October 9, 2014

Menutup Tabungan Bank dan Biaya

Jika ingin menutup tabungan di bank, nasabah bisa langsung menuju customer service di kantor cabang tempat membuka rekening. Bawa semua “property” milik bank; buku tabungan, kartu ATM, Token gadget ( jika ada).



Disana nantinya kita akan disodori formulir penutupan rekening untuk diisi beserta alasannya. Proses ini memerlukan biaya admistrasi penutupan rekening yang di potong dari saldo yang ada. Adapun saldo tersisa bisa kita terima secara tunai melalui form penarikan di teller.

Saya punya pengalaman waktu menutup rekening di salah satu bank. Si customer service mengembalikan  kartu ATM yang telah saya serahkan, katanya bawa saja lagi. Saya tidak mau. Buat apaan. Di dalam dompet  aja sudah  penuh kartu begituan keluaran dalam dan luar negeri. Lagipula kartu itu milik bank. Saya malah minta customer service untuk menggunting kartu itu dihadapan saya.

Langkah aktif menutup rekening  itu tidak perlu di lakukan jika seseorang tidak ingin lagi menggunakan layanan  dari bank itu. Cara-nya; tarik saja saldo simpanan hingga batas minimal. Jika penarikan via ATM, tarik saldo hingga tidak bisa diambil lagi. Jika penarikan di teller, ambil hingga batas minimum ketentuan produk tabungan itu.

Selanjutnya tinggal lupakan saja. Karena pada akhirnya, saldo tersisa akan habis oleh biaya administrasi bulanan  serta biaya dormant, sehingga akun kita di tutup otomatis oleh system. Langkah ini terbilang praktis, mungkin juga paling “di gemari” oleh sebagian besar nasabah, termasuk saya hehe….

Setelah menutup tabungan / ditutup secara paksa oleh system, apakah bisa menabung lagi di bank itu dengan produk yang sama?

Bisa! Sebagai tabungan baru bukan nomor rekening lama.

Saya pernah mengalami  di beberapa bank;  di BCA, CIMB Niaga, dan BII. Dari ketiga bank tersebut sebelumnya saya pernah punya rekening yang ditutup paksa oleh system,  kemudian di lain waktu saya membuka lagi. Sampe sekarang ketiga rekening baru dari ketiga bank itu  masih aktif dan sering saya gunakan untuk transaksi.

Apapun pilihannya, saya serahkan pada masing-masing individu. Sebagai pelengkap informasi, dibawah ini saya buat daftar biaya administrasi penutupan rekening yang di lakukan di kantor cabang.

Daftar biaya administrasi penutupan rekening

Produk / Bank
Biaya Penutupan
( Rp)
Bank mandiri

Tabungan Mandiri
50.000
Tabungan BSM
20.000
BSM Simpatik
10.000

BRI

Britama
50.000
Simpedes
25.000
Faedah BriSyariah
25.000


BCA

Tahapan
5000
Xpresi
5000
Tahapan IB
25.000


BNI

Taplus
10.000
Taplus Muda
50.000
IB Hasanah Mudharabah
10.000
IB Hasanah Wadiah
20.000


CIMB Niaga

X-tra
50.000
Hypermart Savers

Airasia Savers
10.000
On Accout
Gratis
X-tra IB



Bank Permata

Permatas Bebas
100.000
PermataMe
50.000
Permata Tabungan IB
100.000
PermataMe IB
50.000


Bank Panin

Tabungan Panin



Danamon

Danamon One
50.000 
Danamon Lebih
50.000 


BII Maybank

Reguler
50.000
Woman One
50.000


BTN

Batara
25.000
Ebatara Pos



OCBC NISP

Tanda 360
100.000


Sinarmas

Tabungan Sinarmas
50.000
Simas Lion Ticket
50.000




Bukopin

Siaga



TabunganKu di semua bank
20.000

Posted by:

72 komentar:

  1. Gan, mungkin bisa ditambahkan biaya penutupan tabungan BII Gold sebesar 100 ribu Rupiah dan ON Account gratis (menurut website bank yg bersangkutan).

    ReplyDelete
  2. Ask Gan. agan bilang begini "Saya pernah mengalami di beberapa bank; di BCA, CIMB Niaga, dan BII. Dari ketiga bank ini sebelumnya saya pernah punya rekening yang ditutup paksa oleh system, kemudian di lain waktu saya membuka lagi. Sampe sekarang ketiga rekening itu masih aktif dan sering saya gunakan untuk transaksi." Pertanyaannya, rekeningkan sudah ditutup, kok bisa aktif dan dipake lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kacau nih kalo yg baca kayak agan semua, saya mesti rajin2 edit artikel sebelum di publish hehe....

      maksudnya rekening baru dari ketiga bank tersebut masih aktif.

      ok gan makasih, saya ubah deh redaksionalnya supaya gak rancu

      Delete
    2. hehe, maaf ya gan ane baru ngerti, maksudnya agan buat yg baru lagi ya ? tak kira yg lama itu aktif lagi. Hehehe skali lagi maaf ya. Saya jadi malu

      Delete
    3. yoi gan, harusnya sy makasih sm agan, trnyata ada yg baca teliti banget, jd sy gak asal jeplak aja gitu maen2 kata.

      Delete
    4. Apa benar utk tutup rek.tahapan BCA hny Rp 5.000,-? Itu berlaku s.d sekarang gak kak?
      Utk semua jenis rek.BCA, kalau mau tutup rek.,biayanya mmg gak ada yg diatas Rp 50.000 ya?

      Delete
    5. masih berlaku sampe sekarang.

      gak perlu datang kecabang buat nutup rekening, buang2 waktu, antri, isi form segala.

      kalo bca sih tinggal saldo habisin ambil duit dari atm aja sudah beres.

      Delete
    6. berarti secara otomatis tertutup ya akun BCA nya..

      Delete
  3. untuk bri syariah sekarang bukan 10ribu deh, coba cek d webnya gan,

    mohon maaf klo saya banyak bikin komentar di blog ini

    sekali lagi saya minta maaf mau kasih saran coba buat topik tabungan yg bisa minus seperti bank danamon, biasanya klo di tabungan kita mentok sampai nol, ini tabungan sampai minus gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan, makin banyak komen blog saya makin rame....

      Delete
    2. ternyata 25ribu. mahaaalllll........

      Delete
  4. nambah lagi coba bahas tabungan danamon lebih dan tabungan mu danamon, n buat yg punya tabungan danamon lebih jangan biar dana jangan terlama disimpan maksudnya jika anda menyimpan uang 500ribu selama 12 bulan di danamon lebih, dana agan akan terkuras habis, karena ada biaya rekening pasif

    ReplyDelete
    Replies
    1. danamon lebih pernah saya tulis, kalo danamonMu masih malas, cos saya gooners gan ha......

      Delete
  5. minta link ulusan danamon lebih dong, ni begadang sambil baca blog ini gak ketemu dgn ulasan bank danamon

    ReplyDelete
  6. Maaf mas tumpang tanya, saya kan punya acount rekening Tabungan Mandiri bisnis, nah rencananya mau ganti pake Tabungan Mandiri Perorangan (biasa). Caranya gimana ya? Apakah harus menutup rekening yg Mandiri bisnis dulu atau gimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tutup dulu gpp, bisa bikin tabungan tabungan reguler nya dulu terus tutup yg bisnis jg bisa

      atau bisa juga punya dua2 nya, terserah aja mana yg paling hepi

      Delete
  7. mampir ksni lg deh buat naya.. :D
    jangka paling lama bhwa akun kita bakal di ttup oleh sistem. itu setelah brp lama gan, kita tdk menggunakan tabungan itu lg. (tdk menggunakan nya lg, dlm hal transaksi.)
    mksh dl sblm nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 bank menutup rekening setelah 3 bulan saldo nol (akihirnya minus), tapi di halaman danamon lebih ada tuh teman kita yg rekening nya gak di tutup system tapi malah saldo minus berkelanjutan.

      jadi flow gini:
      tidak ada transaksi selama 6bulan berturut2 dikenakan biaya dormant-> terus begitu sampe saldo habis -> setelah saldo habis ada grace period selama 3 bulan-> jika dalam tiga bulan itu ada setoran masuk, maka saldo rekening tetap aktif tapi langsung di potong biaya admin yang belum terbayar itu, kalo tiga bulan tetap ga ada dana masuk maka rekening langsung ditutup.

      Delete
    2. Misi gan/sist...
      Yg ditutup otomatis selama 3 bulan berturut-turut saldo Rp.0 termasuk bank mandiri ga ?

      Delete
    3. Coba baca peraturan di butap buku mandiri, ditutup otomatis 6Bulan bukan 3bulan

      Delete
  8. Gan kalo tutup rekening ada btas waktunya dari awal pertama kali buka rekening ga?. Contohnya saya kan buka rekening di awal bulan. Nah diakhir bulan saya mau tutup rekening. Atau harus nunggu beberapa bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada bro... misalnya kemarin bikin terus hari ini tutup jg ga masalah...

      Delete
    2. Kalau mau tutup pake cara yg sisain saldo minimal aja, rekening bakalan ditutup otomatis setelah berapa bulan gaada transaksi gan?

      Delete
    3. saldo habis dulu... terus ada grade period rata2 bank memberlakukan tiga bulan

      Delete
  9. Habis di tutup bisa buat baru.tapi gk pakek setoran awal bisa gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam gan, mau tanya nih. Ane 3 hari yg lalu buka rekening di britama, tapi ortu ane ga setuju ane nabung di bank yg bersangkutan. Rencana ane mau di ambil aja saldo yg ada lewat atm dan disisakan saldo minimalnya. Nah jangka waktu atm ane bakalan ditutup oleh system itu berapa lama ya jika gaada transaksi sama sekali setelah penarikan terakhir? Trimakasih

      Delete
    2. orang tua agan pasti tahu banyak tentang bank....

      Delete
  10. Kalo tarik tunai saldo tuh bner2 wajib ke bank yg bersangkutan ya gan?
    Kebetulan bank BPD tersebut nggak ada di daerah saya, dan parahnya lagi ATM saya hilang.. mngkin bisa bantu infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake buku harus ke bank bersangkutan... kalo pake atm bisa di atm bank lain

      Delete
  11. Gan biaya penutupan bank mandiri masih 50rb kah?

    ReplyDelete
  12. Kalau mau pindah dari tahapan gold jadi tahapan xpresi bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa...
      yg bisa dilakukan adalah bikin xpresi lalu tutup tahapan gold, atau sebaliknya

      Delete
  13. Gan kalau rekening bca di tutup oleh system tanpa sepengetahuan lalu pengen buka nomor rekening yg sama bisa gak kira2 di buka lagi trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa gan... bikin aja lagi yg baru...gpp kok...jawab aja jujur ga masalah

      Delete
  14. Saya sudah lma tdk bertransaksi di bank danamon..smpe2 atm saya minus..koq bs gt bro?mesti lapor ke bank terkait untuk pnutupan rekening..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bro baca di postingan danamon lebih banyak yg ngalamin masalah sama..


      sebaiknya gak usah... tinggal cuekin aja gpp..

      Delete
  15. Saya punya Rekening BNI Taplus, sudah 3 tahun tidak bertransaksi setor tunai maupun tarik tunai, sisa saldo pun lupa masih berapa ribu rupiah.
    Yang saya mau tanyakan adalah kemungkinan rekening saya itu masih aktif atau sudah ditutup system? dan apabila saya berniat untuk membuka rekening baru di Bank lain apakah tidak terkena Blacklist dari Bank bersangkutan?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ditutup, pasti !!!

      agan bisa bikin rekening di bank manapun, termasuk di bni lagi... gak masalah

      Delete
  16. Limit tarik tunai di ATM danamon brp ya ?
    Thanks bg andrea

    ReplyDelete
  17. mas mau tanya. Kalo kita udh nutup rekeningnya sisa saldonya dikembalikan gak? Dan langsung dikembalikan atau harus nunggu beberapa hari dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung di balikin... ambil di teller nantinya... di potong biaya penutupan deh

      Delete
  18. Mas, saya mau tanya. Saya kan sudah tarik semua saldo via ATM. Kebetulan tabungan saya itu bebas biaya admin. Sisa saldo terakhir adalah 9000 rupiah. Sudah dormant 6 bulan. Sejak saldo 9000 sampai 6 bulan berikutnya, tidak pernah ada bunga dan potongan pajak bunga. Yang saya mau tanya, kalau ada yg kirim uang ke rekening saya, apakah masih bisa masuk ke rekening saya atau tidak? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sekedar masuk ke rekening sih bisa..rek saya yg gak aktif 5tahun masih bisa terima transfer karena saya salah transfer..

      masalahnya rekening sudah gak aktif kan perlu di urus buat ambil duitnya...

      lebih baik, telp bank status rekeningnya masih aktif atau nggak... atau kalo malas, coba gunakan atm untuk cel saldo, masih bisa atau gak... kalo rekening gak aktif otomatis kartu atm juga non tidak bisa digunakan

      Delete
  19. Rekening ON Account XL di CIMB Niaga menurut info dari CS Telp 14041 kena biaya penutupan 50.000 (saldo mengendap)

    ReplyDelete
  20. kalau kita mau menutup rekening tapi buku tabungan kita hilang,masih bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah tambah repot jadinya... lebih baik ambil aja semua duitnya di atm..terus lupain .. ntar juga di tutup sendiri..

      Delete
  21. biayya penutupan rek danamon 50rib + biaya admin yg terhutang ( klo tabungannya minus)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan... saya update... pasti banyak yg perlu nih..

      Delete
    2. saldo minimal bni s yg muharobah minimal 100.000, n sekalian mau nanya biaya admin e batara pos di saldo bawah 300rbu , kena berapa ya

      Delete
    3. kena kalo dibawah 300ribu... lupa berapa ya

      Delete
  22. Gan, ane mau nutup rekening BRIS ane, karena ane ngerasa ditipu pas buka rekening. saldo minimal di BRIS itu kan 50rb, nah nanti kalo ane tutup rekening itu 50rb nya bisa diambil apa ngga ya? Tks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain biaya penutupan selebihnya bisa diambil... kalo saldo agan skr 50rbu, terus biaya penutupan 50ribu, berarti agan ke kantor cabang sia-sia...lebih baik biarin aja dari pada buang2 waktu

      Delete
  23. Kalau atm hilang. Bisa langsung tutuo rekening gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja.. paling ditanyain atmnya.. tp itu gak menghambat penutupan rekening

      Delete
  24. mohon maaf mau nanya gan
    cara ngecek aktif apa ngak nya rekening gmna ya selain ke bank nya langsung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake aja atm buat cek saldo.. kalo atm gak bisa dipake berarti rek udah di tutup

      Delete
  25. bang kalo mau tutup rekening BRI Britama edisi man of steel mending habisin saldo via teller apa atm ya bang? wkwk, sama batasan max ambil uang via atm bri berapa ya? pemula bang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. habisin aja di atm gan.. daripada antri di bank... batasan maksimal gak tahu berapa

      Delete
  26. Hallo ka,saya punya atm mandiri tapi buat turun klw gajian..rencana mau buka tabungan bri biar tabungan gk nyatu sma gajian mau buka bri..bri apa ya kira2 dekat rumah sih hanya ada bri biasa...bisa kah atm bri syariah,atm simpedes di ambil tarik tunai di atm biasa??

    ReplyDelete
  27. betul yang dikatakan si agan pembuat blog ni, kalau mau penutup bukuan, langkah awal di cek data transaksi di buku tabungan, lalu ambil semua saldo yang ada sampai batas minimum. langkah terakhir bisa di tutup atau di abaikan,

    penglaman saya baru aja tadi siang, cuma sisa 300 rb di atm BNI TAPLUS saya, karena sudah 1 tahun di abaikan, mau di ambil itu susahnya minta gaplok, banyak alasan atasan lah, atau prosedur lah, KENTUT LAH KATA SAYA,

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya dong kira2 setelah kuta melakukan penutupan rekening otomatis data mengenai diri kita di bank tersebut sudah tidak berlaku kah dan pihak sudah tidak bertanggung jawab apabila ada masalah? Contohnya : ingin melakukan penarikan sisa uang yang tidak sengaja tertransfer ke rekening yang sudah di tutup. Mohon informasinya ya? Thanks

    ReplyDelete
  29. Mau tanya min, misal kita ambil semua saldo diatm, kira2 brp lama sampai bisa bener2 terblokir(tutup).
    Nd apa nanti bakal dihubungi pihak bank?

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->