December 18, 2014

Perbedaan Biaya Transfer Realtime Online, RTGS, Kliring / LLG

Pengguna internet dan mobile banking gak usah pada bingung, kalau mau transfer ke bank lain cukup pilih opsi; transfer online realtime.  Duit yang dikirim akan diterima saat itu juga. Beres!

Selesai deh bahasan sampai disini. Silahkan pergi.... ..

**
Karena saya masih mau main-main disini, biar saya catat perbedaan transfer online realtime, Kliring (lalu lintas giro/ LLG) dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Toh ini si Lenka juga masih mau nemenin. Dari tadi bolak-balik aja lagunya;  The Show, Everything At Once dan  Trouble Is A Friend,  padahal gak ngerti juga ini bahasanya wkwkwwkk…....

Saya bikin perbedaan sederhana, mudah-mudahan bisa di mengerti (kalau pakai penjelasan baku saya gak paham), kalau nantinya ada yang salah atau kurang tolong di koreksi dan ditambahkan

Perbedaan Transfer Online, RTGS dan LLG

Item
Kliring (LLG)
RTGS
Online Realtime

Eksekutor
BI
BI                   
Provider ATM

Settlement (penyelesaian akhir)
Jam 10, 12, 14, 16, secara bersamaan,
Hari kerja

Setiap saat,
Hari kerja

Saat itu juga


Sarana / prasarana
Kantor cabang,
Mobile banking,
internet banking,
Kantor cabang,
Mobile banking,
Internet banking
Mesin ATM,
Mobile banking,
SMS Banking,
Internet banking,
Phone banking
Minimum Rp
?
100 juta
Variatif sesuai ketentuan masing2 bank
Maksimal Rp
?
?
variatif
Biaya Rp
5000-15000
25.000 - 50.000
6500-7500                           






Dari table diatas moga  jadi jelas.  Transfer realtime online paling cepat . Tidak perlu nunggu berjam-jam apalagi berhari-hari sampai rekening tujuan. Memang ada batasannya, tapi itu sudah cukup untuk perorangan yang perlu mengirim uang tidak dalam jumlah besar. Lain cerita kalau untuk keperluan korporasi yang membutuhkan nominal transfer besar.

Semoga table diatas juga dapat menjawab jika ada pertanyaan; transfer antar bank LLG berapa hari sampe, atau transfer RTGS berapa lama.

Transfer Antar Bank Online Realtime
Kalau transfer ke rekening lain masih pada bank yang sama maka yang di gunakan adalah system yang dibangun oleh bank itu sendiri.  Makanya biaya transfer kesesama bank adalah gratis.(kecuali BRI, transfer ke sesama BRI ada biaya )

Tapi kalau transfer ke rekening lain  beda bank, maka yang di gunakan adalah system komunikasi data yang dibangun provider ATM atau yang di sebut juga perusahaan switching ( ini juga berlaku untuk tarik tunai di atm bank lain). Maka untuk menggunakan layanan ini ada biaya interkoneksi yang di bebankan pada nasabah. Biaya yang kita keluarkan  itu kemudian di bagi  (menjadi keuntungan ) antara bank dan perusahaan pengelola ATM. Saat ini, di indonesia  ada empat  perusahaan pengelola ATM  ; Bersama, Prima,  Alto dan Link

Saat ini, transfer antar bank realtime tidak hanya bisa dilakukan  pada sesama anggota jaringan. Karena semua provider ATM sudah saling terhubung. Jadi transfer ke bank mana saja bisa. Transfer dari bank  mandiri ke BCA atau sebaliknya, dari BNI ke BII, dari BTN ke OCBC NISP,  BRI ke bukopin, bahkan dari satu kartu atm BRI Syariah keberbagai bank : BCA, permata,  sinarmas, panin, bank mega, mayapada, muamalat, mandiri dsb.

Transfer ke rekening bank lain via ATM, SMS banking atau phone banking di perlukan kode Bank sebelum pengetikan nomor rekening tujuan. Daftar kode bank bisa dilihat pada halaman berikut : daftar kode bank untuk transfer antar bank.

Yang kadang jadi bahan pertanyaan saya malah ketika bank tersebut tergabung dalam beberapa jaringan, entah jaringan mana yang jadi prioritas.

Misalnya begini;
Saya transfer dari BII Maybank ke CIMB Niaga melalui internet banking atau ATM. Kadang yang di gunakan jaringan ATM bersama kadang juga ATM Prima.  Itu yang saya maksud  jaringan mana  jadi prioritas  pertama (gak penting banget ya mikirin yang kayak gini..... Yang penting duit aman sampai tujuan juga sudah beres)

Untuk di ketahui, BII tergabung dalam jaringan ATM Prima, alto, dan bersama, sementara CIMB niaga dalam jaringan Prima dan Bersama.  Jadi kalau masih ada mau mikirin seperti saya silahkan lanjut.

Biaya Interkoneksi
Sejak 1 november 2014 tarif interkoneksi  telah diperbaharui. Yang tadinya Rp 5000 untuk penarikan di atm bank lain, dan transfer ke bank lain, sekarang beda.

Tabel dibawah adalah biaya interkoneksi. Biaya ini tidak sepenuhnya sama, karena setiap bank memiliki kebijakan tariff tersendiri. Ada yang menggratiskan dengan syarat tertentu, ada yang juga  gratis dalam masa promosi

Transaksi
ATM Bersama
ATM
Prima
ATM
Alto
ATM
Link

Penarikan di atm
7500
7500
7500
7500

Transfer di atm             
7500
6500
7500
7500

Cek saldo di atm
3000  s.d   4000

Transaksi gagal karena saldo tidak cukup
3000  s.d   4000
Transfer internet banking
7500
6500
7500
7500

Transfer  mbanking

7500
6500
7500






Posted by:

111 komentar:

  1. Permisi mau nanya. Saya transfer hari kamis/jumat menggunakan transfer online antar bank via ibanking tapi sampai saat ini saldo yg saya transfer belum masuk ke rekening si penerima.
    Itu kenapa ya?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bu, gimanapun canggihnya system, akan ada saja error, ada bug disana sini yg menyebabkan system gak sempurna.

      sebaiknya segera report ke bank bersangkutan, lebih baik melalui menu kontak pada inet banking dengan menjelaskan kronologis-nya

      yg perlu disiapkan;

      mencantumkan nomor referensi transaksi
      nomor rekening dan bank tujuan (sekaligus buat cek ulang nomor tersebut benar / bukan salah ketik)

      bank biasanya akan merespon dalam hitungan jam, selagi itu kesalahan system, duit akan dibalikin.

      sayang ibu gak sebutin dari bank mana ke bank mana, karena tidak semua bank support transfer online, misalnya bca, inet bankingnya hanya llg dan rtgs

      Delete
    2. Nama penerima sudah sesuai dengan nomer rekeningnya.
      Saya transfer dari ibanking BNI ke rekening BRI pak.

      Delete
    3. sepertinya transfer online bni tidak realtime meski ada jaringan link dan bersama, ini jadi topik menarik.

      coba bu tunggu besok sampe jam 12 siang, kalo mau complaint ke bank setelah jam 12 siang.

      teman2 dibawah yg punya pengalaman silahkan masuk






      Delete
  2. lama transfer sms banking dari BRI ke NISP berapa lama yah bang? makasih

    ReplyDelete
  3. Tranfer via atm mandiri ke bri, uangnya lgsg ketrima saat itu jg ndak.trus bs lgsg ditransfet lg ke bank lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. -ya di terima saat itu juga.
      -bisa langsung di tranfer lagi atau ditarik juga gapapa


      Delete
  4. Pak apakah benar jika memakai sistem RTGS , nasabah yg akan menerina dana harus memiliki saldo min 700.000

    ReplyDelete
  5. Pa, kl saya trf via internet banking (LLG) di hr jumat jam 15.00, kalau diatas kan ad kliring jm 16.00, apa itu mksdnya uang yg di trf akan sampai di hr yg sama diatas jm 16.00 atau jd ke hari senin?

    Terimasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya masuk hari jumat juga, jam 15 akan di eksekusi oleh BI secara bersamaan di jam 16

      Delete
  6. Pak, kmren jumat sya trf dngan ebanking (llg) dr bca ke bri tp sya tnggu kog ga sampe ke penerima y
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kemarin jumat dibawah jam 16 (toleransi deh jam 15) idealnya udah nyampe, tapi kalo sudah diatas jam 16.00 atau diluar jam kerja, berarti harus nunggu hari senin sekitar jam 10 lewat

      Delete
    2. diluar itu, mungkin lg ada kendala teknis di bca atau BI

      Delete
  7. oiya, sekalian deh sy mau sampaikan buat teman2 yg mau transfer antar bank dengan bca lebih baik gunakan mbanking dengan memilih transfer online.

    kalo transfer via inet banking bca tidak support transfer online, jadi gak diterima realtime saat itu jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak,,,saya selalu trf dr BCA ke BCA. Pengen pke internet bangking,,berarti gk bs msuk saat itu juga ya,,sedangkan saya jualan pulsa online,,jd klo deposit saya hbs kan enak gk perlu jln ke galery ATM. Atau saya bikin mbangking aja ya pak,,gmn solusi ny yg enak nih pak. Biar jualan pulsa saya gk macet klo gk ada deposit ny.

      Delete
    2. inet banking kalo dari bca ke bca akan diterima saat itu juga... kalo dari bca ke bank lain gak bisa

      Delete
  8. mau nanya nih..
    saya pake go mobille cimb niaga, btw sy mo transfer ke bank bni syariah, tapi di opsi nya tidak ada bni syariah, hanya ada BNI 46, apakah sama?
    trus berapa lama masuk nya? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode bni dan bni syariah sama 009, jadi gak masalah, yg penting sebelum konfirmasi pastiin nama rekening tujuan dan bank nya sudah benar.

      pakai opsi yang online (sudah default sih di go mobile cimb) akan diterima saat itu juga, jangan pakai kliring/llg yah

      Delete
  9. KEPONAKAN SAYA TRANSPER BCA MELALUI MBANKING DR TANGGAL 30MEI 2015 DI MBANKINGNYA BERHASL KENAPA DI ATM PENERIMANYA TDK MASUK JUGA YAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah kelamaan, mesti diurus ke bca oleh si pengirim, telepon aja halo bca, siapain nomor referensi, nomornya bisa dilihat di hystori transaksi.

      kalo kita ngomongin system teknologi, bagaimanapun ga ada yg sempurna. Jangankan bca, google aja masih tidak luput dari bug pada system.

      Delete
  10. Kak aku mau tanya nih. Kan semalam aku transfer dri bca ke mandiri pd pukul 23.00 via atm. Nah aku cek saldo sudah terpotong dan aku cek di m-banking jg sudah terpotong tp sampai sekarang si penerima belum jg menerima transferannya kak. Jd itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada masalah di jaringan, coba aja tunggu sampe senin jam 12.

      kalo gak sabar langsung call aja bca, siapin no referensi transaksi itu, bisa di lihat di history transaksi, tanyakan gimana transaksi itu

      Delete
  11. Aku sudah tlpn bca nya kak. Katanya transaksi sukses kak lancar katanya. Masalahnya di mandiri blm sampe jg. Yg penerima ini jg udh tlpn cs mandiri katanya mandiri cuma bisa nunggu masalah ada sama pengirim . Mereka kyk selempar-lemparan gitu kak.

    Mana itu uang buat beli tiket pesawat lg. Kira2 misalnya sampai senin blm sampai paling lambat brp hari ya kak refund nya?
    Ngeri gak dapet tiket ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo refund gitu bank menjanjikan 14 hari kerja, meski pada banyak kasus bisa lebih cepat.

      lebih baik siapin dana lain buat beli tiketnya. Saya pernah baca juga kasus urgent serupa tapi beda keperluan yang memerlukan berhari2 duit baru sampe tujuan.

      sekarng gini aja, kalo call bca mungkin investigasinya kurang menyeluruh, si operator mungkin merasa terburu2 karena dituntut kerja cepat.

      coba karina kirim email ke cs bca nya, dimana letak masalahnya, tanya juga kepastian kapan, sampaikan juga kalo penerima sudah menguhubungi mandiri

      Delete
  12. Kk tau email cs bca kak? Aku gak tau ini soalnya :(.

    ReplyDelete
  13. halobca@bca.co.id

    sori kelamaan reply nya

    ReplyDelete
  14. dri Bank Mandiri Ke Bank BCA trf jam 12 siang , kira2 masuk uangnya kapan yah ?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga ada masalah di system hari itu jg nyampe

      Delete
  15. Saya menerima bukti transfer kliring skn tgl 23 siang jam 2 tapi kok sampai hari senin tgl 29 blm sampe, knp ya ? Katanya cuma 3 hari kerja sampe ????
    Kapan bisa sampe ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah kelamaan bro, lebih baik segera diurus deh

      Delete
    2. hari kamis adik saya kirim uang melalui teller bri ke maybank, smpai hari ini belum nyampe padahal sudah 4 hari,apa pengiriman melalui bank lain tanpa menggunakan atm waktu nyampe uangx max berapa hari yahh??

      Delete
    3. gak tahu jg sih... tergantung kinerja bank....coba di tunggu mba sampe rabu.. karena mungkin terpotong weekend jadi delay

      Delete
  16. bang, kalo transfer via rtgs, itu yang biaya 25000nya dopotong dari uang yang ditransfer atau dipotong dari atm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. diluar nominal transfer bro (dipotong dari saldo tersisa)

      oiya kalo rtgs minimal transfer mesti 100juta ya, jarang2 bank yg ngasih limit transfer antar bank di atm hingga 100juta.

      kalo dibawah 100 juta transfer di atm paling bisa dengan LLG, itupun hanya bisa dilakukan di atm non tunai. Kalo di atm tunai sudah otomatis lewat provider atm, dan biaya nya pun di potong dari saldo tersisa.



      Delete
  17. Berapa lama rtgs itu mas? Maksimalnya berapa, soalnya saya mau transfer 300jt.
    Mohon solusinya apa saya harus lewat internet banking apa ke teller bank nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rtgs gak pasti, bisa beberapa menit, beberapa jam, bahkan bisa juga beberapa hari kalo lewat internet banking diluar jam kerja.

      lewat teller aja bro kalo transfer segitu sih, jadi kalo ada masalah kan gampang nge push bank nya

      Delete
  18. Kak mohon bantuanny
    Saya barusan trf menggunakan.layanan internet banking dari Bca ke Bri, menggunakan LLG, saya trf dri pagi jm 07:07,apakah saya hrus tngg jm 12siang dia bru sampain
    Atau bgaimna y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada patokan resmi kapan sampainya, tergantung kapan di eksekusi, bisa jam 10, bisa jam 12, jam 14, 16 bahkan mungkin jug besoknya.


      kalo transfer antar bank dengan bca lebih baik pake mobile banking aja cindy, sehingga uang akan sampai saat itu juga

      Delete
  19. Sore kak..

    Mau tanya donk kak..
    Tgl 4 Sept saya transfer dari rekening BCA saya ke rekening Mandiri saya tetapi sampai hari ini belom masuk ke rekening Mandiri saya..saya sudah telpon ke halo BCA Customer servicenya bilang kalau butuh 2-3hari proses kerjanya.
    Saya baca comment di blog ini ada yang sudah sampai 5hari belom terproses juga..saya jadi takut
    Apa saya transfer aja semua duit saya ke rekening BCA saya yang satu lagi karena mumpung saldo BCA saya belom terpotong uang transferan saya..tapi kalau saya pindahkan semua duit yang ada di rekening BCA saya yang satu lagi..apakah saya bisa kena pinalti/sanksi dari pihak bank BCA? karena saya sudah melakukan transfer ke bank lain tetapi saya malah pindahkan semua duit saya ke rekening BCA yang lain?
    Saya takut nanti kalau duit rekening saya sudah terpotong untuk transferan tapi duit belom masuk ke rekening Mandiri saya nanti jadi repot karena saya posisi di luar negri..telpon halo BCA mahal banget dari sini..
    Mohon pendapatnya donk kak..

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saldo gak kepotong berarti transfernya gagal......

      selagi nomor rekening yg di tuju adalah benar, jangan terlalu takut duit hilang karena gagal transfer... karena kita bisa menuntut bank berbekal nomor referensi transaksi itu...

      lain cerita kalo kita salah mengetik nomor rekening yg menyebabkan uang terkirim ke orang yg tak dikenal (bukan tujuan), kalo ini terjadi posisi kita lemah.

      oiya, kalo dari luar lebih baik kontaknya via email aja mba

      Delete
  20. dua hari yg lalu kk aku kirim uang lewat kliring sampai hari ini belum masuk rekeningku, kenapa ya, dari BCA ke Mandiri Syariah

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah jawabnya mba, karena selama pekerjaan ada campur tangan manusia, cepat atau lambat proses itu tergantung manusia nya...

      sampaikan sama kakak nya, kalo mau tranfer dari bca ke bank lain lebih baik pakai atm atau mbanking aja, supaya uang akan sampai saat itu juga...

      Delete
  21. klo transfer via kliring dri permata ke mandiri brp lama yah?? kmrin rabu sore sya transfer tpi sampe jumat ini blm masuk...klo sya ke bank untuk dibatalkan dan ambil kembali dananya bisa hari ini jga ga ya diproses..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bisa jawab berapa lama....kliring ada campur tangan manusia disitu... kinerja orang gak bisa di pukul rata...

      begitu jg pembatalah kliring saya gak paham

      Delete
  22. Pengalaman saya transfer antar bank pakai M-banking mandiri (008) dan dari ATM mandiri tujuan BRI (002)

    3 kali mengalami kejadian saldo terpotong tapi tidak masuk ke rekening penerima
    Dengan bekal bukti transaksi walau agak ribet harus datang ke kantor bank mandiri terdekat dan mengisi formulir pengaduan,dalam waktu 14 hari kerja uang di kembalikan ke rekening pengirim
    Tapi untuk transaksi ke bank lain selain BRI tidak pernah mengalami kendala
    Menurut penjelasan dari pihak BRI dan Mandiri interkoneksi kedua bank "plat merah" tersebut memang sering mengalami kendala , karena menggunakan jasa provider dan satelit yang berbeda
    tapi ya cuma disitu kelemahannya tetap saja sering gagal untuk transaksi transfer dari 008 ke 002.
    Semoga bisa jadi pelajaran untuk kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg baca komen agan bakal bisa narik pelajaran spy menghindari transfer ke bank itu...

      mks sudah berbagai pengalaman

      Delete
    2. Mau nanya gan,
      Umpamanya sya punya atm mandiri, lalu ingin transfer ke rek BCA malalui mesin atm bersama(anggaplah mesin Bri)
      Yang saya tanya apakah sya kena biaya 2x yaitu biaya atm bersama dan biaya transfer antar bank??
      Atau hanya biaya transfer saja

      Delete
    3. satu kali aja di potongnya gan

      Delete
  23. Bank mandiri k bank bca brp hari sampai.transaksi lewat bank

    ReplyDelete
  24. Kak tlong di jwb, saya transfer kliring dari mandiri mobile ke rek bRi pda jam 1 siang. Tp belum nyampe juga udh lebih dr 1 jam ga nyampe2 pdhl saldo sudah terpotong

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tunggu dua hari, kalo dua hari belum masuk jg segera call mandiri

      Delete
  25. gan sya transfer dri bca ke bca via klik bca jam 10 mlm..notifikasi transfer sukses...tpi saat di cek blm masuk..dan cek mutasinya pun blm ada..apakah sudah termasuk terkirim tpi pending aja karna offline?? kira2 jam brp yah klikbcanya online kembali...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener...

      saya gak perhatiin jam offline bca, kadang jam 11 jam 12 malam udah on lagi.

      Delete
  26. admin, mau nanya.. misal ada kasus seperti ini:
    transfer kliring ke sesama bank yang menyediakan layanan tsb .. transfer dilakukan pada hari jumat sore, tapi sampai dengan hari selasa sore transfer belum diterima oleh si penerima .. padahal menurut si pengirim, sudah ada bukti sukses pengiriman .. mnurut admin, kemungkinan apa saja yang terjadi ?? thanks minn .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bank pada sibuk .... jadi gak ke handle dalam dua hari... bagaimanapun pekerjaan yg melibatkan tangan manusia kalo overload pasti akan delay.... beda kalo yg proses mesin.. semua akan serba otomatis...

      Delete
    2. duit sih akan tetap diterima... cuma ya gitu mesti narik nafas...

      Delete
  27. Kak saya kirim dari mandiri ke bri via internet banking antar bank online kira" berapa lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. normalnya sih akan diterima saat itu juga... tapi ada pengalaman tuh dari komen teman kita diatas kalo transfer dari mandiri ke bri sering masalah...

      Delete
  28. Kak ak mau nanya,kmrn temen ku transfer lewat internet banking bank cimb niaga ke bank bri syariah,cm ktnya disitu pilihannya cuma ad bank bri aj.lalu dimasukin no rekeningnya dan muncul namanya.udh bener no rek,sm namnya,tp ko blm masuk ya uangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi saya cek internet banking cimb, bri syariah ada dibagian bawah drop down menu.. tertulis : Syariah BRI

      perkiraan saya; mungkin uang itu akan masuk bri dulu, baru akan di kliring ke bris...

      sebaiknya hubungi cimb oleh si pengirim, atau hububgi bris oleh si penerima... jangan lupa cantumkan nomor referensi transaksi di cimb (bisa di lihat di mutasi atau notifikasi email)

      Delete
  29. Transfer dari BCA ke BRI sabtu siang jam 12an sampai jam 2 belum masuk ke penerima, padahal bukti transfer udah keluar. Butuh brp lama uang itu sampai ke penerima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu... coba aja tunggu senin siang atau selasa....

      Delete
  30. kak mau nanya kan pas hari minggu transfer dari cimb ke bni jam 15.12 melalui sistem kliring, terus sampai hari selasa kok blm nyampe uangnya ke penerima? kira-kira paling lama berapa hari ya?terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya gak tahu pastinya berapa lama.... tergantung kesibukan bank....

      Delete
  31. Kak.. mau tanya .. trnsfer dr mandiri ke bukopin dg sistem kliring dr tgl 26 kmrn.. kira2 smpenya brp hri ya kaak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu jg ya.. tergantung kecepatan kedua bank itu bekerja....

      Delete
  32. Kak , mau nanya ... Temen kan transfer kliring dari BCA ke Permata hari Jum'at 2 minggu lalu , saldonya kepotong tapi transferannya belum masuk sampe sekarang , itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh udah 2minggu sih kelamaan, harusnya udah masuk..berarti ada masalah...

      coba deh teman nya suruh urus... kontak bca, tanyakan kepana gitu... siapkan nomor referensi transaksi....

      Delete
  33. Kak, kalo mis mau transfer dr mandiri ke bca, brp lama? Lwt atm

    ReplyDelete
  34. Siang kak
    Pagi tdi jam 9 sy transaksi melalui klik bca untuk trf ke mandiri, mutasi rekening sya sdh trdaftar bahwa transaksi berhasil dan saldo juga, hanya saja wktu berhasil yg menerima (mandiri) blum ada penambahan saldo, jdi brp lama ya transaksi LLG ini ? kmi masih dalam 1 wilayah kota, apakah hrus 2-3 hri juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja biar satu kota jg.... sy gak bisa jawab lagi deh kalo berapa lamanya...

      yg penting dari pengelaman itu, nadya bisa ambil pelajaran berhargam bahwa transfer antar bank di klikbca tidak bisa diandalkan untuk kebutuhan urgent

      Delete
  35. Mau nanya kalo transfer 20 juta dari mandiri ke bank lain bisa kan? Proses nya berapa? Lewat atm

    ReplyDelete
  36. Mau nanya kalo tranfer 20 juta dari mandiri ke bank lain lewat atm bisa kan ya ? Proses nya berapa hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu plantium bisa hingga 25 juta, tapi kalo pakai atm bersama cuma 10 juta...

      limit tranfer di atm kartu gold 10juta, kartu silver 5juta...

      kalo system normal bisa langsung di terima saat itu jg... tapi ada bbrp pengalaman teman kita diatas... kalo transfer mandiri ke bri bisa pending

      Delete
  37. hari kamis lalu adik saya kirim uang melalui teller bank bri ke maybank katanya 3 hari uangx uda nyampe tp hari ini sda 4 hari belum nyampe,trus kertas bukti transfernya uda dibuang gimana caranya complainx klo kertasx sd hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh susah jg ya mba... gak ada bukti...bank juga akan kesulitan menelusuri transaksi itu.... meski sebenarnya gak sulit jg karena semua transaksi tercatat...

      kalau pun nanti adiknya mau menanyakan perihal transaksi itu... persiapkan data nama dan rekening tujuan... tanggal dan jam transaksi... harus tepat jangan sampai melencenceng jauh... kalo perlu ingat nama teller yang memproses.... dengan begitu kalau bank mau berbaik hati menelusuri transaksi itu bisa saja di ketahui dari database bank....

      Delete
  38. Saya mau tanya nih klau saya trf lewat kliring itu sampai nya kapan ke sipenerima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman teman2 kita diatas bisa lama..mungkin sekitar 2hari...tapi itu gak mutlak... selagi bisa pake transfer online atau via atm lebih baik hindari kliring

      Delete
  39. bagus online real time ya. cepat dan biaya murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.... kalo baca komen teman2 kita diatas kliring bikin makan hati

      Delete
  40. hari jum;at saya transfer dr BCA ke BTN lewat klik BCA,
    saya salah input Nama, ... Hiks hiks.. untuk no Rekening benar, dan di Mutasi saya sudah terdebet...
    dan sampai hari ini, pihak pengirim belum , ,, terima, ...!!! apa uang yang saya transfer akan masuk ato hilang ya... , beneran sedih, walau uang yang saya transfer cuma 300.000 , -_- hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bener nih ya nomor rekeningnya nggak deh hilang sih...

      kalo btn nya nolak kemungkinan duit akan di balikin..

      coba tunggu sampai hari selasa untuk kepastian... atau kalo takut hilang bisa langsung kontak bca via email..

      Delete
  41. Mau tanya transfer dr Internet Banking bCA ke Bank Sinarmas , say atransfer hari ini pada jam 14:44 kira-kira sampainya kapan ya ? mohon jawabannya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek sist hari rabu siang...#nebak aja

      Delete
  42. selamat siang om... saya mau nanya2 nih tadi sekitar jam 9 saya transfer melalui rekening mandiri ke cimb niaga secara kliring, nah waktu ideal sampai nya itu jam berapa yah kira2?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu gan... pusing masalah kliring ini gak jelas... moga setelah ini agan gak pake kliring2an lagi

      Delete
  43. Selamat malam min. Saya mau nanya, saya abis transfer kliring hr rabu jam 19.00 wib. Dari bni ke mandiri.kira2 sampe ke penerima itu kapan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu jg sis... kalo beruntung besok sampe... kalo gak beruntung bisa tanggal 5-6, tahun 2016

      Delete
  44. Saya ikut bingung dgn namanya kliring,,,Ini dah lebih dr 3 hr,,,,sy transfer kliring dr cimb niaga ke bca lewat go mobile,,,si penerima keukeuh uang msh blm masuk.mungkin esok atau lusa atau hari berikutnya atau kapan2 jika tuhan mengijinkan....saya sarankan jgn pake kliring.maaf sy jg tidak menyalahkan salah satu pihak,ini krn saya yg kurang faham apa itu kliring,jd nikmatilah saja hehehe nikmatilah...syukurilah.jadikan pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baguslah jadi pengalaman.. kliring pokoknya gak banget...

      Delete
  45. Mlm. Saya stor uang lewat bank mandiri ke bri siang tdi.namun smpai skrang blm ada masuk.itu pentebapnya apa. Apa bisa di jelaskan.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya karena lambatnya kerja manusia... proses kliring itu melibatkan kerja manusia di kedua bank itu..kalo mereka lambat ya lambat sampe nya..beda sama mesin, begitu proses ya langsung proses saat itu juga

      Delete
  46. oh makasih ya infonya sangat bermanfaat,aku sering banget trf pake kliring(soalnya biaya ke bank lain jauh lebih murah) eh masuknya lama,kalau hari kerja memang hanya beberapa jam saja tapi kalo weekend harus menunggu sampai hari senin ,, tadi pagi saya transfer ke bank bca lewat bank mandiri dan sampai jam ini belum masuk terus saya iseng searching dan dapat blog ini ternyata pake kliring ga reccomend banget ,, sekali lagi terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang BI bisa gondok kalo kliring di bilang gak recomended... pake banget lagi...wkwkwk,,,,

      thank you zara

      Delete
    2. Sesuai aturan kerja bank yaitu Senin -jumat jam 8pagi - 3 sore, maka waktu operasional bank adalah waktu tsb, apabila anda lakukan LLG (kliring diwaktu setelah jam/hari kerja) maka kliring akan di pending BI sampai waktu/hari kerja tsb efektif, jd jng dikatakan tdk rekomen, nasabah harus melihat proses kerja banknay dulu. BCA ke bank mandiri belum ada kerjasama RTGS loh,

      Delete
  47. saya trf via sms banking dari mandiri ke bca sbsar 150 ribu Om..pkl 02.30 tp. sampe pkl 09.00 ,kokk blum sampe ke rekening Bca ya?? padahal print mutasi nya udah ke potong ? kira2 berapa lama harus ditunggu ya Om..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu bro... tunggu aja 2-3 hari... kalo belum masuk juga baru komplaint

      Delete
  48. Siang pak..pengen tau nih sbenarnya biaya transfer via mbca antar rekening dan antar bank it brp y??trs kl transfer lewat teller bca biayany ap sm dgn mbca??satu lgi nih..knp y saldo di buku tabungan dgn di info saldo mbca berbeda ya..mhon balasannya..swun

    ReplyDelete
    Replies
    1. transfer mbanking bca ke bca gratis..kalo ke bank lain biaya 7500

      lewat teller biaya 5000 untuk llg

      yg di di buku saldo sebenarnya... yg di mbanking/atm itu saldo yg bisa di gunakan/ambil




      Delete
  49. Maaf gan,saya ditransfer sama perusahaan pakai rekening perusahaan (bca) ke rekening bri jam 23,08...sampe sakarang belum nyampe juga,apa hari libur atau gimana ya kendalanya,kebetulan tanggal 9 ini libur nasional,kata yang transfer seh nunggu di otorisasi,itu apa ya gan,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf saya baru buka blog...kyk nya masalah udah selesai deh ya hehe..

      Delete
  50. Mo nanya juga nih Gan... Jika menu transfer online antar Bank itu bisa untuk pembayaran tagihan kartu kredit apa tidak ya VIA inet banking.. Klo yg saya dengar, jika menggunakan menu TRANSFER langsung sampai walaupun ada biaya tambahan dan jika menggunakan menu PEMBAYARAN akan ada delay 3 hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya ngga tahu tuh gan... saya kalo bayar cc dengan inet banking bank yg sama aja

      Delete
  51. Hari jumat tgl 8 sy mengadakan transaksi penjualan,dan si pembeli meneransfer dananya dr BRI ke rek CIMB niaga istri saya ,koq belum sampe sampai skarang ya(minggu)kata tellernya sih akan sampe dlm 24 jam.sy jdi bingung nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga masalah nya udah kelar deh... kelamaan saya baru buka blog

      Delete
  52. saya mau nanya mas,, teman saya kan tranfer lewan m banking mandiri pada hari jumat jam 08.00 ke bang bri,,, saya kan bri,,, sampe sekrang ko belum nyampe2 yahh,,, diyah pake LLG,,, kira2 berapa lama ya mas,, kan 2-3 harii,,, jadi bingung sayaa.. terimaksih

    ReplyDelete
  53. bro maaf mau nanya saya ditransfer dari bank menggunkan sistem kliring, apakah sampai memakan waktu 3 - 4 hari ? padahal nominalnya dibawah 10 juta. terimakasih mohon penjelasannya

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->