July 12, 2014

Tabungan Mualamat dan Kartu ATM Shar-E

Advertisement

Siapa tak kenal bank Muamalat. Sebagai perbankan yang menganut syariah islam pertama di indonesia, bank muamalat sudah sangat di kenal masyarakat luas.

Dikenal belum tentu sudah akrab ya, karena sebagian dari kita bukanlah  nasabah dari bank ini. Contohnya saya, meski  keberadaan kantor pusatnya di gedung Artaloka pernah jadi penglihatan keseharian saya, tapi tidak serta merta saya mengetahui banyak bank ini. Maklum cuma mondar mandir lewat di samping gedungnya.


Okedeh, berikut ini adalah produk tabungan dari bank muamalat indonesia ( BMI) untuk yang ingin menabung disana. Nama produknya; Tabungan Muamalat.


Tabungan Mualamat


Ada dua prinsip syariah dari simpanan ini, yaitu;   Mudharabah dan Wadiah.

Perbedaan Sederhananya begini:

Untuk tabungan muamalat akad mudharabah,  nasabah akan mendapat nisbah/bagi hasil  ( dalam bahasa konvesional seperti bunga bank ), adapula kewajiban membayar biaya administrasi bulanan sebesar 10 ribu

Untuk tabungan muamalat akad wadiah, nasabah tidak mendapat nisbah / bagi hasil. Biarpun begitu, biaya administrasinya lebih ringan, bahkan pada persyaratan tertentu akan di gratiskan dari semua biaya. Dalam hal ini apabila saldo di akhir bulan lebih besar dari Rp 1 juta rupiah.

Ilustrasinya begini, misalnya saldo kita dari tanggal 1-30 januari sebesar 50 ribu, lalu pada tanggal 31 januari kita nabung sebesar  satu juta rupiah, maka biaya administrasi  bulan januari adalah gratis. Tapi jika diakhir bulan saldonya kurang dari Rp 1000.000,- maka akan di kenakan biaya sebesar Rp 5000,-


Tabungan mualamat baik akad wadiah maupun  mudharabah memiliki kesamaan dalam hal;
  • Setoran awal minimum Rp 100.000,-
  • Setoran selanjutnya minimum Rp 20.000,-
  • Saldo mengendap minimal Rp 50.000,-


Fasilitas Tabungan Mualamat


Ada fitur ATM, bank muamalat memberi nama kartu ATM nya adalah kartu Shar-E. Kartu Shar-E sendiri ada dua jenis, yaitu Shar-e reguler dan Shar-e gold. Kartu Shar-E mualamat juga terintegrasi dalam jaringan Prima BCA dan jaringan ATM Bersama.

Masih dari fitur ebanking, semua nasabah tabungan mualamat dapat menggunakan internet banking dan mobile banking.

Untuk yang ingin membayar zakat infaq shodaqoh, tabungan ini menawarkan debet otomatis untuk kemudahan anda.


Tidak tertarik? silahkan baca tabungan syariah tanpa biaya administrasi bulanan.

Terima kasih telah membaca




Posted by:

3 komentar:

  1. Terima kasih infonya mas. Dan maaf, mau koreksi ada beberapa tulisan yang salah ketik Muamalah menjadi Mualamah. Baiknya dibenarkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... iyaya.. saya emang kalo ngetik cepet tapi kalo ngedit gak teliti

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum