June 2, 2015

Review: TabunganMu Mandiri Mitra Usaha

Sudah cukup lama saya meninggalkan bank mandiri, yah mungkin sekitar  5-6  tahun lalu. Selama itu pula saya tidak pernah mikir mau balik lagi. Dengan embel-embel bank terbesar sekalipun saya tidak tertarik.  Bahkan dengan banyak inovasi dalam pengembangan elektronik banking yang dilakukan bank mandiri sekalipun, saya tetap tidak berminat.



Bahkan saya punya pengalaman, ketika bos saya menyodorkan rekening bank mandiri dan satu bank besar lain untuk persiapan sarana penempatan dana pendapatan perusahaan yang baru di bangun, dua bank besar itu saya tolak mentah-mentah.  Tidak, saya mau bank yang kantor cabang nya paling dekat dari sini.  Jadi bikin deh rekening bank lain…. Hehe…#belagu

Sekarang saya sudah balik lagi ke bank mandiri. Buka akun karena memang  memerlukan. Yang penting produk ini cukup menarik.  Dan yang tidak kalah pentingnya: saya jadi  punya bahan untuk menulis disini wkwkwkkkk……..

Nama produknya : TabunganMu.  Saya buat review TabunganMu  Mandiri barangkali ada yang berminat.

Tentang TabunganMu

TabunganMu ( tabungan Mitra Usaha) adalah produk simpanan harian yang hanya tersedia  di bank Mandiri Mitra Usaha (MMU), tidak tersedia di cabang-cabang bank mandiri (saja)



Bank mandiri Mitra Usaha  adalah unit mikro dari bank mandiri itu sendiri.  Beroperasinya lebih banyak di daerah dan kota kecil  (bukan berarti di kota besar tidak ada).  Boleh dibilang di pinggiran lah, seperti di tempat saya tinggal sekarang  #oops….

Note:
Ada pengalaman dari teman kita Irwin Septian pada kotak komentar dibawah, dia bisa buka TabunganMu di cabang mandiri biasa. Silahkan di coba buat teman-teman yang mau bikin tapi kesulitan nyari cabang MMU

Siapapun yang sudah punya KTP bisa membuat rekening  disana, kita lihat biaya dan fasilitasnya


Jenis
Keterangan



Setoran awal  minimal – Rp
50.000
Biaya admininstrasi bulanan – Rp
0 (jika saldo akhir bulan diatas Rp juta)
5000 (jika saldo akhir bulan kurang dari Rp 1juta)
Saldo mengendap minimal – Rp
50.000
Biaya penutupan rekening – Rp
50.000


Fasilitas eBanking

-internet banking
Ya ( keamanan dengan token gadget)
-Mobile banking
Ya ( SMS, UMB, APK  Smartphone)
-ATM  / Kartu Debet
Ya (empat pilihan kartu)




Biaya Admin bulanan ATM / Kartu Debet

-ATM TabunganMu
0
-ATM Silver
1500
-ATM Gold
4000
-ATM Platinum
6500

Update: 24 januari 2016
ada info dari teman kita di kotak komentar, tahun 2016 setoran awal minimal 200ribu


 

Fasilitas Lengkap Biaya Ringan, Tapi……………

Kalau  kita perhatikan  table diatas jelas sekali terlihat biaya administrasi bulanan TabunganMu sangat ringan, Rp 3000 perbulan. Itu berarti hanya sepertiga dari dari tabungan mandiri induknya.

Update: 1 Agustus 2015
Info dari Bro Febrian: mulai bulan juli 2015 biaya administrasi gratis dengan syarat saldo diatas Rp 1juta. Kalo saldo dibawah Rp.1juta akan dikenakan biaya admin Rp 5000/bulan
---------

Untuk fasilitas saya mulai dari kartu ATM.

Dari empat pilihan kartu ATM  saya memilih kartu ATM TabunganMu,  tidak ada potongan bulanan (bodo amat deh kalo ada yang bilang perhitungan banget padahal cuma beda 1500 doang).

ATM tabungaMu design nya sederhana,  tapi unik nan menarik:  Gambar celengan ayam. Mantab bray, gue suka gambarnya. Jadi inget masa kecil. Ini dia penampakannya ATM gambar celengan ayam jago

ATM TabunganMu Mandiri. Image credit: bank mandiri mitra usaha

Di bagian belakang ada logo ATM Bersama, Prima dan Link,  yang menandakan kartu ini bisa digunakan di atm bank lain dalam jaringan tersebut.

Limit penarikan di atm perhari Rp 5juta, lumayan lah segitu mah. Kayak gak ada hari esok aja ambil duit banyak-banyak. Lagian kalau lagi perlu di transfer ke bank dulu juga bisa.

Tidak bisa digunakan untuk belanja di  toko. Gak masalah sih karena saya tidak berniat di tujukan untuk itu.

Namun, kalau teman-teman ingin kartu atm nya bisa di gunakan untuk belanja di merchant atau ingin limit transaksi lebih tinggi, bisa memilih jenis silver atau diatasnya.

Untuk fitur elektronik banking lainnya (internet banking atau mbanking dll )  sepertinya saya tidak perlu jelaskan disini (atau mungkin kapan-kapan saya tulis secara khusus). Yang pasti gini aja, kita bisa dapat fasilitas itu  sama halnya dengan nasabah tabungan mandiri reguler di bank mandiri induk, tidak ada perbedaan sama sekali.

Bagi teman-teman yang  sudah ngebet ingin segera buka tabunganMu  ada yang perlu  diketahui. Ada syarat khusus untuk bisa membuat simpanan  ini, yaitu;

“Setiap nasabah yang  membuka tabunganMu harus membuka  Tabungan Rencana mandiri”

Tabungan Rencana Mandiri (TRM) adalah jenis tabungan berjangka yang mengharuskan setoran wajib tiap bulan serta penarikannya hanya bisa dilakukan setelah masa jatuh tempo. Tidak ada biaya admin, serta suku bunga lebih besar di banding tabungan harian. Berapa besarnya?  Gak tahu deh, saya  malas ngomongin bunga bank.

Setoran wajib bulanan dan jangka waktu simpanan TRM ditentukan oleh kita sendiri sebagai nasabah.

Minimal setoran wajib  Rp 100.000 yang di debet  otomatis dari Tabungan  harian, sementara jangka waktu simpanan minimal adalah satu tahun.

Note: Dari pengalaman teman-teman yg bikin TabunganMu di cabang lain, ternyata mereka  tidak diharuskan membuka TRM.

Saran-Saran

Bagi teman-teman yang ingin membuka akun untuk tujuan transkasi dan simpanan dalam satu bank,  maka kombinasi TabunganMu dan TRM adalah pilihan bagus.

TabunganMu dengan fasilitas ebanking-nya bisa dijadikan alat untuk transaksi sehari-hari dengan biaya ringan.

Jika ingin menggunakan  TabunganMu sebagai rekening utama untuk transaksi, maka sebaiknya pilih kartu debet silver atau gold atau diatasnya.

Namun jika TabunganMu dijadikan  sebagai rekening kedua atau selebihnya, maka kartu ATM nya cukup pilih  yang gambar celengan ayam. Terserah sih, beda cenggo doang sama yang silver.

TRM bisa dijadikan simpanan yang bersifat memaksa, mendisiplikan diri untuk menyisihkan sebagian pendapatan  untuk tujuan financial beberapa tahun kedepan

Ambil  nominal setoran wajib TRM yang sekiranya mampu disisihkan tiap bulan. Kalaupun nantinya ada dana lebih banyak yang ingin simpan dan tidak ingin diambil dalam waktu cepat, kita bisa setor lagi diluar setoran wajib.

Ambil jangka waktu  tidak terlalu lama, maksimal dua tahun saja (saya sendiri satu tahun hehe….), kalaupun setelah jatuh tempo dana yang terkumpul belum kita perlukan,  maka kisa bisa perpanjang lagi. Lagi, dan lagi.  Atau teman-teman punya pendapat lain soal ini, mari diskukan disini…. Silahkan masuk…… 

Catatan Tambahan

Keharusan membuka Tabungan Rencana Mandiri  sebagai syarat pembukaan  TabunganMu membuat saya punya pikiran ganda.

Berpikir positif

Ini ide bagus. Kombinasi  tabungan harian berbiaya ringan dengan fasilitas lengkap  serta tabungan berjangka yang bersifat  “memaksa” membuat kita  nasabah punya pilihan satu bank untuk kebutuhan transaksi dan menyimpan uang.

Jadi kita tidak perlu lagi pusing mencari tabungan yang tidak ada atm-nya hanya karena takut tangan terlalu gatal menarik duit di pinggir jalan.  Sementara, sebagai konsumen kita juga sangat perlu dukungan fasilitas  untuk kebutuhan transaksi untuk menunjang hidup keseharian.  Padahal,  memiliki banyak akun bank  membutuhkan biaya admin bulanan yang kalau di kalkulasi lumayan juga bisa untuk  menikmati secangkir kopi di coffee shop.

Berpikir negative

Bank mandiri tidak mau “rugi”.  Seolah tidak rela memberi  nasabah fasilitas lengkap  dengan biaya ringan tanpa ada kepastian dana mengendap di simpanan. 

Bahasa kasarnya mungkin dia mengatakan begini. “gue kasih nih fasilitas lengkap biaya ringan buat transaksi. Elu simpan juga doang duit di gue. Kan gue perlu dana buat  nyalurin kredit”

Geetoo........

***

Terakhir, saya ingin bertanya sama teman-teman. Adakah  yang berminat dengan kombinasi produk ini, atau adakah yang akan beralih dari Tabungan Mandiri (saja) ke tabunganMu?

Yaudah, kalau begitu silahkan cari info kantor cabang mandiri mitra usaha di kota anda.

Terima masih telah membaca…….  Saya  Andrea undur diri…. Salam…..

 ****
lihat juga:
cara daftar internet banking mandiri dan cara aktivasi

Posted by:

149 komentar:

  1. sepertinya keharusan buka trm hanya di bbrp cab m.u aja ya ? dsini gak ada ketentuan gt. soalnya mandiri m.u dsni cuman dpn pasar tempat nyokap jualan persis dan sejak tahun 2013 lalu nyokap dah punya rek m.u buat nabung hasil dagang, dan transaksi jual beli aja. mas andrea kapan bukanya, bulan ini / tahun ini ya ?
    kalo aku ga tertarik lg dg bank ini, krn dulu pernah ada pengalaman buruk th 2009, pdhl aku nasabah loyal sejak 2005, tp bgitu ada masalah yg dulu ku alami membuatku makin bs menilai.. sejak 2014 aku dah stop pake bank ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, karena kalau diberlakukan secara keseluruhan atas aturan kantor pusat akan jadi bahan kritik.

      baru bulan ini, kemarin jg mba cso presentasi awal nya tabungan mandiri dan mandiri bisnis, setelah sy minta tabunganmu dia baru kenalin produk ini.

      memang harus dari pengalaman menilai bank yg menurut kita bagus, karena kalo kita bandingkan dengan mereka yang baru berhubungan dengan bank maka akan memilih bank besar hanya karena atm nya banyak atau bank pemerintah karena menganggap duit lebih aman.

      dipedesaan tempat saya tinggal kelihatan pemandangan bagaimana nasabah rela antri berjam2 hanya untuk setoran pada bank tertentu, sementara bank swasta kelas menengah yang jaraknya beberapa puluh meter dari situ tempat parkirannya aja kosong

      Delete
    2. Hi helooo maaf mau tanya...misalkan saya sudah buka tabungan+kartu atm silver...(tanpa user id+token)...apakah bisa buka 1 tabungan lg? Kartu mau nya gold or platinum sama token apakah bisa bank mandiri buka 2 rekening??terima kasih mohon dibantu

      Delete
    3. bisa... lebih dari dua juga bisa... bank malah kesenengan kalo nasabah punya banyak akun...

      Delete
  2. Saya beberapa wktu lalu nutup tab reguler saya mas karena per April kmrin biaya adminnya naik jadi 11500+1500 (tutup ajaaaaa), lalu saya buka mandiri tabunganmu ini, Saya buka nya bisa kok di kantor cabang gak mesti di cabang MMU, ya walaupun gak dapat atm yang celengan ayamnya, trus gak ada tu kewajiban buat tabungan rencana, kayaknya itu akal akalan aja deh biar produknya laku, anyway ni tabungan diikutin fiesta poin gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ternyata bisa ya di cabang induk, makasih infonya, saya bikin note diatas deh biar yang lain perlu nyoba tak perlu di MMU

      waduh soal fiesta saya gak tahu deh bro

      Delete
  3. ia bro, tapi kita yang mesti aktif nanya, awalnya CS nya nanya kenapa ditutup tab regulernya, saya blg aja gak mampu biaya admin, trus saya blg bisa buka tabungan mitra usaha gak mas, gak banyak babibu si CS langsung jawab bisa, yaudah langsung aja saya buat. Soalnya produk ini emang gak ditawarin di cabang induk tapi kalau kita mw buka masih bisa, asalkan itu tadi, kitanya sebagai customer mesti aktif nanya, kalau enggak mah dibikinin lagi tab, reguler yang potongannya 11500+1500

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha.... ternyata mandiri takut kehilangan nasabah jg

      sikap bagus nih yg bisa dicoba teman-teman lain, bro septian menyatakan tegas tapi halus menolak kenaikan biaya, jd ngasih sinyal ke mandiri "kasih saya produk biaya ringan, atau sy pergi dan nyari bank lain"

      dan ternyata, mandiri memilih mempertahankan bro septian.

      Delete
    2. berarti waktu nutup kena biaya penutupan 50000??

      Delete
  4. Halo, Mas Andrea. Di tempat saya ada Mandiri Mitra Usaha. Saya pernah buat rekeing dan produknya adalah Mandiri TabuganMu. Pada saat itu, saya tidak perlu membuka MTR (Mandiri Tabungan Rencana) seperti yang mas Andrea tulis di atas. Tinggal "nyodorin" KTP, dan setoran awal yang Rp100.000, saya sudah bisa buat rekening tabungan dengan biaya administrasi tabungan sebesar Rp3.000 + administrasi debit silver Rp1.500.

    Semoga bisa nambah info ya, Mas.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oka,. makin banyak info makin bagus. Makasih sudah berbagi pengalaman dan sikap

      Delete
    2. numpang curhat om, kmaren abis baca potingan ente, ane langsung cuz telfon mandiri cabang tempat ane, ane tanya bisa ga buka tabunganmu di cabang konvesional, dijawab bisa tapi harus pake surat pengantar dari cabang mitra usaha, akhirnya ane buat ke cabang mitra usaha yg ada di kecamatan lain, soalnya di tempat ane ga da cabang mitrausaha. nyampe sono ane lgsg ke customer service, cs'nya cewe gan, ane utarakan deh keinginan ane buat mempersuntingkan doi.. "EH salah.. ,maksud ane mau buka rekening " langsung deh diberi penjelasan admin per bulan 3000, dikasih pilhan kartu atm, ane ambil yang Gold biar rada wahh.. wkwkkk.. ga ada ketentuan gan buat bikin tabungan rencana, trus klo butab penuh atau masa brlaku atm abis, bisa ganti di cabang mandiri manapun.. tapi untuk masalah butab/atm hilang, cuma bisa diganti di cabang pembuka.. abis itu ane minta dibuatin ibanking sama minta token'nya, tapi cs'nya bilang ga bisa, harus minta di cabang konvensional katanya. besoknya ane ke cabang mandiri konvensional yg deket banget sama rumah ane,, nyampe cs ane bilang mau minta token sama registrasi ibanking, trus cs'nya minta atm butab sama ktp, trus deh doi ngecek butab ane, trus doi bilang " maaf mas untuk tabunganMu tidak mndapat fitur ibanking, hanya sms sama phone banking " jadi ini gmna gan sbenernya tabunganmu dapet fitur ibanking ga?
      cukup sekian ya gan, maaf kalo kepanjangan.. hahahaha

      Delete
    3. good share nih, yg lain boleh tiru actionnya agan yudhis, efektif dan efisien.

      good strategic juga: dapat debet gold padahal potonganya ringan hehe.....

      soal inet banking, sy jg ga dapat token, katanya boleh di minta di cabang induk, tp sy belum kesana.

      Untuk sementara, inet banking sy untuk transaksi non finansial aja dulu. Registrasi dan aktivasi seperti di video diatas, umayan lah buat cek mutasi doang.

      Delete
  6. ah, masa CS nya gtu yah, ane lancar aja gan mobile banking dan inet banking+token pula, akalan CS masing masing cabang lagi nih -_- supaya produk reg nya laku, coba deh agan tanya via twitter @mandiricare blg mandiriMU bisa dapat token gak? ntar reply dri @mandiricare ente simpan bila perlu di screenshoot gan trus tunjukin ke CS tuh, biar tak bisa berkutik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya ya.... kadang emang budaya indonesia bikin bingung, kebijakan diatas begini, begitu sampe bawah jadi begitu....

      kalo bisa dipersulit kenapa harus dipermudah.

      Delete
  7. foto yg ku krm via email dah sampai to mas ? kalo koment di tabunganku udah full nulis lg aja, tabunganku jilid 2 yg lbh update wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya ya sy baru cek tadi, foto yg di twitter kayak mafioso ya wkwkwk....

      oke tabunganku jilid 2 ide bagus tuh, sy jg pengen perbarui daripada ada banyak tulisan update di artikel. lagi pula netizen yg nyari lewat google lebih tertarik ngunjungin yg di serp nya kelihatan tahun 2015, makasih ide nya

      Delete
  8. TabunganMU merupakan salah satu produk Bank Mandiri untuk masyarakat UMKM dan mengajarkan kita bagaimana menabung dan membangun Usaha.
    Produk ini bagus untuk kita-kita masyarakat kelas menengah kebawah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu di kantor cabang MMU saya ngobrol dengan peternak yg dapat pinjaman untuk bikin kandang ayam, saya sempat lihat produk tabungannya, ternyata Tabungan mandiri reguler

      semoga konsep awal yang baik dengan produk TabunganMu tidak berubah hanya karena bank ingin mengejar profit bulanan belasan ribu itu


      Delete
  9. Kemarin saya buka, ternyata bisa loh pake kartu silver saya yang saya pakaikan ke rek mandiri tab saya :) Simple bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah.. Bli ....simple banget review nya, kurang seru nih... haha.....

      Delete
  10. Gan ane slalu nyisain uang 60rb buat saldo mengendap and biaya admin 2 bln tapi tabungan ane potongannya 3000 + 1500 + 3000 tiap bulanny ???? itu yg 3000 apa gan? Apa hanya krn ane nyisain saldo mengendap n admin aja sbsr 60rb jadi ane dpt denda 3000 ya gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg bingung sis,

      saldo minimal cukup 50ribu, Jd seharusnya gak kena denda dengan 60ribu itu.


      Delete
  11. bos. sy tertarik dgn tabungan MMU. tapi di wilayah kebon jeruk jakarta barat lokasi kantor mandiri Mitra Usaha dimana ya.
    sy sdh tnya ke Mandiri konvensional katanya tdk bisa buka ditempat mereka.
    mohon info alamat Mandiri MU kebon jeruk jakarta barat.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau bos, sy udah gak tinggal di jakarta

      Delete
    2. Tabungan ayam bisa setor tunai g sih?

      Delete
    3. Tabungan ayam bisa setor tunai g sih?

      Delete
  12. mas, temenku suruh nanyain. kalo sudah punya tabungan mandiri reguler apa boleh buka tabunganmu ? dan apa benar rek tabunganmu hanya bisa nyimpan dana max 20jt ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas gak masalah, soal 20juta gak tahu deh, itu info darimana lagi mas albert

      mungkin yg 20juta itu produk tabungan yg di laku pandai, yg di agent2 itu, maksimal emang cuma 20juta.

      Delete
  13. Kata temenKU total biaya cuma 3000 sdh termasuk kartu debit VISA & Biaya adm tabunganMU, aku pengen buka tapi dh merasa cukup dgn adanya tabungan bebas biaya: BNI Syariah TabunganKu iB yg bebas biaya adm plus dpt fasilitas internet banking, BCA TabunganKu, CIMB Niaga ON Account, & Bank BTN e'Batara Pos dpt debit VISA.
    aq jg sebelumnya punya BRI SimPedes, BRI Syariah & Mandiri Syariah tapi aku dh non aktif dibank tersebut, males dh kena biaya2 karena termasuk nasabah aktif bertransaksi tiap hari, pa lg yg BRI gk puas aQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener bro pada akhirnya kita akan tahu bank mana yg cocok, yg bersababat, ini akan beda dengan pendapat kebanyakan orang yg lebih bank memilih bank terakhir yg di sebut itu.



      Delete
  14. Ada perubahan biaya per 31 Juli 2015 mas bro ..
    Untuk biaya adm tabunganMu gratis ..
    Saldo minimum akhir bulan 1 juta ..
    Biaya adm saldo dibawah minimum 5000 ..
    Jadi klo saldo kita diatas 1juta gk ada potongan alias GRETONGAN ..

    Mungkin gra" bnyak nasabah yg cuma buka tabunganMu cuma buat transaksi aja gk ada yg nabung ..
    Hahahhahaha
    Tpi, tetep masih terbaik lha mnurut aq untuk saat ini ..
    Hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... bener bro, mandiri puter otak ternyata.

      makasih banget bro infonya, nanti saya update

      Delete
  15. mas andrea, tabungan ini suku bunga 1th nya brapa ya ?
    cuman kepo aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu gak nanya bungan tabunganmu, udah kebayang duluan, pasti sangat2 rendah.

      yg TRM sempat tanya, 4% pa

      Delete
    2. wkwkwk, bener bunga rendah bgt cuma 0.15 pertahun td browsing, msh tinggi bunga tabunganku..

      ya walaupun tjuan menabung bukan buat dpt bunga kalo duitnya cuma recehan..

      tp kan gak muna jg misal ada duit 10jt keatas pengen jg dpt bunga yg layak jg biar ga ngendap sia sia wkwkwkwk.

      kalo disimpan di on account cimb niaga bs dpt bunga sampai 7%

      ne cuman lg pgn iseng iseng mbandingin aja wkwkwk

      Delete
    3. dengan begitu ini jg jadi perhatian buat yg mau bikin (bukan provokasi), tahan saldo ga usah2 bnyk2, yg penting memenuhi bebas biaya aja

      Delete
  16. Setuju, Mas.
    Kan kita tujuannya buat nyimpen duit, selebihnya bisa pake transaksi, entah buat beli voucher pulsa, bayar tagihan, belanja pake kartu debit, atau yang lain-lain. Kalo mau keuntungan dengan mengharapkan suku bunga yang tinggi, mungkin bisa coba deposito atau bahkan mungkin menggunakan produk tabungan dari bank yang lain yang menawarkan suku bunga yang lebih tinggi. Semua tergantung dari pribadi masing-masing.
    Menurut saya pribadi, jika misalnya tabungan saya sudah di atas Rp1.000.000, dan saya menggunakan kartu debit silver, menurut saya biaya Ro1.500/bulan itu gak gede kok. Toh 30 hari itu panjang. Belum lagi entar kan kita nyetor lagi. Belum lagi bunga tabungan yang diberikan. Jadi ya gak masalah.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  17. salah satu produk tabungan bank yang mantep, dan kebetulan baru punya ini karena ditawari teman yang kerja di bank ini... ternyata kalo di atas 1jt free admin y, baru tau, pantesan cuman kepotong Rp.1500 buat biaya admin debit silvernya saja... pengalaman kemaren pas awal2 belum diisi saldo, karena pas waktu itu agak lama juga nunggu bikin debit yang ada cetak namanya (biar ganteng), saldo dibawah minimal kenak penalty y ternyata... jadi kayak kepalak admin 2x... hha
    cuman sayangnya pas ngambil debitnya di kantor mitra usaha mandi-sendiri gak bisa langsung daftar VbV, di sana cuman melayani daftar mbanking saja... ;D

    ReplyDelete
  18. Kalau memang gratis aku minat nih MMU, tapi apa bener gk dpt token untuk transaksi transfer finasial?
    Soalnya kalau hanya ATM aku kurang tertarik, soalnya untuk pergi ke ATM harus, pake motor 4 - 5 menitan lah baru nyampe, mau pake sms banking males kena biaya sms notifikasi, mau pake mobile banking HP sekedar bisa baca sms & untuk telpon, kl internet / pc banking kan gratis soalnya pake trik Gretongan :v , kaburr >:o .
    dan satu lg yg aku tanyain, untuk kartu TabunganMU Celengan Ayam / yg silver apa bisa untuk stor tunai di CDM? biar tambah greget fasilitasnya.
    soalnya aku mau buka tabungan cari untung bukan cari buntung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sekarang saya belum tanyain lg soal token, rek sy cuma buat terima transferan aja.

      atm celengan ayam bisa buat setor di cdm tp sy belum nyoba, cdm mandiri langka, masih kalah sama cdm cimb niaga yg agak banyak

      Delete
  19. saya mencoba menggaris bawahi kalimat ini.
    Tidak bisa digunakan untuk belanja di toko. Gak masalah sih karena saya tidak berniat di tujukan untuk itu.

    “Setiap nasabah yang membuka tabunganMu harus membuka Tabungan Rencana mandiri”

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    tadi saya tdijelaskan sama cs di KCP tempat aku buka, bisa untuk debit belanja di toko logo visa
    dan untuk tabungan rencana tidak diwajibkan, sifatnya SUKA-SUKA.. mau buka mau gk buka jg no problem.
    -------------------------------
    gmn menurut agan2, apa sudah dicoba untuk dipake debit belanja yg atm gambar celengan ayam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah gan, habis di bilanginnya ga bisa.

      soal TRM itu mungkin saya aja "di bohongin" kali gan, bagusnya sikap cs nya bersahabat, coba kalo mesem waktu itu, pasti sekarang2 sy komplaint mandiri.

      Delete
  20. Perlu dicoba gan untuk dipake debit visa, kl bisa kan bisa dishari disini.
    bingung jg mana yg bener mana yg kurang bener, soalnya cs kok gk bisa sepakat gitu. yg memang bisa ya bilang bisa, kl enggak bilang enggak, kan nasabah jd bingung dilempar ke sini lempar situ pendapatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan nanti di coba, yg atm celengan ayam

      Delete
    2. scara kasat mata aja debit celengan ayam dah ga ada logo visanya apalagi scara logika ? wkwkwk

      yg dimaksud bs untuk debit visa mungkin yg berlogo visa krn tabunganmu bebas milih 4 jenis kartu atm.

      yg gambar celengan ayam memang bisa buat debit, tapi hanya debit jaringan lokal di mesin debit bank mandiri nya sendiri. gak bakal bs dimesin debit keluaran bank lain.

      Delete
    3. nah ini dia jawabannya.... tuntas.....

      Delete
  21. Soalnya jelas aku tanyakan di cs pas bikinnya gan,
    aku kan bikin yg logo celengan ayam, terus cs bilang bis dipake belanja di merchant yg logo visa, sebelum pamitan sama cs aku tanya lg beneran bisa dipake di debit VISA gitu, cs bila bener mas. gitu.
    #dan aku juga punya perbandingan, kebetulan punya kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold, yg GRATIS biaya tentunya, kan make logo master card gk ada VISA nya atau debit BCA, tapi bisa dipake di EDC BCA. tapi gk tau sih karena kartu kredit bukan debit tp yg jelas tu dah bisa.
    #kebetulan kartu ATM ku blm jadi, soalnya buat yg pake nama nunggu 2 mingguan lah... kl udah jd mungkin udh q coba tes pake bayar belanja2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy ngakak gan ente polos banget ;;; yang gratis biaya tentunya... wkwkwkkkkk,,,,,,,,,,

      Delete
  22. ya... Kartu Kredit Cimb Niaga Syariah & BNI Syariah GRATIS biaya tahunan & gk ada bunganya gk ada ribanya, jd menguntungkan...
    oerang Indonesia seneng Gratis + Diskon Gede om, haha...
    lumayan banyak & sering diskon belanja pake mandiri debit, kemaren diindomaret coca cola / sprit yg 3 liter kl gk salah harga aslinyanya kan diatas puluhan ribu, harga setelah diskon jd Rp.4500 haja ^_^ mayan hemat buat minum bareng keluarga / tmn / si do'i, wkwk

    ReplyDelete
  23. selum aku k cs, ada yg tau! kenapa kartu debet mandirimu saya pas didaftarkan/aktifasi internet mandri lewat atm ga bisa?

    padahal sebelum'nya pake kartu dari tab.mandhri reguler pas didaftarkan lancar jaya..

    ohya gara2 bang andre aku punya dua kartu debet, yg Reguler sama MU, ketularan buat hemat k dpn'nya wkwbwk..

    apa gara2 udah di actifin internet mandiri yg regulernya, rencananya kan mau dua2 pake fas interetman..??

    kalau daftar mobil mandri udah bisa pake yg MU, tapi yg regulernya lum pake mobile sih..

    ada yg pernah ngalamin.. :Peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo salah satu atm di buang (gak dipake lagi) update sini bro.... pengen tahu mana yg dipertahanin hehe....

      saya juga bingung kenapa gak bisa... teman2 yg baru bikin tolong masuk ya...

      Delete
  24. hallo, pagge ni coba daftar tabunganmu fasts interet bank di KC pusat Yossudarso Cirebon..

    aha dan tenya, kata cs'nya loh, TabMU nak bisa/dapat inet banking dan NO Token, fasilitasnya yg dapet cuma mobil banking atm doang..

    haha apa ada yg udah berhasil dapet token di tabunganMU??

    untuk agan @Irwin Septian's BLOG kata komen di sebelumnya..
    sebelumnya punya tabungan mandiri reguler yg aftif interet banking ga??

    sebelum tabunganMU-nya berhasil didaftarkan inetbanking dape token??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya agan ke yos sudarso mau nanyain agent laku pandai jg deh (seperti yg agan bahas kemarin lalu).... atau emang mau ke pelabuhan wkwkwkwk......

      kalo sy sih gak ngarep banget sih minta token, yg penting inet banking nya udah bisa buat cek saldo saya udah cukup, kalo agan sih apa jare sira bae lah.........

      #tah urang geh tiasa basa cerbon

      Delete
    2. hahhah, emang kartu debet TabMu saya buat aktifasi lewat ATM-nya ga bisa-bisa ang, udah di coba lebih dari 3 kali...
      gagal mulu, padahal pake kartu silver...

      kalau ang andre, kartu celengan ayamnya udah pernah/bisa di daftarkan internet bangking blum?

      iya kang sekalian nanyain, hahahha
      emang katanya LakuPandai di mandiri ga pada tu, itu Juga CSnya k belakang nanyain/nyari infonya..

      CS balik di mandiri TIDAK ADA LakuPandai adanya Brancless Banking. nanti jadi Agen e-Cash Mandiri.

      Apa sama ya?
      Agen e-Cash sama Agen Laku Pandai??
      masih kurang puas ni dapet infonya..

      owh ya bang andre pernah tinggal di cirebon kah,
      hohohoho..

      Delete
    3. Udah, saya aktivasi inet banking pake atm celengan ayam, gak tahu kalo sekarang masih bisa nggak.

      iya sama, Laku Pandai pandai kan nama resmi yg dikeluarkan pemerintah : Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif.

      Cuma karena lebih cinta bhs bule mereka nyebutnya brancless banking.


      Coba bro googling ada tuh agen brancless banking mandiri di daerah losari kalo gak salah, dia termasuk generasi awal agen mandiri, pilot project gitu, tanya2 aja dulu ke mereka lihat kemungkinan keuntungannya.

      kalo agen bri ada di daerah plered, deket lampu merah arah batik trusmi, dia sambil jualan pulsa hp

      Delete
    4. kalau yang dimaksud emang benar LakuPandai nanti jadi agen e-Cash.. disini gaada yang minat bro... haha ribet buat Tarik Sandonya Aja..

      di kira LakuPandai nanti nabungnya seperti biasa, dapat buku tabungan..
      cuma bedanya setorannya lewat si Agen tersebut.. heheh

      Kalau itu namanya bukan nabung tapi isi saldo, kasihan masyarakat bawahnya kalau mau setor tabungan kepotong deh sama Agen..

      Mustinya kan gratis kalau nabung di agen, nah komisi agen-nya kan langsung dari bank secara kita sudah jadi Agen + nasabah Banknya...
      dan secara tidak langsung Agen sudah menghimpun dana dari masyarat buat tuh bank, buat jalanin Produk kriditnya hehe...

      Kalau soal TabMu actifasi internet, aku masih bingung ni kang.. secra mau migrasi dari Reguler..

      kanyanya kang andre tau betul selukbeluk tempat mana aja yang udah ada Agen Brencles banking sampai nama daerahnya segala,

      Jadi Curiga, jangan-jangan pegawainya Mandiri ni....!!!, wkwkwkwkw...

      Delete
    5. nggak lah, saya bukan orang mandiri kkkk....

      yoi sy sepakat jg, kalo gitu caranya malah tidak mengenakan, sy juga gak mau kalo kalo top up kena biaya 3000

      tinggal lihat perkembangan aja nanti, si agen ecash ini punya kewenangan apa, apakah hanya ngurususin ecash aja, atau ngurusin juga basic saving account seperti rencana awal

      Delete
  25. saya daftar internnet banking di ATM bisa kok brow, hari ini mau dtg ke KC.Mandiri, mau minta token.
    mudahan diterima & siepin kata2 dulu ah...

    CS# Selamat pagi, ada yang bisa kami bantu
    AKU# aku mau minta token internet banking
    CS# gk bisa kl tabunganMU
    AKU# loh kok gk bisa, udh aQ tanya di cs twitter katanya bisa mau ta bukain hasil DM ku ni?, udh ku tanya di KCP.MMU jg bisa, namun minta token harus ke cabang, maknaya aku kesini.
    CS# tidak bisa kalau tabunganMU.
    AKU# kalau gk bisa mending aku tutup aja ni tabungan
    CS# Benter ya mas aku tanya ke bos dulu
    CS# baik mas, akan kita kasi tokennya
    AKU# gitu dong, ente gak bisa konsisten jadi cs, mending nyebur aj sono ke laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. saldo agan kan banyak tuh, jadi nge-push bank juga enak... posisi tawar lumayan kuat....

      di tunggu updatenya gan.....kkkkkkkkk

      Delete
  26. apa sih yg enggak buat mas yg ganteng ni.. hehe
    Pokoke JoS Gak jadi aku pakai trik diatas, langsung buatin bgt aja, penting rayu aja cs nya kl cantik. wkwkwk
    All fiture dapet, kekurangan cuma 1, gk bisa debit online karena gk ada VVC tuk celengan ayam

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal rayu merayu sih ilmu agan masih dibawah saya lah wkwkwkw.......

      paling cs ngasih token habis lihat saldo..... kalo rayuan ente sih belum maut kata cs nya wkwkwkwkk...

      Delete
  27. Setelah terdampar di blog ini, akhirnya ane buka tabunganMu di cabang pake KTP doang, langsung minta semua fitur finansial. Kena biaya token 20k sama 6k materai. Ternyata ngga ribet cs nya, malah ane di kasih coklat hari pelanggan nasional kata mbak nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia kesaksian tabunganmu dapat full fitur....

      makasih sudah berbagai pengalaman bro, meskipun itu bisa bikin gondok teman kita yg gak dapat token wkwkwkwwkkk......

      Delete
    2. @youpie : buka tabunganMU nya di KCP mana bro?

      Delete
    3. @harry : KCP mikro bisnis Sudirman Yogyakarta vroh

      Delete
  28. haha yg merasa gondok terpanggil, keep calm and banyak jalan menuju kcp. cabang yg nerima token.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat muter2... jangan lupa update kantor cabang nya biar wong cerbon lain bisa langsung menuju tkp...

      Delete
  29. Pengalaman ane kemaren ngga perlu daftar e-banking via ATM kang Ardi Xyz. Langsung di apply sama CS via mesin gesek di meja kerjanya, ane mah gak ngerti nama itu barang...wkwkwk

    ReplyDelete
  30. barusan saya buka Tabungan Mitra Usaha ini sama marketing MU sendiri nah yg ane ingin tanyaiin tuh ATM yg gambar ayam emank jadinya seminggu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa di pukul rata semua cabang, karena bisa saja cabang itu sedang kosong stok kartu atm, atau mungkin bikin atm yg dikasih nama

      Delete
  31. Full Fiture yg Kartu Mandiri Klasik.
    Gmn dgn yg gambar ayam?
    yg aku tau hanya 1 kekurangan gk bisa debit online.
    Selain itu,
    Gmn, ada yg sudah coba gesek di EDC VISA yg gambar celengan ayam?
    Up up..
    Ngantri info

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe skr belum dicoba gan....

      sy antri info jg... (gak eksekusi, padahal pegang celengan ayam)

      Delete
  32. Pembukaan 1 mei 2015

    Awalnya mau buka tabunganKu mandiri ditolak sama satpam dan Cs-nya karena usia lebih dari 17thn jd disaranin buka tabunganMU. langsung ane buka di MMU yg berdampingan ma kantor konvensional pusat Kediri Jatim dengan info admin 3000 fee ATM 1500. Ditanyain ma CS MMU setor awal berapa? ane bilang 100rb saja lalu ditawarin jika setor awal 1jt di bank konvensionalnya ada bonusnya kopi 1 pack yang kebetulan terlihat jelas dibelakang tempat duduk saya ada 2 karung kopi. hihihi..Mata jadi ijo...setelah keluar kantor MMU ane gak langsung ke kantor konvensional buat proses lanjutan tapi muter ambil uang di ATM bank lain terdekat. akhirnya terkumpul, Setor awal 1jt free 1 pack kopi dari salah satu pabrik kala itu yg lagi joinan ma mandiri yg kalo ditotal menurut harga toko ya sampai 30rb-an harga kopinya...hahaaha..lumayan buat melek..kkkk

    Dapat ATM silver..yg waktu itu sy ga paham jenis kartu ATM, asal terima aja..harusnya nunggu 1 jam baru bisa dipakai, tapi setelah selesai dari CS iseng sy coba cek saldo dll di ATM sukses gan. cuma aktivasi ibanking butuh beda hari. karena sy repot, baru aktivasi ibanking 3 hari kemudian. Baru sadar gak dapat token waktu mau transaksi via ibanking,#PLaakkkk, pending transfer deh ATM jugaa jauh.. Kantor pusat/ cabang jauh 25km dari tempat tinggal, jadi baru bisa buat tokennya 2 mingguan dgn biaya 20rb di kantor konvensionalnya..beda ma BNI, BCA yg gratis

    Untuk tokennya menurut saya agak beda ma BCA, BNI dalam hal dapetin kode balasan apply 1 nya..token BCA, BNI habis input angka langsung muncul kode balasan. tapi ini setelah input angka harus tekan tombol on off agak lama baru muncul balasan kodenya

    Sekarang lagi pengen nyobain debit onlinen-nya/VbV buat beli online tapi masih gagal transaksi..gak jadi dapat voucher diskon belanja deh gan
    Semoga rabu depan masih dapat peluang..
    #SemangatBerburuDiskon

    Next sepertinya lebih menarik jika ada artikel perbandingn biaya transaksi via UMB, SMSBanking, MobileBanking, Ibanking (Clickpay, Klikpay, KlickBCA, wa ghairu dzalik), Rekening Ponsel, E-Cash dll apapun namanya dari berbagai bank dan biaya operatornya sebagai bahan pertimbangan transaksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbagi pengalaman mantab gan.... makin banyak teman2 yg sudah keluar masuk bank n ngumpul dimari, ngasih komentar dan berbagi pengalaman itu artinya tulisan saya bisa diterima .. hehe... #lebay

      cuma sayang, agan bawa2 kopi segala, cos, sy lagi berusaha ngurangin kopi gitu...wkwkwkwk....

      berburu diskon di market place pasti nih, sy nonton aja gan di tokopedia, gak punya vbv kkkkkkk...., padahal peluang kayaknya lebih mudah deh, gak kayak klikpay yg cepat banget ludes, ...

      menarik sih buat compare2 gitu gan, cuma bisa bikin puyeng kepala, apalagi gak semua fasilitas sy gunakan/punya dan ga semua operator sy pake...





      Delete
    2. Bang Andre, mau nimbrung. Search tabungan MU nemu blog ini.
      @ Qori Afir _ ini buka rekeningnya tabunganMU ,kok di lempar ke konvensional, memangnya di MMU situ ga melayani pembukaan rekening ya? kalo sepi kan cepet ya.. apa di situ buka tabungan khusus yg duitnya minimalis ya?
      Pengen buka yg TabunganMu juga disitu (konvensional Kediri) tp trauma sama antrian yg ajegile (pas ngikut suami buka tabungan reguler). 1 orang dilayani paling cepet.
      Pengen Close Simpedes soalnya admine(prasaanku naik terus). Klo ga bwt nerima transferan dari Suami, ga ngiro bakal buka di BRI. Ambil duit ndiri kena admin di atmnya, mski cm 750 perak kan berasa klo keseringan ambil..
      Admin 7rb perak di BSM aja udah bikin kabur,apalagi di simpedes BRI. 7rb perbulan ditambah apalah apalah..
      Makanya ini pengen nyoba di tabungan ini. Bisa bwt transferan kn?

      Delete
    3. selamat bergabung dengan penggemar bebas biaya admin... banyak artikel produk tabungan gratisan disini, dan gak terpaku sama bank plat merah...


      tabunganmu bisa buat transfer2.. normal aja kayak rekening bank lain

      mohon maaf komen baru di publis.. libur buka blog komen numpuk hehe....

      Delete
  33. Membaca post mas Qori afif
    disitu terkadang saya merasa sedih, pas liat promo keren malah gk support VCC tuk debit mmu gambar ayam.
    untung ada kartu kredit, libas terus promonya, hihi

    @gk apa2 celengan ayam, saya males kena potongan-potongan, yg ada walaupun ada kelebihan rejeki ta depositokan lewat internet banking mandiri, toh minimal jg 1 juta + gk ada pake matrai, lumayan biar gk terlalu rugi kena penyusutan harga rupiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dua kali nih ngomongin promo... ternyata gak bakal lewat promo sama ente gan....kkkkkkk....

      Delete
    2. memang salah satu daya tarik nasabah buka rek.tabungan baru, salahsatunya degan adanya PROMO..

      misal sekarang:
      -Mandiri dengan VbV di tokopedia dan
      -BCA di e-money "Sukaku" bonus saldo 50rb,
      sukaku ini baru launching 28-sep kemarin.. :D

      Delete
    3. baru denger... nyoba ah habis ini....

      sekalian siapain buat posting .....sebelum di tagih agan sarmidi lagi...kkkkk

      Delete
  34. iya om...
    Kalau orang dulu nabung cari bunga / bagihasil,
    kl org sekarang nabung bkn cari bunga karena bunga gk cukup tuk beli nasi 1 bungkus, yg ada cari gratis, diskon & promo, wkwkwk
    nasabah uda pada cerdas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih om deny, punya akun bank berapa om udah isi survey lum. lumayan tuh dapet gratis setiap rekening... :D

      apalagi buat jualan online, beli diskon, jual harga normal... heheh

      oh ya.. revisi kemarin harusnya "Sakuku" e-money BCA bukan Sukaku... hadeh

      salam, Met dapet Gratisan... :P

      Delete
    2. Ni yg tersisa Om Ardy,
      BNI Syariah (Wadiah),
      CIMB Niaga Syariah (Wadiah),
      Mandiri TabunganMU,
      BTN e'Batara POS,
      BCA TabunganKU,
      --------------------------------
      BRI Syariah (CLOSE),
      BRI SimPedes (CLOSE)

      Delete
  35. nyoba atm ayam jago debit di edc mandiri gramedia, berhasil....

    ReplyDelete
  36. gahar juga tabunganmu debit silver dpt fitur vbv, iseng coba top up neteller pake vbv dan...horee berhasil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake neteller teriak horee lagi... kayaknya sy bisa tau hobi online agan....kkkkkkk

      Delete
  37. Kecewa minnn,, gagal duaa kali ke KCP MANDIRI di bekasi. Ditolak, katanya ga bisa buka tabunganMU. Udah gitu, CS nya pas saya bilang mau buka tabunganMU jadi judes. Dia malah nanya, kenapa buka tabunganMU??. Trus saya jawab balik. Emang ga boleh buka tabunganMU?. Lahh dia malah beralasan mengada ngada. Tidak sembarangan orang bisa buka tabunganMU. Harus punya usaha dulu. Kamu punya usaha ga? Saya bilang aja punya warung. Trus dia bilang soalnya nanti aka di survey. (buka tabungan aja susah). Kalo di Jakarta KCP mana yang nerima??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cs begitu yg sibuk dengan dirinya sendiri... pola pikirnya hanya sebatas meja kerja... dia gak sadar dia ada di dunia jasa... dia gak sadar ini zaman sosmed... dia gak sadar kalo perilakunya bisa menyebar kemana2.... #geregetan jadinya...

      teman2 bekasi atau seputaran kalimalang yg pernah buka tabunganmu silahkan masuk.... #yg penting bukan ngomongin bekas-si ariel aja,,,

      Delete
  38. Info lagi nih.. Setelah Tanya sana sini ternyata ada juga bank mandiri mitra usaha KCP rawa kalong. Fix ini bank mandirinya kecil. Senang lah saya bisa ketemu MMU ini, sampai di cs saya langsung ditanya udah bawa persyarata ga. Ternyata minimal setoran awal 500rb (untung bawa duit lebih), eKTP, KK, sama nomor telp telkom (aduh ga punya telp rumah. Akhirnya cantumin telp sodara). Nah pas input data, DITOLAK SISTEM. kaget dong, kata cs nya masuk daftr hitam. Padahal saya ga pernah ambil kredit atau semacamnya. Saya jujur aja dulu pernah punya rekening mandiri tapi udah ketutup sistem. Saldo abis. Tapi kok bisa, Dan pas dilihatin data yg ditolak itu sama persis sama data yg saya punya nama ttl alamt sama nama ibu kandung. Yang beda cuma NIK KTP. Karena itu KTP lama sblm eKTP. Saya bilang aja masih simpan fotocpy ktp lama, akhirnya besok lagi saya balik lagi.. Ketemu CS yg beda. Sekitar 30 menit permasalahan saya udah beres. Dan rekening TabunganMU udah jadi. Ditawarin pilih atm silver, gold dll. Saya pilih yg silver aja. Belom registrasi ebanking sama token nih. Bisa di KCP mana aja kan yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siipp....lah kalo gitu...

      waktu sy bikin tabunganmu jg data lama saya masih ada.. tp gak di masalahin sm cs nya... di bikinin data di cif baru aja... atau karena dewi beda nik nya kali ya... saya gak tahu jg..

      registrasi inet banking di atm aja dulu... kalo udah aktif inet bankingnya baru minta token di cabang...

      Delete
  39. Saya heran kenapa cabang bank mandiri dan bca di kota seperti surabaya selalu antri apalagi ATM BCA pas awal bulan? Berbeda sekali di kampung saya kedua cabang bank tersebut cenderung sepi? Malah BRI yang antri, aku tidak mengerti 😒.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarkan waktu yg menjawab.... lebih baik mikirin syahrini deh.....

      Delete
  40. Sore agan-agan..
    mau ikut cerita nih, akhir bulan kemarin baru buka TabunganMU, internet banking sudah aktif, singkat cerita td siang mau aktifasi token ke KC Mandiri di CIrebon, udh 2 Cabang yang di datengin, KC Perum, dan BAT, 22 nya menolak dengan "halus", banyak alasan, buat temen-temen yg udh berhasil bikin TOKEN TabunganMU wilayah CIrebon boleh donk bagi infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada orang cirebon yg sering bolak-balik dimari gak tahu bisa belum aktivasi... gak tahu jg orangnya kemana...kesasar mungkin di plangon..

      Delete
  41. Pagi om..nyasar dimari gegara search tabunganmu mandiri mitra usaha, kemaren ane dh buat akun mandiri tp yg silver di kcp umm kutowinangun kebumen, awalnya saya ditawarin yg tabunganmu, menurut teman2 disini mending ttp pake silver atw pindah ke tabunganmu ya...disisi lain saya suka tabunganmu karna minim administrasi tetapi fiturnya ga lengkap sedangkan yg silver fitur lengkap tapi biaya bulanan cukup tinggi, mhn masukkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bagus cs nya nawarin... ditempat lain malah di umpetin wwkkwkwkk...


      saran aja nih bro...
      coba aktifkan semua fitur ebanking dari tabungan reguler silver itu... internet banking, mbanking pokonya harus sudah bisa untuk transaksi finansial

      terus bikin lagi tabunganmu pake atm silver atau ayam jago, minta sama cs nya, rekening baru ini di jadiin satu cif dengan Tabungan reguler, ...... dalam internet banking jg ada dua rekening..

      setelah itu terserah deh mau diapain

      Delete
  42. Sedikit mau tnya mas andrea.tabunganmu kn saldo di atas 1jt gk ad ptongn admin.lha misal saldo sudah bertambah bnyak misal 10jt lbih ttp gk ad ptongan admin.ap bank tidak rugi.atau tmbh ntr tiba2 ad ptongn admin klau saldo semakin bnyak.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nggak lah bro... duit 10juta saldo agan kan di gunakan bank buat nyalurin kredit... bank dapat bunga dari penyaluran kredit itu..

      Delete
  43. Assalamu'alaikum
    Saya jadi tertarik nih mau buka Tabunganmu
    Dlu pernah mau buka tabungan Reguler di Mandiri , cuman waktu itu di tolak dengan alesan karena Tidak punya nomor Telpon Rumah

    Ya krna saya engga punya Telpon Rumah , begitupun saudara juga udh pada di putus telpon rumahnya , jd gagal deh bikin tabungan di Mandiri

    Apakah ada cara lain agar bisa buka rekening di Mandiri tanpa harus pakai nomor telpon rumah ?
    Saya dlu buka di BCA lebih mudah engga perlu pakai nomor telpon rumah pun masih bisa

    Tolong solusinya dong min hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg gak punya telp rumah tapi bisa buka di mandiri... di coba aja sekali lagi, bawa juga identitas lain, misalnya sim atau kartu keluarga..

      karena mungkin saja cs waktu itu lagi moodnya ga bagus

      Delete
  44. Seneng banget baca review dan comment2 si blog ini
    Bener2 tambah info
    Trims....

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng banget tia ikut bergabung... terima kasih komen perdana-nya ya

      Delete
  45. Update, bln jan 2016 ini saya sdh buka tab ini, setoran pertama 200rb, syarat ketentuan tetap. Inet banking, mobile, sms langsung aktif semua saat pembukaan rek. Langsung minta token biaya 20rb. Buka di cab konven. Lokasi mgl. Tq buat mb CS nya. Gak disyaratkan TRM atau telp rumah.

    ReplyDelete
  46. Nambahin info aja
    Kebetulan saya kmren habis buat Mandiri TabunganMU ini di cabang Brawijaya, dgn kartu silver, jadi kalo saldo diatas 1 juta cuma bayar biaya kartu aja, jadi cuma 1500 perak per bulan..sebelumnya saya punya tabunganKu mandiri cuman dgn fiturnya terbatas, makanya saya langsung membuat TabunganMU
    saran saya sih, kalo bikin tabungan ini mending langsung ngomong langsung CS ttng TabunganMu, soalny kalo misal mau tanya2 produk dulu kemungkinan ditawarin tabungan reguler yg adminnya memberatkan.
    Untuk yg nggak punya NPWP, nnti akan dikasih surat pernyataan kok,
    Saya sangat menyarankan agar pelajar / mahasiswa seperti saya (hehe) untuk membuka tabungan ini, kemungkinan bakal disetujui karena mungkin pelajar/mahasiswa biasanya belum mmpunyai penghasilan sendiri jadi mungkin kalo adminnya rendah bisa meningkatkan semangat untuk menabung..
    Bisa dibuat belanja di merchant mandiri juga yg udah banyak tersebar, tinggal gesek gausah repot mencari ATM..hehe

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus nih.. langsung tembak aja cs nya.. minta tabunganmu.. berarti kita sudah tahu akan produk ini... dengan begitu dia gak akan muter2 ngarahin ke reguler..

      yg penting jangan tembak cs nya dengan kata aku padamu...

      Delete
    2. Iya mas Andrea, tapi kemarin ada tapinya sewaktu saya buka rekening.
      Waktu itu saya ingin membuka TabunganMu dengan gambar celengan ayam, CS jawab tidak tersedia kartu celengan ayam, adanya jenis kartu yang disesuaikan dengan mandiri reguler. Apa celengan ayam tidak tersedia di cabang – cabang mandiri yg kecil atau emang disembunyiin sama banknya??kebetulan kmren saya buka tabunganMu di kantor Kas Universitas.
      Trus saya tanya k CS, apakah TabunganMu gambar celengan bisa dibuat transaksi EDC mandiri, ternyata CS jawab tidak bisa, kebetulan saya melihat postingan mas Andrea kalo transaksi EDC mandiri di Gramedia ternyata berhasil. Jadi, akhirnya saya membuat tabunganMu dnegan jenis kartu silver deh.hmm mohon sharingannya, hehe Trims

      Delete
    3. saya cukup percaya kalo di cabang tadi gak tersedia atm celengan ayam..apalagi itu di kampus yg jelas2 bukan para wirausahawan... bahkan di cabang yg lebih besar sekalipun belum tentu ada.. karena atm itu lebih di peruntukan di cabang MMU..

      saya cuma nyoba satu kali aja di debet itu gramdedia.. tempat lain belum.. karena memang atm itu gak di rencanakan buat trx...

      gpp sih kartu silver juga... cuma 1500 sebulan... kalo saya memang orang pelit gak mau di potong wkwkwkw....

      Delete
  47. mau gak mau aku juga terpaksa buka mandiri lagi karena banyak suplier, rekanan dan lain lain yang minta bank ini.. padahal aku udah bertahun tahun ngambek sama bank ini ha ha ha..

    mungkin ini saat tepat berdamai demi kelancaran bisnis.

    walaupun sebenernya transfer antar bank juga bisa tapi susah kalo dah ktemu rekanan yang benar2 pelit dan perhitungan soal biaya trf antar bank..

    siang tadi aku buka tabungan mandiri mitra usaha di depan pasar tempat nyokap jualan..

    sekarangpun syaratnya masih mudah banget cuma ktp doang. gak usah isi data tinggal tanda tangan doang..

    langsung daftar sms banking, ga disuruh buka TRM,

    kartu debetnya terpaksa milih yang SILVER logo visa, aku minta yang debet Mitra Usaha gambar ayam katanya dijogja sudah gak ada dan nunggu edisi chip belum dikirim dari pusat..

    katanya kapanpun mau boleh ganti jenis kartu debet.

    promo gratis admin untuk saldo akhir bulan min 1jt masih berlaku juga.

    smoga aku ga salah langkah, ha ha ha, so far so good

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkkk..... ngakak bener...bener2 ngakak mas...

      yowislah kalo gitu selamat balikan deh...

      satu hal dari cerita cerita diatas kayaknya si cs nguasai kerjaannya dia... bukan cs asal jeplak kayak cerita2 teman2 yg lain...


      Delete
  48. dan berbagi pengalaman.. kartu atm mandiri yang mitra usaha bisa di gunakan sbg kartu debit tapi hanya di edc bank mandiri saja, edc keluaran bank mandiri terbaru yg kuning atau yg putih.. tidak bisa digesek di edc mandiri yg biru jadul dan lebar, apalagi edc keluaran bank lain makin diharamkan dan gak bisa total wkwkwk.. jadi buat para pemilik debit mandiri mitra usaha yg ayam jangan coba coba melanggar kalo gak mau malu diantara banyaknya antrian saat dikasir wkwkwk.. kalo yg logo visa digesek di edc apapun juga tembus..

    skalian nimbrung juga soal internet banking mandiri mitra usaha..

    scara sistem dan tehnis bisa digunakan, dan aku sendiri pakai, kebetulan aku punya token juga tapi dulu aku pernah punya yg tabungan reguler sih walau yg reguler dulu udah mati, jadi otomatis internet banking dan token nya nge link ke rek mitra usaha yg sekarang karna msh 1 cif dan lancar dipake transaksi..

    ya wajar juga kalau ada beberapa cabang yg menolak memberikan token. karena harga token fisik itu kan sebenarnya gak murah.. biasanya yg dana nya cuma sedikit agak kesulitan dapat token dg berbagai alasan..

    kalo yg kesulitan mendapatkan token coba mintanya di cabang utama yang ada kantor khusus mikro dan bisnis nya.. dan kalo bisa saldo di rek jangan cuman recehan agar CS bisa lebih yakin bahwa anda layak dapat token untuk transaksi..

    walaupun sbenarnya sms bankingpun juga cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gila ya sampe merhatiin mesin edc segala...apa karena saya gak pernah belanja kali jadi gak tahu kkkkkk.....

      dari desember 2015 sampe januari 2016, ada cukup banyak email dari mandiri agar segera datang ke kantor cabang untuk minta token OTP...saya gak tahu disini ada yg inet banking nya pakai OTP nggak.. yang tahu silahkan masuk...

      Delete
  49. Aku pake atm jago sejak april 2015 .. ternyata gak salah pilih buat pengalaman perdana "beneran" nabung di bank .. wkwk 😀 kalo ditempatku emang kebanyakan cabang mmu (bisa dibilang pelosok juga gpp deh ya 😕) makanya buka rekening ya tinggal buka aja gk mikir2 dulu ato nyari referensi dari mana kek gitu .. eeh iseng2 nyari info ttg atm jago malah jadi nyengir2 sendiri baca2 disini .. hehehe .. berasa ada di jalan yg bener aja buat pengalaman pertama nabung di bank .. hyhyhy 😄

    Makasiiiih semuanyaaa buat pencerahannya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake tanda kutip segala ya mba ...saya paham banget deh maksudnya hehe....

      terima kasih mba astari sudah bergabung di diskusi para penggemar gratisan... atau bisa juga golongan orang2 perhitungan sama duit a.k.a pelit...

      Delete
    2. Selamat sore om Andrea. Terima kasih atas sharingan ini. Namun saya sungguh kecewa karena hari ini (11 Februari 2016) saat saya mau buka rekening tabunganMU ternyata tidak bisa, dikatakan bahwa untuk bisa membuka rekening harus meminjam uang dulu.
      Apakah dari artikel dan komentar-komentar yang saya baca ada yang saya lewatkan? Sepertinya saya baca semuanya bisa buka tanpa ada syarat harus meminjam uang dahulu baru bisa buka rekeningnya.
      Yang pasti saya sungguh sangat kecewa dengan Mandiri ini, sudah dilempar-lempar saya kembali ke cabang semula akhirnya dijawab harus pinjam uang dulu baru bisa buat. Seharusnya jika memang demikian dari awal bisa dijelaskan tidak perlu dilempar-lempar ke cabang lain.
      (Saya ke cabang Tanjung Duren dekat KFC, dan dilempar ke cabang Tanjung Duren no 7a hanya untik dilempar kembali ke cabang Tanjung Duren dekat KFC)

      Apakah memang saat membuka rekening tabunganMU diharuskan meminjam uang? Apakah semua yang komentar di sini meminjam uang namun tidak dijelaskan di sini?
      Atau ini hanya taktik saja agar saya diarahkan untuk membuka tabungan reguler, atau agar saya meminjam uang?

      Delete
    3. wkwkwkwkwkk..... kacau banget itu kantor cabang... dari semua komen disini gak ada yg ngalamin mesti pinjem duit dulu...

      yg ada disana ngiranya skr zaman batu gan... atau dia sibuk dengan urusannya sendiri... dia ga sadar ini zaman sosial media.....

      Delete
  50. Setengah tahun lalu saya coba buka rekening tabunganMU di salah satu KCP mandiri konvensional di pekalongan,namun tidak bisa dengan alasan muter2,dia bilang harus kredit dulu baru bisa buka.tidak puas dgn jawaban yang gak masuk akal,saya desak alasannya kenapa,akhirnya dia bilang takut over lap antara tabungan mandiri reguler dengan tabunanMU.ya udah intinya gagal

    Beberapa hari berikutnya coba lg di KCP mandiri lain,msh di pekalongan juga.singkat cerita,saya bilang ke CS mau buka rekening tabunganMU,dia bilang bisa tapi harus minta surat referensi dr bagian Mitra usaha yang masih satu kantor.akhirnya bisa buka dgn fasilitas ATM mandiri reguler dgn cetak nama tapi instant gak nunggu bbrp hari.sebenarnya ingin aplikasi Mobile banking plus internet banking tapi berhubung ada keperluan lain akhirnya sy tunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you masbro sudah berbagi pengalaman...

      Delete
  51. dapet token inet bangking kang mandiri tabMu..? saya tadi ke kantornya.. tanya2 min nabung 100.000 katanya dapet inet bangking, tapi harus ke kantor pusat....

    bener gak sih..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak buka rekening saya belum ke mandiri lagi bro.. jadi gak pernah minta token.. cos mandiri saya cuma buat terima transferan dan ambil tunai di atm aja..

      dicoba aja..soalnya email dari mandiri saya disuruh ke cabang buat minta tokep OTP

      Delete
  52. udah pakai mandiri MU, yang atm celengan ayam, kalau buat mandiri clickpay ga bisa ya ? berarti harus minimal yang silver

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting internet banking bisa untuk trx finansial...

      Delete
  53. ikutan share ya, setelah baca blog ini jadi pengen ikutan buka rekening tabunganMu, tapi malas ke bank, eh aku sms teman yg kerja di mandiri tanya ttg tabungan ini. sekitar seminggu kemudian, ada yg telf bilang dari marketing mandiri mau bantuin buka tabunganMu, akhirnya aku suruh ke rumah, setelah 5x ttd di formulir + ksh uang 56rb (6rb materai), 2 hari kemudian 16 maret 2016 diantarlah butab + ATM silver dgn penjelasan saldo akhir bulan <1juta di potong 3rb saja, free biaya ATM. senangnya tinggal besok tutup rekening reg aja, sekalian aktifin sms banking + ibanking deh ke cab. makasih mas infonya berguna bangeet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... menarik jg pengalamannya.. yg lain pada di tolak sherly malah modal sms aja...

      mks ya sudah berbagi pengalaman

      Delete
  54. tabunganmu yang ATM celengan ayam gak bisa daftar internet Bangkong ya , soalnya aku daftar di ATM gak bisa" --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, malah tokennya pun bisa daktifkan, walaupun butuh sedikit kesabaran & kerja keras untuk mendapatkan Token nya ...hehehhe

      Delete
    2. aku udah tanya csnya mandiri via wa katanya ini peraturan baru kalau atmnya gambar ayam gak dapat internet banking tapi mobil Bangkong aja, kalau atmnya silver bisa daftar internet banking (maklum kemarin baru buka tabunganmu)

      Delete
  55. udha 3 bulan saya menggunakan tabungan ini, semuanya fine dgn fitur e bankingnya aja kecuali beberapa kekurangannya
    mandiri TabunganMU memiliki bunga tabungan yg sangat rendah, smisal rata2 saldo 2 juta per bulan, paling dapet bunga sekitar 200 perak
    Trus mandiri TabunganMU nggak bisa dapet fiesta poin, udah pernah ddaftarin sama manajer bank mandiri di kampus saya, dapet balesan besoknya kalo tabungan ini ngga masuk fiesta poin.-.-
    Tapi semisal yg disini nggak permasalahin ttng fitur tdi, so far tabungan ini the best menurut saya

    ReplyDelete
  56. Mau tanya.
    Kalau mau tarik tunai/nabung harus di mitra usaha atau bisa lewat cabang mandiri?
    Internet banking bisa untuk mandiri clickpay?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa disemua cabang mandiri mana saja...

      selama internet banking tabunganmu dapat token, maka bisa untuk clikpay... kalo ga dapat token berarti ga bisa

      Delete
    2. apakah kita bisa pinjam uang dari MMU apabila kita hanya ada usaha berdagang kecil-kecilan di pasar, dan bunganya besar apa kecil.

      Delete
    3. saya gak punya pengalaman pinjam uang di bank

      Delete
  57. Kenapa banyak yang tutup rekening di cabang? Bukannya Jika saldo sudah dipindah atau di "nol" kalau dibiarkan saja akan otomatis ditutup sistem? Lagi pula biaya tutup rekening sama dengan saldo ditahan? Aku tidak mengerti?

    ReplyDelete
  58. Pengalaman kemarin pas minta token di cabang konvensional semua lancar meski saat itu saldo saya recehan, token harga 20 ribu, bisa dipakai fitur clickpay dan Verified by Visa (VbV). Minusnya gak dapat fiesta poin padahal saya sering transaksi.

    Oya, kartu ATM saya pernah tertelan dan bikin baru di cabang ini juga dengan nama langsung jadi (padahal saya tidak minta). Kenapa seringnya kartu ATM dengan nama butuh waktu berminggu-minggu? kemarin saya lihat cuma di print doang :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar bagus nih...bikin atm ah yg pake nama haha..

      Delete
  59. ternyata banyak juga iya yg pake mandiri tabunganMU yaa...?? semanagat menabung yaa...?? janagan terlena kalo gak nabung..??

    ReplyDelete
  60. berarti kalau mau pinjam uang di MMU besar gak persenannya, dan apa aja jaminannya kalau kita hanya usaha dagang kecil-kecilan di pasar

    ReplyDelete
  61. Kemaren buka rekening tabunganmu bisa,tapi kata csnya stock token habis suruh ke cabang lain :3 suruh pake yang SMS banking tetapi sudah tidak menggunakan pulsa lagi, kayak internet gitu katanya ada aplikasinya. Eh pas hari ini ke beda cabang juga bunyinya suruh pakek SMS banking aja -_-

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  63. Apakah kartu atm ayam jago bisa untuk setor tunai di mesin?

    ReplyDelete
  64. Atm tabunganmu bisa buat transfer gaji dari pt ga

    ReplyDelete
  65. Buka tabunganmu setoran awalnya sekarang berapa ya?

    ReplyDelete
  66. Tgl 28 desember 2018 kemaren bikin Tabunganmu, minta setoran awal 50rb.
    Yg beda sekarang pinalti ny 7ribu perbulan untuk saldo di bawah 1jt.
    Ga ada pilihan kartu, hanya dapet kartu ayam jago aja. Sisa ny, daftarin inet banking sama mandiri online sendiri via atm, karena pas mau bikin kepotong sama nasabah laen...

    ReplyDelete
  67. Oh iya satu lagi... Kartu ayam jago kemaren tgl 1 januari 2019 saya pake buat belanja di indomerat heheee

    ReplyDelete
  68. Kalo transaksi tarik tunai pakai ATM ayam kartu tidak izinkan kenapa ya...

    ReplyDelete
  69. Kalau kartunya ke telen,gimana ya ?

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum

 
-->