December 5, 2014

Komparasi Tabungan iB : Mandiri vs BRI vs BNI

Setelah  membaca artikel ini, saya harap teman-teman netizen dapat segera memutuskan; Tabungan syariah dari bank mana yang akan dipilih. Yang sesuai dengan kebutuhan. Yang terasa cocok dengan tujuan untuk menyimpan uang. Dalam hal ini saya catat tabungan iB akad wadiah dari bank syariah mandiri ( BSM), BRI Syariah (BRIS) dan BNI Syariah.


Saya hanya membandingan data yang terukur. Sementara yang tidak terukur, misalnya bagaimana pelayanan di kantor cabang, kehandalam system ebanking, dsb, saya tidak berani compare disini. Kenapa? karena bisa sangat subyektif.  Silahkan teman-teman yang punya pengalaman menjadi nasabah disana memberi komentar.

Produk yang di pilih ;

  • Tabungan Faedah – BRI Syariah
  • BSM Simpatik -  Bank Syariah Mandiri
  • Tabungan Hasanah  akad wadiah – BNI Syariah
Komparasi ketentuan dasar tabungan iB wadiah : Mandiri  vs BRI vs BNI

Item
BSM Simpatik
Faedah BRIS
Hasanah BNI Syariah

Membuka Rekening di konvensional-nya
Tidak
Ya (cabang yg ada layanan syariah)
Ya (cabang tertentu)
Setoran di konvensional-nya
Tidak
Ya (cabang yg ada layanan syariah)
Ya
                                           



Setoran awal minimum - Rp
20.000 / 30.000
50.000
100.000
Setoran selanjutnya - Rp
10.000
10.000
10.000
Saldo minimum
20.000
50.000
100.000
Biaya administrasi per bulan
Maks Rp 2000
( tidak memotong  pokok simpanan)
Gratis
Gratis
Biaya pemeliharaan  atm per bulan
2000
Gratis
Gratis?
Biaya dormant ( 6 bulan berturut2 tidak ada transaksi)
?
10.000
?





Komparasi fitur tabungan iB wadiah : Mandiri vs BRI vs BNI

Item
BSM Simpatik
Faedah BRIS
Hasanah BNI Syariah

Internet banking
Ya ( biaya 2500/bulan)
Ya
Ya
ATM
Ya
Ya
Ya
-Berfungsi sebagai kartu debet
Ya
Ya
Ya
-Dalam Jaringan
Mandiri, prima, bersama, link
BRI, Bersama,Link, Prima
BNI, Bersama, Link, Prima




Mobile banking



-Android
Ya
Ya
n/a
-Blackberry
ya
Ya
-
-Iphone
Tidak
Ya
-
-Java
Tidak
Ya
-




SMS Banking
Ya
Ya
Ya
Call center
14040
500789
 500046 / Di gabung dengan BNI




Komparasi Transaksi Tabungan Syariah akad wadiah : Mandiri vs BRI vs BNI

Item
BSM Simpatik
Faedah BRIS
Hasanah BNIS

ATM



-Penarikan di ATM sendiri
gratis
Gratis
Gratis
-Penarikan di ATM Konvensional-nya
gratis
3500 (1750 jika saldo sebelum trx  ≥ 500ribu)
Gratis
-Penarikan di ATM bank lain dalam jaringan
7500
6500 ( 3750 jika saldo sebelum trx  ≥ 500ribu
Gratis
-Transfer ke konvensionalnya
6500 (2000 jika di mesin atm mandiri)
6500 ( 2500 jika saldo sebelum trx  ≥ 500ribu
Gratis
-Transfer ke bank lain
6500
6500
7500
Limit transaksi



-Penarikan di ATM
5 juta (regular)
5 juta
5 juta
-Transfer di ATM antar bank
5 juta
5 juta
10 juta
-Transfer di inet banking
10 juta
10 juta
10 juta
-Transfer di mobile banking
5 juta
5 juta
-

Catatan:
Dari perbandingan table ketiga produk tabungan syariah akad wadiah diatas, saya mencatat beberapa hal yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan teman-teman sebelum memilih, diantaranya.

Tabungan BSM Simpatik

Dari ketiganya, BSM simpatik memiliki fitur paling lengkap. Sayangnya, fitur tersebut harus ditebus dengan biaya yang harus di keluarkan. Baik untuk bulanan, maupun setiap transaksi.

Misalnya;
Untuk internet banking, BSM mengenakan biaya administrasi Rp 2500/bulan. Buat saya ini “lucu”. Tak lazim banget.(catat ya ; saya menulis pada hari ini tanggal 5 desember 2014 sesuai data di official website BSM)



 update: 21 mei 2015
Ada fasilitas kartu ATM yang bisa berfungsi sebagai kartu debet dengan biaya bulanan sebesar Rp 2000. Kartu ATM BSM dapat di gunakan di ATM mandiri  untuk penarikan tunai tanpa dikenakan biaya, sementara untuk cek saldo ada biaya Rp 2000,-

Transfer ke rekening bank mandiri dengan kartu atm  akan dibebani Rp 6500 jika dilakukan di mesin ATM BSM, sementara jika dilakukan di mesin ATM mandiri dikenakan biaya Rp 2000 (dengan catatan: pemilihan menu transfer adalah tujuan bank mandiri, tanpa penulisan kode bank sebagai tujuan)

--------------

Ada fitur mobile banking dengan aplikasi android dan blackberry. Fasilitas ini bisa gunakan semua nasabah. Sayangnya, menggunakan mobile banking BSM untuk cek saldo saja di kenakan biaya Rp 500/ per transaksi (kebangetan)

Ada biaya administrasi bulanan untuk pemeliharaan rekening sebesar Rp 2000/bulan. Untuk yang ini teman-teman tidak perlu khawatir, karena biaya itu hanya akan di potong jika nasabah mendapat bonus (dalam bahasa konvensional dikatakan bunga ). Jika dapat bonus bulan ini Rp 1000,- maka dipotong untuk biaya itu Rp 1000.

Teman-teman harus mengetahui beberapa hal diatas. Paling tidak, jika menggunakan  semua fitur elektronik banking BSM, siap-siap dengan potongan setidaknya sebesar Rp 4500/bulan.

Untuk menutup biaya sebesar itu tidak bisa diketahui secara pasti berapa  besaran saldo yang harus mengendap, karena bonus dalam tabungan syariah akad wadiah bersifat sukarela. Bank tidak punya kewajiban memberi bonus pada nasabah.

Saya ingin mengatakan, sepertinya BSM “terlalu kreatif“ mencari keuntungan dari simpanan nasabah

Baca juga : threshold saldo supaya bunga bisa menutup biaya bulanan


Tabungan Faedah BRI Syariah

Sekali lagi, saya tutup mata bagaimana kehandalan system ebanking masing-masing bank. Tapi, BRI syariah  memiliki penawaran bagus: bebas biaya transaksi interkoneksi dengan hanya mengendapkan saldo Rp 500.000,- saja.

Meskipun, ada juga “ancaman” besar dengan ketentuan dibawah saldo minimum. Tidak tanggung-tanggung, denda Rp 12.500 per bulan jika saldo tabungan dibawah Rp 50.000,-

update 21 desember 2014
 BRI Syariah sudah tersedia fitur internet banking. Silahkan manfaat fitur ini teman-teman.

update 02 februari 2015
Fitur ebanking BRI Syariah sekarang paling lengkap dengan penambahan mobile banking untuk aplikasi iphone.

28 maret 2015
Afektif 6 mei 2015 akan ada perubahan biaya transaksi interkoneksi echanel BRI Syariah. Transfer antar bank, tarik tunai di ATM BRI atau bank lain dikenakan biaya

Tabungan Hasanah BNI Syariah

Beberapa waktu lalu saya melihat ada fitur mobile banking di BNI Syariah. Tapi sekarang saya  tidak melihat  lagi di website BNI Syariah. Sepertinya pengembangan mobile banking berbasis aplikasi telah di hentikan oleh bank tersebut. Sebagai gantinya, saya lihat mereka sedang mengembangkan emoney, Mobile payment  Hasanah Pay, yang lebih terbuka untuk semua orang.

Meski begitu, nasabah BNI syariah yang terbiasa melakukan aktivitas perbankan dengan  mobile device tidak perlu khawatir. Karena saya lihat, design internet banking BNI syariah sudah responsive pada semua ukuran perangkat mobile.  Kalau dulu anda instal aplikasi, sekarang cukup bookmark url internet banking BNI syariah untuk login.

**

Demikian. Selanjutnya giliran teman-teman  netizen berbagi pengalaman, koreksi, atau menambahkan yang sekirangnya belum lengkap.  Sehingga yang lain mengetahui bank mana yang bagus untuk  menabung.

Posted by:

78 komentar:

  1. Maaf mas admin, Sekadar info tambahan, untuk BRISyariah sekarang sudah ada internet banking nya.. dan fasilitas serba gratis(check saldo,transfer,tarik tunai di atm bersama dan prima) jika saldo setelah penarikan min 500.000. Jadi pas buat yang ingin menabung dengan fasilitas serba gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun kang andes infona, langsung saya update.

      kabar bagus nih teman-teman yang mau buka di bri syariah.

      Delete
  2. gan klo di bni hasanah apa ada biaya pemeliharaan atm/bulan ??
    trs mksudx saldo mngendap 500rb apa ya di bri faedah ,jdi klo saldo < 500rb apa kena biaya ??
    mhon bantu dijelaskan , trimaksih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabungan hasanah bni syariah gak ada biaya pemeliharaan atm, yang penting ambil produk yang akad wadiah, jangan mudharabah.

      bri syariah faedah
      ga ada potongan meski saldo dibawah 500ribu, yang penting pertahankan saldo diatas 50ribu. dan minimal satu kali dalam enam bulan transaksi, misalnya nabung atau menggunakan atm untuk beli pulsa.


      tapi kalo saldo dibawah 500ribu, terus lia menggunakan kartu atm bri syariah di bank lain, misalnya ambil uang di bca, di bank mandiri, atau transfer ke bank lain selain ke bri syriah dan bri, maka ada biaya.

      kalo saldo diatas 500 ribu, menggunakan atm bri syariah di atm bank mana saja dan transfer ke bank mana saja gratis.

      begitu maksudnya lia

      Delete
    2. mantap banget.. jadi itu kelebihan bri syariah ya? misal salado di rekekning > 500 Rb. trus saya nebeng ke ATM mandiri syariah buat transfer uang ke bank BNI. apa kena biaya? terimakash banyak penejlasannya.

      Saya akan kembali lagi.. thanks

      Delete
    3. iya tadinya gitu, nebeng di atm lain ga ada biaya, mulai tgl 6 mei ada biaya, tapi masih paling ringan di banding semua bank lain

      Delete
    4. huhu, tapi sayangnya dari BRI ke BRSY syariah atau sebaliknya kena potongan. toh jarang banget tokoonline yang pake bri syariah. kayanya dari semuanya tetap BNI syariah paling nyaman.. sesama BNI mereka 100% tanpa biaya.. hmm..semntara mikir2 lagi dulu dah.

      Delete
    5. betul bro, itu yang menurut akan jadi faktor kekecewaan nasabah, terlalu cepat ngenain biaya ke bri dan sebaliknya.

      Delete
  3. jiah untung ane belom buka rekening BSM, thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bro.

      pas banget lagi saya lagi online. jadi langsung di reply

      Delete
  4. min. sy lg berniat untuk buat tabungan lagi. tapi jd bingung. lebih enak bni syariah apa bri syariah ya?
    sy inginnya tanpa bagi hasil & bebas administrasi, tapi berhubung kadang2 suka belanja online jd pengennya yang gak mahal kalau transfer ke atm bank lain. kalau untuk saldo si gak menentu. min bisa jelaskan apa gunanya mastercard yang tertera di atm debit bni syariah?
    makasih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau transfer ke bank lain tidak ada biaya alias gratis baik dari atm /internet banking/ sms banking, atau ambil duit di atm bank lain, maka lebih baik pilih bri syariah. Yang penting saldo setelah transaksi tersisa 500ribu.

      Kalo di bni syariah ada biaya transfer antar bank atau tarik tunai.

      tabungan faedah brisyariah dan bni ib hasanah sistem wadiah, dua-duanya bebas biaya, tidak ada bagi hasil juga.

      Meski begitu, namanya bank mendapat keuntungan ingin ngasih bonus pada nasabah yang telah menitipkan uang di banknya, jadi ya terima saja. Tapi tidak di janjikan diawal.

      kartu debit berlogo master card itu tandanya bisa di gunakan untuk belanja di mesin EDC master card

      Delete
  5. Assalamuallaikum, trm kasih buat mas andrea sdh menerangkan masalah tabungan faedah di BRIsyariah. Kebetulan saya bekerja di BRISyariah dan saya CSnya. Saya hnya ingin mengkoreksi sedikit saja, kalau utk setoran awalnya bukan 10rb, melainkam 50rb
    Dan utk trf, apabila nanti nasabah menggunakan ATM BRISyariah, yg gratis hanya k sesama saja (apabila saldonya < dari 500rb sblm transaksi). Begitu jg ketika menggunakan ATM BRI, yg gratis hanya ke sesama BRISyariah dan BRI saja. Utk charge trfnya, kena 6500
    Begitu jg utk cek saldo dan penggunaan di mesi debit yg berjaringan PRIMA (khusus hanya utk mesin debit BCA, dan hrs menggunakan konfirmasi PIN ATM jg), ketika saldo <500 rb sbelum transaksi maka dikenakan charge 4000, tp kalau saldo >=500 rb, GRATIS
    Tp kalau saldonya >= 500rb sbelum transaksi, maka ke semua rkening bank, menggunakan ATM bank manapun, GRATIS
    Dan utk aplikasi mobile bankin di iphone sdh bs di download i app store, dnn nama 'mobileBRIS', dan aplikasinya hny memotong kuota internetnya, bukan pulsa

    Sekali lg terima kasih sdh mau share produk tabungan kami

    Assalamuallaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke bro terima kasih atas koreksinya. Langsung saya update

      Delete
    2. Ooo mantap dah.. ane mau migrasi dari BSM ke BRIS aja.. Jadi untuk buka rek di BRIS bisa ke tempat Konvensionalnya? soalnya dekat

      Delete
    3. nanti awal mei akan terajdi perombakan biaya.. wah udah ga asik lagi BRI syariah http://www.brisyariah.co.id/?q=tabungan-brisyariah

      Delete
    4. di bri konvensional yg ada layanan syariah

      Delete
  6. Kalau cimb niaga syariah gimana? Mending mana dibanding bri syariah? Niaga syariah nya yg wadiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat nyari gratisan tranfer antar bank lebih baik bri syariah.

      kalo yang lainnya sih mendingan cimb syariah. Fitur ebanking komplet, gratis, handal, karena sama2 gunain system punya cimb konvensionalnya.

      Delete
  7. Sayangny Tarif GRATIS BRIsyariah Hanya berlaku sampai 5 Mei 2015
    karna Tanggal 6 MEI BRIsyaariah TIDAK LAGI GRATIS, meskipun itu tarik tunai/ cek saldo di JARINGAN sendiri ................*nyesekk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bri lagi melepas anaknya (bris) pelan2, syngnya jaringan bris belum kelihatan banyak, sehingga akan muncul perasaan seperti itu

      selamat menikmati sis.....

      Delete
    2. ibangkingya lelet dan gak bisa nerima uang luar

      biaya adminya 12500 pula

      Delete
    3. wadaw... roman2 nya mau kabur nih.....

      Delete
  8. Assalamu'alaykum Wr Wb
    Sekedar info, untuk BNI Syariah sms dan internet bankingnya dapat juga menggunakan aplikasi BNI Experience milik BNI, karena sepertiny menggunakan sistem yang sama dengan induknya, walaupun internet bankingnya terlihat spt web launcher, semoga membantu infonya

    ReplyDelete
  9. Hri ni tgl 13 Mei 2015 sekitar pukul 14.00 WIB saya ke KCP BRI Margonda Depok. Rencananya saya mau membuka tabungan Faedah dengan akad wadiah. CS nya menjelaskan mulai tgl 6 Mei 2015 kemarin ditetapkan bahwa untuk transaksi penarikan/cek saldo/transfer dll dikenakan biaya (tidak gratis lagi).

    ReplyDelete
  10. Mw koreksi untuk biaya transaksi BSM card dari tabungan BSM/tabungan simpatik di jaringan atm Mandiri Konvensional, Tarik Tunai GRATIS, Cek Saldo Rp.2000.-, (cek saldo gratis di NET Banking BSM) transfer ke rek Mandiri dengan BSM card di mesin atm Mandiri Rp.2000.- (menu nya pilih transfer ke rekening Mandiri, di menu ini langsung masukan no rekeningnya tanpa kode bank). Fungsi kartu Debit YA, biaya transaksi di EDC Mandiri GRATIS. Limit mobile banking sesuai dengan limit BSM Card. Limit standard NET Banking BSM Rp.25jt/hari. Sekian informasinya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas koreksinya bu, segera saya perbarui

      Delete
  11. Assalamualaikum ka.. saya mau nanya boleh .... "Saya ingin mengatakan, sepertinya BSM “terlalu kreatif“ mencari keuntungan dari simpanan nasabah"... jadi maksud nya mas banyak ya biaya yg dikeluarkan kalo kita menabung di BSM? Soalnya saya berencana mau menabung di bank dg setoran minimum.. apakah sebaiknya saya menabung di tabunganKu saja atau di bank syariah? Soalnya saya ingin meminimalkan biaya biaya potongan yg keluar maklum mahasiswa hehehe.. mohon pencerahannya ka.. terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kreatif dalam tanda kutif ya Mutia ...kamu kritis dan teliti banget sih hehe.....

      maksud saya kreatif gini...
      pada umumnya (boleh dikatakan semua bank kecuali bsm) yg memberi fasilitas internet banking tidak membebankan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas itu, nah di bsm di kenakan biaya bulanan jika nasabah menggunakannya.

      lalu, kalo nasabah mengecek saldo menggunakan mobile banking dikenakan biaya Rp 500, ini juga hal baru bagi kita.

      kalo cek saldo di atm menggunakan mesin atm bank lain itu sudah biasa, dan itu wajar karena menggunakan jaringan perusahaan switching.

      terobosan pengenaan biaya2 seperti dua hal diatas itu yang menurut saya "kreatif'"

      mereka bisa saja berdalih pengenaan biaya itu untuk biaya ICT, tapi kenapa bank lain mampu kok tanpa "kreatif' seperti itu.

      next....

      mahasiswi yg melek tekno seperti mutia harus dapat dukungan produk tabungan dengan fitur ebanking lengkap, kalaupun ingin meminimalisasi biaya ada kok bank yg ngasih semua fitur ebanking tanpa biaya sama sekali

      -kalo mau bikin "tabunganku", bisa pilih di cimb niaga, bii, atau bni syariah.

      -di syariah selain tabunganku; bisa pilih bni syariah hasanah akad wadiah, atau faedah bris.

      -yg gratis lainnya, ada sinarmas lion ticket di bank sinarmas, danamon lebih bank danamon atau permatame bank permata

      -kalo mau sedikit berdamai dengan biaya, ada tahapan xpresi bca biaya cuma 5000,

      begitu kira2 mutia

      Delete
  12. Kak andrea, aku mau buka tabungan, masih binggung mau pilih bank yang mana.
    aku mau buka tabungan buat di simpan aja kak, tapi yang gak kena biaya admin perbulan. kalau bisa sudah ada fasilitas internet banking ya kak, jadi mudah cek saldo di hp. terus kalau ambil uang di atm gak kena potongan kak,

    kira-kira yang cocok buat aku apa kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salsabila bisa pilih antara bni syariah dan bri syariah, dua2nya ga ada potongan bulanan, ada fasilitas internet banking juga bisa cek saldo dari hp.

      soal ambil uang di atm semua bank gratis asal di atm bank itu sendiri, kalo ambilnya di atm bank lain baru kena biaya.

      kalo mau di bank konvensional coba pertimbangkan di cimb niaga atau bii, dua bank ini gak ada biaya bulanan untuk produk "tabunganku" dengan fasilitas yg disebutin

      Delete
  13. salam, andrea.

    saya baca dari atas sampai bawah semua mengenai simpanan ya?
    lalu untuk pinjaman apakah ada informasi?

    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga bu..

      blog ini memang spesifik bahas hanya simpanan, untuk pinjaman saya ga bahas.

      bahas simpaman saja sy sudah kerepotan ngebantai komentar penipu yg nawarin pinjaman, apalagi bahas tema itu, bisa cape bu hehe.....

      Delete
  14. Membuka rekening di bank konvensional nya, msksudnya hrs buka rekening di bank konvensional nya dulu baru bs buka rekening syariah nya?
    Misal mau buka bni syariah, hrs buka rekening bni konvensionalnya dulu ya?
    Maaf blm ngerti yg satu itu.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan....

      maksudnya bisa buka tabungan syariah di bank konvensional (induknya)

      misal:
      -mau buka tabungan bni syariah, bisa ajuin pembukaan rekening di bni biasa.

      -mau buka tabungan bsm simpatik, tidak bisa di bank mandiri (saja)

      Delete
    2. Oh begitu. Terima kasih ;)

      Delete
  15. kak andrea mau nanya dong

    saya tertarik untuk membuka tabungan di bri syariah, cukup sesuai menurut saya sebagai mahasiswa
    masalahnya di dekat kosan saya atm/bank bri syariah lokasinya cukup jauh,

    apabila saya ingin melakukan transaksi (misal menarik uang/menabung) di atm/bank bri (induk), berdasarkan aturan terbaru dikenai biaya brp ya ataukah gratis?

    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo rahma...kalo kata saya sih mahasiswa lebih sesuai ke bni syariah deh.

      atm bris narik uang di bri induk kena biaya 6500, tapi kalo saldonya diatas 500ribu biaya nya 1750

      bris syariah kalo nabung di bri induk kena biaya kliring 5000, tapi kalo di bri induk ada layanan syariah maka biaya nya gratis.

      selama menabung

      Delete
  16. Mw nanya kalau kita buka tabungan di bni syariah atau bri syariah ada fasilitas atau bisa buat bayar bpjs kesehatan gak yah dengan menggunakan mesin atm bni atau bri, mohon infonya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman2 yg tahu pertanyaan bro eko tolong masuk ya, kalo saya gak bisa jawab

      Delete
  17. mas andrea,

    di http://www.brisyariah.co.id/?q=tabungan-brisyariah tertulis transaksi dari mesin atm bri, transfer ke rekening bri biayanya 2500.
    sedangkan di tabel mas andrea tulis biaya transfer ke konvensiaonalnya 6500.
    yang saya tanyakan, biaya transfer bri syariah ke bri melalui internet banking apakah 6500 atau 2500?

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya 6500 kalo saldo sebelum transaksi rp 500ribu atau lebih.
      biaya 2500 kalo saldo sebelum transaksi dibawah rp 500 ribu.

      begitu bro, nanti saya tambahin table nya

      Delete
  18. kaLau bwt Online shop mending yg mana ya? kadang bwt transfer2 jg,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ini bank syariah, jarang yg pake. online shop sebaiknya bank konvensional aja dulu

      Delete
  19. kalo bank syariah yang gak banyak potongannya apa ya? soalnya mau buka 1 tabungan buat nabung sisa gajih yg gak kepake, gak perlu punya ATM, yang penting internet, mobile banking free buat ngecek saldo, no admin bulanan, transfer ke seluruh bank indo dengan fee yang gak mahal2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diteliti aja tabel diatas, moga salah satu ada yg cocok buat agan

      Delete
    2. Ortu sya baru meninggal dpt uang pensiun, mau sya simpan di bank dan sewaktu2 sya ambil tiap bulan.
      Kira2 bank apa agar tidak kena potongan tiap bulan dan pada saat penarikan? Atau bank yg bisa mengguntungkan

      Delete
    3. semua jenis tabungan harian bisa diambil setiap saat, kapan saja, selama jam buka kas atau atm berfungsi.

      yang tidak ada potongan tiap bulan selain tabungan bni syariah diatas silahkan baca2 dua artikel berikut

      tabungan tanpa potongan

      tabungan yang menguntungkan

      Delete
  20. sorry gan mau nambahin dan ngoreksi aja, untuk biaya penarikan BRI Syariah di ATM BRI konvensional, bukan 6500 tp 3500. Tadi siang ane abis tanya ke CS nya. Dan di web nya juga kan tertera kalo saldo diatas 500rb dpt potongan 50%, nah itu kan kalo diatas 500rb biayanya 1750, 100% nya kan 3500.

    nice gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak gan koreksi nya, nanti sy perbaiki ya

      Delete
  21. saya mahasiswa sambil bekerja
    niatnya ingin menabung dengan setoran sekirar 1000000/bulan.
    tpi mungkin sering terjadi penarikan uang di ATM
    (Maklum buat biaya sehari2 berangkat kuliah)
    jadi lebih enak nabung di BNI syariah atau di BRI syariah ni mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bni syariah....penarikan di bni gratis

      kalo bris penarikan di bri konvensional bayar... sering jg kedengeran banyak kasalah di ebankingnya...

      Delete
  22. Kak kalo transfer dari bni syariah ke bni konvensional atau bank lain ada potongan kah? Trus buka rekening bni syariah bisa di bni konvensional tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. transfer bni syariah ke bni gak ada biaya/ gratis
      transfer bni syariah ke bank lain ada biaya 7500

      bisa, tapi tidak semua cabang

      hal lainnya silahkan perhatikan table diatas ya... pertanyaan agan itu sebenarnya sudah ada di table

      Delete
  23. Apakah wadiah di bni syariah khusus paket tabunganku??berarti tabungan jenis ini gk ada bunga dan biaya adm y???uang yg kita simpan utuh tanpa perubahan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadiah ada jg produknya ib hasanah.. 11-12 sama tabunganku..

      ga ada biaya... cuma kalo saldo banyak bank akan mempertimbangkan ngasih bonus dari hasil pengembangan usaha mereka...intinya gak di janjiin,,, suka2 bank aja gitu

      Delete
  24. Kak mau nanya
    ,saya kan kepingin membuka tabungan,tp msh bingung buka yg mana,klo yg cocok untuk mahasiswa dan suka onlineshop,kira kira apa y kak.terimskasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bca xpresi, biaya admin 5000/bulan.
      tabungan mitra usaha mandiri, biaya admin gratis.

      jangan lupa baca artikel ini ya
      rekening bank untuk jual beli online

      Delete
  25. Mas mau nanya nih, saya mahasiswa yg baru merintis usaha. Niat saya mau membedakan rekening bank usaha dan pribadi.
    minta sarannya mas, karena saya lbh sreg ato nyaman dgn bank syariah, mana kah yg cocok untuk pribadi dan usaha? Dari yg saya lihat bris dan bnis sdh bagus tdk ada biaya admin/bulan tp untuk bnis ada ketentuan min saldo 100 rb memberatkan di usaha. Mohon pencerahannya mas...
    sbg pengetahuan saya sbg pengusaha baru jg mas, kebanyakan pengusaha besar menggunakan bank apa ya? Dan bgm trik mereka spy biaya2 dr bank tertutupi?
    Makasih mas andrea...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat usaha sih mesti ikut mainstream, gak boleh hitung2an biaya admin

      biaya admin murah kok..paling sebungkus rokok untuk satu bulan..daripada kena biaya per transaksi malah tambah berat... ikuti aja yg lain, bca mandiri bni dsb..

      kalo buat simpanan tuh boleh sesuai kecocokan pribadi.. dalam hal ini kalo sreg di bank syariah tinggal pilih aja... dari tabel diatas kan bisa di lihat mana yg paling nyaman buat agan

      Delete
  26. Replies
    1. komentar disini di saya moderasi bro... akan di tampilkan jika memang sesuai tema artikel...kalo nggak gitu banyak komentar sampah isinya

      Delete
  27. Assalamualaikum wr. wb.

    Gan, mau nanya nih.
    Untuk bank Syariah bagus yang mana Mandiri/BNI/BRI? Kalo Mandiri kayanya banyak dana yang mesti di keluarin. BRI banyak banget complainannya (mulai dari e-banking sampe tarik tunai di atm), padahal bank BRI nya ada dimana-mana. Kalo BNI, rada susah nyari banknya di daerah saya. Mohon masukannya ya.

    Sekalian kalo dari BNI Taplus bisa dipindahin ke BNI Syariah ga?

    Assalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. -kalo saya baca dari komen mba, saya melihatnya mba punya kecenderungan di bni syariah... eksekusi aja jangan ragu..

      bri ada dimana-mana tapi gak pengaruh untuk pemilik akun bri syariah... pakai atm bri skarang tidak gratis lagi... setor di bri masuk transaksi kliring.. ada biaya..

      BNI syariah bisa buka rekening dan setor di bni konvensional... bisa menggunakan atm bni gratis... transfer ke bni jg gratis... punya akun bni syariah anggap saja punya akun bni konvensional..


      -taplus ke bnis gak bisa..

      dan terakhir... jangan terjebak pada pilihan tiga bank syariah ini hanya karena milik pemerintah... masih ada bank syariah swasta yg layak di pertimbangkan..

      Delete
  28. asslmualaikum min. kebetulan saya ingin berencana membuka rek bank syariah, namun bingung milih yang mana. tapi saya lebih mengutamakan bank syariah yang tidak ribet/ tidak membutuhkan waktu lama dalam WD dana di paypal. dalam hal ini saya mencoret BRI syariah (karena kode bank tidak terdaftar dalam paypal). jadi pilihan saya tinggal BSM dan BNI syariah. kira-kira bank mana yang lebih bersahabat dengan paypal?

    mohon saranya min, karena pekerjaan saya bisnis online harus menggunakan layanan paypal.

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya pilih yg merasa bersahabat dengan kita... adapaun kemudian rekening itu akan di gunakan untuk wd paypal,, gak masalah pake bsm atau bni syariah... dua2 nya sama aja.. baik biaya atau lama penarikan...

      #vote bni syariah deh

      Delete
  29. gan ane tabunganku bni syariah kok kata CSO nya ga dapet AtM Card dan gada fasilitas internet banking. kenapa gan? apa ane harus buka di cabang bni syariah lain dgn pikiran mungkin tip cabang beda beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin yg ib hasabah akad wadiah aja kalo gitu gan... sama aja gratis biaya

      Delete
  30. assalamualaikum mas mau nanya..saya kan pernah punya tabungan BNI taplus tahun 2012 2013..trus gak pernah make lagi sampai sekarang itu otomatis tidak aktif atau bagaiman mas??? trus kalo saya mau buka tabungan BNI dan BNI syariah scara bersamaan bisa gak mas??? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saldo di tahun 2013 itu masih banyak maka rekening masih aktif sampe sekarang...

      kalo saldo di tahun 2013 itu hanya bbrapa ratus ribu, bisa dipastikan sekarang sudah gak aktif.

      bisa... gak masalah kok..

      Delete
  31. BNI Syahriah bagus tapi yang buat pertimbangan saldo minimumnya itu yang diatm 100rb besar banget, jadi kalo mau ambil tabungan harus banget disisain 100rb yang tertinggal diatm kayanya sayang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kepepet lagi BU memang 100ribu gede banget rasanya..

      Delete
  32. Bang Andrea, kalo Bank BTN Syariah (Mudarabah) gimana bang? ada pengalaman?
    saya dengar biaya admin per bulannya Rp 15.000, tapi tidak memotong saldo pokok, hanya memotong sebatas keuntungan bagi hasil kita.
    Jadi misal keuntungan bagi hasil kita cuma 3ribu rupiah, maka dipotong sebesar 3rb rupiah saja (tidak 15rb)

    gmn menurut abang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pny pengalaman bro.. jd gak tahu kkkk...

      kalaupun benar skema potongannya tidak memangkas saldo pokok.. untuk dapat nisbah 15ribu aja mesti punya saldo banyak .. kalo saldo dibawah 10juta aja sih masih mending yg wadiah aja..

      Delete
  33. Bang Andrea, saya mau tanya... antara bank BNI syariah dengan Bank BJB Syariah gmn yah? "enak" yg mana?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nyari gratis biaya enak di bni syariah deh..bisa pake atm numpang di mesin bni biasa..

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->