July 13, 2014

TabunganKu iB di Bank Syariah Yang Bagus

Advertisement

Saya pribadi kurang merekomendasikan produk TabunganKu di bank syariah. Meski kurang recomended bukan berarti jelek ya. Kenapa? Saya punya alasan untuk di tulis disini, tapi sebelumnya mohon maaf jika alasan ini kurang berkenan.

Dalam pandangan saya, orang yang ingin membuka rekening di tabunganku adalah mereka yang tidak ingin ada biaya administrasi bulanan dari simpanan itu sendiri.

Jika demikian adanya, maka tak perlu membuka rekening tabunganku di bank syariah, karena sebagian besar produk simpanan utama di bank syariah yang menggunakan  akad wadiah adalah bebas biaya administrasi bulanan.  Silahkan baca : Tabungan syariah tanpa biaya administrasi bulanan yang bagus.

Bagaimanapun, produk tabunganku memiliki banyak keterbatasan bagi si pemiliki rekening. Biasanya soal transaksi; limit penarikan tunai harian  tidak terlalu besar, ada bank yang tidak memberi keleluasan setoran di semua cabang, belum lagi minimnya  fasilitas ebanking ( ATM, internet banking, Mobile banking, dll).

Hal ini berbeda dengan produk utama tabungan bank bersangkutan  meskipun akad wadiah, limit transaksi  harian diatas tabunganku, bisa setoran di semua cabang, serta di beri semua fasilitas ebanking yang  telah di bangun oleh bank tersebut.

Belum lagi jika bicara  keberadaan kantor cabang bank syariah yang tidak sebanyak cabang konvesional, sehingga akan memakan waktu jika ingin mendatangi cabang untuk setoran misalnya.  Memang benar sebagian bank  menyediakan layanan syariah di cabang konvensional, tapi tetap saja tidak semua.

Meski begitu, saya tidak ingin mengunci anda untuk sepakat dengan pendapat saya, karena masih ada celah  bagi calon nasabah untuk keluar dari jerat ”provokasi” saya  untuk tetap  membuka tabunganku di bank syariah.  Misalnya; bank syariah yang anda inginkan tidak memiliki akad wadiah, atau akad wadiah dari bank syariah itu mengenakan biaya admin setiap bulan, atau tabunganku di bank syariah fasilitasnya sama persih dengan induk konvensionalnya, sementara anda adalah  penganut paham bahwa bunga bank adalah haram.

Oke, sebelum anda kecewa karena telah datang kemari, beberapa tabunganku di bank syariah dibawah  ini saya anggap bagus,  sehingga layak  untuk di coba.

  • TabunganKu iB di BII Maybank Syariah
  • TabunganKu iB di CIMB Niaga Syariah
  • TabunganKu iB di BNI Syariah
  • TabunganKu iB di Panin Bank Syariah
  • TabunganKu iB Syariah Bukopin

Untuk tabunganku iB di BII Maybank, CIMB Niaga, Panin Bank, Bukopin, fitur yang di dapat darinya hampir sama ( kalo boleh saya katakan sama persis) dengan tabunganku di konvensional-nya, karena itu silahkan baca artikel : TabunganKu yang bagus di bank konvensional.

Yang membedakan tentu saja prinsip yang di pakai, di Syariah dengan skema wadiah, imbal hasil bersifat sukarela yang tidak di janjikan di awal. Sementara di konvesional maka nasabah dapat kepastian mendapat bunga.

Untuk di BNI Syariah, saya akan membahas pada postingan lain.

Demikian

Posted by:

2 komentar:

  1. Maaf ka komennya ngga sesuai topik di atas, soalnya penuh di topik yg bersangkutan.
    Setelah saya baca tabungan untuk bank konvensional, tertarik mau buka cimb niaga tapi cabangnya yg sedikit nnti takut susah buat nabung rutin. Nah tertarik untuk BNI tabunganku nih, masukan untuk kedua bank tersebut dong kaa. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bni tabunganku sekarang udah gak ada fasilitas inet dan atm...cuma di kasih buku... kalo mau ambil bni syariah nya aja...

      cimb itu bisa nabung lewat alfamart melalui top up rekening ponsel, terus di transfer ke tabungan

      cuma ya gitu.. setiap top up rek ponsel kena potong pulsa rp 550... terus transfer dari rek ponsel ke rek tabungan kena potong pulsa lagi....

      terserah aja sih... banyak tabungan bebas biaya fitur bagus... misalnya di mandiri ada namanya tabunganmu mandiri mitra usaha... artikel ada di blog ini...

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum