May 23, 2014

Tabungan Faedah BRI Syariah iB

Advertisement

Untuk banyak hal, Tabungan BRI Syariah  iB Faedah lebih bagus dari pada Simpedes ataupun Britama dari bank rakyat indonesia konvensioal. Kenapa saya katakan demikian, kita akan membahas  di halaman ini mengenai beberapa hal, seperti di bawah ini;

Tentang Tabungan Faedah BRI Syariah iB
Fitur dan Biaya Tabungan Faedah BRI Syariah iB
Membandingkan Tabungan Faedah BRI Syariah iB dengan Simpedes dan Britama
Cara Membuat Tabungan Faedah BRI Syariah iB

Note :
Mohon abaikan ketika saya mengunakan variasi kata dengan spasi;  BRI Syariah, yang benar ditulisnya adalah BRISyariah ( kata tersambung)


**

Tentang Tabungan Faedah BRISyariah iB


Tabungan Faedah (Fasilitas Serba Mudah )  adalah produk simpanan dari  Bank Rakyat Indonesia  Unit Syariah ( BRISyariah ). Kita bisa sebut juga ini tabungan BRI Syariah iB ( baca; ai bi ).

Tabungan Faedah adalah simpanan harian untuk perorangan dengan prinsip sesuai syariat  islam dengan skema wadiah atau  Titipan.  Lebih jauh baca; mengenal bank syariah.

Meski pengelolaan berdasar syariat  islam, tapi tabungan dan bank syariah  bersifat universal. Semua golongan agama dapat  membuat rekening di sana. Tak peduli apakah itu mereka beragama kristen, katolik, hindu, budha, atau konghucu.

Nasabah pemilik  tabungan Faedah BRI Syariah dapat melaukan setoran tunai di kantor cabang BRI konvensional yang ada unit layanan syariah-nya.

Karena ini adalah jenis tabungan harian, maka transaksi  tidak terikat  jangka waktu, jumlah penyetoran dan waktu penarikannya. Kapan saja terserah. Sepanjang jam buka kas, atau selama elektonik banking berfungsi.

Tabungan Faedah BRISyariah termasuk simpanan yang di jamin LPS. Jadi kalau ternyata bank ini kolap maka dana nasabah  dijamin pemerintah hingga 2 milyar per nasabah.


Fitur dan Biaya  Tabungan Faedah BRI Syariah iB.


Saya tertarik menulis artikel setelah melihat tayangan iklan TV mengenai produk ini yang dirasa cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, dalam iklan itu terdapat sederet  klaim serba gratis. Betulkah semuanya gratis? Saya telah melakukan beberapa riset kecil-kecilan , sehingga saya bisa menuliskannya disini, yang mereka sebut  7 fasilitas serba mudah.

Biaya - Biaya

  • Setoran awal minimal Rp 50.000
  •  Gratis biaya administrasi bulanan tabungan
  •  Gratis biaya bulanan kartu atm
  • Gratis biaya debit prima
  • Gratis biaya cek saldo di atm bri, jaringan atm bersama & atm prima
  •  Gratis biaya tarik tunai di atm bri, jaringan atm bersama & atm prima
  •  Gratis biaya transfer di atm bri, jaringan atm bersama & atm prima

Untuk tiga item pertama saya langsung percaya, karena sekarang sudah  nge-trend tabungan bebas biaya administrasi dengan setoran awal ringan setelah kemunculan Danamon Lebih, atau belakangan  TabunganKu, serta yang terbaru Simas Lion Ticket.

Yang menjadi perhatian saya terutama pada tiga  item terkahir, yaitu semua gratis;  cek saldo, tarik tunai dan transfer di jaringan ATM Bersama dan Prima. Bagaimana tidak, BRI Syariah bisa membebaskan biaya pada dua jaringan itu. Padahal, biasanya pada bank lain, apabila kita melakukan  cek saldo/  tarik tunai akan di kenakan biaya hingga Rp. 5000,- . Kalaupun di gratiskan biasanya  jika  saldo di rekening mencapai belasan atau puluhan juta rupiah.

Saya coba telepon customer servce BRI Syariah tentang syarat dan ketentuan supaya bebas biaya ketika di gunakan di jaringan ATM Prima dan Bersama, ini untuk mengetahui kalau-kalau ada biaya tersembunyi yang tidak sesuai seperti dalam iklan, serta  tidak  di publish di websitenya. Si CS cuma bilang; yang penting saldo diatas Rp.25.000,- , itu saja, tidak ada hal lain.

update 2 oktober 2014
Mulai 10 november 2014, saldo minimum supaya gratis transaksi di ATM Bersama dan Prima adalah sebesar Rp 500 ribu.
---

Namun sayang, ketika saya belum selesai  bertanya, CS nya bilang  seolah ingin segera mengakhiri pembicaraan;  supaya saya mencari tahu pada teman yang telah telah membuka rekening Faedah BRI Syariah.

Yah beginilah bro, kalo nanya produk tabungan gratis biaya administrasi yang di tujukan untuk kalangan bawah, maka kita akan di vonis orang miskin, yang tidak perlu banyak di kasih penjelasan oleh orang diseberang sana,  hahay........

Biarpun begitu  jangan khawatir teman, saya telah dapat info tambahan, bahwa nasabah memang hanya cukup menahan saldo minimum 25 ribu saja, karena jika saldo kurang dari itu maka akan kena biaya administrasi / potongan perbulan sebesar Rp.2500,-

update 2 oktober 2014

Mulai 10 november  2014 saldo minimum adalah Rp 50.000 , biaya dibawah saldo minimum dikenakan biaya Rp 12.500 / bulan
---

Selain  itu, biaya  juga  bisa timbul  karena faktor rekening pasif  selama enam bulan berturut-turut tidak ada transaksi (dormant). Dalam hal ini akan ada potongan Rp.10 ribu per bulan.

Jadi,  meskipun tidak ada biaya macam-macam untuk menikmati fasilitas dari Tabungan Faedah BRI Syariah  iB , jangan sampai menelantarkan tabungan hingga lebih dari enam bulan berturut-turut, atau membiarkan saldo sampai di bawah Rp.25 ribu.  Kalo itu di lakukan, tetap saja saldo tabungan akan habis  kena potongan seperti di bank lain yang ada biayanya.

e-Banking

Yang juga menarik perhatian saya tentang fasilitas elektronik banking ( e-banking) yang di sediakan Tabungan Faedah BRI Syariah iB, terutama untuk hal yang biasa di lakukan  keperluan sehari-hari.

ATM
Seperti yang telah di singgung diatas, semua nasabah berhak mendapat kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu debet.

Kartu ATM BRI Syariah bisa di gunakan di semua ATM BRI konvensioanal, serta dalam jaringan ATM Bersama dan Prima BCA.

Mobile Banking
Ada empat aplikasi mobile banking yang bisa di install pada ponsel setiap nasabah untuk keperluan transfer, cek saldo, pembelian, pembayaran dll , yaitu, android, blackberry, iphone, java.

Mobile banking BRI Syariah di namakan mobileBRIS, jadi silahkan ketik kaca kunci tersebut pada masing-masing toko aplikasi yang di inginkan, atau lihat link langsung di website www.brisyariah.co.id

SMS Banking
Mereka menamakan smsBRIS,  dengan nomor pengiriman ke 3388. SMS banking dari BRI Syariah ini bisa menjadi pilihan untuk mereka yang masih akrab dengan ponsel fitur.

Operator yang bisa digunakan hingga tulisan ini dibuat adalah Telkomsel, Indosat, XL dan Axis.

Phone Banking
Dapat langsung menghubungi call center di 500-789


Itulah fitur ebanking yang bisa di dapat oleh penabung Faedah BRI Syariah. Sementara fitur internet banking sampai tulisan ini dibuat belum ada. 

Disinilah uniknya  BRI Syariah, biasanya pihak perbankan lebih dahulu membangun  internet banking dari pada layanan ebanking berbasis mobile aplikasi.

Tapi setelah saya pikir-pikir, ternyata masuk akal juga jika managemen BRI Syariah melakukan strategi demikian. Karena  masyarakat indonesia ( terutama di pedesaan) lebih banyak yang memiliki HP dari pada PC. Atau apa karena  investasi untuk pengembangan mobile banking lebih murah? Saya tidak tahu!

uupdate 21 desember 2014
 BRI Syariah sekarang sudah ada fitur internet banking. Yang sudah jadi nasabah silahkan manfaatkan fasilitas tersebut. Yang baru mau buka rekening jangan lupa saat membuka rekening minta langsung di aktifin fitur inet bankingnya

28 maret 2015
Efektif tanggal 6 mei 2015 ada perubahan biaya interkoneksi e-chanel BRI Syariah.  Tranfer antar bank, tarik tunai di BRI atau di atm bank lain akan dikenakan biaya administrasi per transaksi

**

Tabungan Faedah BRISyariah vs Britama, Simpedes


Sepertinya tidak fair membandingkan tabungan BRI Syariah Faedah dengan Simpedes dan Britama. Yang satu simpanan berkonsep syariah islam, sementara yang lain nya bersifat konvesional. Masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan menurut sudut pandang setiap individu.

Namun, karena ini produk simpanan  satu kelurga dari bank sejuta umat, terlebih bagi mereka yang bingung menentukan pilihan, apakah ingin nabung di BRI Syariah, atau nyimpan duitnya di  BRI konvensional, rasanya wajar saja jika saya coba mengadu produk ini, sebagai bahan pertimbagan bagi calon nasabah.

Saran saya;

Nabung di Faedah BRI Syariah iB jika kamu;
Kondisi keuangan masih cekak. Pelajar. Mahasiswa.  Tidak memerlukan bunga / imbal hasil. Memiliki keyakinan bunga bank adalah riba.  Akan lebih sering menggunakan ebanking dengan HP. Jaringan atm bersama dan Prima mudah di jangkau. Buat belanja supaya tidak perlu pegang uang cash.


Nabung di Britama  atau Simpedes jika anda;
  • Dapat menahan saldo diatas 19 juta rupiah untuk Britama dan 10 juta simpedes, agar dapat menghindari berkurangnya saldo karena potongan biaya administrasi.
  • Untuk keperluan bisnis yang memerlukan pemeriksaan saldo secara berkala dengan internet banking, atau sering melakukan transaksi.
  • Individu yang rawan kecelakaan setiap harinya sehingga memerlukan perlindungan asuransi gratis (khusus britama )

Cara Membuka Tabungan Faedah BRI Syariah iB


Untuk membuat rekening cukup datang ke kantor cabang BRI Syariah dengan membawa bukti identitas diri, KTP / SIM / Kartu Mahasiswa / Paspor dll, serta uang tunai untuk setoran awal.

Untuk tahapan-tahapan nya saya  telah menulis pada artikel lain, silahkan  baca; cara menabung di bank.

Itu adalah panduan untuk pemula yang ingin menabung di bank, karena pada dasarnya langkah-langkahnya sama.

**

Itulah beberapa hal yang bisa saya catat tentang Tabungan Faedah BRI Syariah iB. Dengan segala kelebihan dan kekurangan, keuntungan dan kerugian, produk itu tetap layak untuk nasabah perorangan dimanapun.

Terima kasih telah membaca.

baca juga: merger bris bsm bnis dan btn syariah serrta dampaknya bagi nasabah

Posted by:

102 komentar:

  1. mau tanya dr postingan di atas:
    "Yang menjadi perhatian saya terutama pada tiga item terkahir, yaitu semua untuk gratis cek saldo, tarik tunai dan transfer di jaringan ATM Bersama dan Prima. Bagaimana tidak, BRI Syariah bisa membebaskan biaya pada dua jaringan itu. Padahal, biasanya pada bank lain, apabila kita melakukan cek saldo/ tarik tunai akan di kenakan biaya hingga Rp. 5000,- . "

    itu mksdnya kalau cek saldo, tarik tunai, transfer di mesin ATM BRI nya, gratis kan? (kecuali transfer ke bank lain)
    sedangkan utk cek saldo, tarik tunai, transfer di mesin ATM bank lain, harus bayar?
    kalau misal di mesin itu kita cek saldo lalau melakukan tarik tunai, apakah kena biaya Rp 5.000 sebanyak 2 kali?



    Soal bunga bank, kalau di situsnya dicantumin suku bunga >Rp 1.000.000 mka dapat bunga 1%, apakah itu murni tiap bulan saya bisa dapat Rp 10.000 ?
    wah lumayan ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. transter ke bank lain, atau transaksi di atm bank lain di jaringan bersama dan prima juga kabar nya gratis gan untuk tabungan bri syariah ini. makanya saya jg heran.

      kalo di atm yg menerapkan bayar untuk transaksi di atm bank lain, cek saldo dan tarik tunai di hitung sendiri, jadi 2 kali kena potong. tapi biasanya biaya cek saldo lebih murah dari pada ambil duit.

      soal bunga, agan ini buka website mana, saya kok ga lihat.
      lagi pula ini tabungan syariah dengan akad wadiah /titipan, jadi ga ada bunga.

      kalau pun bank pengen ngasih imbalan, itu terserah dia berapa aja dan ga tentu.

      kalaupun benar 1% seperti yang agan maksud, itu untuk perhitungan untuk setahun, jadi 1% dibagi 12 bulan.

      jadi perlu bulannya hitung aja sendiri gan haha....

      Delete
  2. nah jadi buka tabungannya mesti di BRI Syariah ya??
    ga bisa di BRI yang biasa aja gitu? hhe
    soalnya dari rumahku ke BRI Syariah jauuuhhhhhhhhhhhhhhhhh.. pake banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya ga tahu segimana jauh, berapa lama jarak tempuhnya.
      kalo masih satu kota dengan jarak tempuh tidak lebih dari 2jam lebih baik paksaan buka rekening di bri syariah. karena toh cuma sekali itu saja, untuk selanjutnya nanti bisa nabung di kantor bri konvensional terdekat atau ambil duitnya di atm bri

      kalo tidak, ya pertimbangin bank lain, atau silahkan bikin di simpedes/ britama dengan semua plus minusnya

      btw, sy gak tahu ukuran jarak tempuh satu kota tempat tinggal kamu di palembang sana, kalo sy yg tinggal di jawa barat sih jarak di satu daerah dari ujung barat ke timur, selatan ke utara tidak lebih dari satu setengah jam.

      begitu ella....

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. ohh.. terima kasih ya..
      ga masalah kalau cuma buat sekali aja dan selanjutnya bisa nabung di bank bri biasa.
      makasih ya infonya ^^

      Delete
    4. di Kota Palembang kan sudah ada BRI Syariah, 3 kantor cabang lg.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Kalo setorannya gan, bisa nyetor di BRI Konvensional gak ?? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, nanti waktu bikin rekening akan di beri nomor giro untuk tujuan setor rekening bri syariah dari bri konvensional, kalo tidak di kasih coba kamu minta nomornya saat bikin rekening itu.

      kalo ragu ada perubahan kebijakan, coba tanyakan / pastikan dulu sama cs-nya sebelum isi form aplikasi, bahwa tabungan syariah ini bisa setor di bri biasa

      Delete
    2. kemaren saya tanya. kata mba nya gak semua bri konvensional bisa nerima setoran, tapi cuma bri konvensional yang menyediakan layanan syariah aja.

      Delete
  6. Lengkap bingits cara dan faedahnya, Thanks ya Gan
    Dari dulu niat untuk buka di BRISyariah tapi tahan dulu tunggu punya KTP dulu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu kamu sabar ya dik... makan yang banyak biar cepet punya ktp haha....( ga ada hubungannya kali)

      Delete
  7. gan bisa nabung ga di bank bri konvensional stelah kita udh buka rek. d syariah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget gan, begitu juga sebaliknya.
      buka lebih dari satu rekening di satu bank juga bisa

      Delete
  8. Nomor Giro itu yg kayak bagemana ? apa sama dgn no.rek BRIS? atw yang 3 angka?

    atw isian slip setoran seperti biasa?
    thank bantuannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomor nya beda sama no rekening tabungan bris. . dikasih atau minta sama cso nya supaya bisa buat setor dari dari bri biasa.

      isi slip setoran di tujukan ke nomor giro itu, ntar duit masuk ke tabungan faedah.

      Delete
  9. Yah ngak juga bro, mereka, cs, dibatasi waktu, bkn berangapan orang kismin, ups miskin, don't take it personally, klo lebih lengkap langsung dtng aja di tmpt bri, simplee

    ReplyDelete
  10. Mau tanya.
    Saya udh 3x dftar sms banking tp knp ngga bs2 yaa..
    Kata nya stlah dftar kan dsuruh nggu sms dr bris nya unt ganti sandi. Tp saya ngga pnah dpt sms itu.
    Kartu saya axis.
    Kira2 salah dmn yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah 3 kali kayak gitu kayaknya di systemnya sis, kecil kemungkinan masalah ada di operator selular, kecuali no axis sista saat nunggu confirmasi itu sedang tidak ada pulsa, jadi sms tidak bisa masuk karena kan ada biaya.

      kalo menurut saya sih diurus lagi aja di cabang, jadi nanti bank akan tahu masalahnya nya dimana. sehingga bisa di daftar ulang setelah penghapusan regisirasi pertama yang gagal itu.

      kalo kemarin2 daftarnya lewat cabang, berarti perlu pertimbangkan ganti operator.

      Delete
  11. Gan mau nanya. Kalau setiap bulanya aku ada 600rb buat ditabung lebih baik bbuat tabungan di bank mana. Hanya membuat tabungan aja niatnya ga pake atm biar duit utuhl ga ane ambil. Klo misal Sebulan 500rb x 12 brarti 6jt ya kalau ane tabungin ke brisyariah dapet untung tetap segitu atau berkurang. Apa tabungan yg cocok nih buat ane gan, klo bri syariah dapet bunga brpa klo sebulan ane nabung 500rb dlem 1th saldo ane total brpa kira kira. Intinya itu tabungan murni dr awal ga ane ambil sampe setahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tunjuk bank ini bank itu saya ga berani bilang gan.
      cuma setelah baca komen agan saya saranin gini.

      -lebih baik simpan saja di tabungan berjangka ( tabungan rencana )
      jadi nantinya agan diharuskan untuk setor tiap bulan sejumlah yang agan sanggupi. misalnya 500 ribu perbulan.
      duit itu tidak bisa diambil sampai jatuh tempo yang agan sepakati kepada bank saat membuka rekening, misalnya tenor 1 tahun, tenor 2 tahun.
      .
      kalo agan punya kesanggupan nabung 600 ribu perbulan, lebih baik masuk ke tabungan rencana-nya 500 ribu saja, yang 100 ribu masuk ke tabungan harian yang tidak ada biaya admnya, buat jaga-jaga aja.

      tabungan rencana itu di haruskan mempunyai tabungan harian, jadi nanti setoran tiap bulan itu di potong otomatis dari saldo.


      makanya nanti kombinasi dengan tabungan hariannyya yang tidak ada biaya admin saja.

      tabungan berjangka bunganya lebih besar, selain biasanya ada perlindungan asuransi gratis tanpa setor premi ( pasti ada syaratnya)

      kalo perlu cari tahu dulu tabungan berjangka yang ngasih hadiah langsung saat membuka rekening, promo gitu sering ada. cek aja website bank satu-satu.

      tentang produk tabugan dari bank mana yang di pilih, coba aga baca-baca di artikel di blog ini pada kategori "tabungan bernjangka'.

      disitu saya susah sudah tulis tabungan rencana dari beberapa bank; dari bri bni mandiri bca syariah, cimb sinarmas dll.

      Delete
  12. Kalau soal begini ane masih newbie gan. Agan berikan contoh aja bank apa kira kira yg cocok sama budget ane. Misal BRI sebulan 500 buat rencana jangka panjang 100 buat tabungan. Nah klo dalam setahun kena potongan brpa terus pas jatuh tenor saldo ane jadi brpa? Sekalian rekomendasi dr agan apa bank yg pas yg cocok buat uang segitu.
    Ada pin BB ga mas buat nanya nanya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. Ok makasih ya gan info nya. Bagus banget buat yg pemula kaya ane. Niat ane jg di bri syariah aja yg penting duit utuh aja ga terlalu ngarepin bunganya sm bagi hasil. Cuma takut salaha aja bukanya untung malah buntung haha thanks ya nice info.

    ReplyDelete
  14. Om sy punya rekening di bri syariah.tgk 4-9-2014 ada kejadian gagal tarik tunai. Di atm bri konvensional.dan sampai sekarang duit sy belum kembali.kira-kira berapa lama ya om duit sy bs balik
    Nominalnya 1,2 jt untuk sy sangat besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah ngalamin kayak gitu tapi bukan di bri syariah, tapi di ocbc nisp.

      h+1 saya lapor ke kantor cabang lalu duit di balikin dalam waktu 8 hari dari 14 hari waktu yang di janjikan. ternyata di proses lebih cepat.

      kalo lihat dari tanggal kasus novi, kayaknya itu sudah kelamaan, atau standar kayak gitu di bri syariah berapa lama saya gak tahu.

      intinya gini, kalau sudah melewati batas waktu yang di janjikan, novi harus urus lagi.





      Delete
  15. mau nanya nih bro...
    kalo transfer dari BRIS, ke Bank BRI, kena biaya berapa atau gartis aja

    ReplyDelete
  16. Kalo punya rekening di bri simpedes terus buka lg di brisyariah bisa ga dengan identitas yang sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget bro.
      kamu punya banyak rekening di satu bank dengan identitas sama juga boleh.

      Delete
  17. Boleh nih dicoba gan....oh iya pas buka rekening pertama langsung dpt atm dan bisa digunakan gak? Atau harus menabung minimal berapa gitu? Kayak di mandiri musti 500rb atau brpa gtu bru bisa punya atm? *kalo gasalah gitu *CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tabungan bri syariah gak mesti harus nabung sampe saldo tertentu, jadi hari ini kita buka rekening + dikasih atm, besok nya kartu atm langsung bisa di gunakan.

      Delete
  18. Gan sy prnah bkin briS thn 2011 sdh d pke transaksi smpe sldo ahir 26rb thn 2012. 2013 pernah d pake lagi buat trnfer2 aja gt. Tp hanya brapa x gt gk lbih dr 10x klo gk slah, stlah itu vakum gan. Awal2 tahun ini 2014 sy cb mau trma transfer n mau sy transfer dr BRI tapi pas deal transfer gk nyampe mlah ada keterangan tdk ada jaringan/jaringan tdk tersedia. Pas sy cek atm bris nya tdk ada jaringan jg. Apa itu tandanya no.rek sy udh d tutup ?? Trs pas kmrn2 sy bkin lagi tab yg sm pas ada event, cz kalo gk ada event bkin d daerah lain kan d mintain domisili, ats saran temen adik sy suruh nunggu ada event aja biar gk ribet pk domisili gtu gan. Jdi intinya tab yg dlu sayank jg gan kalo punya 2 rek kan enak jd tab bs buat smpenan apa n apa gtu gan. Kalo bikn lagi tar lm nunggu event lagi. Gmn gan enaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, itu rekening sudah di tutup.

      enaknya sih kalo bikin 2 tabungan jangan di bank yang sama.

      banyak tabungan syariah yang bagus tanpa ada biaya bulanan.

      daripada gak tahu kapan ada eventnya, lebih baik bikin lagi skrang.

      step 1
      baca artikel ini, pilih mana yang sekira menarik

      Daftar fitur tabunganku dari beberapa bank

      tabungan syariah tanpa biaya bulanan administrasi yang bagus

      step 2
      coba lihat website bank, lalu catat nomor telepon cabang yang di ingin dituju / terdekat dengan tempat tinggal sekarang. tanyakan apa memang harus pake kartu domisili jika ktp luar daerah, karena biasanya bank syariah lebih longgar persyaratannya. ( tapi gak tahu juga kalo kota besar seperti jakarta)

      kalo ternyata tidak bisa, itu terserah nophi. bikin surat domisili atau nunggu sekalian pulang ke rumah asli, atau nunggu event.

      kalo saya jadi nophi, saya pilih bikin kalo lagi pulang kerumah. dengan catatan, pulangnya tidak setahun sekali.


      Delete
    2. Gan mohon pencerahannya, bisa gak ya transfer dari BRIS ke BRI Simpedes, trus apakah pake beberapa hari ato lsng nyampe gitu gan, berhubung saudara saya itu di daerah kecamatan, cuma gak desa bingits sih. Trus pertanyaan kedua gan, kalo kita mau minta token untuk transaksi bisa gak ya di BRIS cabang terdekat, mengingat wktu saya buka BRIS itusaat ada event, tenyata cabangnya jauh bingits gan dari yempat saya tinggal, pake satu jam gitu ke situ. Trus Gan saya juga gak dikasih nomor Giro seperti yg agan bilang supaya saya bisa nabung di BRI konvensional. bri itu agak ribet GAn Ya, soalnya saya pake BnI syariah, bisa nabung dimana-mana gan, di seluruh BNI. Udah gitu IB nya juga sma dengan yg konvensional, cuma kemarin saya agak kesel gan urus token, malah IB saya gak isa digunakan udah 1 bulan, kan jadi kesel juga gan. Sorry Gan jadi CUrcol....hehehehehe.God bless you Gan, forever and ever

      Delete
    3. 1. bisa, langsung nyampe saat itu juga pake atm atau sms banking.

      2. kurang tahu bro, kalo saya punya pengalaman ngurus tambah fitur di bri konvensional tidak mesti di cabang pembukaan rekening. dicoba aja moga bisa.

      3. justru yang berbagi pengalaman begini yang saya harapkan, jadi yang bisa tahu, jadi makin mudah memilih.

      makasih banyak komennya

      Delete
  19. Saya kan pasif lalu kena potongan sampai saldo saya dibawah 25rb lalu saya isi saldo sampai diatas 25rb apakah saya msh tetap kena potongan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak dong, kan berarti sudah lolos dari saldo minium.

      tapi sekarang saldo minimumnya jadi 50 ribu. jadi pastiin saldo minimumnya diatas 50ribu

      Delete
  20. Sy gk ykin bri syriah mpertahankan fitur iB syariah sprti umumnya bank2 yg laen yg mnghpus produk trbaiknya tuk klas mngah kbawah..tpi itu mrupkan pilihan trbaik dri prduk bank yg laen.

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum gan..
    Klo BRISyariah bisa buat bayar BPJS ga.? Atau cuma bisa yg konvensionalnya aja.?
    Makasih sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bri syariah belum bisa bro, yang konvensional ok.

      Delete
    2. Hmm.. tp mungkin gak klo kita bayar BPJS via ATM BRI Konvensional tp pke akun BRISyariah..?
      Kan klo transfer uang n cek saldo bisa kaya gitu..

      Delete
  22. mau tanya min.. kalo kita sebagai nasabah brisyariah menggunakan mesin atm setor tunai pada BCA di kenakan biaya nggk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak ngerti deh bro, setau saya mesin setor tunai BCA hanya untuk atm BCA, gak bisa dipake oleh atm bank lain.

      soalnya kalo saya pake cdm bca, otomatis pilihan layar cuma ada dua. setor ke rekening sendiri dan setor ke rekening lain.

      Delete
  23. Saya masih memiliki tabungan di bri konvensional, apa saya bisa membuka rekening di bri syariah? Terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget.
      bri syariah cocok buat remaja yang mau ada fitur ebanking namun tidak kena potongan

      Delete
  24. mau tanya gan..
    kalo udh nabung di BRISyariah trskan bisa di BRI yang biasa itu pk biayakah?
    matur nuwunn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah baca dimana gitu tapi lupa:

      setor di bri konvensionalnya yang ada layanan syariah-nya gratis biaya.
      setor di bri konvensional yang tidak ada layanan syariah kena biaya 2000.

      itu kalo tidak salah ya mba. teman2 yang tahu tolong kabarin sini

      atau mba cici misalnya ntar setor di bri biasa, kabarin lagi kemari kepastiannya.

      Delete
    2. saya msh 18th enaknya di BRI atau yg di BRISyariahnya ya gan?

      Delete
    3. bri syariah aja, nggak ada biaya tapi fitur lengkap.
      bri biasa banyak potongan

      Delete
    4. sami2 mba.....

      selamat menabung

      Delete
  25. apa bisa ya transfer melalui ATM dari bank BRIS KE BRI dengan transfer pecahan ..contoh 50411

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, semua bank dan semua metode transfer bisa.
      seller online biasanya lakuin angka unik kayak gitu supaya mudah ngeceknya.

      Delete
  26. maksud dari rek pasif 6 bln berturut-turut itu bagaimana?
    apa jika rekening tidak nabung 6bln berturut-turut disebut rek pasif?
    kalau tidak nabung 6bln berturut2 tapi cuma dipakai transfer dari rek bank lain ke bris, trus tarik tunai juga, itu termasuk rek pasif ga? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekening pasif itu kalo tidak ada transaksi sama sekali baik debet atau kredit

      kalo masih ada transaksi, misalnya transfer atau tarik tunai, itu bukan pasif, jadi aman gak ada biaya dormant

      Delete
  27. apa ada batasan minimal transfer antar bank, misalnya ke bri syariah, bri, mandiri dll? soalnya kalo gak salah pernah ada info transfer ke bri minimal 50 rb. atau bisa juga untuk angka kecil misalnya 10 ribu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo transfer dari bri syariah kebank lain minimal 50ribu.
      kalo ke sesama bri syaiah / bri mungkin bisa lebih kecil (ga tahu juga sih)



      Delete
  28. Gan kalo tranfer dari bca atau bank lain ke brisyariah kena potongan berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. transfer dari bca ke brisyariah lewat atm / sms/ mbanking biayanya 6500,
      dari bca ke bri syariah lewat internet banking biaya 5000 dengan kliring/llg tapi tidak sampe saat itu juga, ada delay waktu.

      kalo dari bank lain ke bri syariah biayanya variatif, antara 6500-7500.

      yang gratis transfer ke brisyariah cuma dari bri dan sesama brisyariah



      Delete
  29. saya mau tanya.. untuk mengaktifkan internet banking harus memesan E-Token. nah e-token itu apa? trus harus bayar ga kalo memesan e-token tersebut.. trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, datang aja ke customer service di kantor cabang, bilang aja mau mengaktifkan transaksi finansial internet banking. Nanti disuruh isi form. Gratis kok.

      jangan lupa bawa hp dan kartu yang akan dipakai untuk terima e-token.

      token itu otentikasi untuk buka akses.

      e-token yang di gunakan bri syariah secara umum disebut OTP (one time password), jadi kalo pengguna inet banking melakukan transaksi finansial, maka sistem bank akan mengirim e-token/OTP berupa beberapa digit angka satu kali pakai (berubah setiap kali transaksi) ke no hp yang telah didaftarkan tadi.

      Angka2 itu (e-token) kemudian di input di system inet banking yang telah disediakan ketika melakukan transaksi, sebagai otentikasi bahwa benar yang sedang melakukan transaksi ini adalah pengguna yang sah.

      jadi intinya, e-token itu berfungsi sebagai keamanan transaksi dengan internet banking.

      Delete
  30. Apa benar transfer atm antar atm bersama ngga kena biaya ?

    ReplyDelete
  31. gan kalo minimal transfer BRIS ke BRI konvensional berapa??

    ReplyDelete
  32. Bang saya kan masih seorang siswa yang belum punya tabungan, rencananya saya mau buat di BRI syariah. Yang saya mau tanyain, BRISyariah ini cocok engga bang buat saya yang pengen nabung kecil kecilan dan engga mau ada biaya admin dan saya juga suka bertransaksi online gitu, kebetulan kan ada ebanking nya juga. Kira kira saya cocok engga bang buat tabungan di BRISyariah ? dan saya mau tanya juga, kekurangan dari BRIsyariah ini apa ya bang? Makasih Banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok...!!
      memang sebaiknya untuk anak muda lebih baik pilih tabungan yang tidak ada potongan bulanan tapi ada fitur ebanking, supaya kalo setelah punya rekening saldo habis, kemudian ditutup paksa oleh bank. yang penting minimal 6bulan satu kali ada transaksi, dan saldo diatas 50ribu, itu aja

      kekurangannya apa ya, mungkin cabangnya masih sedikit, tapi kalo ada di kota tempat tinggal gak masalah. karena toh ke kantor cabang hanya sesekali.

      ada juga yg kirim email ke saya mengenai beberapa jali gagal daftar mbanking, saya perkirakan mungkin pada system, tapi jangan terlalu khawatir hal kayak ini pihak bank akan terus berbenah.

      Delete
  33. kabar kurang gembira... pas tgl 26 Maret kemarin ane update mobileBRIS android terus ada info perubahan biaya transaksi 6 Mei 2015 dan pas ane cek di web dan telepon CSnya jadi nanti gratisannya bakalan ilang gan sis untuk semua transaksi e-channel (ATM, smsBRIS, mobileBRIS dan internet banking BRIS) :'(

    - saldo >= Rp 500.000
    biaya transaksi di jaringan ATM BRI konven, bersama dan prima kena rata" 50%

    - saldo < Rp 500.000
    kena tarif transaksi normal (ngikutin tarif jaringan ATMnya)

    untuk detilnya cek di webnya BRIS http://brisyariah.co.id/?q=tabungan-brisyariah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini pengamat gadungan ngasih info keren juga wkwkwkk...

      ok gan saya update....

      Delete
    2. wkkwkwkw... gan saran ajah, kalo bisa comment" baru di taro paling atas ajah

      Delete
    3. pengen nya sih gan, soalnya banyak komen lama yg udah gak relevan dengan kondisi sekarang, masalahnya, platform blogspot gak bisa di atur kayak gitu.

      gimanapun tetap makasih sama saran agan, jadi saya makin sadar, ternyata banyak yg peduli dengan blog ini, ada yg ngasih saran, kasih update, dan ada juga yg perlu edukasi.

      semua diluar perkiraan saya, padahal waktu bikin blog ini cuma iseng aja, karena diluar sana sudah banyak info bertebaran

      Delete
  34. Ada gak atm setoran tunai buat bri syariah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah lihat, tapi cepat atau lambat pasti bakal ada

      Delete
  35. kalo bikin bpjs yg enak pake simpedes apa britama ya om,,,mohon pencerahannya 😊😊

    ReplyDelete
  36. Mau buka tabungan BRIs.. tapi masih newbie jd masih agak bingung,
    klo buka sekarang fitur dan lain" nya masih sama ga ya sprti artikel diatas? Gratis, atau ada potongan baru lg? Update donk mas tentang BRIS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo fitur dan biaya admin sama, tetap gratis.

      Bedanya sekarang kalo pakai atm bri atau atm bank lain, atau transfer ke bank lain ada biayanya antara 1500-6500.


      Delete
  37. Gan ane mo tanya nih, misal saya Tabungannya BRI Syariah, klo saya mau nyetor tabungannya di BRI Konvensional ngga ?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bri yg ada layanan syariah, kalo bri (saja) tetap bisa setor tapi masuknya kliring, ada biaya 5000

      Delete
  38. Ask gan. Saya mau buat rekening BRISyariah, misal saya setor tabungannya di BRI Konvensional ada biaya tambahan ngga dan ATM BRISyariah bisa buat belanjakan ya ?
    trus klo mau buat BRIZZI bisa di kantor BRISyariah ngga atau cuma bisa di BRI Konvensional ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. -atm bris bisa buat belanja
      - brizzi cuma di konvensional, kalo top up nya bisa dari semua bank

      Delete
  39. Ada yang tau gak kenapa ga bisa tarik tunai padahal saldo 540.264,00 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya emang bisa di tarik, kemungkinan ada masalah di jaringan.

      coba di atm lain mba, kalo ga bisa jg sebaiknya hub bris

      Delete
  40. Kalau sya mau ambil uang tunai tp pkai bri syariah melalui atm bsa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, kalo di atm bri syariah ga ada biaya, kalo ambilnya di bank lain ada biaya

      Delete
  41. suhu2, gue nemu alternatif bank BRIS nich, coba cek danamon syariah (Tabungan BISA iB - Mudharabah)

    - gratis biaya admin
    - ada bagi hasil
    - gratis transker ke bank lain maks 5x per bln*
    - gratis tarik tunai di ATM Bersama / ALTO maks 10x per bln*
    - gratis cek saldo ATM Bersama / ALTO maks 5x per bln*

    *Gratis, bila saldo efektif sebelum transaksi min. Rp 1 Juta

    lumayan tuch, fitur e-bankignya juga jauh bingits di banding BRIS

    kalo ada yg lebih ok info juga ya (=

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan thanks infonya,

      silahkan teman2 yg mau bikin di mega syariah.

      Delete
    2. di bank mega syariah juga ada fitur2 oke ya gan? bisa di share dunk di mari kayak gimana aja...

      Delete
    3. salah nulis gan, maksudnya danamon syariah seperti yg agan bilang wkwkwk......

      Delete
  42. Gan mau tanya nih,ane mau buka tabungan di BRI syariah wadiah tp tanpa ATM bisa gk ya?

    Setiap bulannya saya akn nabung lewat teller gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja bro... bilang aja sama cs nya gak mau pake atm gitu..

      Delete
  43. gan , mesin setor tunai bri bisa dipakai ga sama atm bri syariah ?

    ReplyDelete
  44. Mas andrea, mau tanya..
    1. kalau mau buka rek.bris&setor tunai harus di sco bri ya, mas andrea? tidak bisa di semua cabang BRI?
    2. apa jika kita melakukan cek saldo, ganti pin, tarik tunai, dan transfer ke bank lain lewat atm BRI gratis? atau ada minimum saldonya sekian baru gratis
    3. berapa biaya transfer di bris ke bri(maupun sebaliknya) di atm BRI?
    terimakasih responnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1, buka rekening bisa di bro konven tapi yg ada layanan syariah nya

      - kalo setor di bri konven kena biaya kliring

      2.gak ada yg gratis lagi sekarng kalo pake atm bri... rekening bri nya aja bayar apalagi yg syariah..

      3. 3500 kalo saldo dibawah 500ribu... gak tahu deh kalo sebaliknya

      Delete
  45. Gara2 kebijakan baru, rekening BRISku ketutup sistem coz saldo ga mencukupi. Kapok sm bank ini. Udah atm jarang, admin dimana-mana.
    Apalagi klo dibawa keluar kota yg atm kebanyakan BCA dan BRI, lama2 kepotong admin abis sndiri duitnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp bro buat pengalaman nyari bank yg gak pake potong2an..

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum