December 22, 2013

3 Tabungan BCA, Cara Membuat dan Biaya Adminstrasi

Yuk kupas tuntas 3 produk simpanan BCA, yaitu, Tahapan ,  Xpresi dan tabungan bca tanpa biaya administrasi tabungaku. Apa saja fitur yang di berikan, berapa setoran awal, serta cara membuka / membuat rekening di Bank BCA.

**

Kalau masuk ke sebagian besar kantor cabang bank central asia ( BCA ), maka pemandangan yang sering kita jumpa adalah antri. Di teller, di customer service terjadi penumpukan nasabah yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala,  apalagi kalau kita sudah wanti-wanti hanya punya waktu sedikit ketika berurusan dengan bank itu. Bisa berabe.

Pemandangan serupa juga bisa kita temui pada banyak tempat Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) BCA, paling tidak di banding bank lain yang antriannya lebih sedikit.

Karena itu tak heran banyak juragan di forum menamai bank ini sebagai bank cape antri, atau bikin cape antri.  Haha.. ada-ada saja bikin plesetan

Meski begitu, bank BCA tetap jadi primadona bagi nasabah baru untuk membuka rekening tabungan disana. Tanya kenapa?

Dalam pandangan orang awam seperti saya, keheranan seperti itu pasti muncul. Karena  kalau di perhatikan secara kasat mata, fasilitas yang di berikan pada nasabah dari bank lain nyaris sama. Bisa di katakan tidak jauh-jauh amat bedanya.

Lebih heran lagi,ketika saya pernah membaca pada beberapa artikel online tentang prosedur membuat rekening untuk nasabah baru harus memiliki NPWP ( nomor pokok wajib pajak), bahkan ada juga yang mengeluh tentang susahnya membuka rekening tabungan di BCA.

Tentu tidak semua mengalami kesulitan membuat tabungan di BCA, karena toh setiap hari banyak yang berhasil membuka rekening.

Saya sendiri tidak mengalami kesulitan ketika membuka rekening di BCA,  prosedur waktu itu masih mudah. Saya membuka rekening BCA karena faktor keharusan untuk membayar uang kuliah. Karena semua pembayaran uang kuliah harus melalui transfer di ATM BCA. Tidak bisa setor tunai. Maka ketika jadi mahasiswa baru saya pun jadi nasabah baru BCA.


Produk Tabungan BCA

 
Ada beberapa produk tabungan Bank Central Asia, masing-masing adalah;  tahapan BCA, Tahapan Xpresi, Tahapan Prestasi (tapres), Tahapan gold, BCA dollar, dan Tabunganku.

Dari beberapa produk itu saya post disini tiga saja, yaitu, Tahapan Bca, Tahapan Xpresi Dan Tabunganku. Karena tiga produk inilah yang  lebih yang sering di buru nasabah baru. Sementara yang lain lebih di tujukan untuk kalangan the have.


Tahapan BCA


Ini adalah produk tabungan untuk perorangan atau rekening bersama. Bisa dikatakan inilah produk simpanan utama dari bank central asia. Untuk yang ingin membuka rekening ini, berikut beberapa hal yang perlu di ketahui mengenai biaya administrasi dan fitur dari tahapan BCA.

  • Setoran awal minimal Rp. 500.000,-
  • Setoran selanjutnya minimal Rp.50.000,-
  • Saldo ditahan Rp.10.000,-
  • Biaya administrasi bulanan yang di kenakan sesuai kartu paspor yang di minta. Kartu silver dan gold adalah Rp.13.000,-, sementara kartu platinum sebesar Rp.20.000,-
  • ATM dalam jaringan Prima dan cirrus
  • Internet banking, phone banking, mobile banking (Android / ios / blackberry)
  • Fitur keamanan dengan Pin ATM BCA, PIN m-BCA, KeyBCA.
  • Pembayaran dan pembelian ;  kredit , asuransi,  pendidikan, pinjaman, internet, kartu, telepon, voucher isi ulang, reksadana, saham, tiket pesawat, TV berlangganan, listrik, air, gas, atau iuran lingkungan


Tahapan Xpresi



Tahapan Xpresi pada awalnya di tujukan untuk kalangan anak muda, mahasiswa atau pelajar, dengan usia maksimum 25 tahun. Tapi , belakangan tidak ada lagi batasan usia untuk menjadi nasabah produk ini. Jadi semua warga negara bisa membuat tabungan tahapan xpresi meski tidak lagi di bawah 25 tahun

Nasabah tahapan Xpresi tidak mendapat passbook (buku tabungan), Rincian traksaki dapat di lihat sendiri melalui internet banking BCA.

  • Setoran awal minimum Rp.50.000,-
  • Biaya administrasi bulanan Rp,5000,-
  • Saldo mengendap minimum Rp.10.000,-

  • ATM dalam jaringan Prima dan cirrus
  • Internet banking, phone banking, mobile banking (Android / ios / blackberry)
  • Fitur keamanan dengan Pin ATM BCA, PIN m-BCA, KeyBCA.
  • Pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant



Tabunganku BCA


BCA juga mengelola Tabunganku, tabungan bebas biaya administrasi bulanan dengan setoran awal ringan. Meski kalah popular dari tabunganku dari bank lain, ini juga layak di catat untuk pertimbangan nasabah baru.

  • Setoran awal Rp.20.000,-
  • Setoran selanjutnya Rp.10,000,-

  • Dapat kartu ATM khusus Tabunganku dengan limit silver (tarik tunai maksimal Rp 7 juta, transfer ke sesama rekening BCA Rp 15 juta).
  • Transaksi pendebetan maksimum 4 kali dalam sebulan.
  • Tidak ada fitur internet banking
  • Penutupan rekening, ganti buku, ganti kartu, setoran tunai, transfer, dan semua transaksi melalui counter bisa dilakukan di semua kantor cabang BCA


Cara Membuka Rekening BCA



Untuk membuat rekening BCA setiap calon  nasabah harus datang ke kantor cabang sesuai dengan wilayah tempat tinggal yang tercantum dalam KTP.

Untuk mempermudah dan mempercepat permohonan, calon nasabah dapat melakukan pengisian formulir secara online jika akan melakukan pembukaan rekening di cabang tertentu. Untuk lokasi kantor cabang yang dimaksud serta permohonan aplikasi online bisa membuka situs www.klikbca.com.

Baca : Cara membuka rekening BCA secara online ( di lengkapi gambar ) Cara daftar dan aktivasi internet banking BCA ( dilengkapi gambar )

Kelengkapan dokumen yang harus dibawa
  • KTP
  • NPWP
  • Kartu keluarga
  • Surat keterangan domisili atau surat dari rekomendasi dari kantor  ( apabila alamat  yang tercantum dalam KTP Pemohon daerahnya berbeda dengan daerah Kantor Cabang BCA tempat membuka rekening )


Pada prakteknya, membuat rekening BCA sangat tergantung pada kebijakan kantor cabang menterjemahkan aturan, atau, mungkin setiap kantor cabang BCA telah membuat local operating procedure dalam pelaksanaannya. Bahkan kalau mau menduga-duga secara subyektif bisa juga di pengaruhi oleh  mood customer service itu sendiri.

Dengan demikian, pengalaman setiap orang bisa berbeda, ada yang berkali-kali gagal, di tolak mentah-mentah, kurang dokumen ini itu, atau malah lancar jaya.

Karena itu kepada calon nasabah BCA di sarankan untuk mencari dan membaca lebih banyak artikel online dari mereka yang telah berbagi pengalaman  berhasil atau ditolak membuat rekening di BCA.


Silahkan di cari. Atau jika ingin mencari tabungan tanpa biaya administrasi silahkan baca artikel tentang 3 tabungan bebas biaya admin dengan setoran awal ringan.

Untuk call center BCA bisa hubungi Halo BCA di 500888 atau 021-500888 dari ponsel.

Posted by:

143 komentar:

  1. saya pernah mencoba membuka rekening tahapan, ditolak karena KTP saya tidak cocok dengan domisili. Lalu saya disuruh minta surat keterangan ke RT-Camat, agak ribet

    ReplyDelete
  2. Sy mo tanya tabungan tahapan xpresi biaya adm 5rb uda trmasuk kartu blm gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi itu udah termasuk.
      sikat dah. jauh lebih murah dari tahapan biasa

      Delete
  3. mr.umur saya ud 27 klo pgen bikin tahapan xpresy bisa g ya mr skarang ini? thanks

    ReplyDelete
  4. Gan kalo npwp gimana? Saya kurang paham..kalo gada npwp gabisa buka rekening?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang bilang kalo bikin tabungan bca harus punya npwp, makanya banyak yang gagal buka tabungan di bca.

      tapi kalo kita tanya ke halo bca, dijawab bisa tapi itu tergantung kantor cabang. jadi ada yang cabang yang mengizinkan tanpa npwp ada yang mengharuskan

      soal npwp ini saya sudah bahas pada artikel berikut
      apakah nabung di bca perlu npwp?


      Delete
    2. Pakai NPWP orang tua juga bisa ko / NPWP keluarga terdekat

      Delete
    3. skr udah gabisa bro. kmrn ane bikin KTP & NPWP hrs punya sendiri (ga boleh diwakilin).

      Delete
    4. mks bro fajar sudah berbagi pengalaman

      Delete
    5. Ikut nimbrung...
      Aku buka BCA Xpresi di sebuah kabupaten di Jawa Tengah bulan Juli 2015. Dateng ke sana cuma bawa KTP (plus duit pastinya). Nanti kita disuruh tanda tangan diatas materai kalo nggak punya NPWP, semacam surat pernyataan belum punya NPWP. Nggak ribet, langsung jadi hari itu juga tapi baru bisa dipakai/aktif 24 jam kemudian.

      Nah, berhubung di kampung, katanya si kantor cabang itu nggak punya mesin cetak kartu jadinya kartu ATMku jelek banget. Cuman kartu putih polos bertuliskan nomor kartu, tanpa embel-embel lainnya.

      BCA Xpresi ada biaya kartu 25ribu, dipotong saat pertama kali bikin rekening. Kalo dapet kartu ATM polos trus mau ganti kartu, harus dateng ke kantor cabang kota lain yg lebih besar dan kena biaya 25ribu lagi.

      Delete
    6. selamat bergabung ya mba sekar, terima kasih sudah berbagai pengalaman.... apalagi ini termasuk kasus baru,,, kartu atm polos...

      Delete
  5. Gan kalo bank BCA di daerah bekasi timur di mana sm itu gan kalo mau bikin bank mandiri setoran awalnya 500.000 bener ga sih gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kantor cabang ada semua di website bca gan, saya gak hafal, kalo bekasi tahunya metmall doang. pernah ngubek-ngubek bekasi nyasar sampe gabus sana hehe........

      yang 500ribu itu nama produknya "tabungan mandiri"
      kalo nama produk nya "tabunganKu" setor awal bisa 20ribu.


      Delete
    2. Boulevar Hijau gan. Harapan Indah masuk kedalem

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa. Cuma bisa transfer ke sesama BCA saja.

      gampangnya gini,
      pendebetan = transaksi yang mengurangi saldo putri, misalnya tarik tunai, transfer dll

      istilah yang dipakai dari sudut pandang pembukuan bank, jadi kebalik-balik kalo memakai istilah pembukuan kita sendiri antara debet dan kredit.

      ya ada biaya, transaksi pendebetan ke-5 dalam satu bulan ada biaya 2500/trx

      .

      Delete
  7. mau tanya, kalo tahapan xpresi tarik tunai dari atm ada biayanya ya??? misal mo ambil 500 rb gtu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di mesin atm bca gratis, kalo di mesin atm bank lain ada biaya.

      Sama aja kalo penggunaan atm sih

      Delete
  8. Kalo tahapan Xpresi ada minimal transaksi perbulan juga gak kayak tabunganKU? Atau sama aja kayak tahapan BCA biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo minimal transaksi gak ada, kalo maksimal transaksi harian ada.

      Delete
    2. Maksimal trx brp x dlm sbulan shgga kena adm?
      Walau mutasi kredit?

      Delete
    3. kalo xpresi gak ada batasan frekwensi transaksi debet atau kredit, berapa kali aja boleh.

      yg dibatasi itu maksimal transaksi dana dalam satu hari, misalnya penarikan di atm dalam sehari maksimal 7,5juta, transfer maksimal dalam sehari 15juta, yang begitu.

      Delete
  9. Berapa nomilal uang yg distorkan untuk membuka tabungan berjangka or deposito

    ReplyDelete
    Replies
    1. deposito bca minimal 7 juta atau 8juta gitu, saya lupa

      Delete
    2. Minimal pembukaan deposito 8 juta gan di bca

      Delete
  10. Assalamualaikum, saya masih bingung nih (maklum baru punya KTP dan mau bkin rekening). Itu maksud dari setoran awal minimum apa yah? Apa kita hrs bayar 500rb (u/ Tahapan BCA) pd saat pendaftaran?
    Terimakasih…

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan setoran awal itu keharusan nabung pertama kali berbarengan saat membuka rekening.

      betul, untuk tahapan pertama harus 500ribu, nabung selanjutnya boleh 50ribu, nanti ada potongan 13ribu/bulan

      kalo mau yang lebih ringan bisa bikin expresi, setor awal cuma 50ribu, potongan bulanan 5ribu

      gitu ya tok..

      Delete
  11. selamat pagi..

    mau tanyaa niih.. kalo tabunganku BCA bisa pembayaran dan pembelian ke berbagai merchant gag ??

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam...

      gak bisa, fiturnya dibatasi.


      Delete
  12. Halooo... ada info mengenai cara membuka tabungan bca untuk organisasi? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo...
      bisa buka account giro, syaratnya : akte perusahaan, npwp, keterangan domisili, siup, anggaran dasar, serta bukti identitas pengurus.

      itu kalo gak salah ya, belum pernah ngurus yang beginian soalnya, hehe....

      waktu saya diajak bos bantuin set up perusahaan baru, rekening untuk kantor bikinnya sementara pake rekening bersama tabungan, karena lelet banget notaris ngurus akte.



      Delete
    2. wah lihat profilnya blogger senior nih, saya panggil apa ya, teteh aja deh.

      begitu teh....

      Delete
  13. Permisi Admin andrea ☺ maaf sebelumnya saya mau tanya, saya baru umur 15tahun 11bulan saya pengen buka rekening
    Tabunganku dari BCA. seandainya saya di tolak oleh bank karena tidak ada NPWP solusinya gimana yah ?..

    yang kedua. apakah Tabunganku bisa menerima uang dari internet ? maksudnya uang yang di hasilkan dari website, atau mungkin seperti adfly, ziddu.com dll uangnya bisa masuk ke tabunganku ? soalnya setahu saya uang yang dari website adfly, ziddu dll itu kalo mau di cairkan harus lewat atm dulu?

    admin, mohon untuk di jawab, sebelumnya saya terima kasihh jika berkenan untuk menjawab..
    Saya sangat perlu bantuan dari admin
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan sama yg di kirim ke email, sudah saya balas email kamu ya.

      Delete
    2. Gan kalau mau buat atm BCA dibawah umur 17 bisa ga?

      Delete
    3. bisa, pilihannya ada dua produk; tabunganku atau xpresi.

      tabunganku gak ada potongan, dapat atm doang.
      xpresi ada biaya 5000/bulan, fasilitas ebanking lengkap.

      kalo ke bank ajak salah satu orang tua,

      kiki bawa akte kelahiran dan kalo ada kartu pelajar.

      orang tua bawa ktp, kk dan npwp(kalo ada)

      udah gitu aja

      Delete
    4. sama bawa uang deh buat setoran awal, 100ribu juga cukup

      Delete
  14. maaf admin andrea, saya mau tanya lagi.
    saya kan udah daftar tabunganku nah tabunganku itu bisa transfer ke lain bca lebih dari 5jt dalam 1 bulan ngga ?
    saya akan gunakan tabunganku buat bianis online yang mengharuskan menanfer uang sesuai dengan orderan dan tentunya ada kmungkinan dalam 1 bulan bisa lebih total dari 5jt yang saya kirim.. apakah masih bisa ??
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget.

      atm tabunganku bca kalo buat transfer ke bca lain perhari maksimal 15juta.




      Delete
  15. admin maaf sy mau tanya, apakah atm TabunganKu tidak bisa menerima transfer dari Bank lain?
    jadi teman saya ada yang mau transfer via e-banking OCBC NISP ke atm TabunganKU tp gagal terus.. solusinya bagaimana yach? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya ke rekening tabunganku bca kali bro, seharusnya bisa.

      banyak faktor kalo gagal transfer, dari system ocbc sendiri, dari system bca dan provider atm semuanya harus dalam keadaan ready, satu aja sedang maentenance maka akan gagal.

      sebaiknya dicoba beberapa jam lagi,

      Delete
  16. Untuk tabunganku, kalo mau ambil uang dan transfer di mesin atm bca bisa ga, apa harus ke kantor nya untuk melakukan transfer dan tarik tunai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dikasih atm bisa ambil duit atau transfer dari mesin atm

      Delete
  17. Maaf mau tanya untuk tabunganku bca, apakah Tabunganku bisa menerima uang dari internet ? maksudnya uang yang di hasilkan dari website, atau mungkin seperti adfly, ziddu.com, bukalapak.com uangnya bisa masuk ke tabunganku ? soalnya setahu saya uang yang dari website adfly, ziddu, bukalapak itu kalo mau di cairkan harus lewat atm dulu?

    Terimakasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh ini kok pertanyaannya sama kayak pertanyaan si safri diatas...

      Jawab : bisa

      Delete
  18. bagaimana cara mendaftar bca tahapan Xpresi
    berapa admin bulanannya
    dan bagaimana cara mendaftarnya ..

    ReplyDelete
  19. Terus yang lebih gampang itu pakai tahap tabungan yang mna ya???kok kalai saya baca lbih gampanh yg tabunganku??apa iya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah atau gampangnya bikin tabungan di bca tergantung kantor cabang dan kelengkapan persyaratan yg dibawa.

      justru tabunganku bca malah nyusahin, fiturnya serba terbatas.

      foto kamu masih abg banget, sebaiknya pilih Tahanan xpresi.

      Delete
  20. Min, mau nanya kalo xpresi fitur lengkapnya apa aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua fitur ebanking yang di bangun bca bisa digunakan.

      Xpresi cuma gak pake buku tabungan aja

      Delete
  21. Maaf mau tanya kalau transfer tunai dri bank bca ke sesama bca tp beda wil.kota dikenai biaya brpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5000

      kalo dari ebanking gratis.

      Delete
    2. Kalo rekening milik kita sendiri,bisa bebas biaya bisa dikenai biaya,tergantung kebijakan tiap cabang,karena tidak ada standar SOP nya.misal nomor rekening kita milik cabang surabaya,kita setor tunai di cabang jakarta,bisa gratis bisa bayar

      Delete
    3. makasih infonya bro, kadang kebijakan yg mendua gini yg bikin bingung

      Delete
    4. Klo dah punya rekening tahapan BCA, ap bs buat lagi tabunganku BCA???

      Delete
    5. bisa... malah lebih gampang kalo udah jadi nasabah..

      Delete
  22. Min, kalo tarik tunai untuk BCA Xpresidi atm itu gratis ya? karena di suatu situs katanya kena 7000, thx min infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gratis kalo di mesin atm bca
      kalo tarik tunai di mesin atm bank lain bayar 7500 kalo gak salah

      Delete
  23. Admin, klo yg TAHAPAN BCA biaya adminnya sekarang berapa? Biaya bulanan dan biaya admin yg lain misal biaya kartu atm berapa totalnya?

    Klo yg Expresi berapa sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang masih 13ribu, itu sudah termasuk biaya admin dan atm silver atau gold.

      yg xpresi masih 5000

      Delete
  24. Min, mau nanya nih, setoran awal untuk xpresi itu udah sama biaya pendaftarannya yaa ? Terus kalo udah punya rekening minimal untuk menyimpan uang itu berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada biaya pendaftaran, setoran awal itu ketentuan nabung pertama.

      nabung selanjutnya minimal 50ribu

      Delete
  25. Min, saya mau buka rek. Bca xpresi apakh tabngn tsb paling bagus/rekomend dibanding tabungan bank lain... Dan
    Apakah tarif transfer utk smua bank sama?.. Baik yg ssama bank/lain bank.
    Trmksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo paling bagus sih belum tentu (lebih tepatnya saya gak bisa jawab) karena bank lain jg bagus kok.

      kalo rekomended ya, saya sangat rekomendasikan xpresi buat teman2 yg ingin bikin rekening di bca.

      tarif transfer bank beda2, kalo ke bank yg sama tarifnya gratis, kalo beda bank tarifnya antara 6500-7500

      Delete
  26. Selamat pagi min. Saya mau tanya nih umur saya 18th mau buka rek.Tabunganku bisa nggak? Apa ada batasan umur? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, cuma tergantung bca nya mau nerima atau nggak.

      tabunganku gak ada batasan umur, kalo udah punya ktp bisa datang sendiri

      Delete
  27. Min, kalo buatnya pakek ftcpy ktp bisa ga yaa?? Soalnya ktp ane ngilang d maling orang min, belum buat ktp lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jamin gak bakal bisa. coba buat aja dulu ktpnya. kalo ktp jadinya lama bisa tunjukin resi pembuatan ktp nya ke bca, bawa jg kartu keluarga, kalo ada sim bawa juga

      Delete
    2. Td nyoba pke resi pmbuatan KTP kog g bsa?

      Delete
    3. waduh, berarti ketat tuh kantor cabang mba.

      Delete
  28. Min, tanya dong. Kalau untuk persyaratan buat tahapan xpresi kan harus ada kk ktp sama npwp, tapi npwp ku patah, itu di laminating dan masih aktif. Itu bermasalah atau tidak?

    ReplyDelete
  29. Min, untuk persyaratan buat tahapan xpresi itu butuh kk ktp sama npwp. Tapi npwp ku patah dan akhirnya dilaminating, tapi masih aktif ko. Itu pengaruh atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa bro, yg ga punya npwp aja masih banyak yg bisa bikin tabungan bca kok, apalagi cuma patah, ada bukti, paling mba cso nya nyengir...

      Delete
  30. min kalau umur 14/15 bisa buat atm ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dik.....
      bawa akte kelahiran, kartu keluarga, ajak nyokap ke bank, sama bawa duit 100ribu

      udah gitu aja

      Delete
  31. Knpa saldo saya di potong 70 rb ... Padahal belum melakukan transaksi 4x .... Dan juga saya menggunakan tabunganku BCA belum sampai 1 bulan knpa di potong 70 rb ?? Bukannya bebas biaya admn ???? Mohon penjelasanyya terimakasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingung jg saya jawab nya sis....

      lebih baik minta print aja buku nya ke bca, terus tanyain deh setiap transaksi itu apa, karena tabunganku memang gak ada biaya admin bulanan


      Delete
  32. Kalau Xpres kan tidak ada Buku tabungan , bagaimana kita ngecheck Pemasukan dan Pengeluaran min ?.

    Dan kalau daftar bisa kan di kantor cabang BCA saja bukan BCA Xpresi.

    Serta kalau mau menabung melalui mesin ATM bisa ?. Tidak harus ke kantornya ?.

    Thanks min , mohon dibaca dan di jawab. Semoga bermanfaat. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngecek-nya dari internet banking / mobile banking, nanti disitu ketahuan uang masuk dan keluar rekening kita.

      memang gak ada kantor cabang bca xpresi, bca xpresi itu nama produk tabungan dari bank bca

      bukan dari atm, tapi bisa di CDM (mesin setor tunai), tongkrongannya seperti mesin atm cuma beda fungsi


      Delete
  33. saya sudah menabung di tahapan bca xpresi, saya ingin menanyakan suatu hal.. apakah setiap transaksi di kenakan biaya? lalu apakah ketika stranfer sesama BCA tetapi beda kota di kenakan biaya juga? dan apakah ketika setor tunai juga di kenakan biaya? soal nya tabungan saya kok cepet habis... setiap transaksi kok mahal.. wajar saya pelajar SMA.. kumohon baca.. dan biaya aja beri penjelasan... brp nomonal klo iya di kenakan biaya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak semua transaksi kena biaya,

      saya kurang tahu persis satu persatu trx yg kena biaya, cuma saya bisa saya sebutin diantaranya:

      -setoran di kantor cabang jika dibawah jumlah nomimal tertentu (biasanya nomimal kecil)
      -setoran di teller kantor cabang beda kota
      -tarik tunai di teller kantor cabang (juga nomimal kecil)

      -transfer ke semua bca tidak ada biaya jika menggunakan ebanking (atm, mbanking, inet banking)

      adanya biaya2 pada transaksi di kantor cabang kayak diatas udah trend perbankan sekarang, karena itu sebaiknya transaksi dengan ebanking. Kalo mau setoran/nabung cari CDM, ambil duit di atm.

      kalo lebih detil biaya bisa lihat di mutasi di internet banking, dari situ bisa kelihatan rinciannya, misalnya nominal sekian tanggal sekian di potong untuk apa, dll


      -

      Delete
  34. Di website bank bca, tahapan xpresi untuk penarikan tunai/ transfer dikenakan biaya 15rb. Benarkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo info di website resmi pasti valid bro, cuma yg perlu di ketahui biaya itu dikenakan jika penarikan tunai di teller/kantor cabang sebesar kurang dari 7juta.

      kalo di atm bca sendiri sih gratis

      Delete
  35. Haii.. Mau tanya nih. Kmrn saya bikin Tabunganku. Itu dia masuknya ke silver bukan sih? Trus klo mau dimove ke gold itu gmn? Intinya sih biar bisa belanja2 yg cuma tinggal klik ajah. Itu saya mesti buat rekening baru atau gmn ya? Makasih ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. atm nya tetap tabunganku, limit penarikan dan transfer setara atm silver.

      gak bisa ganti ke gold

      belanja tinggal klik berarti dengan klikpay, klikpay adalah pengembangan interntet banking bca (klik bca)

      tabunganku bca gak ada fasilitas klikbca dan klikpay.

      yg ada fasilitas tersebut adalah tabungan tahapan dan xpresi, jadi mesti bikin rekening baru

      Delete
  36. Selamat malam, Mau tanya nih, misal asal sy dr surabaya trs mau bkin rekening di cabang yogyakarta bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teori pemerintah sih bisa... cuma bank kan menganut prinsip kehati-hatian... jadi agak susah kalo bukan untuk keperluan pembayaran gaji tempat kerja...

      di coba aja dulu...karena tiap kantor cabang kan beda aturan... jangankan saya, orang bank nya sendiri aja gak satu suara soal aprroval beda domisili itu...

      Delete
  37. pagi,siang,malam gan

    mau minya riviewnya donk ..
    ane mau bikin rek Bca tahapan ekspresi .. di bagian isi formulir online bagian terakhir ada "Tujuan Pemilihan Rekening" trus ada pilihan "Transaksi,Tabungan/investasi,Keperluan pribadi,Dan lain lain"
    ane mau buat Transaksi+nabung pilih yg mana ya? apa kalau saya pilih Tujuan Transaksi ,apa bisa untuk nabung?apa hanya transaksi saja(?) ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah pilih mana aja gak pengaruh... itu cuma sekedar bank ingin tahu niat calon nasabah mau di pakai buat apa rekeningnya...

      yang paling umum pilih aja transaksi... atau menabung....

      Delete
  38. Selamat malam, mau tanya untuk setoran tunai TabunganKu apa harus ke kantor BCA ? tidak bisa di mesin setoran tunai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya...harus di kantor cabang...

      #selamat antri

      Delete
  39. BCA tabunganku klo transfer ke bank lain kan gk bsa, trus klo terima transfer uang dari bank lain bsa gk min?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa terima dari semua bank.. dari bank luar negeri jg bisa kok

      Delete
  40. Tahun 2016 admin & saldo mengendapTahapan naik nih, makin empet aja nih duit ane kwkwkwk http://www.bca.co.id/id/about/berita/2015-nov-18-perubahan-biaya-administrasi/produk-tahapan-di-2016.jsp

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwkwkwkkk.... thanks bro... meluncur deh ke tkp

      Delete
  41. mas saya baru buka tahapan xpresi kok kata CS nya transaksi cuma bisa lewat mesin ATM mobile banking sama internet bangking cuma bs ngecek saldo doang. Itu CS nya nipu saya ya mas... mereka bersikukuh saya buat Tahapan BCA aja gt mas...
    bisa dilaporin gak itu mas..
    saya buka di cabang binjai sumut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. xpresi bisa kok transaksi finansial... tp gak tahu jg ya kalo misalnya ada perubahan kebijakan sekarang...

      kalo komplain yg silahkan aja.. namanya jg tidak puas pada layanan ya silahkan..bisa lewat email atau twitter... kalo perlu surat pembaca detikcom deh..haha...

      Delete
  42. Maaf mas apa bedanya atm silver dan gold ya? mendingan yang mana ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya di limit transaksi harian. Limit penarikan dan limit transfer untuk gold lebih besar... biaya adminnya jg lebih besar.

      kalo misalnya meransa sudah cukup limit penarikan 7.5juta perhari, silver aja sudah cukup... kalo mau limit lebih besar tentu ambil gold

      Delete
  43. Share aja nih, saya baru aja tadi buka rekening di bca kcp kasuari Semarang, saya mahasiswa masih ikut orang tua otomatis ngga punya npwp. Tapi tadi alhamdulillah lancar jaya, yg dibutuhin cuma KTP sama SIM

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba nurul sudah berbagi pengalaman..... tidak percuma nama belakang pake hidayah...

      Delete
  44. Misi,.. Mo nanya brohh, aku mo bkin rekening di BCA, stelah agak cape jg baca berbagai artikel, tp ga nemu jg, jd gini :
    - tahapan Expressi tu jg bsa brkesempatan raih hadiah undian gak,..?
    - trus misalnya tar kartu ilang, dapetin gantinya ribetnya gimana?
    - pajak utk kartu silver bsa ketutup bunga gak brohh,..?
    - minimal setoran berapa?
    - minimal setoran berapa bulan skali? (takut klo pas bbrp bulan ga setor :v)
    - bedanya tapres sama tahapan expressi apa y brohh,..? Agak nyeleneh gitu,..

    Sekian, :D
    thankz

    ReplyDelete
    Replies
    1. - undian gak tahu deh bro..
      -kartu ilang katanya sih rekening di tutup, tapi gak tau jg sih bener gak
      -bisa kalo saldo nya banyak...diatas 20juta

      Delete
    2. -minimal setor 50ribu
      -bebas, gak setor jg gpp, yg penting ada transaksi, ada saldo buat bayar admin bulanan, rekening tetap aktif

      -tapres sih rekening yg berduit, biaya admin lebih besar..

      Delete
  45. kenapa atm saya belum bisa transfer padahal saya baru bukak rekening baru???
    solusi nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor kalo gak bisa transfer, bisa karena jaringan ada gangguan, dsb

      Delete
  46. Apa bisa beli pulsa dan bayar tagihan melalui kartu tabunganku di nesin ATM ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa... atm tabunganku bca cuma bisa untuk tarik tunai, tranfer ke bca, info saldo dan ganti pin... itu aja.

      Delete
  47. Maaf mau nanya min, Kalo syarat2 bikin rekening bersama untuk keperluan organisasi bagaimana dan recommend donk bank mana saja yg bisa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disemua bank bisa kok...

      kalo rek atas nama organisasi/perusahaan mesti ada: akte , npwp, keterangan domisili, siup, anggaran dasar, serta bukti identitas pengurus

      Delete
  48. Bagaimana jika ktpnya tidak elektrik dan tempat pembuatannya gaq sesuai daerah gan...tp npwp ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja..kalo pihak bank bisa menerima penjelasan calon nasabah sangat mungkin terima..

      Delete
    2. ada data pendukung lain seperti sim atau pasport or tambah surat domisili or surat referensi dari tempat kerja

      Delete
    3. thank you virgi sudah melengkapi

      Delete
  49. Mau nanya nih, kan aku kuliah mau buka tabungan xpresi, tanpa npwp dan tanpa bawa ortu bisa kan?
    Xpresi bisa transfer beda bank kan?
    Fitur ebanking & mbabking ada?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah punya ktp bisa datang sendiri

      bisa
      ada
      makasih jga

      Delete
  50. apakah tabungan xpresi bca bisa buat buka deposito makasi

    ReplyDelete
  51. Numpang tanya dong. Tabunganku bca masih ada gak ya. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih.. yakin mau bikin tabunganku bca? ..kenapa gak sekalian aja xpresi

      Delete
  52. Aku mau buat tabunganku bca cuma supaya mudah transfer sesama bca untuk online shop. Makasih balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo mau dipake belanja online jangan tabunganku bca...nanti kalo mau bayar masak mesti nyari atm dulu... malah buang2 waktu..buang ongkos juga...

      lebih baik bikinnya xpresi.. dengan biaya admin 5000 bisa bebas pake ebanking.. transaksi perbankan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja

      Delete
  53. Trimakasih gan, setelah baca artikel dan banyak komentar komentarnya, jadi pengen buat rekening BCA xpresi. Saya kira tabungan BCA yg paling mahal biaya adminnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat menabung sist... selamat belanja online #nebak aja sih

      Delete
    2. Kak andrea kalo mau cek saldo lewat BCA mobile apa harus daftar internet banking dulu? Aku pake rekening expresi. Trimakasih

      Delete
    3. gak perlu ...daftarnya cukup mobile banking aja..

      mobile banking ini yg pake aplikasi /sms/umb *141#

      ada juga internet banking/ klikbca versi mobile,, nah kalo ini mesti daftar internet banking dulu..

      saran saya daftar aja semuanya.. baik intetnet banking maupun mobile banking.. jadi nanti dipake sesuai kondisi .. kalo lagi dijalan lebih enak pake mobile banking.. kalo dirumah lebih baik internet banking..

      Delete
  54. Hehe maaf mengganggu lagi, tolong ajarin cara cek saldo menggunakan BCA mobile dong :D

    Dan lagi, apa sim card yg didaftarkan itu harus yg dipake di ponsel yg telah terinstal BCA mobile? Soalnya di ponsel yg terinstal BCA mobile saya kasih kartu internet (yg sekali habis kuotanya ganti kartu lagi). Sedangkan nomor kartu yg saya daftarkan untuk m banking hanya saya gunakan untuk sms biasa

    Trimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar saya kerumah deh ya buat ngajarin...wkwkwk..

      nomor kartunya harus dipakai buat koneksi.. kalo di hp dual simcard nomornya boleh tidak buat koneksi tapi harus dipasang di sim 1.



      Delete
  55. Klo buat anak 13 th yg tahapan bca harus pakai perwakilan orang tua tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia 13 gak bisa buat tahapan biasa... bisanya yg tahapan xpresi...

      Delete
  56. Saya kan masih pelajar tabungan yang tepat itu yang mana untuk bca? Kelengkapannya apa saja terus setoran awalnya berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin tabungan tahapan xpresi... bawa aja uang 100ribu, datang sama orangtua

      Delete
  57. Masih galau mau buka ATM. Antara Bca expresi dengan Mandiri TabunganMu lebih enak yang mana yah?
    Saya tertarik di BCA expresi karna minimal uang mengendap hanya 10ribu tapi saya bca terlalu antri seperti Bri. Sedangkan tertarik drngan Mandiri tabunganMu karna ga ada admnya dan niat mau buka TRMnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bca juga sekarang ada tabungan berjangka..

      memang faktor setoran selanjutnya harus di pertimbangkan.. kalo bank keliatan antri terus bikin malas nabung..

      nah antara bca dan mandiri yg dekat dengan CDM bank apa..

      Delete
  58. Selamat Sore,
    Saya Mau tanya kalo misalnya saya mau buat tahapan Xpresi, Kalo misalnya Orang Tua saya tidak ada NPWP&Sekolah Belum Buatkan Kartu Pelajar . Apakah Bisa buka rekening BCA Xpresi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan bisa aja... tergantung cs di kantor cabang nantinya...

      Delete
  59. apakah bca xpresi bisa menerima uang dri luar negri ?

    ReplyDelete
  60. Mau nanya nih bca mana yg bisa untuk belanja online yg byr pake visa / mastercard tp yg debit yah bukan kredit,

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->