October 12, 2014

Bingung Pilih Britama Simpedes atau BRI Syariah, Baca ini dulu

Advertisement

Artikel ini untuk mempertajam lagi informasi untuk mereka yang ingin membuka tabungan di BRI.  Sehingga   teman-teman  yang ingin membuka tabungan BRI tidak lagi bingung mau pilih produk  yang mana; apakah tabungan BritAma, Simpedes, atau menyimpan uang di BRI Syariah.



Setelah melihat table komparasi di bawah, diharap semua  yang ingin menjalin kebersamaan dengan bank BRI, bisa langgeng. Tidak putus sesaat  karena diawali faktor ketidaktahuan pada informasi awal.  Atau karena tidak mampu berpikir jernih ketika customer service BRI menerangkan produk tabungan.

Akibatnya, setelah memiliki rekening disana mereka segera menutup rekening itu, padahal niat semula bagus banget, untuk persiapan  masa depan.

Meski tabungan Britama dan simpedes adalah jenis tabungan yang sama, dari bank sama, tapi fitur dan biaya dari produk simpanan ini berbeda.

Perbedaan simpedes dan britama sepertinya tidak begitu kentara.  Namun apabila di perhatikan lebih teliti, ternyata  perbedaan yang lumayan significant. Terlebih jika di ikut sertakan tabungan faedah dari BRI Syariah.

Dalam hal fasilitas kartu debet misalnya.  Pada debet yang di peruntukan untuk Simpedes, transaksi hanya bisa di lakukan pada mesin EDC BRI saja. Hal ini jelas beda dengan Debet card dari Britama dan BRISyariah, yang bisa di pakai belanja pada banyak merchant.

Dalam hal pembukaan rekening perlu juga di ketahui. BRI Simpedes tidak tersedia di semua kantor cabang BRI.  Bisa dipahami apabila di kantor cabang utama di kota-kota besar tidak melayani pembukaan tabungan simpedes. Karena jelas, dari nama produknya sudah kelihatan, Simpedes; Simpanan Masyarakat Pedesaan.

Lain halnya dengan Britama, warga di pedesaan sekalipun bisa membuka tabungan ini.  Bahkan pengamatan saya di kantor cabang pembantu BRI di daerah, banyak ibu-ibu memegang buku tabungan BritAma, bukan simpedes. Saya tidak tahu apakah para ibu itu telah memilih sesuai kebutuhan, ataukah hanya ikut-ikutan temannya saja.

Karena produk ini beda namun serupa, berikut saya tampilkan perbedaan antara Britama dan simpedes  dalam hal biaya, limit transaksi,  dan fitur dari kedua produk itu ditambah simpanan dari BRI Syariah.

update: 29 maret 2015
 mulai 6 mei 2015 akan diberlakukan biaya interkoneksi pada BRI Syariah, jadi, transfer antar bank atau taruk tunai di atm bank lain tidak gratis lagi


Baca juga : Saldo minimum supaya bunga bank bisa menutupi potongan bulanan

 komparasi fitur dan biaya  tabungan Britama  Simpedes  Faedah BRI Syariah

Item
Britama
(Classic)
Simpedes

Faedah Bri Syariah

Biaya



Setoran awal
250.000
100.000
50.000
Setoran selanjutnya
10.000
10.000
10.000
Biaya administrasi  perbulan 
12.000
6500
Gratis 



Biaya ATM perbulan
1000
500
gratis
Saldo  minimum  di tahan
50.000
50.000
50.000
Denda dibawah saldo minimum
5000
5000
12.500
Biaya penarikan di teller
5000
5000
-
Saldo rekening di tutup otomatis
50.000
25.000
10.000
Biaya Penarikan  di ATM BRI
0
0
0
Biaya penarikan di ATM Bersama /prima
7500
7500
0 saldo ≥500.000
6500 saldo < 500 ribu




Info saldo di BRI
0
0
0
Saldo tidak cukup di ATM BRI
0
0
0
Saldo tidak cukup di ATM Bersama
3000
3000
3000
Saldo tidak cukup di ATM Prima
2500
2500
2500
Salah pin di ATM Bersama


3000
Salah pin di ATM Prima


2500








Limit Transaksi perhari



Limit penarikan di ATM
5 juta
5 juta
5 juta
Limit  belanja di merchant
-          Pin
.
10 juta
Hanya di EDC BRI
10 juta

-          Tanda tangan
2 juta
2 juta









Transfer ke  BRI



-          ATM
20 juta
20 juta
10 juta
-          Internet Banking
20 juta
10juta
10juta
-          SMS Banking
1 juta
1 juta
5 juta
-          Phone banking
10 juta
10 juta
-




Transfer ke Bank Lain



-          ATM
10 juta
10 juta
10 juta
-          Internet banking
100 juta
-
-
-          SMS Banking
1 juta
1 juta
5 juta




Biaya penggantian Kartu ATM
10.000
10.000

Biaya penggantian buku rusak
gratis
gratis

Posted by:

91 komentar:

  1. Itu jumlah transfer k bri jumlah maksimal y??
    Kl kita mw transfer dri bri syariah k britama free biayany gk y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jumlah maksimal dalam satu hari.

      kalo sekarng masih gratis asal saldonya minimal 500ribu.
      tapi ntar mulai 6 mei 2015 akan dikenakan biaya

      Delete
  2. Enak nya yg untuk nabung & nerima transferan apa, BRI BRITAMA atau BRI SYARIAH??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabung enaknya di bri syariah (kalo cabangnya dekat) => ga kena potongan.

      nerima transferan dua-duanya sama.



      Delete
  3. kalo nerima dan mau transfer enakan bri simpedes apa syariah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo transfer dan nerima transfer dari bri enakan simpedes.

      kalo mau transfer ke semua bank enakan brisyariah.

      kalo nerima tranfer dari semua bank sih sama aja

      Delete
  4. Saya iburumahtangga yang tinggal dipedesaan, enaknya nabung di bri syariah ato simpedes gan??
    Terus apa perlu juga minta ATM??
    perlunya nabung gitu kalo ada rejeki lebih , dan sewaktu2 ada keperluan mendadak ada simpanan uang.
    gak dipake buat macam2 transaksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Selagi bisa nemuin cabang bri syariah lebih baik di bri syariah aja. Duit tidak berkurang.

      kalo simpedes, saldo ibu mesti sekitar 9 juta supaya saldo tidak berkurang setiap bulannya.

      coba ibu pertimbangankan juga nabung di BTN atau di BNI syariah, dari dua bank ini nama produknya sama "tabunganku", disitu juga duit gak akan berkurang tiap bulan meskipun saldonya cuma 25ribu, kalo di btn nanti bisa nabung di kantor pos.

      meski bri banyak cabang di daerah pedesaan bukan berarti produknya cocok bagi kita yang ingin menyisihkan uang belanja.

      banyak produk tabungan bank tidak mengenakan biaya administrasi bulanan, dan semua bank itu aman, karena simpanan kita di jamin oleh pemerintah.

      -selagi nabung di tabungan harian lebih baik minta aja atm, yang penting gak usah di bawa di dompet.

      karena kalo perlu uang mendadak bisa sewaktu2 ambil di atm tanpa harus antri atau repot kalo bank sedang tutup.

      Belum lagi kecenderungan bank sekarang mengenakan biaya untuk penarikan di kantor cabang, jadi atm tetap perlu.

      kira2 begitu bu

      Delete
  5. Itu yg kosong gak ada fasilitasnya atau gmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tandanya saya gak tahu mas bro hehe....

      Delete
  6. Aduh jd bingung,,bank mana yg harus sy pilih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bingung pegangan win...

      atau gini aja, kamu inget2 bank yang dekat dengan rumah kamu itu apa, setelah itu baca2 deh artikel situs ini. Terutama biayanya berapa atau fasilitas apa yang didapat.

      Delete
  7. Masa simpedes harus min 9jt sih biar gak berkurang uangnya setiap bulan ??? Berati BRI simpedes bunganya sedikit??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah bingung kalo ada bunga bank besar.

      saya pernah membahas supaya saldo tidak berkurang pada artikel berikut: saldo minumum supaya bunga bank bisa menutup biaya admin bulanan

      Delete
  8. kalau transfer dari bank BRI konvensional (britama atau simpedes) ke bank BRI syariah kena potongan berapa?

    ReplyDelete
  9. Bri syariah, bni syariah, mandiri syariah, lebih enak mn ?.
    Kantorx sama2 deket rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya BNI Syariah
      Saya pernah bikin perbandingan, silahkan menuju tkp ya bro BRIS vs BSM vs BNI Syariah

      Delete
  10. ortu barusan mau transfer uang ke atm ku BRI SYARIAH..
    katanya kalo gak sama-sama dr BRI SYARIAH gak bisa utk menerima transferan.. emang bener begitu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak jg ah, bisa kok terima transferan dari semua bank.

      Delete
  11. saya masih bingung simpedes atau britama.soalnya hanya digunakan untuk mendapatkan transefran uang beasiswa.transfer terbesar baik simpedes atau britama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu simpedes jg sudah cukup.

      kayaknya gak ada batas kalo terima transferan,

      Delete
  12. Klo simpedes,,kita bisa nabung di BRI mana saja?? Apa hanya di BRI saat kita buka rekening gan??
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di cabang mana aja di seluruh indonesia, cuma kalo cabangnya beda kota ada biaya 5000

      Delete
    2. Gan,simpedes kalo trima transferan apakah duit transferan itu juga berkurang tiap bulanya jika di biarkan tetab di bank/tidak di ambil?

      Delete
  13. klo bri simpedes ada layanan atm ny gan?

    ReplyDelete
  14. gan mau tanya dong.. sya lg menjalan kan bisnis online shop.. enak.a pake yg mana ya ? soal.a kan sering transfer sana sni... saat ini saya pakai BRI syariah cuman karena sekarang ga gratis lagi.. jadi rada memberatkan gt buat usaha sya...mohon jawaban dan solusinya gan..thaks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sering transfer samain aja dengan bank tujuan transfer yg paling banyak di gunakan, dengan begitu tidak ada biaya (kecuali bri transfer sesama bank ada biaya)

      perhitungin juga rekening yg digunakan oleh pembeli, kalo pembeli kebanyakan punya rekening bca misalnya,sebaiknya bikin bca, dll

      oiya. saya juga pernah menulis tentang hal ini, silahkan baca aja ya yuni artikelnya: rekening bank untuk jualan online

      Delete
  15. permisi kak andrea,
    aku mau tanya,

    aku udah punya tabungan BRI Simpedes, kalo mau bikin lagi tapi dengan atas nama yang sama bisa ndak yaa?

    kalo BRI Simpedesnya cuman buat nerima transferan terus menerus dari bank lain tanpa adanya tansaksi lain spt tarik tunai, beli pulsa, pembayaran tagihan, tidak nabung langsung ke unit cabang, apakah akan terkena pemotongan selain biaya adm per bulan?
    intinya nabungnya lewat tranferan dr bank lain

    kalo BRISyariahnya cuman buat nerima transferan terus menerus dari bank lain tanpa adanya tansaksi lain spt tarik tunai, beli pulsa, pembayaran tagihan, tidak nabung langsung ke unit cabang, apakah akan terkena pemotongan selain biaya adm per bulan?
    intinya nabungnya lewat tranferan dr bank lain

    BRISyariah bisa kan yaa nerima transferan dr bank BCA?
    kalo nerima transferan BRISyariahnya kena pemotongan biaya ato ndak yaa? atau cuman yang mentransfer yang dikenai biaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok punya lebih dari satu rekening di bank yg sama, itu berlaku untuk semua bank.

      potongan adm perbulan di simpedes tetap ada, bagaimanapun status rekening itu.

      emang saldonya mau diapain, suatu saat pasti akan ambil duit dari tabungan kan meskipun cuma sekali, narik duit di bri itu ada biaya meski di lakukan di atm bri sendiri, apalagi di kantor cabang, apalagi di atm bank lain

      bri syariah tidak kena biaya asal saldonya diatas 50ribu, jadi ini aman kalo buat terima transferan terus tarik di atm bris juga.

      bisa, bris bisa terima transferan dari semua bank, gak ada biaya, yg dikenakan biaya yg melakukan transfer aja.

      Delete
  16. lengkap banget informasinya gan, makasih ya ^_^

    ReplyDelete
  17. gan brrti,blm pasti di cabang bri ada bri syariahnya ya?

    ReplyDelete
  18. gan saya mau nabung di tabungan berencana bri syariah jarak paling dekat berapa tahun.dan bisakan terima transferan dari luar negri.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. -minimal jangka waktu 1tahun (paling cepat).
      -setoran wajib tiap bulan minimal 50ribu dan kelipatannya, bisa juga nabung di luar setoran wajib.

      bisa, ada biaya kalo terima transfer dari luar negeri.

      oiya, kalo bikin tabungan rencana bris harus punya tabungan faedah dulu

      Delete
  19. saya nasabah Britama kalo mau pindah ke BRI Syariah gimana caranya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggalin aja britama-nya, terus bikin di bri syariah...

      Delete
  20. tapi katanya kalau transfer ke bank mana aja lewat atm bri syariahnya gak kena biaya gan itu bener gak gan?

    sama semisal bri britama transfer ke bri syariah kena biaya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah gak berlaku sejak bulan mei gan, sekarang transfer dari bri syariah ke bank mana saja ada biaya

      sama, britama ke bri syariah jg ada biaya

      Delete
  21. Gan,Kalau kita menabung sekaligus 20juta apa ada syaratnya ? Kalo ada, maksimal menabung tanpa syarat brapa?
    Sy pake britama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada syarat kok, setor aja seperti biasa

      Delete
  22. Gan sy pengguna bri simpedes...
    Tp sy mau buka rekening baru untuk bri britama..
    Apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, punya banyak rekening di bank yg sama boleh aja

      Delete
  23. bri syariah bagus. tapi bri dan brisyariah ternyata tidak satu bank. jadi kena biaya antarbank deh...

    ReplyDelete
  24. saya di atas 17 thn, mw bikin rekening tpi gk punya ktp, yg ada bekas kartu pelajar dan ijazah bisa gk yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia kamu tuh udah wajib punya ktp... itu aturan negara loh...mana mungkin bank akan nerima calon nasabah yg tidak taat aturan... ini masalah keuangan, jangan anggap sepele masalah administratif dengan bank

      gak ada ktp, coba pake sim...

      Delete
  25. Aku brsn buka rekening simpedes. Awal tanya2 cs ga memuaskan deh. Cm blg bea bulanan simpedes 5000. Britama 13rb. Si cs ga faham bea ketika aku tanya.malah celingukan lihat buku. Ternyata stlh bbrp hari aku cetak buku u simpedes tiap trf ke sesama bri kena bea 750/transaksi. Mau aktifin internet banking jd parno kl ntr kena bea lagi dehhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkwk.... dia mulai tersadar...

      Delete
    2. Gan, maaf ya, saya mau tanya karena gak ngerti. Kalo kita nabunh di BRI Simpedes dgn saldo terakhir 100juta, brapakah nominal bunga yg diterima bulan berikutnya.
      Trima kasih sebelumnya.

      Delete
    3. kurang lebih sekitar 1juta....

      100juta masuk deposito aja bro

      Delete
    4. wkwkwk.... iya bener gan...

      Delete
  26. gan saya mau buka rek bri simpedes sekalian buat kartu atmnya. kira kira hbs berapa ya biayanya.. kan klo setoran awal 100rb. utk kartu atmnya ada biaya lg ga yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada biaya kalo atm bikin baru... atm bri ada biaya bulanan, ada biaya setiap penarikan uang, dll.

      bawa aja duit 150ribu udah cukup

      Delete
    2. Hallo.. Saya mau tanya nih.. Tabungan BRI simpedes bisa transfer uang lewat internet(hp) gak bro??
      Klo bisa saya mau buka rekening tabungan BRI simpedes

      Delete
    3. spy internet banking bri bisa untuk transfer saldo harus 5juta dulu... baru bisa daftar inet banking finansial (untuk transfer)

      kalo dari hp bisa jg dengan sms banking... tapi bisa boros pulsa...

      setiap transfer akan di kenakan biaya, baik itu ke sesama bri atau ke bank lain....

      Delete
  27. sy br buka rek BRI Simpedes tapi setelah tau malah pengen pindah ke BRI Syariah yang tidak ada potongan perbulannya,bisa gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja...

      nanti setelah baca2 tentang bank lain malah pengen nutup bris lg ... bris jg udah gak gratis semua... baca2 aja dulu artikel di blog ini... nanti makin terang benderang mana bank yg cocok buat agan..

      Delete
  28. Replies
    1. aman aja.. orang di jamin pemerintah kok..

      Delete
  29. Klo mau pindah dari BRI SIMPEDES MENJADI BRI BRITAMA gmn gan
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin britama... terus tutup aja simpedes nya...

      oiya.. agan udah pikirkan belum britama.. itu kan biaya nya lebih besar...

      berbagai potongan tabungan bri

      Delete
  30. Kalo saya buat rekening bri syariah trus kalau mau ngmbil di atm bri konvensional bisa gak? Kena biaya berpa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ambil di bri... kena biaya... lupa deh berapa biaya nya kkkkkk.....

      Delete
  31. Saya baru aja pindah dri mandiri syariah ke bri simpedes ,klo mandiri syariah bisa sampai habis uang di atm di tarik klo bri simpedes berapa ya ?

    ReplyDelete
  32. ka aku pengen bikin atm tapi aku masih dibawah umur. terus klo mau bikin itu aku harus bawa apa aja persyaratannya. terus emang bener yaa harus bawa orang tua juga buat bukti katanya, soalnya temen aku gitu. minta masukan nya dong ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus bareng orang tua.....

      kamu bawa akte kelahiran, terus orang tua bawa ktp dan kk serta uang tunai...

      orang tua harus ikut itu karena uang yang kamu tabung nantinya sumber dana nya berasal dari orang tua... kamu kan belum punya penghasilan sendiri... jadi memang orang tua harus ikut

      Delete
  33. Gan gw mau tanya, barusan buka rekening simpedes nah tapi gw dapet kartu atm nya yg ijo itu looh. itu kartu atm britama kan? berarti kena biaya bulanan nya lebih tinggi dong? atau biaya adm per bulan itu tetep simpedes. cuma untuk biaya kartu atm nya aja yg beda? mohon penjelasannya gan. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya admin tetap. ...biaya atm nya lebih besar, sesuai kartu atm itu

      Delete
  34. Saya mau tanya . Jika isi tabungan BRI sempedes 50rb dan tidak diisi selama 6 bulan apakah masih tabungannya sudah tertutup?(karena sya tidak tahu berapa lama waktu tabungan yg tidak diisi bisa tertutup otomatis)
    Dan sekarang saya diluar negeri ,masih bisakah saya menggunakan tabungan itu lagi atau harus membuka tabungan baru di luar negeri dngn Bank BRI ?Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih aktif...baru enam bulan.. kalo gak salah bri itu 1 tahun

      bisa gunakan lagi... kalo mau bikin lagi jg bisa..

      Delete
  35. Kak, mau tanya nih ..
    Untuk biaya adm itu di tarik setiap menabung atau sebulan sekali ..
    Lalu kalau misalkan saya mau nutup buku tabungan jakarta tapi ngurusnya di bogor apakah bisa kak? ..

    ReplyDelete
  36. @m fifdaus: setiap bulan itu pasti.. kalo nabung beda kota dengan tempat bikin rekening ada biaya juga

    gak usah repot2 mikirin nutup rekening antar kota,,, kalo udah gak minat nabung lagi tinggal cuekin aja

    ReplyDelete
  37. Mas mau tanya, klau buka bank BRI Syariah... Kira" dpat bunga, minimal saldonya brpa..??? Mkcih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg tabungan faedah di bri syariah itu ga ada bunga berapapun saldonya... tapi bank bisa saja memberi bonus .. tapi tidak di janjikan diawal..

      Delete
  38. makasih kak infrmasinya, kebetulan lagi cari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba sudah nyasar kemari

      Delete
  39. Emm kak, mau nanya soal bri syariah, sekitar 1th yg lalu tuh q buka rek bris, tapi trus ga aktif, begitu buka rek samasekali g dipake blas, sekarang kan q ud kerja rencana mau q tabung, nah tp buku rek kartu atm udah ilang, ini gimana y ?? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin lagi di bri syariah gak masalah... jawab aja apa adanya... jng lupa baca2 jg blog ini... banyak tabungan yg bisa di jadikan pilihan..

      Delete
  40. Baru mau buka tabungan bri syariah,dah ambil no antrian,mbil nunggu mampir kesini..
    jadi maju~mundur,.
    tanks all infone..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... sumpah ngakak banget komen nih... kebayang nih agan maenin hp sambil nunggu

      Delete
  41. Apa bris sama bri britama simpedes itu beda bank??
    Misal mai bka rek bris hrus dbank bris kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda bank... bris itu anak perusahaannya bri.. nabung di bris bisa di bri yg ada layanan syariah.. tapi gak semua cabang ada

      Delete
  42. Tabungan simpedes apa bisa setor tunai di atm juga? Atau harus langsung k bank BRI nya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo atm cuma buat ambil duit... kalo buat setor namanya cdm... nah kalo ada cdm bri bisa setor jg simpedes

      Delete
    2. Brisyariah tarik tunai ke atm bri kena biaya gak

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum