia kebanyakan.

      Sy termasuk orang yg cukup gerah dengan kebijakan bri, bank rakyat tapi produk tabunganya tidak bersahabat dengan rakyat.



      Delete
  59. Itu kalo bikin ATM yg ngga ada fasikitas ebank nya tuh bisa buat akun paypal ngga sih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu diluruskan dulu nih: ATM itu termasuk ebanking,

      apakah mungkin maksudnya rekening bank yg tidak ada fasilitas ebanking?

      bisa saja, sepanjang rekening bank itu bisa nerima transfer dari luar

      mohon dicatat juga ya, rekening untuk WD paypal, bukan verifikasi

      Delete
  60. Gan saldo saya cuma 530 ribu
    Kalau nabung saya 20 ribu/2 hari apakah
    Saldo saya habis di makan biasa adminitrasi bulanan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nabung tiap dua hari tanpa diambil jelas saldo gak habis.

      cuma kalo mau tris-trisan maka jelas tiap bulan agan mengeluarkan biaya.

      misalnya potongan britama 13ribu perbulan, sementara agan dapat bunga dari saldo 500ribuan itu hanya bbrpa rupiah bahkan nyaris tidak ada, gitu aja gambaranya

      Delete
  61. Replies
    1. langsung aja mba, pertanyaannya nanti muncul setelah dimoderasi dulu

      Delete
  62. Rncana mau bkin bisnis online kecil2an. Utk cek sldo gratis,biaya trnsfer ke bank lain murh dan biaya admin perbuln gk mhal. Pkai bank apa kak? Btuh referensi. Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cek saldo semua bank gratis kalo di ebanking nya sendiri (kecuali BSM di mbanking), kalo transfer ke bank lain semuanya hampir sama biaya nya 6500-7500, kalo pun ada yg gratis ada syarat tertengu misalnya saldo harus sekian puluh juga.

      coba pake bca xpresi biaya 5000/bulan, tabunganmu mandiri 3000/bulan, dan ada banyak lg yg gratis biaya bulanan, silahkan icha baca2 aja ya artikel di blog ini

      Delete
  63. Transaksi simpedes rinciannya gmna biayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udh sya obok obok kak, searching di google, tp msih blm pas mna yg enak

      Delete
    2. kalo baru mulai pake bca dan mandiri seperti yg saya sebut diawal udah cukup kok, nanti kan ada interaksi dengan pembeli, nah pembeli itu maunya rekening apa,

      Delete
  64. Lbih baik pke mbanking apa ibanking kak klo buat cek sldo+trnsfer

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung situasi, kalo sedang online dengan pc, lebih baik pake internet banking, kalo sedang diluar atau malas buka pc ya pake mbanking.

      mana yg dianggap nyaman nantinya akan ketemu dengan sendiri, yg penting dua2nya gunakan

      Delete
    2. Klo simpedes biaya trnsaksi intrnet banking/ sms banking brp? Rinciannya bleh kak?

      Delete
    3. kalo biaya bulanan gak ada, kalo per transaksi rincian biaya nya ada di link yg udah saya kasih diatas,

      Delete
  65. Sms banking simpedes transfer ke BRI kok kena plsa sya indost ke ptong skitar 1800 ya? Tlong jlaskan kak.

    Trus cara gnti pin sms banking gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang potong pulsa, semua operator jg sama, biaya nya setiap kirim dan setiap terima sms.

      ganti pin, ketik:
      PIN(spasi)pin_baru(spasi)pin_lama

      contoh
      PIN 123456 333333

      Delete
    2. Klo transfer via intrnet banking kena biaya kuota apa plsa?
      Klo kena kuota brarti kuotanya diambil sprti layaknya internetan biasa?

      Delete
    3. iya kuota internet bisa,

      tapi kalo nanti interner bankingnya untuk transfer akan kena biaya sms untuk pengiriman OTP seperti sms banking itu.

      tapi kalo internet banking nya cuma buat cek saldo sih gak kena biaya sms.

      Delete
  66. Klo intrnet banking transfernya kena biaya kpotong brp plsanya?
    Klo sms banking sih kena 1870 kak skali trnsfer

    Klo buka intrnet banking ada sldo minimal gk? Ktanya 5jt itu bner gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap tranfer itu kena biaya sms 550.

      kalo transkfer sms banking itu biaya 550 per sms, tapi kan ada bbrp sms dalam satu kali tranfer itu.

      5juta itu ketentuan lama, saya gak tahu masih berlaku nggak smp skrng.

      tapi kalo IB nya buat cek saldo aja sih gak perlu 5juta, berapa aja boleh, tinggal daftar internet banking di atm aja.

      Delete
  67. mau tanya
    bagaimana potongan bunga awal kredit di bank BRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf mba, saya kurang paham soal kredit

      Delete
  68. Mas, Britama saya bulan ini kok ada biaya lagi 10 ribu (bukan adm bulanan),
    Padahal saldo saya bulan ini diatas 50ribu, dan tidak ada penarikan di teller.
    Sbgai tambahan saldo akhir saya 88ribu n rekening saya cuman buat nerima uang dr Paypal tapi dari dulu ga ada biaya dari Bri kaya' ini.. sebelumnya mksih Pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau deh bro, kemungkinan itu kesalahan system...

      kalo cuma buat nerima paypal sih bikin tabunganku aja, banyak tabunganku di berbagai bank yg ga ada potongan, bisa wd paypal, dpt atm, bisa internet banking juga...

      berbagai potongan tabungan bri

      Delete
    2. Jika uang yg saya tabungin lbh dr 5 jt. Yg di maksud 1% itu gmn ya min. Apakah uang saya bertambah tiap bulan apa berkutang ..

      Delete
    3. tetap berkurang.... dari 5juta paling dapat bunga berapa duit...5ribu perak paling jg... sementara potongan britama 12ribu.... jadi ada selisih kurang sekitar 7ribu.... ya segitu berkurangnya tiap bulannya bro..

      kalo gak mau berkurang... cari aja tabungan yg ga ada potongan...misalnya tabunganku di beberapa bank... dengan duit 5juta saldo akan bertambah walau sedikit...

      Delete
  69. tabungan gw di BRI simpedes, sampe sekarang gk ada potongan,.. Mungkin krn beasiswa kali yaak. :v

    ReplyDelete
  70. Mau nanya .. kalau saya mau pindahbukukan/ganti tabungan dari britama ke simpedes, bagaimana ya? Apakah semua saldo britama akan dipindahkan ke simpedes? Makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa... kalo mau simpedes harus bikin lagi... adapun britama nya bisa tetap di gunakan atau di tutup

      Delete
  71. tapi sy coba ke kantr bank BRI, mau buka tabunganku selalu di tolak....knp ya....apa skr sdh tidak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada... tp gak semua cabang bri pegang tabunganku

      lagi pula kenapa mba bikin tabunganku di bri.. tabunganku di bank lain punya fitur wah... tabunganku di bri kayak tabungan jadul

      Delete
  72. Mau tanya nih

    Saya kan tinggal di kota, tapi bisa ga ya kita buka rekening simpedes di daerah perkotaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak semua simpedes ada di cabang perkotaan.. karena produk ini emang buat masyarakat desa... kalo di kota kecil sih ada simpedes

      Delete
    2. Ayah saya barusan wafat mempunyai saldo tabungan simpedes, maksud ibu saldo tersebut mau dipindah ke rekeningnya pada bank yg sama, tetapi persyaratan yg diminta bank sangat rumit sekali, catatan : sudah membawa surat kematian ayah dari kalurahan, ktp ibu, surat nikah, kk, ktp, semua copy dan asli dibawa. Masih diminta semua kk dan ktp semua anak2nya 8 orang sekaligus tanda tangannya padahal anak2nya banyak yang berdomisili berpencar jauh ada yg di kslimantan jakarta,sedang ibu berada di desa
      Apakah betul persyaratannya demikian?
      Terima kasih

      Delete
    3. saya gak tahu kalo di bri begitu yah..

      kalo pengalaman saya dulu di bank swasta..ngurus bunga dana pensiun ayah saya..

      kronologi gini:

      ada surat dari bank yg ngabarin kalo ayah saya masih punya sejumlah dana.. dari keluarga diminta bebrp dokumen untuk pencairan..

      waktu itu saya bawa kk, ktp saya, dan surat kematian..udah itu aja... isi formulis... terus uang itu masuk ke rekening saya..padahal ibu saya masih ada

      Delete
  73. Saya mau nanya, saya baru buat tabungan britama, awal saya nabung tanggal 4 bulan 3, saya setor awal 500 rbu, dan setelah seminggu kemudian saya setor lagi utk kedua senilai 1 juta,jd di buku tabungan nya tertera jmlah saldo 1,5 juta, setelah beberapa hari saya setor lagi senilai 1 juta, dsini yg mnjadi masalah nya, knapa di bku tabungan nya ad pemotongan, jmlah saldo jadi berkurang, jadi 2487000, seharusnya kan 2500000, klo memang it pemotongan administrasi bulanan, knapa ga di tanggal 4 bulan 4 saja di potong, krna saya awal nya buat bbuku tbungan di tnggal 4 Bulan 33. Tolong konfirmasinya ya Om. Mmakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya admin gak di potong berdasar tanggal pembukaan... ada tanggal tertengu yg sudah di tetapkan bank

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum