March 29, 2014

Tabungan Anak Dari 10 Bank dan Apa Keuntungannya

Advertisement

Waktu saya ingin menulis tema ini,  merangkum tabungan anak dari beberapa bank di indonesia sebagai pertimbangan bagi para ibu sebelum menentukan pilihan tabungan anak dari bank  mana yang bagus, ternyata  ada yang melintas di benak saya, bahkan jadi pertanyaan mendasar;

Pertanyaan Begini :

Apakah tujuan ibu ingin membuat tabungan anak?
Saya cukup terganggu dengan pertanyaan di diatas  karena khawatir para ibu yang membaca artikel ini keliru dalam mengambil keputusan karena tujuan yang tidak dapat saya prediksi. Because, saya tidak  ingin menyesatkan pembaca blog.

Apakah tujuan ibu membuat tabungan anak untuk mempersiapkan pendidikan  anak di kemudian hari?

Jika ibu menjawab ya, maka kelanjutan artikel ini tidak relevan lagi untuk dibaca. Karena menurut saya, menyisihkan pendapatan keluarga saat ini pada  produk  tabungan anak  bukan solusi terbaik untuk mempersiapkan pendidikan si kecil kelak.

Lebih baik dan lebih menguntungkan jika memilih tabungan pendidikan,  asuransi pendidikan, reksadana atau instrumen investasi lain.

Dasarnya sederhana, uang yang disimpan pada tabungan anak tidak bisa  bekembang dengan tingkat suku  bunga  yang lebih rendah dari besaran inflasi.

Meskipun begitu,  bukan tidak menguntungkan sama sekali. Tabungan anak memberi keuntungan lebih dari dari sekedar bunga bank. (hehe... terlalu berlebihan ya bu kalau saya katakan lebih dari sekedar bunga bank),

Karena dengan mengajak  anak  menabung sejak dini sebagai upaya orang tua mempersiapkan mentalitas anak dalam hal mengelola keuangan. Sehingga ketika sudah besar kelak, si anak di harap dapat terhindar dari budaya menghambur-hamburkan uang untuk tujuan tidak perlu alias pemboros sejati.

Selain itu, mengajak anak ke bank juga bisa menambah pengalaman baru bagi si kecil. Bagaimana mereka akan bertemu orang-orang dengan profesi baru seperti pak satpam, customer service atau teller.

Jika demikian, silahkan ibu pilih produk tabungan anak yang di tawarkan beberapa bank konvensional dan syariah  dibawah ini sebagai bahan pertimbangan bagi anak ibu  yang masih pelajar SD, SMP, SMA. Tentang mana yang bagus atau terbaik saya tidak bisa mengatakan.



Tabungan Anak Bank CIMB Niaga : Tabungan Junior


Semua nasabah tabungan Junior  CIMB Niaga akan  mendapat perlindungan asuransi jiwa karena kecelakaan, dengan uang pertanggungan dua kali saldo rata-rata harian rekening (SRH) atau maksimal uang pertanggungan sebesar Rp200 juta dengan syarat minimal SRH  Rp500 ribu pada bulan terakhir sebelum terjadinya risiko kematian.

Kartu ATM yang diberikan terdapat gambar kartun SpongeBob Squarepants. So, buat putra-putri ibu yang menggemari SpongeBob bisa membuka rekening Tabungan Junior dari CIMB Niaga

  • Setoran awal bervariasi mulai dari Rp. 100.000,-
  • Saldo mengendap minimum Rp. 50.000,-
  • Bebas biaya administrasi bulanan dan kartu ATM
  • Saldo rata-rata bulanan < Rp 1.000.000,- dikenakan biaya Rp 5.000,-
  • Limit penarikan perhari disesuaikan dengan usia anak
  • Usia 0-18 tahun



Tabungan Anak Bank BRI : BritAma Junio



Setiap pemegang rekening Tabungan BRI Britama Junio akan diberikan secara gratis  buku tabungan dengan sampul bergambar karakter dan Kartu ATM/Debit limited edition berkarakter kartun  idola anak dengan pilihan karakter seperti Superman, Tom and Jerry dan Tweety.

  • Setoran awal sebesar Rp 250.000,-
  • Bebas biaya adminitrasi bulanan dan gratis kartu ATM
  • perlindungan asuransi hingga Rp.150 juta.
  • Usia 0-17 dan 17-?
baca juga : Perbedaan Tabungan Britama dan Simpedes

Tabungan anak BII Maybank : BII Superkidz


  • Setoran awal     Rp 500.000,-
  • Saldo Minimum     Rp 20.000,-
  • Bebas biaya administrasi dan kartu ATM
  • Pilihan kartu ATM yang menarik dengan pilihan design Barbie dan  Wheels
  • Fasilitas dan penawaran khusus di merchant-merchant seperti KiddyCuts Salon*
  • Kado Tahun Baru pada setiap awal tahun. Pemilik tabungan BII SuperKidz akan mendapatkan bunga tambahan setiap kenaikan saldo rata-rata bulanan
  • Usia 0-17


Tabungan Anak Bank Permata : PermataBintang


PermataBank mempersembahkan tabungan PermataBintang versi Disney, tabungan khusus untuk anak dengan berbagai karakter Disney untuk memberikan pengalaman  seru dalam menabung dan bermain serta beragam keuntungan.

Disney Toys Magnet keren yang tersedia dalam beberapa pilihan karakter yaitu Cars, Princess, Winnie The Pooh & Mickey Mouse

  • Setoran awal minimal Rp. 250.000,-
  • Bebas biaya administrasi bulanan untuk saldo diatas Rp.100.000,-
  • Mendapatkan ATM
  • Usia maksimal 17



Tabungan Anak Bank BNI : BNI Taplus Anak


BNI Taplus anak Memberikan kesempatan bagus kepada Anak untuk belajar melakukan transaksi sendiri di ATM, belanja, BNI SMS Banking serta di teller dengan pengawasan orang tua.

  • Setoran awal Rp. 100.000,-
  • Bebas biaya pengelolaan rekening
  • Promo-promo di merchant khusus
  • Gratis kartu ATM
  • Usia masimal 17


Tabungan Anak OCBC NISP : Mighty Savers


Mighty Savers OCBC NISP untuk anak jagoan nabung dengan ragam program dan permainan edukatif menarik melalui kartu sticker dan badges (pin yang keren), akan membantu Si Kecil asyik belajar nabung sambil seru bermain dengan setoran awal mulai Rp.50000,-

Usia maksimal 17 tahun


Tabungan Anak Bank Panin : Tabungan Junior


Tabungan Junior diperuntukkan bagi anak-anak untuk dapat memiliki buku tabungan dan kartu ATM-nya sendiri, sehingga sangat bagus bagi mereka untuk mengatur keuangan sejak usia dini.

Usia Maksimal 18 tahun


Tabungan Anak Bank Mega : Mega Perdana


Tabungan dengan desain karakter yang unik dan menarik di buku tabungan dan ATM sehingga cocok menjadi tabungan yang pertama bagi anak-anak dan kawula muda.

Usia maksimal 23 tahun

Tabungan Anak Bank Sinarmas :  Simas Junior


Tabungan simas junior adalah tabungan untuk anak dan remaja  dengan karakter khusus tetuko (gatot kaca junior )
Tetuko adalah super hero Indonesia putra dari pasangan dewi arimbi dan ksatria pandawa bimasena. Kesaktiannya bertambah hebat setelah digodok di kawah candradimuka sehingga ia menjadi kstaria super sakti yang gagak berani.

Usia : 7-18 tahun

Tabungan Anak Bank BTN : Tabungan BTN Junior


Tabungan BTN junior membatasi usia maksimal adalah 12 tahun. hal ini berbeda dengan bank lain yang membolehlan tabungan anak sampai usia 17 tahun.

  • Setoran awal dan saldo minimal Rp 20.000,-
  • Bebas biaya administrasi bulanan

BNI Syariah Tabungan Anak


BNI Syariah Tabungan Anak (Tabungan iB Tunas Hasanah) adalah  simpanan dalam mata uang Rupiah berdasarkan akad wadiah yang diperuntukkan bagi anak-anak dan pelajar yang berusia di bawah tujuh belas  tahun.

  • setoran awal minimal Rp. 100.000,
  •  Setoran selanjutnya Rp. 10.000,
  • saldo minimum Rp.50 ribu.
  • Usia maks 17



**
Itulah 10 produk tabungan anak dari 10 di indonesia yang juga cocok untuk pelajar. Untuk usia diatasnya bisa bikin tabungan remaja dan anak muda.

 Untuk tabungan anak BCA bisa buka akun di tahapan xpresi. Sementara bank mandiri, saya tidak tidak melihat produk yang di khususkan untuk anak-anak. Kalaupun putra-putri ibu mau bi buatkan di bank mandiri, tetap bisa dengan memilih produk tabunganku






Posted by:

40 komentar:

  1. kerren... melatih anak utk menabung.

    ReplyDelete
  2. Kapo yang junior bisa diambil di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang nih pertanyaan risna.

      Delete
  3. kalo orang mau tf ke rekening britama junior, rekeningnya atas nama siapa? atas nama anak atau nama ortu? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pake ebanking ( atm , inet dll) ntar nama rekening tujuan otomatis muncul sendiri

      kalo transfernya kantor cabang, kasih aja sama orang yang mau transfer sesuai nama yang tertera di buku tabungan ( termasuk qq nya)

      kalaupun yang di tulis pada form cuma salah satu nama, misalnya orang tua saja, ntar juga teller bank akan konfirmasi

      Delete
  4. Mau tanya nih, kan saya buat rekening bank mandiri, tapi saya belum 17 tahun jadi harus diwalikan, lalu saya kesitu lagi sama ibu saya, sama ibu saya disuruh duduk jadi ibu sendirian, lalu jadilah rekening. Tapi saya kaget karena di atm tertulis nama ibusaya.. apakah hal tersebut sesuai atau ada yg salah? Kira2 salahnya di tahap apa? Solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo candra

      coba cek nama pada buku tabungannya.

      kalo tertera nama ibu kamu saja, berarti rekening itu punya ibu kamu.

      kalo ada nama ibu sama kamu (nama ibu qq candra purnawanto) berarti itu punya kamu dengan status perwalian.

      solusi
      kalo pd buku ada ibu dan kamu, coba kamu minta ganti kartu atm dengan nama kamu, bilang aja, kalo kartu atm nama ibu, kamu khawatir suatu saat ambil duit di mesin atm disangka nyuri punya orang lain.

      kalo rekening punya ibu, kamu ga bisa apa2 selain harus bikin lagi di bank lain yg punya produk tabungan anak

      gitu ya ....

      Delete
    2. Kalo rekening ga bisa dibalik nama ya? Wkwk

      Delete
    3. Kalau rekening tidak bisa dibalik nama ya? Wkwk

      Delete
  5. Oh.. makasih
    Berarti tabungan itu punya ibu saya.. ya sudahlah.. mending nunggu 2 tahun lagi.. tapi kalau ingin menarik semua tabungannya itu boleh gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabungan mandiri, kalo menutup rekening di kantor cabang saldo bisa di tarik semua.

      kalo ambil di atm terus dibiarin aja tabungan gak dipake lagi, maka saldo harus tersisa 50ribu.

      tapi kalo 50ribu itu bisa diambil lagi di atm gapapa ambil aja, soalnya saya gak tahu saldo yg tidak bisa diambil di tabungan mandiri itu berapa


      tapi kalo nama produknya tabunganKu (bukunya gambar batik), saldo bisa diambil sampai tersisa 20ribu

      Delete
    2. oiya lupa, kalo menutup tabungan mandiri saldo bisa diambil semua tapi ada biaya 50ribu, artikel bisa baca disini

      menutup tabungan



      Delete
  6. Untuk anak 1 tahun bisa gak ya buka rek pake akte kelahiran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, jangan lupa bawa kartu keluarga juga

      Delete
    2. Kalo umur 14 thn udh boleh transfer gk? Trs cek saldo melalui web

      Delete
    3. bisa aja kalo dikasih fasilitas ebanking sama bank-nya.

      Delete
  7. Syarat buka tabungan anak di bni kok ribet ya ? Asli akte, asli kk , npwp ..:(
    Ada yg pernah punya tabungan permata anak?
    Bener gak buka rekening di permata anak dapet hadiah langsung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kk dan akte asli itu buat verifikasi dan indentifikasi kalo benar itu anak ibu. Kalo NPWP sih masih bisa di nego kayaknya.

      Tabungan permata anak saya belum pernah Bu (belum ada yg mau nikah sm sy sih kkkkkk....)

      Yg sudah pernah bikin permata anak tolong masuk ya

      Delete
    2. Iya dapet. Bukan saya sih.. tp temen ane. Dptnya tas utk anaknya

      Delete
    3. makasih ya sudah bergabung di diskusi

      Delete
  8. CIMB Niaga junior dan BritAma junior menyertakan asuransi didalamnya, tp kira" mana yg lebih bagus dr kedua bank tersebut? Bisa minta tlong kasih saran ga? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tanya sama saya jelas cimb dong.

      BRI?

      No komen deh, terlalu banyak........

      Delete
  9. andai aku bisa deposit pertama 1 Milyar Rupiah atas nama anak laki-laki sulungku sebelum Dia di dalam kandungan, dan sebelum aku menikah juga. Pasti menyenangkan sekali... papi love Jamel Tampan\\\Mmmmuach

    ReplyDelete
  10. Kalau menurut saya, semua tabungan anak tidak terhubung ke internet banking. kemudian kalau buka tabungan, jangan lah di BRI. karena pelayanan nya jelek, baik dari segi frontlinernya serta teknologi nya yang sering offline

    ReplyDelete
  11. dari sekian nama bank yang cukup lumayan bagus bank apa ya? yang tidak ada biaya bulanan (free)+atm setoran buka kecil,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingung jawabnya boss...mungkin disamaan aja sama bank yg di pakai orang tua-nya

      Delete
  12. Kalau misalnya dl bk tabungan BTN JUNIOR wkt umur 9 thn, trs skrg sdh 13 thn itu msh bs dipake gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah usia udah lewat bu... ibu bisa ganti dengan btn juara untuk usia 13-23tahun

      Delete
  13. Mau tanya qlo yg cimb maksudx saldo mengendap 50rb gmb ya?? Sm tabungan krg dr 1jt kena beaya 5rb itu mksudx gmn ya?? Dan untuk apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gak bisa diambil....

      ada potongan 5000 kalo saldo rata2 harian kurang dari 1juta... itu sih suka2 bank aja bikin aturan..duitnya buat dia

      Delete
  14. Sya mau tnya...
    Apa benar di bni tuk tabungan anàk àda asuransinya maks 150jt???bnr gk seh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di official web tertulis kayak gitu berarti bener aja... seperti biasa.. syarat dan ketentuan berlaku...

      Delete
  15. Replies
    1. bisa... salah satu orang harus punya rekening di bri

      Delete
  16. Kalo di bank bjb tandamata My first bisa transfer ke bank bca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ini tabungan anak yah..sy jg gak tahu bisa tranfer ke bank lain atau nggak..kalo bisa ke bank lain berarti bisa ke semua bank, termasuk bca

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum