November 1, 2014

Tabungan CIMB Niaga ON Account Kelebihan dan Kekurangan

Artikel ini atas permintaan seorang pembaca; Ael Ar Syarief, yang disampaikan dalam kotak komentar  pada artikel tabungan CIMB Niaga untuk perorangan.

Jujur deh, saya baru sadar kalau CIMB punya produk baru tersebut. Nggak ngeh. Padahal saya follow akun twitternya, sering bolak-balik login juga di CIMBClick.

Setelah saya perhatikan, baca, dan bertanya by phone di call center 14041, maka pada artikle ini  saya  ambil beberapa catatan mengenai kelebihan dan kekurangan tabungan CIMB Niaga On Account.

Fitur dan Biaya ON Account CIMB Niaga

Kalau ngomongin fitur, ON Account CIMB Niaga sudah lebih dari dari cukup. Semua elektonik banking tersedia. Internet banking di CIMBClick, Mobile Banking dengan Go Mobile yang didalamnya terdapat rekening ponsel, Kartu ATM yang berfungsi sebagai kartu debet, Phone banking di 14041, CDM, dll.

Jadi untuk faslitas, kita sudahi sampai disini. Namun jika ingin panduan tambahan, silahkan baca artikel berikut; Cara aktivasi Go Mobile.

Item
Rp

Setoran awal minimal
1000.000
Biaya administrasi bulanan
Gratis 
Saldo mengendap minimum
50.000
Cek saldo dan tarik tunai di ATM CIMB Niaga
Gratis
Tarik Tunai di ATM  jaringan Bersama & Prima BCA untuk saldo sebelum penarikan ≥ Rp 1 juta
Gratis
Tarik tunai di ATM Bersama & Prima untuk saldo sebelum penarikan <  Rp 1 juta
5500
Biaya transfer ke bank lain dalam jaringan Bersama dan prima u/saldo ≥ Rp 1 juta
Gratis
Biaya transfer antar bank  Kliring ( SKN ) di inet dan mobile banking u/ saldo rata2 bulanan < 1 Juta
5000
Biaya transfer RTGS  di inet dan mobile banking u/ saldo rata2 bulanan < Rp 1 juta
25.000
Biaya penutupan rekening
Gratis



Kelebihan ON Account CIMB Niaga

Yang paling menarik dari produk simpanan ini adalah bebas biaya transaksi dan bebas biaya administrasi dengan syarat saldo mengendap sebesar Rp 1 juta saja. Transaksi berlaku untuk semua penarikan tunai di atm jaringan prima dan bersama. Transfer ke bank lain dengan semua system yang di gunakan. Semuanya gratis.

Dengan begitu, pemegang tabungan ON Account dipastikan bisa leluasa tarik tunai di ATM BCA Mandiri BNI BRI dan puluhan bank lain. Atau bisa juga transfer ke bank-bank tersebut tanpa dikenakan biaya, baik dari ATM, Internet banking, GO Mobile ataupun phone banking.

 Note: mekanisme gratis tarik tunai dan/atau transfer melalui  interkoneksi provider ATM atau transfer melalui sistem kliring BI, adalah dengan sistem refund. Pada saat transaksi akan tetap ada biaya, biaya pemotongan akan di balikin lagi dalam waktu maksimal satu bulan ( info by niken)
Dengan semua kebebasan seperti itu, ada tanda tanya besar di otak saya; Sampai kapan semua transaksi  tersebut serba gratis? apakah akan terus berlangsung. Atau ini bagian dari promo produk baru?

Jawabannya belum saya temukan. Karena ketika saya tanyakan di 14041, mereka juga belum memberi kepastian.  Namun saya akan update jika ada perkembangan baru. Bagi yang telah mengetahui terlebih dahulu nantinya tolong ya informasikan di kotak komentar.

update; 16 februari 2015
Beberapa teman menyampaikan masalah mengenai pengembalian biaya transfer yang tak kunjung diterima. Pastikan teman-teman membaca  pengalaman mereka pada komentar dibawah artikel ini
---------------------------------

Kelebihan/keunggulan ON Accout Lainnya adalah bisa di buka secara online. Setelah itu antara 2-30 hari harus di tindak lanjuti di kantor cabang untuk pengambilan kartu ATM dan setoran awal. Atau kalau tidak mau datang ke kantor cabang, bisa juga pihak CIMB Niaga yang datang ketempat kita, dengan syarat setoran awalnya minimal Rp 2 juta.

Untuk membuka rekening secara online berikut linknya https://aovi.cimbniaga.co.id/aovi/index.jsp

Kekurangan ON Account CIMB Niaga

Kekurangan yang paling mendasar dari tabungan ini adalah soal transaksi di kantor cabang. Setoran dan penarikan hanya bisa di lakukan melalui e-chanel.



Namun bagi nasabah CIMB Niaga sebenarnya hal itu bukan masalah besar. Kalau mau nabung atau ambil duit bisa dilakukan di Alfamart atau indomaret yang jumlahnya bertebaran di seluruh pelosok tanah air. Yang jumlahnya lebih banyak dari kantor cabang bank tebesar sekalipun.

Caranya dengan menggunakan rekening ponsel sebagai HUB. Kalau mau nabung, kita bisa top up rekening ponsel dari indomaret atau alfamart. Kemudian saldo rekening ponsel itu di transfer ke rekening ON Account atau tabungan CIMB Lainnya.

Kalau mau ambil uang tunai. Kita transfer dari ON Account ke rekening ponsel. Lalu buat kupon sebesar uang yang mau diambil. Kemudian ambil duit di kasir pada kedua minimarket tersebut. Bahasan lengkap mengenai rekening ponsel telah saya tulis pada panduan rekening ponsel CIMB niaga.

Solusi menggunakan rekening ponsel  sebagai penghubung tersebut sebagai alternative jika lokasi ATM dan CDM CIMB Niaga jaraknya jauh dari rumah. Jadi cukup datang sekali saja kekantor cabang saat membuka rekening, kemudian biarkan kita bertransaksi secara digital, ini zamannya branchless banking Bung!

Catatan Tambahan:

Produk ini cocok buat kamu yang berpikiran logis, termasuk didalamnya anak muda dan mahasiswa. Atau mereka yang terbiasa dengan gadget sehari-hari. Kalau orang yang pikirannya kuno, yang berpikir aktivitas perbankan hanya bisa dilakukan antara kamu dan karyawan bank, maka tidak cocok membuka ON Account.

Terlepas dari tanda tanya soal bebas biaya transaksi interkoneksi diatas, namun berminat menjadi nasabah di CIMB Niaga, produk ini layak untuk dimiliki. Kalaupun biaya interkoneksi diberlakukan (semoga tidak),  masih punya peluang untuk bebas biaya administrasi bulanan dengan threshold saldo ringan.
Hal itu jika mengacu pada dua produk CIMB Niaga lainnya; AirAsia Saver dan Hypermart Savers. Baca : threshold saldo supaya bebas biaya administrasi.

Dari sisi lain, pihak CIMB Niaga dituntut untuk sigap menyelesaikan masalah berbasis teknologi. Jangan sampai ketika nasabah mengadu masalah yang dialami via telepon atau social media, malah disuruh datang kekantor cabang. Ini akan jadi kontradiktif nantinya. Kecuali masalah yang memang harus diselesaikan di kantor cabang. Soal begini sebenarya saya tidak berbicara untuk satu bank secara khusus, tapi semua perbankan. Geli aja gitu kalau telepon disuruh datang kekantor cabang terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sekian. Terima kasih telah membaca

Posted by:

145 komentar:

  1. wow akhirnya gw dpt juga ulasan produk baru ini maklum msh minim informasinya krn baru, ael ar syarief tuh kalo ga salah marketing CC ya yang sering iklan di grup fb gw beberapa kali inboxan ma tuh agan :) wakakakakakak..

    on account ini produk bagus bs setor dan tarik tunai dari semua cabang se indonesia kok, hanya tak diberikan buku tab

    gw punya rekening ini baru sebulanan memang gratis dipakai transfer dan tarik tunai di semua atm dan ke semua bank tapi pakai sistem refund , biaya transaksi tetep dipotong tapi entar bakal dikreditkan lagi maksimal sebulan setelah transaksi..

    so far gw puas banget ma nich produk bayangin aja gw transfer antar bank puluhan kali dalam sebulan tetep GRATIS

    mau tarik tunai di atm apapun juga gak mikirin biaya :)

    makin mantap emang nih cimb niaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. niken, thank you banget tambahan info dan reviewnya, kesalahan artikel soal transaksi hanya bisa dilakukan pada kantor cabang tempat membuka rekening saya, ganti dengan info dari sista ini.

      ael masuk dong, tuh disapa sama niken.
      (kalo di page bni syariah si ael pernah debat sama Shom, nah disini sama niken "dibongkar" identitasnya, hehe....."

      Delete
  2. @admin : wow :) thanks ya sob udah dibuatkan artikel ini :) barusan aku juga baca ulasan tentang rek pon cimb, bener2 lengkap deh kalo mau cari informasi perbankan di blog ini apa2 ada, mantap :)

    @niken : hai niken, betul tapi sy sudah resign dari bank setelah idul fitri beberapa bulan lalu :) ini niken wijaningrum - semarang, yang dulu ajukan cc tambahan bukan ya ? sekitar juli sebelum lebaran idul fitri, jika benar, sdri.niken, kalo ada informasi atau sesuatu yg belum terselesaikan dg saya bisa hub sy sj langsung hp 0816668086 / fb / twitter :) insya alloh sy bantu forward ke bagian terkait yg sekarang memegang database saya.

    thanks mas admin ANDREA :) adain kuis jg dong di blog ini he he he he he :)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadaw berat deh nyediain hadiahnya, hehe......


      Delete
  3. bank niaga tuh dimana-mana sekarang mulai rame dan banyak nasabah, udah setara mandiri / bca / bni. tapi yg buat gw nggak nyaman sama bank 1 ini demen banget nelponin nasabah berkali-kali terutama nasabah yg banyak duit. buat nawarin produk sampah mulai top up tunai, KTA, apply CC, asuransi, dll. bikin risih aja ! kalo telponnya gak diangkat sama nasabah pasti diulangi sampai berkali-kali dalam sehari ! pakai otak dikit napa, nasabah jg byk kesibukan kali, kerjaannya gak cuman nungguin dan pantengin hp seharian..

    moga aja ada orang CIMB niaga yg baca ini dan instropeksi !

    inget banget dulu waktu duit gw masih 1-2 jutaan doang paling sebulan cuman terima telpon dari cimb niaga 1x sebulan tapi sejak gw jual warisan ortu dan duit gw di niaga ada 300jt dalam sehari ada 3-5 telepon dari niaga dan 4x dalam seminggu !!

    gimana tanggapan admin dsini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang agan bilang, mungkin karena duit di tabungan sedikit jadi gak sesering agan hehe...

      nomor hp saya yang tersimpan di cif cimb ada 2 nomor, biasanya kalo nomor yang satu gak saya angkat, dia panggil ke nomor lain, begitu dan begitu.

      hal kayak gini sudah diatur oleh peraturan ojk no 1/pojk 07/2013,

      namun aturan ini seperti hanya diatas kertas atau sekedar basa-basi.

      saya gak tahu apakah "bank yang membandel", atau ojk "tidak serius"

      saya pernah baca berita katanya ojk mau bikin aplikasi dont call supaya nomor telepon yang tidak mau menerima penawaran tidak di boleh di hubungi, nyatanya sampe sekarang gak ada kabar lanjutan.

      kalo telepon mungkin kita bisa cuekin, ada lagi bank lain malah yang kirim email promo tanpa bisa di unsubscribe.

      untuk hal demikian saya harus angkat jempol pada bii maybank, menjelang peraturan ojk no 1 diatas diberlakukan, nasabah dikirimi sms berisi pilihan mengenai bersedia atau tidak menerima penawaran via telp.

      "kemarahan" agan david pasti dirasakan oleh banyak nasabah, namun masalah ini masih tercecer dimana2.

      kalo kita ingat dulu masalah sms premium conten bisa selesai, kenapa hal begini tidak selesai.

      lewat tulisan ini saya berdoa, semoga suatu saat ada seorang pengacara yang peduli pada perlindungan konsumen seperti david tobing, akan menggugat ke pengadilan.


      Delete
  4. cimb niaga memang mantap :) produk produk nya sekarang benar2 anak muda banget dan serba gratis ! ru kemaren aku buka produk ini sekalian didaftarkan e-channel waktu digital lounge , dapet hadiah pula . bikin CC di cimb niaga juga gak ribet malah ditawarin CS nya langsung dibikinin cuma pakai KTP doang, ga ada 1 bulan udah jadi dan dikirim ! so far puas deh sama CIMB NiAGA

    ReplyDelete
    Replies
    1. suit suit....................










      Delete
    2. yang mau berbagi pengalaman buka rekening cimb niaga di digital lounge kayak bung albert, silahkan kirim foto dan artikel ke email saya ( tapi gak di bayar haha....)

      # begini nasib orang kampung selalu ketinggalan dari orang kota

      Delete
  5. saya di papua. ternyata bank ini cukup banyak dipakai disini. punya 2 kantor cabang dan atm yang cukup banyak. biasanya instansi pakai bank ini untuk transfer gaji. awalnya saya buka rek x-tra buat terima gaji, lalu buka lagi yg airasia saver karena bebas biaya adm, skrg buka yg on account karena bebas biaya adm, transfer, dan tarik tunai di atm lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tambah banyak lagi cabang cimb niaga di papua, terutama cimb mikro laju

      amanai aigoo
      tabea


      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. kok saya pakai on account buat transfer tapi biaya transfer sudah lebih dari sebulan belum di refund juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pasti nya saya kurang paham term gimana. cuma gini aja deh;

      kalo sudah dipastikan saldo rata-rata bulanan diatas 1 juta, coba di tunggu sampai tanggal pemberian bunga. kalo belum masuk juga segera di urus deh

      Delete
    2. Pasti akan di refund hanya perlu sedikit bersabar, terkadang bisa tertunda sampai 2 bln.

      Delete
  8. ane jg dah pakai lebih dr 2bln pakai tsfr antar bank dr net banking tetep ga ada refund biaya transaksi yg 6500x sekian kali, padahal saldo dr awal buka diatas 10jt, ngibul kayaknya nich on account, pengalaman pribadi,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane kagak ikutan ah, kkkkkkk....
      udah dua orang ngalamin hal yg sama, agan yang satu ini malah ID nya bisa dilacak, artinya bisa lebih di pertanggungjawabkan

      no komen... no komen....

      Delete
  9. Bebas biaya admin untuk saldo minimun berapa kak?

    ReplyDelete
  10. Ini buka rekening di digital lounge nya cimb niaga bisa gak sih? Tertarik sama fasilitas2 produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tuh bung albert diatas pernah punya pengalaman bikin di digital lounge.

      Delete
    2. Saya juga baru buka, saya pake yg digital lounge di mall artha gading. Tapi saya msih bingung dengan dana mengendap 1juta,maksusnya itu tiap bulan atau selama kita mulai bkin rekening nya ya?

      Delete
  11. gratis transfer kan hanya berlaku lewat go mobile dan internet banking, kalo lewat atm ya enggak dapat refund. kok aku heran ya ada yg ngaku2 gak dapat. padahal aku dapet terus.. coba lsg aja komplen ke cs nya via email pas login inet banking atau lsg telp 14041

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini akhirnya terjawab, solved

      Delete
    2. @Albert & Andrea : Kalau penarikan via ATM bersama, apakah di refund juga? setiap tanggal berapa refundnya?
      karena saya sudah beberapa kali melakukan penarikan via ATM bersama dan Transfer menggunakan CIMB click.. tetapi refund nya belum juga datang..

      Terima kasih

      Delete
    3. ntar aja ya bro orangnya biar masuk....kalo sy baru punya on account... nyoba narik di bca sekali dua hari lalu buat ngetest

      Delete
    4. Okee.. info info ya klo udah ada hasilnya.. Tks Mas Andrea..

      Delete
  12. kalo menurut km on account bakal terus ngasi gratis ini itu seterusnya atau hanya utk kejar dpk dan target nasabah aja ya mas ?

    aku udah makan pengalaman dari bri syariah, jadinya gak gt yakin kalo gratisan on account jg selamanya, wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga gak yakin, tapi sejauh ini cimb masih moderate lah di banding bank lain, ada konpensasi bebas biaya untuk besaran saldo yg ditetapkan.
      kalo bank lain gak peduli mau saldo berapa aja biaya tetap ditarik.

      saya inget dulu bca adalah bank pertama yg menaikan setoran awal tabungan harian jd 500ribu, sementara bank lain masih welcome di 50ribu. dari kebijakan itu lalu saya lihat di majalah apa ya gitu lupa, ditulis besar di covernya (kalo gak salah judulnya) "BCA sudah tidak perlu nasabah kecil"

      saat itu mungkin bca sudah kepusingan ngurusin nasabah dan pergi. Nah sekarang saya lariin ke cimb, pernah baca media online ada petinggi cimb bilang, kalo di hitung
      rata2 saldo tabungan nasabah cimb nya adalah 5juta

      skr pertumbuhan nasabah cimb terbilang pesat, bahkan sy pernah tulis kalo bank ini terasa mulai lebih welcome pada rakyat bawah dengan aneka produk bebas biaya.

      beberapa hari lalu sy sempat instal ulang go mobile, sempat baca review go mobile di play store ternyata banyak2 anak muda (boleh di bilang abg alay dan sejenisnya) yg jd nasabah cimb.

      kalo abg2 seperti ini kan cenderung nyari yg gretongan, tinggal nanti kita lihat bagaimana apakah cimb mau ngelola yg udah masuk itu, atau malah akan memilih nasabah yg punya duit doang

      Delete
  13. Mau nanya mas, kalo misalnya kita ngga pake android maupun iOS (hp-nya biasa aja gitu), berarti kan ga bisa bikin rekening ponsel di Go Mobile. Nah itu kita tetep bisa make fasilitas e-banking dan e-commerce CIMB kan kalo uda ngaktifin vcn-nya? Jadi transaksinya via laptop, dan kalo mau nabung, transfer dari ATM bank lain (kebetulan saya udah ada, cuma pengen buka CIMB On Account)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap bisa pakai umb dari hp gsm *141*8#, atau bisa jg dengan sms.

      buat ecommerece cimb gak pake vcn, dia pakainya passcode (OTP) yg dikirim via sms buat verifikasi 3D mastercard, buat manfaatin fitur ini mesti daftar di atm

      kalo dari laptop ga bisa pakai go mobile, pakainya cimb click (internet banking).

      sementara kalo mau manfaatin rek ponsel untuk sarana menabung lewat indormart /alfamart, kemudian di transfer ke rekening bank, mau gak mau di transfernya dari hp, bisa dari go mobile dengan aplikasi maupun umb *141#

      Delete
    2. Umb nya Cimb ga ada pilihan menu utk transaksi ny alias ga bs dipake. *141*8# yg muncul cm tulisan ajakan supaya nasabah pake Go mobile nya. Payah dh, cm Cimb yg Umb nya ga bs dipake.

      Delete
    3. emang kayak gitu bro, tapi kalo gak langsung (dial dari *141# dulu) biasanya bisa.

      tapi kalo systemnya lagi gak normal, biar dari *141# juga munculnya ajakan kyk gitu jg

      Delete
  14. mas, mau tanya. sbenernya on account ini bisa gak ya jika setoran nya via cabang ? krn selama ini sy cuma lewat cdm. kemaren mesin cdm nelan uangku 5jt aku jd kapok, ya walaupun udah dikreditkan jg ke rek ku stelah 1 hari, tp kan trauma.. kalo dulu waktu pembukaan di digital lounge aku dikasih taunya penyetoran dan penarikan hanya via e channel.. kecuali penarikan diatas 10jt baru bs dicabang.. lha kalo penyetoran nya gmana ya ? bs jg apa gak ? walaupun secara sistem sbenernya bisa. tp aku paling males kalo dpt teller yg sok sok an nolak hanya gara2 jenisnya on account.. mohon pendapat nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe lumayan deh sport jantung dikit.....

      barusan sy telp 14041 katanya emang gak bisa, setoran mesti di echanel.

      dengan begitu pendapat sy jd berubah nih mas, on account akan sangat lama gratis biaya adminnya, kantor cabang jdnya gak di repotin sama yg mau setoran, biaya overhead cimb bisa di tekan dengan brancless banking.

      kalo udah begitu, sy tinggal cari waktu aja datang ke cabang cimb buat nutup air asia n beralih ke on account

      Delete
  15. kalo harapan aku sih moga suatu hari ada kebijakan bs setoran via cabang. kalo cimb air asia dan on acount memang bagusan on akun.. dpt poin xtra banyak juga, gatau ne poin dr mana tau2 poin xtra ku udah puluhan ribu, apa krn sering debit blanja dan pake inet banking ya.. kan kalo mas andrea mau buka on akun bs langsung lewat cimb click login dah ada menunya, langsung rek nya jadi dan bs lsg dipake..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ada menu toh, saya ga perhatiin, skr makin jarang sih pake cimb click

      tp dipikir lg mau nutup air asia sayang jg, hhhmmmm.....

      Delete
    2. Setoran On Account di teller bisa kok mas. Bulan2 kmrn sy setor di Cimb FE UI Depok, padahal cm setor bbrp ratus ribu aj, hehe. Keren ny lg, ga perlu isi form setoran. Jd lgsg ke teller, serahin uang, tunggu sbntar & done! Hoho

      Delete
    3. cimb gak tegas wwkkkwk....

      Delete
    4. memang gt mas, secara sistem memang bisa, cuman ya kadang2 ada beberapa teller yg terlalu pencitraan mental jongos dan nolak jika tau rek nasabahnya jenis on account, kembali ke masing2 karakter tellernya.. sama seperti btn, walaupun semua rek bank btn bisa setoran via kantor pos krn pake sistem yg sama, tp ada jg bbrp kantor pos yg gamau melayani jika rek btn nya bukan batara pos atau tab cermat btn wkwkwk.. jika menghadapi hal hal sperti ini biasanya aku setor ga bawa buku, dan kalo ditanya jenis rek nya apa tak jawab batara pos wkwkwkwk stelah diproses cek mobile banking, masuk jg saldonya tanpa ribet

      Delete
    5. kaco kalo pos gitu jg, padahal akhir bulan mau ke btn

      Delete
    6. mau buka tabungan apa ne mas kok ke btn nya nunggu akhir bulan ? ehem ehem . wkwkwk

      Delete
    7. cuma tabunganku doang kok hehe...
      cuma males aja jalannya...

      Delete
    8. owh gt, sip sip.. bagus kok tuh tabunganku btn.. aku jg punya

      Delete
    9. sy sounding kantor pos aja dulu, kalo nolak nerima setoran tabunganku btn lebih baik batal, cabang nya jauh.

      kalo maksaain transfer antar bank lumayan juga. Selama ini sy pake cdm bca buat setor, terus dipecah ke bank lain.

      kalo cimb dari alfamart via rek ponsel, tp lama2 makin males. 1x top up maksimal cuma 250ribu, jadinya mesti berkali2, setiap top up motong pulsa, padahal skr sy lg sebel sama telkomsel hehe.....

      oiya, semua komen yg di halaman tabunganku yang paling bagus itu udah gak muncul de mas, kemarin2 sy reply komennya evi aja gak ada penampakannya

      Delete
    10. Komen di hlmn tabunganku udh overload mgkn, hehe

      Delete
    11. banyak peminatnya sih tabunganku, nyari yg gak ada potongan tapi fitur maunya yg bagus

      Delete
  16. Kang Andrea,
    Jikalau untuk setoran tabungan selanjutnnya dengan cara via transfer bukan.dgn cara setor tunai bisa ga? untuk tabunganku CIMB??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bro, semua tabungan bisa terima transferan, dari sesama bank maupun dari bank lain

      Delete
  17. Terima kasih buat infonya, berhubung pagi tadi saya ditawarkan untuk membuat rekening ON account jadi saya cari info apa saya perlu bikin atau tidak. Buat info tambahan, di telepon tsb saya diinfokan kalau gratis biaya administrasi itu bersifat selamanya (besok orangnya mau nelpon saya lagi buat nanya kepastian bikin atau ngga rekeningnya, nanti saya pastikan lagi) . Terus buat yang udh punya rekening cimb niaga sebelumnya, setoran awal buat on account ini bisa di autodebet dr rekening lama dan nantinya bisa milih antara satu kartu bisa berisi dua tabungan (rekening lama dan on account) atau dipisah. Mau berbagi pengalaman tadi pagi aj, terima kasih infonya, lanjutkan!!

    ReplyDelete
  18. Helpful nih blog nya, thanks bro..

    soalnya kemarin habis ditelpon dari CIMB dan ditawarkan untuk buka On Account, karena uda tanya2 panjang lebar dan kelihatannya bagus, jadi saya OK langsung deh kemaren hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lagi pada musim di telp cimb kayaknya, kalo cimb telp gak pernah saya angkat, nomor-nya udah saya ketarain.....

      Delete
    2. wkwkwk aku jg sampai trauma angkat telp yg depan nya 021 pasti dr cimb nawarin yg penting, lha kemaren ini kejadian ada telp berkali kali dari area 021 sampe 4 hari tak diemin, lha kok nelp lagi kekeh bgt, pas tak angkat mau tak maki maki pake ajian kebun binatang eh ternyata telp itu dari bank sinarmas yg mau memproses migrasi kartu debet chip, aku langsung spechless tau gt dari kemaren2 kan tak angkat telp nya tau dr bank sinarmas.. gara2 cimb aku trauma !

      Delete
    3. waduh mas untung gak kejadian......kkkkk

      Delete
  19. Skarang udah ada prodak "ON Account Power bi XL" bang...
    Kemarin aku buka rekening 19 Agst, terus dapat Kartu Perdana XL Gratis

    dan kalau dana bulanan rata2 lebih dari 5jt dapet Kuota Internet Gratis tiap Bulan 2 Gb + 20rb Vocer belanja Elevenia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu selamat bertransaksi dengan cimb dan menikmati bonus nya.

      kalo saya gak cocok pake sibiru, jg sudah nyaman pake tokopedia drpd marketplace yg agan sebutin itu hehe....



      Delete
  20. On Account Cimb Niaga benar2 membuat hidup lebih hidup

    ReplyDelete
  21. hahha iya emang, marketplace si hijau harga barangnya lebih murah dari pada si sebelas, tapi kalau ada vocer sama promo lebih murahan si sebelas bang...

    maklum aku jualan di sana, hahah...
    maaf bukan promosi loh ya... wkwkwk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok bro selamat jualan kalo gitu.... kebetulan saya jualan di tokopedia, ampun banting2an harga...hehe....

      Delete
  22. tabungan on accont ini bisa bukak deposito gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, semua nasabah cimb niaga yg mengaktifkan internet banking bisa buka deposito melalui internet banking

      Delete
    2. bisa, dan bisa memilih mau depo konvensional atau depo syariah. dan ga perlu aktifasi inet banking kalau mau buka depo. bedanya : kalau buka depo melalui inet banking bisa dpt bunga lbh besar yaitu 7,75%, tapi ga bisa pakai sistem Automatic Roll Over (ARO); sedangkan buka depo tanpa melalui inet banking dpt bunga 7,5% dan bisa pakai sistem ARO.

      Delete
  23. Saya kemaren buka rek on accont kok tdk lsng dapat perdana xl ya ,sama cs nya suruh nunggu nanti kl sudah ada perdananya di hub untuk ambil di bank capek deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk.... itu cimb gak mikir apa ya.....kartu perdana dapat goceng mesti disuruh bolak-balik... kalo nomor cantik sih boleh bela-belain...

      Delete
  24. disitu ditulis bebas biaya admin kalo saldo 1 juta, trus kenapa di halaman Saldo Minimum Tabungan Supaya Bunga dapat Menutup Biaya Administrasi Bulanan, anda menulis minimal 5 juta? apa ada biaya lain yang dipotong?

    ReplyDelete
  25. Karena saya pengguna setia Mandiri TabunganMU, BNI Syariah Wadiah, CIMB Niaga On Account.
    Saya bantu tambahkan updateannya ya,
    biaya admin gratis jika saldo rata2 bulanan 1juta, kl kurang ya kena admin brow.
    sekarang dpt jg data 2GB Gratis by XL minimal 3x trx bayar tag.pasca + dapat e'voucher elevenia 20K, tp untuk e'voucher sy belum dapat, satu hal yg buat saya sebel dgn on account ini, sering bermasalah, lelet cs nya, pelayanan kurang tangkas gk seperti bank BNI / Mandiri yg saya punya, kl gk sy komplain mungkin gk direfund biaya transfer ke bank lain / tarik tunai dibulan sebelumnya.. e'voucher jg blm pernah sy dapat sdh 2 bulan brow... pokoknya ni bank malayan banget dh nyebelin gitu kadang2, tp yg buat ane seneng adalah fiturenya brow, digital sangat, BRI Mah ketinggalan kereta, udh pergi ke laut rekning BRI ku.

    ReplyDelete
  26. Mas andrea.. syarat biaya transfer gratis ke rekening bank lain apa aja ya? Kudu pake sistem transfer kliring dlu baru bisa gratis ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syarat nya saldo harus diatas 1juta.... itu aja

      Delete
    2. note : saldo rata2 ya, bukan saldo sebelum transaksi. beda dgn syarat untuk tarik tunai di ATM bank lain.

      Delete
    3. Mas harry dan mas andrea, mau memastikan. Maksud saldo rata2 1 juta itu seperti apa ya? Kalau dalam sebulan saldonya itu tetap saja di angka 1.5juta apa itu sudah bisa masuk katergori itu? Atau maksudnya 1 juta itu kalau total tabungan dibagi hari di bulan itu (29/30/31 hari)? Makasih ya buat infonya

      Delete
    4. saldo akhir hari setiap hari dalam satu bulan di jumlah kan, terus di bagi jumlah hari dalam bulan itu... nanti disitu ketemu saldo rata2 harian...

      kalo saldo 1,5 juta gak di apa2ain dari tgl 1 sampe akhir bulan, ga ada transaksi debet atau kredit (meski sangat langka ada yg begini), kalo di hitung itu rata harian nya ketemu 1,5 juta...

      Delete
  27. @erika : transfer gratis ga harus memilih yg kliring (SKN) kok, pilih yg online jg tetap gratis asal memenuhi syarat saldo rata2 > 1 juta :)

    ReplyDelete
  28. Makasih mas2 semuanyaa.. Akhirnya udah buka tabungan on account.. canggih dah.. nnti biaya transfernya direfund di akhir bulan ya?? Udah lumayan banyak nii tf sana sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang enak yg diatas dipanggil mas2 sama erika haaaa...

      satu bulan setelah trx.... bukan dari atm sist... dari cimb click dan go mobile

      Delete
  29. Eh salah ya ?? Panggil apa donk? Om?? Hahah...
    Rekening ponsel aku diblokir ini, kalo mau ngurus langsung ke bank atau telpon dlu ya ke call centre?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lngsung aja ke bank beb..... kalo telepon pasti salah sambung ke nmor saya.... #huaaaaa........

      Delete
  30. Dear Mas Andrea,

    Mohon infromasinya, maksimal penarikan tabungan on account ini apakah ada limit/harinya?
    Misalnya saya punya tabungan 500jt, max penarikan menggunakan ATM CIMB brapa? dan max penarikan menggunakan ATM bersama brapa?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. limit tarik tunai di cimb 10juta/hari...

      di bank lain gak tahu berapa... biasanya nominal lebih kecil dari bank nya sendiri

      Delete
  31. Baru bikin On Account kurang lebih 2 bulan yg lalu, iseng ngecek statment bulan lalu, rada kaget kok ada duit masuk 6.500 beberapa kali di akhir bulan. Setelah googling nemu artikel ini, tenyata itu refund dari transaksi saya lewat cimb click beberapa minggu lalu. Udah kadung panik, kirain kena phising hehehe. Terima kasih infonya bro Andrea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk... kena phising yg bikin untung kalo gitu....

      Delete
  32. ini rek super menguntungkan bagi sy. cdm dan kntor cabang dket bgt sma rumah. ada refund kalo transfer antar bank, dapet poin xtra. bunganya juga ya bisa buat beli snack sharga 5 ribuan. haha pokoknya ga rugi lah. tapi ga tau juga sih smpe kpn serba gratisnya.

    ReplyDelete
  33. @Andry : Mas mau tanya dong, refundnya per tanggal brapa? Klo narik di atm bersama dapet refund juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tgl refund nya ga menentu, tp biasanya sekitar 25-31 tiap bulan. malah saya pribadi pernah baru di-refund di awal 2 bulan berikutnya.
      yup penarikan di ATM bersama & prima dpt refund jg. transaksi kredit refund nya jg jelas antara yg refund dari penarikan ATM & refund dari transaksi transfer.

      Delete
  34. Kalo mau bikin cimb niaga on account yang tinggal di daerah bsd bisa dateng ke digital lounge di aeon mall bsd. Kebetulan saya spgnya di bantu gays yang buat ke sini aja buat intensif ������

    ReplyDelete
  35. Barusan buka on account di Digital Lounge Grand City Surabaya. Bikin karena sering nerima duit buat disetor, tapi males ke bank yg antrinya lama..
    Setoran awal minimal 1 juta, ditawarin apa mau cashback 100.000, kalo mau, setoran 1 juta awal itu dibekukan selama sebulan, bulan berikutnya baru bisa digunakan 1 juta tersebut dan cashback 100.000 masuk ke rek ponsel.
    Ga ditawarin perdana XL,, saya juga lupa nanya, padahal udah ditanya pake xl ngga sama mbak CSnya, kalo pake XL dapet bonus data sesuai saldo rata-rata,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan sudah berbagai pengalaman.. lumayan deh cepek ... saya jg mau ditawarin gitu hahay...

      Delete
  36. Hi semua, kmrn 29 dec 2015 baru buat on account. Untuk pembyaran kartu kredit bank lain melalui internet banking itu direfund tdk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bisa jawab tolong masuk ya...

      kata saya sih no!

      thank you feb

      Delete
  37. Utk laporannya by email atau ada statement dikirim by pos?

    ReplyDelete
  38. Keliatannya ngga. Saya biasa transfer dulu ke rekening bank sesuai penerbit kartu, baru bayar kartunya sesuai banknya. Karena setau saya, charge bayar cc beda bank utu tarifnya beda sama charge transfer antar bank. Jadi perlakuannya beda jg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you rey sudah bergabung... komen yg begini yg saya perlukan... selama ini saya lebih banyak jawab pertanyaan... dikira nya konsultan kali...kkkk

      Delete
  39. Izin gabung ya semua..saya lagi tertarik sama yang On Account Xl ini..sebelumnya saya sudah punya Xtra Payroll dan Hypermart...setelah saya mikir2 Hypermart mau ditutup aja soalnya bunga nya kecil dibanding Payroll, lagian saya juga jrg belanja di Hypermart..hehe..awalnya iseng buat Hypermart saver ini untuk nabung doank gr2 kepincut sm ga kena biaya bulanan kalo saldo di atas 5 juta..

    Minta pendapatnya semua, kalau untuk saving, di on Account XL bagaimana ya?saya liat bunganya juga lumayan..plus bebas biaya bulanan jika saldo di ats 1juta...

    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat bergabung...

      gak usah ragu segera tutup... wkwkwk... buka cimb click, terus buka on account via cimb click... transfer setoran awal..terus datang deh ke cabang ambil atm

      sy gitu untuk air asia savers huhu...

      Delete
    2. SEKARANG minimal 10jt baru dapat bunga

      Delete
    3. lebih teliti lagi pek, kurang dari 10juta maseh dpt bunga 1%. on account ku saldo 40rb masih dpt kredit 43perak :v

      Delete
    4. ternyata bukan cuma saya toh yg saldo paspasan wkwkwkwkk....

      Delete
    5. bingung ane gan mau make yg mana, secara selain on account ada tabunganku sama ib xtra wadiah alias ada 3 akun di encim Niaga...hehe

      Delete
    6. dapat daripada lagi tuh panggilan encim..kkk... cocok deh... bukan bank becak aja ternyata...

      nyari aman gretongan enak tabunganku.. gak pake syarat saldo minimal.. saldo 20ribu jg gak tetap free.. fasilitas sama2 juga

      yg dua lainnya mesti saldo rata2 diatas 1juta..

      Delete
  40. CIMB on acount sekarang udah berubah gak kayak dulu lagi, coba cek di web cimb deh, sebelum ada yg protes

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok deh bro...saya update deh bbrp yg penting..

      Delete
  41. Sotoy deh Indomart dan Alfamart lebih banyak dari cabang ATM bank mana saja. Alfamart dan Indomart hanya ada di kota tertentu. ATM jaman sekarang di tenga sawah juga ada...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... baca yg teliti gan ... sudah di screnshoo belum waktu koment jangan permaluin diri sendiri...

      saya gak tulis atm.. saya tulis "kantor cabang bank terbesar sekalipun"

      bank terbesar adalah mandiri... sekaranng berapa jumlah kantor cabang bank mandiri di seluruh indonesia.. lalu bandingkan dengan jumlah gabungan gerai indomaret dan alfamart di indonesia... di desa saya indomaret dan alfamart ada dua.. belum di desa tetangga... di kota besar apalagi...

      Delete
    2. cuma saran aja ya... kalo wawasan masih dangkal gak usah sok2an..

      Delete
  42. Share aja:
    Sy buka On Account XL tp tdk diberi nmr perdana dan disarankan beli sendiri. S
    Stlh beli sya dftrkan nmr tsb. Dan per des dan jan saya mulai aktif bertransaksi beli pulsa, byr tagihan dan beli tiket via CIMBClicks. OTP dikrm via nmr XL tsb.
    Anehnya akhir Ds dan Jan nggak dpt kuota iinternet.Awal Feb saya kurangi sado jd dibawah 1jt (mulai ragu).
    Ternyata info dr 14041, kalau dlm 1 hari dlm satu bln SALDO PERNAH DIBAWAH 1JT otomatis tdkakan dpt kuota data (saldo Nov-Jan diatas 1,5jt)
    Kemudian saya cek ke XL ternyata nmr sya tdk terdftr di On Account XL.
    Jd bingung srndiri. Ada yg bs ksh pencerahan??
    Tus bgmn memecah dua Debit Card CIMB shg tdk bs saling akses (3 rek saya di CIMB). Sbb rencananya rek On account mau saya pakai utk komunitas alumni he3xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dibawah nanti ada yg kasih pencerahan gan...hehe..

      wah saya juga binung gan...kalo dari awal tahu tujuannya agan bisa minta di bikinin rekening dengan cif berbeda...sehingga atm gak saling terhubung..

      sama gan.. atm cimb saya juga saling terhubung..bahkan rek yg sudah gak aktif masih nongol juga...

      Delete
    2. bantu jawab om, buat dapet Bonus 2gb dri XL untuk ON ACCOND CIMB
      1.daftar nomor Xl di CS/daftar sendiri lewat ATM cimb.
      2.bayar tagihan lewat Go mobile/internet cimb min 3x transaksi(beli pulsa tidak dihitung)
      3.detail BONUS
      Saldo Rata2 bualn-->dapat Koata
      1-3jt --> 100mb
      3-5jt --> 1Gb
      5>jt --> 2gb
      ++daet vocer 20rb elevenia
      4.Bonus dikirim setiap tgl 28/bulan.

      moga membantu & mencerahkan omm.. joss :D

      Delete
    3. mantabs .... nongol lagi nih orang kkkkkk

      Delete
    4. Bro ardy, 3x transaksi bayar tagihan itu transaksi apa saja ya? Mohon bantu hehe

      Delete
    5. Iya mau nanyain jg itu 3x nya kalo transfer ke bank lain diitung juga gak biar dapet kuotanya?apa hrs kyk byar telpon rumah ama listrik aja?thanks

      Delete
    6. Saya juga bingung, bulan kedua dpt bonus kuota, bulan ketiga ga dpt, bulan keempat dpt, bulan kelima ga dpt, bulan keenam ga dpt. Jd ya ga usa berharap byk d. Saya sudah penuhi semua persyaratannya.

      Delete
    7. wkwkwkw... kagak ikhlas kayaknya tuh ngasihnya kuota..

      Delete
  43. Gan itu sekarang koknada biaya 3rebu buat passbook nya?bukannya cuman e-statement aja ya fasilitasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi sekarang on account ada opsi passbook juga... maklum lah gan gak semua orang sreg sama estatement..ada yg bilang kalo nabung ga dapat buku kayaknya gimana gitu..

      Delete
  44. #ask apa setiap login go mobile itu kena pulsa, apa hanya operator tertentu saja? soalnya punya temenku gratis setiap cek saldo via go mobile atau dial lewat ussd *141*8# tanpa ada sms dr 1418. soalnya setiap saya cek via *141*8# pasti ada sms dari 1418 nyedot pulsa juga, kan gak keren jadinya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. login go mobile di aplikasi motong pulsa buat passcode...

      kalo umb pake si merah,, baru ketik *141# aja udah motong pulsa... kalo sibiru setelah transaksi sukses baru motong pulsa..

      go mobile saya pake simerah... jadi motong terus... makanya males pake go mobile sekarang,,

      Delete
  45. Mas Andrea atau yang lainnya.. mau tanya dong,
    Saya ko dapet potongan 10ribu ya? (Keterangan : FALL BELOW FEE) saldo akhir saya sebelum kena potongan adalah 200ribu.
    Memang ada standar saldonya ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesti rata2 diatas 1 juta biar gak kena potongan gan..

      Delete
  46. Om andrea tanya nih, kalo account statement bulanan tab. On account ini dikirim by pos gitu ada biaya gak sih?soalnya ini tiap bulan ngirim nih ke alamat rmh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ada... kalo cetak buku tabungan aja kena biaya 2000 apalagi harus dikirim kerumah..

      pake email aja gratis.. go green..

      Delete
  47. Padahal wktu pembukaan gak minta diantar lho bang...ini kok seenaknya aja tanpa persetjuan pemilik rekening.kalo mau ngubah hrs ke cabang pembuka ato cab.trdkt ato lwt 14041 bisa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicabang mana aja...

      di call center kayaknya bisa deh.. yg penting lulus verifikasi... misalnya di tanya data diri dijawab bener..

      Delete
    2. klo utk ganti tipe laporan, kata CS di salah satu cabang, harus via 14041

      Delete
  48. kayaknya mulai rada2 tertarik nih ama ni tabungan. itu tertulis di web nya bunga tabungan 10 jt - 25 jt dpt bunga 3 %. nah kalo tabungan saya misalnya dlm 1 bulan selalu dalam rentang 11jt - 15jt bisa dapat bunga nya berapa rupiah ya perhitungannya?? lumayan jg ni bunga nya daripada danamon lebih mau berapa besar nilai tabungan tetap sama aja bunganya. bunga tabungan On account ini bisa dibilang Wow Keren...

    kemudian ada tertulis biaya buku tabungan 3.000 rupiah itu maksudnya biaya bulanan nya ya?? kalo hanya cetak buku aja supaya rekening ngak dormant apa kena biaya jg??

    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. malas ngitungnya bro...

      3000 biaya pembuatan buku pertamax...

      gak usah pake cara gitu... spy gak dormant ambil aja duit di atm.. kalo gak perlu duit setorin lagi di cdm....atau beli pulsa 20ribu.. beres..

      Delete
  49. Bang andrea refund biaya transfer lewat go mobile itu dikasih ke rekening kita kapan ya?kok ini sudah lewat dr tgl pemberian bunga bulanan tp gak ada jg itu refund nya??apa hrs nunggu ampe 2 bln gitu?
    Mkasih jwabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini pertanyaanya sama... maaf sist saya lama gak buka blog hihi..

      Delete
  50. Kmren pas tgl 17 malah dpt pulsa 20rb dr prgrm isi plsa rek pnsel,, tnp ada potongan sldo.. suka dch... plsanya jg ga diptong.. kak mw nnya dnx credit interst sbsr 40.3 tu bnganya?? Mkshhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... itu bunga yg didapat vunnie selama satu bulan

      Delete
  51. Bang andrea sebenarnya pengkreditan biaya transfer via cimb clicks itu kpn sih?punya sya bln januari lalu udah 2bln blum jg direfund.masak tiap bln hrs tlp 14041 trs.kan sama aja tekor..terus terang mengecewakan ini pelayanan cimb.kalo gak niat bikin promo2 mending g usah bikin deh.#eh curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk...jangan gitu dong sist kyknya nulisnya pake cemberut deh hehe......

      sy jg gak perhatiin kapan..kalo buat saya sih biar aja di refund atau nggak..karena selama ini kalo saya pake bank lain dan narik di atm bank kena biaya..jg transfer antar bank.. nah begitu pake on account saya anggapnya bayar juga... jadi kalo sy sih ga begitu peduli kapan di refund

      Delete
  52. sekarang banya yg komplain dgn produk ini, salah satu biaya transaksi lintas bank belum di refrun, trus biaya pulsa untuk mobile banking yg mahal dan menguras kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal. Iya nih, saya juga termasuk salah satu nasabah ON Account, biaya transfer lintas bank via cimbclicks.co.id bulan Desember 2015 belum direfund sampai sekarang, padahal dulu janji2nya maksimal di akhir bulan atau awal bulan berikutnya. Semoga cepat diperbaiki deh pelayanannya, jangan sampai nasabah berpindah ke lain hati.

      Delete
  53. Halo numpang tanya:
    1). Jadi, kalau mau setoran tunai (soalnya gaji saya dalam bentuk tunai), tidak bisa via teller lagi ya? Kalau via mesin ATM suka ditolak2 uang yang lecek gitu :(
    2). Masihkah gratis untuk tarik tunai di mesin ATM bank lain jika saldo setelah penarikan >1 juta?
    Mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ada yg bilang bisa di cabang.. kalo duit lecek di tolak cdm bisa alternatif via alfamart.. dengan cara top up rekening ponsel..terus transfer deh rek tabungan.

      2. masih kayaknya ..hahay...

      Delete
  54. 1) Setor tunai bisa di cabang mana saja koq. Tarik tunai yg gak bisa di cabang.

    2) Harusnya gratis. Kalo saldo sebelum penarikan < Rp 1 juta baru kena biaya.

    Ketentuan lengkap terkini bisa dilihat di situs bank:

    www.cimbniaga.com/in/personal/products/consumer-liabilities-banking/savings/tabungan-transaksi/tabungan-on-account-powered-by-xl/product-details.html

    ReplyDelete
  55. Rencana mau buka on acount.apa penyetoran ke 2 dan seterusnya hrs setor 1 jt

    ReplyDelete
  56. Saya baru dapat tawaran produk ini dari cs cimb dan sehari kemudian langsung aktif dengan setoran awal 500rb yg langsung d pindah dari tabungan yg lama ke ON account, berati tinggal ambil kartunya aja ke cabang atau gmna ya? Heheh

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->