December 31, 2013

Pengawasan Perbankan Nasional di Alihkan ke OJK

Advertisement

Pengawasan Perbankan Nasional di Alihkan ke OJK - Bank Indonesia (BI) mengaku telah mematangkan proses peralihan pengawasan perbankan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai 31 Desember 2013 mendatang. Hal ini dilakukan agar pengawasan langsung efektif pada 1 Januari 2014.

Gubernur Bank Indonesia ( BI ) Agus Martowardojo mengatakan, bahwa bank indonesia siap untuk mengalihkan fungsi pengawasan, pengaturan dan perizinan perbankan nasional kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam masa peralihan, Agus menegaskan bahwa kondisi perbankan nasional indonesia dalam kondisi yang sehat.

Hal ini menurut Agus marto, terlihat dari pertumbuhan kredit perbankan yang sebelumnya dikhawatirkan bisa tumbuh di atas 25%, sekarang sudah berada dalam tren yang sesuai arahan BI dan berada pada kisaran 20%.

"Kondisi perbankan nasional sehat dan itu terlihat dari pertumbuhan kreditnya yang tadinya kami khawatirkan berada di atas 25%, ternyata sekarang ada di 20%. Rasio non performing loan secara nett juga berada di bawah 1%. Rasio kecukupan modal berada lebih dari 18% dan rasio terkait dengan return on asset ada di atas 3%. Jadi secara umum industri perbankannya baik dan sehat. Nanti akan dialihkan sesuai dengan amanat undang-undang," kata Agus di Gedung BI, Jumat (27/12).

Lebih lanjut Agus mengatakan, Bank indonesia telah mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia yang mendukung penerapan Basel 3 di perbankan nasional. Dengan penerapan ini diharapkan sisi permodalan bank nasional akan semakin kuat.

Sementara itu Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah menambahkan, sejak tahun 2001 hingga 2013, perbankan Tanah Air secara aktif melakukan ekspansi. Hal ini terlihat dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) perbankan kala itu mencapai kisaran 20%-21%, dalam kurun waktu 12 tahun berada di kisaran 18%.


"Ini salah satu bukti perbankan Indonesia sehat. Likuiditas juga dijaga dengan baik," ucap Halim.


Posted by:

0 komentar:

Post a Comment

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum